window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pilih Mesin Diesel atau Bensin, Intip Tips Lengkap Membeli Toyota Innova Bekas

Bent Aulia · 23 Okt, 2020 12:30

Pilih Mesin Diesel atau Bensin, Intip Tips Lengkap Membeli Toyota Innova Bekas 01

Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, bagaimana cara memilih maupun membeli Toyota Innova bekas? Ternyata masih banyak yang belum mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan ketika ingin mendapatkan MPV legendaris ini. Untuk itu, simak berbagai tips lengkap yang harus diperhatikan ketika membeli Toyota Kijang Innova bekas di bawah ini.

Toyota Innova di Indonesia

Toyota Kijang Innova merupakan bagian dari regenerasi Toyota Kijang yang sudah diperkenalkan sejak tahun 1976. Kehadiran Innova merupakan tampilan terbaru yang lebih mewah dibandingkan generasi terdahulu. Meluncur pertama kali pada tahun 2004.

Toyota Kijang

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sedangkan versi bermesin diesel diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pertama kali pada tahun 1977. Mesin berkode 2L pertama kali digunakan pada generasi terakhir Toyota Kijang sebagai generasi pertama mesin diesel untuk kendaraan komersial Toyota Hi-Ace.

Baru pada tahun 2004, PT TAM meluncurkan Toyota Innova diesel terbaru dengan mesin 2KD-FTV berteknologi model terbaru. Menghadirkan mesin yang bertenaga, konsumsi bahan bakar yang irit, dan tangguh di jalanan. Begitu juga dengan Toyota Innova facelift yang mendapatkan peningkatan mesin.

Toyota Innova 2004

Akhirnya Toyota Innova 2015 atau dikenal juga dengan Toyota Innova Reborn mendapatkan teknologi mesin diesel yang dipakai pada Innova. Kali ini Innova menggunakan mesin berkode GD yang lebih baru. Teknologi ini diklaim lebih efisien dan bertenaga, menawarkan pengendaraan yang lebih baik bagi penggemar mobil ini.

Sedangkan dalam hal kenyamanan, tentu saja teknologi yang diberikan pada generasi pertama tak lebih modern dibandingkan Toyota Innova 2015. Jelas terasa dengan penambahan berbagai sistem hiburan hingga fitur keselamatan yang ditambahkan, seperti yang ditemukan pada Toyota Innova 2020.

Toyota Innova Reborn

Toyota Innova facelift generasi pertama masih sering ditemui di pasar mobil bekas. Suspensi yang empuk serta daya tahan bodi dan mesin yang bandel membuat mobil ini masih diminati sebagai mobil keluarga bergaya premium yang mengesankan.

Tips membeli Toyota Innova bekas

Ketersediaan spare part yang masih banyak dan mesin yang bandel membuat mobil bekas Innova bisa dibilang masih menjadi primadona di pasar mobil bekas. Agar tidak kesulitan ketika mengecek mobil yang ingin dibeli, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli Toyota Innova bekas. 

1. Tahun kendaraan

Sama layaknya model lainnya, tahun produksi menjadi faktor paling penting dalam membeli sebuah mobil. Meski berbeda dengan komoditas lain yang memiliki daya tahan sampai 5 hingga 10 tahun, mobil memiliki daya tahan yang lebih panjang. Bandingkan dengan harga Toyota Innova 2020 yang dibanderol dari Rp326 jutaan.

Karena itu, banyak mobil dengan masa pakai lebih dari 10 tahun banyak dicari di pasar mobil bekas. Apalagi mobil-mobil keluarga yang terkenal bandel dan tidak manja, atau membutuhkan perawatan yang detail ketika dibeli dalam keadaan bekas, sebagaimana pada harga Toyota Innova.

interior Toyota Innova

Tahun kendaraan juga menjadi bagian penting dalam harga Toyota Innova bekas yang ingin dipilih. Seperti kebanyakan benda komoditas lainnya, tahun yang lebih tinggi, seperti Innova generasi pertama, akan dibanderol lebih rendah dibandingkan generasi kedua.

Dengan generasi pertama yang diperkenalkan tahun 2004, praktis mobil Innova paling tua saat ini berumur 16 tahun atau kurang. Karena itu, perhatikan kembali tahun produksi mobil. Hal ini bisa menjadi pertimbangan ketika akan melakukan negosiasi harga kepada penjual.

Toyota Innova 2015

Tapi berbeda dengan mobil kebanyakan, harga Toyota Innova masih stabil di pasar mobil bekas Tanah Air. Bahkan tak menutup kemungkinan Innova bekas dengan tahun yang lebih tinggi memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan harga Toyota Innova bertahun rendah.

Selain membeli mobil bekas, ada Toyota Innova 2020 yang merupakan facelift dari generasi kedua. Dengan tampang yang lebih modern dan tentu saja teknologi yang lebih baru, kehadiran Toyota Innova 2020 bisa menjadi pilihan untuk konsumen Tanah Air.

2. Toyota Innova diesel atau bensin?

Ada beberapa keuntungan ketika membeli Toyota Innova Reborn maupun generasi pertama; dua pilihan mesin yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. Hingga saat ini, berbagai pilihan Toyota Innova terbaru ditawarkan dengan mesin berbahan bakar diesel dan bensin. 

Innova pertama kali ditawarkan pada mesin 2.7L berbahan bakar bensin bagi generasi pertama. Sedangkan di Indonesia, Innova memiliki piilhan mesin bensin dan diesel. Beberapa konsumen memiliki jantung mekanis bensin karena dianggap minim getaran serta knalpot yang lebih bersih.

Toyota Innova diesel

Keunggulan lainnya bagi Toyota Innova mesin bensin adalah bahan bakar yang lebih mudah dicari di stasiun pengisian bahan bakar umum. Bahan bakar bensin lebih umum digunakan dan tersedia dengan berbagai nilai oktan, dari yang rendah sampai oktan tinggi yang lebih bertenaga.

Namun, dalam perkembangannya, Innova generasi pertama yang lebih baru sudah mendapatkan pilihan mesin 2.0L dan 2.7L dengan kelengkapan teknologi Variable Valve Timing (VVT-i). Tapi beberapa kekurangan mesin 2.7L termasuk konsumsi bahan bakar yang terkenal boros.

Awalnya mesin 2.0L mampu menghadirkan ledakan tenaga hingga 136 PS dan torsi maksimal sebesar 190 Nm. Sedangkan mesin 2.7L yang dikembangkan setahun setelahnya menawarkan tenaga mencapai 160 PS dan torsi puncak mencapai 246 Nm.

mesin VVT-i Toyota Innova

Toyota akhirnya membawa lebih banyak peningkatan pada mesin yang digunakan pada Innova. Termasuk dengan teknologi Dual VVT-i bagi Innova generasi kedua. Fitur baru menghadirkan mesin yang bekerja lebih optimal dalam hal performa serta konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Sedangkan Toyota Innova diesel memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan mesin bensin. Hal ini dikarenakan sistem bahan bakar yang terkenal irit serta torsi yang lebih besar dibandingkan. Sehingga masih banyak dicari bagi penggemar mobil bekas.

Generasi pertama Innova sudah mendapatkan mesin 2.5L dengan sistem induksi turbo. Inilah yang membuat performa mobil ini tak perlu lagi diragukan ketangguhannya. Mesin 2KD-FTV berbahan bakar diesel mampu menghadirkan hingga 102 PS, tapi dengan torsi maksimal 260 Nm.

3. Periksa eksterior dan bodi

Membeli mobil bekas memang butuh ketelitian dan perhatian ekstra. Begitu juga dengan memperhatikan kondisi mobil. Tak jarang banyak mobil bekas tabrakan yang akhirnya diperbaiki dan terlihat seperti tanpa cela.

Pembeli diharuskan lebih memperhatikan kondisi tertentu pada mobil bekas. Salah satunya dengan mengecek perbedaan cat maupun kondisi bumper depan maupun belakang Toyota Innova 2015. Mobil yang sudah mendapatkan penggantian bisa memiliki warna yang berbeda, walaupun tak terlalu kentara.

bagian belakang Toyota Innova

Perhatikan jika ada komponen-komponen yang sudah tidak lagi terpasang dengan sempurna. Seperti bagian kap mesin yang tidak bisa tertutup dengan rapat atau rangka bodi yang terlihat menganga. Hal ini bisa mengindikasikan mobil pernah mengalami tabrakan.

Jangan lupa untuk mengecek bagian bawah kendaraan dan perhatikan jika ada bagian yang berkarat. Memang karat tak bisa dihindari, apalagi bagi Toyota Innova 2015 yang masih berumur muda. Tapi hal ini bisa menjadi keuntungan bagi pembeli untuk menegosiasikan kembali harga yang ditawarkan. 

4. Cek interior Innova bekas

Sama halnya dengan eksterior, interior mobil bekas juga tak luput dari proses penuaan. Terlebih bagi mobil dengan umur lebih dari 10 tahun, ada banyak komponen yang butuh perhatian lebih. Termasuk ketika pemilik lama memutuskan untuk mengganti pelapis jok maupun headliner mobil.

headliner Toyota Innova

Cek apakah spare part maupun komponen interior yang diganti menggunakan aksesoris resmi keluaran Toyota. Perhatikan pula segala kelengkapan dan tampilan yang ditawarkan pada generasi pertama maupun Toyota Innova Reborn, tergantung mobil yang dilihat.

Pengecekan interor juga termasuk sistem dan fitur-fitur di dalam mobil. Terlebih pada sistem pendinginan kabin atau AC. Toyota Innova generasi pertama sering mengalami masalah akibat hembusan angin yang tidak terasa dingin.

Ketika memerika kondisi sistem AC, perhatikan kondisi evaporator. AC yang tidak dingin atau hembusan angin yang kurang seringkali terjadi karena terjadi kebocoran pada sistem evaporator. Begitu juga dengan kebersihan filter kabin kendaraan.

head unit Toyota Innova

Beberapa sistem yang sudah disematkan pada Toyota Innova Reborn seperti pengereman ABS+EBD serta Dual SRS Airbag. Kelengkapan lainnya termasuk Vehicle Stability Control (VSC) serta Hill Assist Control (HAC). Cek kondisinya dengan mengaktifkan sistem. Sistem yang rusak bisa terindikasi dari lampu indikator yang menyala.

Dan yang terakhir adalah mengecek sensor-sensor yang ada di dalam kabin. Pastikan sensor pada mobil bekerja dengan baik. Terlebih pada Innova generasi pertama dengan kilometer di atas 150.000 sering mendapatkan masalah pada sensor timing belt.

5. Uji jalan

Setelah pengecekan dengan memperhatikan kondisi mobil dari luar dan dalam terpenuhi, sekarang saatnya untuk mencoba Innova berjalan. Tak perlu terlalu jauh, karena pengemudi bisa langsung menemukan jika Anda masalah pada mesin maupun suspensi jika membawa mobil di jalanan.

kursi Toyota Innova 2020

Pastikan mesin tidak mengalami brebet maupun kepincangan. Ketika diuji jalan, rasakan jika ada bunyi ketukan pada mesin atau tenaga mesin yang kurang ketika menanjak. Ketika mobil kehilangan tenaga, cek filter bensin, pastikan kebersihan injektor, atau kondisi throttle.

Khusus bagi Toyota Innova diesel, perhatikan kepekatan asap knalpot. Jika asap berwarna hitam pekat, lakukan pemeriksaan pada komponen mesin. Ketika asap yang dikeluarkan berwarna hitam, cek nozzle, EGR, atau lakukan pengecekan pada valve maupun piston.

transmisi Toyota Innova

Sedangkan bagi Toyota Innova facelift bertransmisi otomatis, cek konsisi sistem transmisi. Caranya adalah dengan memindahkan tas transmisi ke posisi D. Perhatikan jika perpindahan terasa lambat atau mobil seperti meloncat. 

6. Periksa sejarah servis Innova

Untuk memastikan sistem bekerja dengan baik dan komponen di dalam mobil tak mengalami kerusakan yang parah, periksa kembali sejarah servis Kijang Innova bekas. Cek jadwal perawatan dan pastikan mobil mendapatkan servis berkala dengan teratur.

interior Toyota Innova 2004

Jika penjual tidak bisa memberikan catatan servis berkala, tak ada salahnya untuk membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa. Apalagi untuk komponen-komponen yang tak jelas terlihat, seperti kondisi busi maupun sistem pendinginan yang tak bisa diperiksa dengan mata telanjang.

Khusus untuk Toyota lama, maupun Toyota Innova facelift generasi pertama, perhatikan lebih detail tentang kondisi interior maupun sistem di dalam mobil. Sedangkan Toyota Innova Reborn dengan umur yang lebih baru kemungkinan besar masih memiliki catatan servis yang lengkap.

Kesimpulan

Untuk pasar mobil bekas, Kijang Innova masih menjadi promadona yang memberikan kesan tangguh dan nyaman meski sudah cukup berumur. Tak ada salahnya memperhatikan eksterior, interior, dan fitur-fitur di dalam mobil, terlebih bagi Toyota Innova Reborn yang terbilang lengkap. Tapi jangan sampai lupa memperhatikan kelengkapan dan surat-surat kendaraan bagi yang ingin membeli Toyota Innova bekas.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil