window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pilih Honda BR-V Prestige dengan Honda Sensing Apa Toyota Rush GR Sport yang Lebih Bandel?

Prasetyo · 22 Sep, 2021 08:38

Pilih Honda BR-V Prestige dengan Honda Sensing Apa Toyota Rush GR Sport yang Lebih Bandel? 01

Honda BR-V 2022 datang dengan berbekal senjata ampuh untuk melawan para kompetitornya. Satu dari beberapa keunggulan yang dipikul All New Honda BR-V adalah keberadaan fitur Honda Sensing. Fitur ini sebelumnya hanya ada di model Premium Honda, seperti CR-V dan Accord.

Namun sayangnya, fitur keselamatan tersebut baru ada di tipe tertinggi BR-V 2022, yakni All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing. Apalagi belum ada informasi berapa harga dari varian tertinggi BR-V terbaru ini.

Pilih Honda BR-V Prestige dengan Honda Sensing Apa Toyota Rush GR Sport yang Lebih Bandel? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meski begitu PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan kalau harga Honda BR-V 2022 mulai dari Rp260 jutaan. Itu berarti BR-V tipe terendah sama dengan harga Toyota Rush GR Sport AT.

Harga Toyota Rush 2021:

  • Rush 1.5 G M/T Rp245.500.000
  • Rush 1.5 G A/T Rp255.200.000
  • Rush 1.5 S M/T GR Sport Rp256.600.000
  • Rush 1.5 S A/T GR Sport Rp266.200.000

Banyak gosip beredar jika harga All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing sentuh ke angka Rp350 jutaan. Itu artinya BR-V lebih mahal hingga Rp80 jutaan dari Rush GR Sport. Lalu diantara kedua mobil ini lebih baik pilih yang mana?

Baca juga : Honda BR-V 2022 Resmi Debut Global di Indonesia, Harga Mulai Rp260 Jutaan

Lebih Keren Honda BR-V Apa Toyota Rush GR Sport?

Honda BR-V 2022 -6

Tampak belakang All New BR-V

All New Honda BR-V merupakan BR-V generasi kedua. Honda melakukan studi yang cukup panjang untuk memberikan BR-V dengan penampilan yang benar-benar beda. Bagaimana tidak, BR-V pertama kali muncul di 2015. Itu berarti mobil ini sudah berusia 6 tahun.

"Dari mobil konsep menjadi kendaraan yang diproduksi massal, Honda membagikan kesenangan melalui mobil 7-penumpang terbaru yang menawarkan kepuasan berkendara dalam sebuah SUV, ditambah fitur dan teknologi baru," kata Takehiro Watanabe selaku President Director HPM dalam video conference, Selasa (21/09/2021).

All New Honda BR-V 2022 -1

Sangat mirip dengan versi konsepnya

Urusan desain memang balik lagi sesuai selera individu. Tapi penampilan Honda BR-V 2022 memang tidak banyak berubah dibanding versi konsepnya Honda N7X. Bedanya foglamp housing untuk versi produksi pakai warna hitam dof. Lantas ada under guard di bemper depan dan belakang pakai kelir silver. Kemudian overfender juga dibubuhi warna hitam dof, senada dengan warna bagian bawah bemper belakang.

Sedangkan untuk Toyota Rush GR Sport juga tak jauh berbeda dengan Rush tipe G. Hanay saja bentuk bemper depan sedikit dibuat lebih agresif. Kemudian untuk tipe ini juga lebih banyak pakai aksen Black Gloss.

Honda BR-V vs Toyota Rush -1

Tak banyak berbeda dengan varian G

Untuk dimensinya, BR-V memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm. Itu berarti BR-V lebih panjang 21 mm, lebih lebar 40 mm, tapi lebih rendah 39 mm. Selain itu LSUV Honda ini juga punya jarak ke tanah 220 mm atau lebih tinggi dari BR-V generasi pertama yang memiliki ground clearance 201 mm.

Baca juga : 5 Perbedaan Toyota Rush GR Sport dan Rush TRD Sportivo, Lebih Suka yang Mana?

Kabin Mana yang Paling Mewah dan Nyaman?

Honda BR-V vs Toyota Rush -12

Interior BR-V 2022

Parinya Tangwiengwang, Large Project Leader All New Honda BR-V menegaskan kalau kabin mobil ini dibuat lega untuk kenyamanan semua penumpangnya.

Sebagai tipe tertinggi, All New Honda BR-V Prstige Honda Sensing pastilah punya kelengkapan fitur dan material paling berkualitas. Misalnya pelapis berbahan kulit pada jok, panel pintu, dasbor, hingga sandaran tangan.

Honda BR-V vs Toyota Rush -13

Jok dilapis kulit

Kemudian di tengah dasbor juga sudah ada monitor 7 inci dengan Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone. Jok baris kedua juga sudah dilengkapi armrest, serta ada power outlet pada jok baris ketiga.

Honda BR-V vs Toyota Rush -5

Interior Toyota Rush

Sementara pada Toyota Rush GR Sport, nuansa kabin juga tak ada beda dengan Toyota Rush tipe lain, seperti tipe G atau tipe TRD Sportivo yang kini digantikan GR Sport. Jadi jangan berharap ada sesuatu yang beda jika Anda memilih mobil ini.

Honda Sensing Bikin BR-V Terasa Mobil Mewah

Honda BR-V vs Toyota Rush -8

Fitur Remote Engine Start di BR-V terbaru

Sesuai namanya, All New Honda BR-V varian tertinggi ini adalah satu-satunya varian yang sudah menggunakan Honda Sensing. Fitur keselamatan berkendara ini sebelumnya juga sudah diadaptasi pada Honda CR-V dan Honda Accord. Jadi Anda akan menemukan fitur seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist System, Road Departure Mitigation, dan Collision Mitigation Brake System.

Lalu ada juga Honda LaneWatch yang akan membantu pengemudi mendapatkan visibilitas tambahan yang tidak ditangkap spion sebelah kiri. Lantas Remote Engine Start dimana pemilik bisa menghidupkan mesin dan AC otomatis menyala hanya dengan menekan tombol di Smart Key. Sehingga ketika masuk ke dalam mobil, kondisi kabin sudah lebih sejuk. Serta ada fitur Walk Away to Lock, yang membuat pintu akan mengunci otomatis pada saat Anda meninggalkan kendaraan.

Honda BR-V vs Toyota Rush -3

Fitur Honda LaneWatch

Tak cukup sampai disitu , fitur Keyless Entry, Immobilizer, ABS + EBD, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), dan 6 Airbags juga sudah ada di All New BR-V.

Lalu bagaimana dengan Toyota? Meskipun Rush harus mengakui kalau BR-V punya fitur jauh lebih lengkap tapi sebenarnya mobil ini juga tidak bisa diremehkan begitu saja.

Honda BR-V vs Toyota Rush -2

Rush sudah dilengkapi 6 airbags untuk seluruh varian

Antara lain Toyota Rush GR Sport juga memiliki 6 airbags yang tersebar di sisi pengemudi dan penumpang depan serta melindungi bagian sisi kiri dan kanan sampai penumpang baris ketiga. Lalu Vehicle Stability Control (VSC) untuk mencegah mobil melintir saat menikung terutama di jalan licin. Serta Hill Start Assist (HSA) guna mencegah mobil merosot pada saat start di kondisi jalan menanjak.

Untuk mencegah tubrukan dari belakang Rush juga kini ada Emergency Brake Signal yang memungkinkan lampu hazard menyala apabila pengemudi melakukan hard brake alias pengereman mendadak untuk memberi signal kepada pengemudi di belakang akan situasi darurat.

Baca juga : Mana yang Lebih Irit, Konsumsi BBM Antara Honda BR-V atau Daihatsu Terios?

Honda BR-V vs Toyota Rush -14

Pakai mesin setara City Hatchback RS

Honda BR-V FWD Kurang Badak dibanding Toyota Rush yang RWD

Perbandingan Mesin
Spesifikasi mesin All New Honda BR-V Toyota Rush
Tipe 1.5L DOHC i-VTEC+DBW 2NR-VE DOHC Dual VVT-i
Isi silinder 1.498 cc 1.496 cc
Jumlah silinder 4 4
Daya maksimum 121 PS @6.600 rpm 104 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 145 Nm @4.500 rpm 136 Nm @4.200 rpm
Transmisi 5-percepatan manual / CVT 5-percepatan manual / 4-percepatan otomatis

Honda memang terkenal akan teknologi mesin VTEC yang mampu memproduksi daya besar tapi tetap hemat bahan bakar. Satu diantaranya diapikasikan pada mesin berkapasitas 1.5-liter. Sedari Honda Jazz generasi pertama sampai Honda City Hatchback RS sudah pakai mesin berteknologi VTEC. Hanya saja ada pembeda dengan mesin Honda BR-V baru.

LSUV ini dicangkokkan mesin 1.5L dengan teknologi DOHC (Double Overhead Camshaft). BR-V menggunakan mesin berkodekan B15ZF sama dengan yang terpasang di Honda City Hatchback RS. Mesin ini terbukti memiliki tenaga lebih besar dibanding mesin berteknologi SOHC yang sebelumnya terpasang juga pada Honda Jazz dan BR-V generasi pertama.

Untuk Toyota, Rush pun pakai mesin berteknologi camshaft ganda, tapi karena isi silindernya lebih kecil dari BR-V maka letupan tenaganya pun lebih rendah. Jadi di atas kertas, Honda BR-V kembali lebih unggul dari Toyota Rush.

Honda BR-V vs Toyota Rush -10

Rush lebih siap diajak menerjang medan berat

Tapi walaupun demikian Toyota mendesain Rush sebagai produk yang tahan banting. Ruang mesinnya lebih ringkas dan menyisakan banyak ruang kosong yang satu efek positifnya dalah pendinginan mesin lebih bagus serta mudah dibersihkan.

Selain itu berbeda dengan BR-V yang pakai penggerak roda depan (FWD), maak Rush menggunakan sistem gerak roda belakang (RWD). Secara teori memang mobil RWD menjanjikan pengendalian yang lebih bagus, terlebih saat dibawa dalam jalan menanjak ataupun permukaan yang tidak rata. Hal ini pun seolah menegaskan Toyota New Rush sebagai SUV sejati.

Kesimpulan

Honda BR-V vs Totota Rush -9

Harga Toyota Rush memang menggoda

Punya desain keren dan dan fitur lebih lengkap ternyata sepertinya memang ahrus dibayar dengan banderol yang cukup tinggi bagi All New Honda BR-V. Karena varian termurah BR-V terbaru ini saja sudah setara harga Toyota Rush GR Sport.

Namun kalau Anda mencari mobil yang penampilannya benar-benar baru dan mendapatkan banyak fitur premium, maka Honda BR-V 2022 adalah pilihan tepat.

Baca juga : Pakai FWD, Mitsubishi Xpander Cross Jadi Lebih Lega Dari Toyota Rush yang RWD?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil