window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pilah-Pilih Wiper Untuk Musim Hujan, Mana yang Lebih Bagus antara Wiper Hybrid vs Frameless?

Yongki Sanjaya · 24 Okt, 2022 08:30

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ini 3 Penyebab Wiper Mobil Tidak Bekerja Maksimal, Antisipasi Hujan Lebat Saat Mudik!

Sering Turun Hujan Tiba-tiba, Waspadai Momen Berbahaya Jalan Basah di Awal Hujan Saat Berkendara

Wiper berguna untuk membersihkan kaca mobil agar memudahkan Anda saat berkendara. Bila kondisi wiper sapuannya kurang baik atau karetnya rusak, maka pandangan Anda pun bisa terganggu, bahkan bisa membahayakan pengemudi di kala hujan. Maka dari itu, perlu bagi Anda untuk memiliki wiper mobil yang baik.

Pilah-Pilih Wiper Untuk Musim Hujan, Mana yang Lebih Bagus antara Wiper Hybrid vs Frameless? 01

Kedua jenis wiper ini tak memakai rangka besi seperti wiper standar. Dengan kondisi cuaca yang kadang turun hujan lebat, jika sapuan wiper mobil tidak bagus, tentunya pandangan mata akan terganggu dan tidak bisa melihat jalanan dengan jelas. 

Sebagai pertimbangan mengganti wiper bawaan dengan produk aftermarket, kamu bisa menyimak perbedaan antara wiper frameless vs hybrid. Kini, wiper standar sebagian sudah mulai tergantikan dengan wiper hybrid atau frameless.

Nah, berikut ini kelebihan masing masing dari wiper frameless dan Hybrid.

Kelebihan Wiper Hybrid, Awet dan Bersih Sempurna

Pilah-Pilih Wiper Untuk Musim Hujan, Mana yang Lebih Bagus antara Wiper Hybrid vs Frameless? 02

Wiper hybrid merupakan jenis wiper yang merupakan gabungan teknologi dari wiper-wiper yang pernah ada sebelumnya. Bisa dibilang, wiper model hybrid ini adalah model wiper terbaru antara wiper konvensional dengan frameless.

Banyak kelebihan wiper hybrid, diantaranya mampu membersihkan kaca lebih optimal dibandingkan jenis wiper frameless. Hal ini karena model engselnya lebih ringan dan kuat, sehingga mampu menekan sikat ke permukaan kaca dengan baik. 

Pilah-Pilih Wiper Untuk Musim Hujan, Mana yang Lebih Bagus antara Wiper Hybrid vs Frameless? 03

Nah, karena masih ada rangka dari bahan seperti plastik, maka proses membersihkan kaca pun jadi tetap optimal seperti wiper biasa. Lebih lanjut, wiper hybrid ini juga menggunakan karet knockdown yang membuat ruang udara ketika berkendara terasa aerodinamis.

Ini karena wiper hybrid sisi luarnya terselimuti tempurung plastik keras. Ini membuat karet lebih menekan kaca dibanding wiper biasa. jika Anda menggunakan hybrid, bagaimanapun bentuk kaca mobil tersebut, Anda bisa menggunakannya.

Dengan begini, wiper hybrid kualitasnya lebih kuat dibandingkan dengan jenis wiper biasa, ketahanan wiper hybrid ini bisa mencapai 12 bulan. 

Namun, di sisi lain, harga wiper hybrid jauh lebih mahal dibandingkan dengan wiper biasa. Hal ini karena wiper hybrid masih diproduksi oleh brand-brand merk terkenal saja.

Sebagai contoh, wiper jenis hybrid dengan merek Hella dijual seharga Rp350 ribu. Sementara itu, wiper biasa dengan frame besi bermerek Hella tipe Premium dihargai Rp100 ribu.

Wiper Frameless, Menang Keren Tapi Kurang Optimal Sapuannya

Pilah-Pilih Wiper Untuk Musim Hujan, Mana yang Lebih Bagus antara Wiper Hybrid vs Frameless? 04

Wiper jenis ini juga cukup populer digunakan karena desainnya yang simple dan kekinian. Jika biasanya wiper memiliki gagang besi, wiper frameless tidak memiliki frame yang berasal dari gagang besi sehingga disebut frameless. 

Sebagian mobil baru juga menggunakan wiper ini karena tipe frameless lebih aman untuk kaca mobil, tidak menggunakan rangka besi.

Wiper frameless terdiri dari bahan karet yang lembut tapi strukturnya sangat kuat, sehingga dapat menyapu air dengan sangat baik.  Jadi, kamu tidak perlu khawatir kaca akan tergores saat karetnya sudah menipis.

Pilah-Pilih Wiper Untuk Musim Hujan, Mana yang Lebih Bagus antara Wiper Hybrid vs Frameless? 05

Permasalahannya jika kaca mobil kamu terlalu cembung, wiper frameless ini juga biasanya tidak bisa menjangkau hingga bagian pinggir, sehingga akan menggantung. Ini juga kami rasakan saat mencoba mengganti wiper bawaan di Mercy Boxer yang memakai konvensional dengan wiper frameless. 

Pada bagian sudut kaca bawah sering tak tersapu, sehingga proses sapuannya pun jadi kurang optimal dan rapi. Dengan begini wiper frameless tidak mampu menyapu keseluruhan air secara optimal pada bagian pinggir kaca, hanya mampu pada bagian tengahnya saja. 

Pilah-Pilih Wiper Untuk Musim Hujan, Mana yang Lebih Bagus antara Wiper Hybrid vs Frameless? 06

Lebih lanjut, wiper frameless tidak lebih awet daripada wiper hybrid. Hal ini karena frameless memiliki lapisan karet yang mudah menipis akibat terlalu sering digunakan. Selain itu, karet frameless tidak bisa diganti bagian karet sapuannya, sehingga kamu pun harus menggantinya secara keseluruhan. 

Dari segi harga, wiper frameless ini agak mahal, tapi tidak semahal wiper hybrid. Sebagai contoh, wiper konvensional merek Bosch dengan panjang 24 inch dijual pada kisaran Rp30-40 ribu. Sementara itu untuk wiper frameless merek yang sama dijual dengan range harga dua kali lipat, atau Rp65-80 ribu. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil