window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pertarungan Dua Crossover Listrik Korea, Kia EV6 GT-Line Bisa Menang Spek dari Hyundai IONIQ 5?

Enda · 8 Sep, 2022 14:00

Kia EV6 GT-Line Vs Hyundai IONIQ 5

PT Kreta Indo Artha (KIA)  pada GIIAS 2022 lalu  memperkenalkan sosok Kia EV6 GT-Line. Calon pesaing Hyundai IONIQ 5 yang sama-sama berasal dari Negeri Gingseng tersebut punya tampilan yang gak kalah futuristik. Hal ini berkat konsep desain 'Opposites United' serta grill 'Tiger Nose' yang dimaknai ulang untuk era digital.

Dari segi desain sendiri mobil ini juga menampilkan aspek aerodinamika berkendara seperti IONIQ 5 yang diterapkan hingga bagian bawah guna mengurangi hambatan angin. Di segmen mid-size SUV Battery Electric Vehicle (BEV), EV6-GT-Line hanya berhadapan dengan IONIQ 5 yang masih satu basis platform. 

Sama seperti Hyundai IONIQ 5, Kia EV6 GT-Line juga dibangun menggunakan platform Electric-Global Modular Platform (E-GMP) yang memiliki segala macam keunggulan dan kecanggihan. Sebagai crossover dengan penggerak elektrik, mana spesifikasi yang lebih unggul antara keduanya? Agar tidak penasaran, simak perbandingannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dimensi Hyundai IONIQ 5 Paling Besar

Hyundai IONIQ 5

Dimensi Hyundai IONIQ 5 lebih besar

Melihat dimensi berdasarkan spesifikasi yang dimiliki, Hyundai IONIQ 5 mempunyai panjang 4.635 mm, lebar 1.890 mm dan tinggi 1.605 mm. Untuk wheelbasenya sendiri berada di angka 3.000 mm.

Bicara Kia EV6 GT-Line, mobil ini untuk panjang keseluruhannya mencapai 4.695 mm, lebar 1.890 mm dan tinggi 1.550 mm. Oh iya, untuk wheelbase mobil ini sedikit lebih pendek dari IONIQ 5 yakni 2.900 mm.

Dimensi Hyundai IONIQ 5 Vs Kia EV6 GT-Line
Keterangan Hyundai IONIQ 5 Kia EV6 GT-Line
Panjang 4.635 mm 4.695 mm
Lebar 1.890 mm  1.890 mm
Tinggi 1.605 mm 1.550 mm
Wheelbase 3.000 mm 2.900 mm

Baca juga: 10 Mobil Listrik Ini Punya Kemampuan Isi Daya Baterai Sangat Cepat, Hyundai IONIQ 5 Termasuk?

Fitur Unggulan Kia EV6 GT-Line Terlengkap

Kia EV6

Interior Kia EV6 GT-Line

Kia EV6 GT-Line berhasil dibenamkan Multimedia Intuitive Control berupa panel instument serta head unit layar sentuh yang masing-masing berukuran 12,3 inci. Sistem hiburannya sendiri mendukung format navigasi, Bluetooth Multi Connection,serta Apple CarPlay dan Android Auto with Audio control yang menghasilkan suara berkualitas berkat speaker Meridian sebanyak 14 titik.

Supaya penggunanya merasa semakin nyaman saat berkendara, mobil ini juga dibekali dengan pengaturan tilt & telescopic pada setir, jok kulit dengan power adjustment seat with lumbar support yang dilengkapi ventilated & heated. Guna memberikan kemudahan didalamnya, EV6 GT-Line turut tersematkan wireless charger, paddle shift, wide sunroof, AC dual zone with auto-climate, power tailgate dan ambience LED.

Lalu bagaimana dengan Hyundai IONIQ 5? Mobil ini juga dibenamkan head unit 12,3 inci yang dapat terhubung ke smartphone secara nirkabel lewat fitur Bluetooth, atau disambungkan dengan kabel USB melalui USB multimedia port yang tersedia. Untuk pengeras suaranya menggunakan BOSE berjumlahkan 8 speaker yang menghasilkan kualitas suara gak kalah baik dengan EV6 GT-Line.

Dari segi kenyaman berkendara, mobil ini turut disematkan power adjustment seat with lumbar tersedia di dua bangku pengemudi dan penumpang depan. Selain itu semua bangkunya sudah dilengkapi memory seat configuration, serta front heated and ventilated seat, rear heated seat dan relaxation comfort seat di baris pertama.

Hyundai IONIQ 5

Interior Hyundai IONIQ 5

Sebagai pusat informasi kendaraan, Hyundai IONIQ 5 sama seperti Kia EV6 GT-Line dimana menggunakan layar 12.3-inch Full TFT LCD instrument cluster. Untuk mendukung kenyamanan, mobil ini dilengkapi LED ambient mood lighting, dual zone automatic climate control system, dua power outlet 12V yang terletak di konsol depan dan area bagasi, serta USB power outlets yang tersebar di empat titik di area baris depan hingga baris kedua di semua variannya.

Tidak sampai di situ, mobil ini juga diaplikasikan wireless smartphone charging system yang terletak di konsol tengah, sliding center consol, vision roof dan power tailgate.

Fitur Keselamatan Hyundai IONIQ 5 Vs Kia EV6 GT-Line

Hyundai IONIQ 5

Hyundai IONIQ 5 dilengkapi dengan Hyundai SmartSense 

Menyoal fitur keselamatannya, Hyundai IONIQ 5 telah dibekali dengan Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist System (BAS), Electronic Stability Control (ESC), Hill-start Assist Control (HAC), Vehicle Stability Management (VSM), Emergency Stop Signal (ESS), Rear Occupant Alert (ROA) dan Virtual Engine Sound System (VESS) Electric Parking Brake (EPB) with Auto Hold, Tire Pressure Monitor System (TPMS), Parking Distance Warning (PDW), view monitor dan 6 airbags.

Selain itu, pabrikan juga telah melengkapinya dengan Hyundai SmartSense guna memberikan perlindungan secara lebih terhadap penggunanya. Sebagai fitur keselamatan pintar, mobil ini telah mencakup; Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), High Beam Assist (HBA), Driver Attention Warning (DAW), Smart Cruise Control, Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) dan Surround View Monitor (SVM).

Baca juga: Makin Tidak Terjangkau, Diam-diam HMID Naikan Harga Hyundai IONIQ 5

Kia EV6

Kia EV6 GT-Line didukung dengan 7 airbags didalamnya

Mengetahui fitur keselamatan yang ada pada Kia EV6 GT-Line, mobil ini punya ABS+ ESC+ HAC+ MCB, Electric Parking Brake (EPB) with Autohold, 7 airbags, Tire Presure Minitoring System (TPMS), Remote Smart Parking Assist (RSPA), surround view monitor, dan smart cruise control.

Tak kalah canggih dengan Hyundai IONIQ 5, mobil listrik Kia ini turut dilengkapi Advance Driver Assistance System (ADAS). Fitur keselamatan pintar yang ada pada mobil ini diantaranya; Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Manual Speed Limit Assist (MSLA), serta Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) . 

Kia EV6 GT-Line Andalkan Motor Listrik di Semua Roda

Kia EV6

Kia EV6 GT-Line menggunakan dua motor listrik di depan dan belakang

Punya tampilan sporty, untuk performanya Kia EV6 GT-Line ditunjang dengan penggunaan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang terpasang di kedua sumbu roda baik depan dan belakang. Motor listriknya mendapat sumber energi dari baterai berkapasitas 77,4 kWh, yang mana menghasilkan tenaga puncak hingga 325 PS dan torsi 605 Nm. Berdasarkan pengujian WLTP, Kia EV6 sanggup menempuh jarak hingga 506 km, dan 0-100 km/jam hanya butuh 5,2 detik.

Sama seperti Kia EV6 GT-Line, Hyundai IONIQ 5 juga menggunakan motor listrik jenis Permanent Magnet Synchronus Motor (PMSM). Namun untuk sistem penggeraknya hanya ada di bagian belakang. Tenaga yang dihasilkan motor listriknya mencapai 217 PS atau 160 kW serta torsi 350 Nm.

Menggunakan baterai jenis Liquid Cooled Lithium-ion, untuk kapasitasnya mecapai 72,6 kW. Menurut pengujian WLTP, jarak tempuh yang dihasilkan IONIQ 5 sanggup meraih jarak 451 KM. Mengenai akselerasi dari 0 - 100 km/jam butuh waktu 7,4 detik.

Kesimpulan

Perbandingan spesifikasi Kia EV6 GT-Line dengan Hyundai IONIQ 5 berhasil kami bahas melalui ulasan di atas. Secara kesimpulan IONIQ 5 punya dimensi sedikit lebih besar dari EV6 GT-Line. Bicara mengenai fitur, keduanya mempunyai kelebihan masing-masing.

Namun untuk jantung pacunya Kia EV6 GT-Line hasilkan tenaga serta torsi lebih besar berkat penggunaan dua motor listrik yang diletakan di masing-masing gandar. Selain itu juga crossover listrik Kia punya jarak tempuh lebih jauh dibandingkan Hyundai IONIQ 5.

Sebagai informasi, keduanya sudah dilengkapi fitur Vehicle to Load (V2L). V2L sendiri berfungsi mengirimkan daya listrik yang dimiliki mobil untuk menghidupkan perangkat elektronik rumah tangga dan sangat cocok digunakan untuk camping atau melakukan kegiatan di luar ruangan.

Baca juga: Estimasi Harga Kia Niro dan EV6 yang bakal Dijual Resmi Tahun Depan, Seperti Apa Spesifikasinya?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Ioniq 5 Prime Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia