Pertarungan City Car Beda Negara, Kia Picanto Lebih Baik dari Honda Brio RS?

Enda · 28 Jul, 2021 08:00

Pertarungan City Car Beda Negara, Kia Picanto Lebih Baik dari Honda Brio RS? 01

Kia Picanto Vs Honda Brio RS

Jika bicara city car beda negara dengan harga baru di angka Rp200 jutaan, di Indonesia saat ini terdapat Kia Picanto dan Honda Brio RS. Mengetahui lebih detail mengenai harga bandrolnya, Kia Picanto ini ditawarkan Rp236,2 juta dengan tipe GT Line A/T.

Sedangkan Honda Brio RS CVT Urbanite Edition yang merupakan varian termahal Brio ini dipatok jauh lebih murah, yakni Rp201,7 juta.

Memiliki selisih harga lebih mahal hingga Rp34,5 juta apakah Kia Picanto lebih baik dari Honda Brio RS? Daripada penasaran simak terus ulasannya berikut ini.

Baca juga: Sempat Jadi Citycar Favorit, Kia Picanto 2021 Kini Tenggelam

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tampilan Kia Picanto Bikin Honda Brio RS Bertekuk Lutut

Pertarungan City Car Beda Negara, Kia Picanto Lebih Baik dari Honda Brio RS? 01

Kia Picanto punya tampang yang jauh lebih agresif dan bengis dibandingkan Honda Brio RS

Generasi facelift Kia Picanto di Indonesia hadir pada 2019. Mobil ini muncul dengan tampilan eksterior yang terlihat begitu bengis dan paling atraktif bila dibandingkan dengan beberapa rival terdekatnya.

Pada wajahnya, Kia Picanto ini menganut grill ikonik khas Kia, yakni Tiger Nose dengan desain yang sedikit lebih pipih. Agar terlihat lebih berotot, di bawah grill-nya tersebut kalian bisa menemukan ram dengan bentuk trapezoid serta air dam yang berkarakter.

Bicara mengenai sistem pencahayaannya, Kia Picanto kini berhasil tersematkan LED Projector with Bi Function, Auto Light, dan Delay Function. Selain itu juga terdapat LED DRL dan fog lamp LED yang mampu memberikan visibilitas mengemudi yang sangat baik.

Melihat bagian sampingnya, city car asal Negeri Gingseng ini menggunakan velg berukuran R15 dua tone dengan bentuk yang dinamis. Menengok terhadap buritannya selain memiliki bentuk yang atraktif, mobil ini berhasil mengaplikasikan stop lamp dengan teknologi LED.

Pertarungan City Car Beda Negara, Kia Picanto Lebih Baik dari Honda Brio RS? 02

Honda Brio RS Urbanite Edition

Sama seperti Picanto, Honda Brio RS sebenarnya juga memiliki tampilan yang sporty. Eksteriornya ini turut mengaplikasikan banyak garis tegas untuk memberikan kesan yang atraktif yang disukai para kaula muda saat ini.

Namun sayang, meskipun varian RS Urbanite Edition ini merupakan varian termewahnya, mobil ini masih mengandalkan lampu utama serta fog lamp berhalogen. Meski begitu, pada reflektor lampu utamanya tersebut sudah ditanami LED plasma yang dapat memberikan kesan dinamis.

Melihat bagian samping dari Honda Brio RS, bagi kami Honda banyak mengimplementasikan garis-garis tegas dibandingkan Kia Picanto untuk memberikan kesan yang lebih berkarakter. Di bagian lingkar rodanya, Brio RS juga disematkan velg berukuran 15 inci model kipas dengan pewarnaan dual tone.

Menengok tampilan belakangnya, salah satu produk tulang punggung HPM ini menurut kami memiliki bentuk yang lebih membulat dibandingkan Picanto.

Baca juga: Harga Beda Rp50 Jutaan, Pilih Honda Jazz 2021 Tipe Terendah Atau Honda Brio Urbanite?

Fitur Kia Picanto Jauh Lebih Lengkap dari Honda Brio RS?

 

Pertarungan City Car Beda Negara, Kia Picanto Lebih Baik dari Honda Brio RS? 03

Tampilan dashboard Kia Picanto

Seperti yang diketahui, Kia Picanto telah mendapatkan head unit model floating berukuran 7 inci LCD with Bluetooth Voice Recognition, USB and Auxiliary Connection, Apple Car Play & Android Auto yang dapat diatur menggunakan Audio Remote Control & Voice Recognition pada lingkar kemudinya. Untuk memberikan kualitas suara yang baik, mobil ini juga telah disematkan 4 Main Speaker + 2 Tweeter.

Istimewanya, mobil ini juga dilengkapi tilt pada setirnya, pengaturan AC digital, serta dilengkapi Sunroof yang mampu meningkatkan gaya berkendara serta visibilitas kepada setiap penggunannya.

Selain itu, pada meter cluster nya terdapat layar LCD Driver Information 2,6” yang berfungsi untuk memberikan informasi mengenai status kendaraan terhadap pengemudinya. Bicara soal fitur keselamatannya, mobil ini memperoleh Parking Camera, ABS, Dual Airbag, 3 Point ELR (Side) 2 Point (Center), Parking Assist with Dynamic Parking Guideline serta struktur rangka Advanced High Strength Steel & Press Hot Stamping.

Pertarungan City Car Beda Negara, Kia Picanto Lebih Baik dari Honda Brio RS? 04

Tampilan dashboard Honda Brio RS

Sebagai varian teratas Brio RS saat ini, Honda Brio RS CVT Urbanite Editon mendapat serangkaian fitur unggulan yang terbilang lengkap, seperti 6.2" Touchscreen Display Audio yang telah didukung oleh USB port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, Compatible w/ RR Cam, CD & DVD Player, AUX-IN, Bluetooth, Hands Free Telephone. Ada juga Audio Steering Switch, Tilt Steering. Tweeter Speaker, ECO Assist, Power Retractable Door Mirror, Rear Wiper, Auto Wiper + Rain Sensor, Digital A/C.

Bicara fitur keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi dengan Dual Front i-SRS Airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX & Tether dan Alat Pemadam Api Ringan. Pada fitur keamanan, mobil ini juga berhasil disematkan Alarm System, Auto Door Lock by Speed, Immobilizer dan Keyless Entry.

Kia Picanto Kapasitas Mesinnya Lebih Besar Tapi Kalah Tenaga

Pertarungan City Car Beda Negara, Kia Picanto Lebih Baik dari Honda Brio RS? 05

Mesin Kappa 1.2L DOHC dual CVVT MPI yang disematkan pada Kia Picanto

Ditanami jantung pacu Kappa terbaru 1.2L DOHC dual CVVT MPI berkubikasi 1.248 cc, Kia Picanto dijanjikan mampu menghasilkan tenaga hingga 84 PS @6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 121,6 Nm @6.000 rpm.

Tenaga yang diperolehnya tersebut memiliki angka lebih kecil bila dibandingkan dengan Honda Brio RS. Mobil perkotaan berlogokan H tegak ini diketahui telah disematkan jantung mekanis berkubikasi 1.199 cc dengan tipe mesin 1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW, PGM-FI. Secara data mesin yang digunakannya dapat memeras tenaga 90 PS @6.000 rpm serta tosi maksimal 110 Nm @4.800 rpm.

Meski memiliki tenaga lebih besar, pada kenyatannya torsi yang diperolehnya tersebut lebih kecil dibandingkan Kia Picanto. Jadi jangan heran apabila tarikan Picanto terasa lebih responsif dari Brio RS.

Transmisi Matic Konvensional Masih Menjadi Andalan Kia Picanto

Pertarungan City Car Beda Negara, Kia Picanto Lebih Baik dari Honda Brio RS? 06

Transmisi CVT Honda Brio RS

Baik Kia Picanto maupun Honda Brio RS sama-sama menawarkan transmisi otomatis. Bedanya, Picanto ini masih mengandalkan trasmisi matic konvensional 4-percepatan. Sedangkan Honda Brio RS sudah menggunakan transmisi CVT with Earth Dreams Technology yang terasa lebih smooth dalam setiap perpindahan giginya secara otomatis.

Kesimpulan

Melihat beberapa parameter di atas, secara konklusi Honda Brio RS CVT Urbanite Edition lebih ‘worth it’ dibandingkan dengan Kia Picanto GT Line A/T jika memandang harga, layanan after sales, tenaga, serta beberapa fitur unggulan yang dimiliki.

Meski begitu, Kia Picanto bukan berarti tidak layak untuk dipilih. Mobil ini sangat tepat dipinang bagi kaula muda yang menginginkan mobil perkotaan dengan tampilan yang lebih agresif, fitur lengkap dan suka akan gaya berkendara karena sudah dilengkapi Sunroof di bagian atapnya.

Baca juga: Terlihat Paling Ganteng di Antara Kompetitornya, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Kia New Picanto

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Kia Picanto MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru