window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pilihan Mobil Bekas Toyota Kijang Kapsul Paling Ideal untuk Dipinang. Pilih Diesel Atau Bensin?

Enda · 22 Jun, 2021 19:00

Pilihan Mobil Bekas Toyota Kijang Kapsul Paling Ideal untuk Dipinang. Pilih Diesel Atau Bensin? 01

Toyota Kijang Kapsul LGX sebagai salah satu paling ideal untuk dipinang

Toyota Kijang Kapsul pertama kali diluncurkan di Tanah Air pada 1997. Mobil berjeniskan MPV ini diketahui merupakan suksesor Kijang Super yang sukses meraih pangsa pasar selama sembilan tahun (1987-1996).

Selama berkiprah di kancah otomotif nasional hingga 2003, Toyota Kijang Kapsul hadir dalam beberapa varian untuk jenis minibusnya. SX, SSX dan SGX untuk dimensi yang lebih pendek, serta LX, LSX, LGX, dan Krista untuk model dengan sasis panjang.

Agar masyarakat Indonesia mempunyai banyak pilihan, saat itu PT Toyota Astra Motor menawarkan Toyota Kijang Kapsul dengan tiga pilihan mesin, bensin 1.800 cc karburator dan injeksi, bensin 2.000 cc injeksi, serta diesel 2.400 cc.

Melihat banyaknya varian yang dijajakan, Toyota Kijang Kapsul tipe apa yang paling ideal untuk dipinang saat ini? Berikut jawabannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Ini Keunggulan Toyota Kijang Krista, Varian Termewah Kijang Kapsul di Jamannya

Toyota Kijang Kapsul LGX dan Krista Merupakan Tipe Paling Ideal

Pilihan Mobil Bekas Toyota Kijang Kapsul Paling Ideal untuk Dipinang. Pilih Diesel Atau Bensin? 01

Toyota Kijang Krista

Baik Toyota Kijang Kapsul varian LGX dan Krista mempunyai panjang 4.245 mm, lebar 1.670 mm dan tinggi 1.770 mm. Sebagai varian teratas Kijang Kapsul, mobil ini memiliki fitur paling lengkap serta rasa berkendara yang paling nyaman.

Seperti yang bisa kalian ketahui, baik LGX dan Krista memiliki konfigurasi tempat duduk yang keseluruhannya menghadap ke depan serta dilengkapi head rest. Hal ini sangat berbeda dengan tipe LX maupun SX yang mempunyai jok baris ketiga saling berhadapan.

Pilihan Mobil Bekas Toyota Kijang Kapsul Paling Ideal untuk Dipinang. Pilih Diesel Atau Bensin? 02

Interior Toyota Kijang Kapsul LGX dan Krista sangat lengkap dibandingkan beberapa varian lainnya

Selain itu, dua varian terlaris Kijang ini juga mendapatkan double blower di baris keduanya. Dengan begitu penumpang tidak perlu khawatir kepanasan ketika melakukan perjalanan jauh selama berjam-jam.

Untuk memudahkan pengemudi dan penumpang dalam membuka serta menutup kaca, varian LGX dan Krista juga berhasil disematkan power window. Sebagai informasi, dua varian ini memiliki sistem infotaiment yang dilengkapi dengan tweeter untuk meningkatkan kualitas suara.

Oh iya, baik Kijang Kapsul LGX maupun Krista juga dilengkapi rear wiper serta fog lamp untuk memberikan tingkat visibilitas berkendara yang lebih baik.

Kijang Kapsul Diesel 2.400 Cc Juga Paling Cocok Dipilih Saat Ini

Pilihan Mobil Bekas Toyota Kijang Kapsul Paling Ideal untuk Dipinang. Pilih Diesel Atau Bensin? 03

Mesin bensin 1.800 cc Toyota Kijang Kapsul

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, Toyota Kijang Kapsul LGX dan Krista khususnya mesin bensin ini hadir dengan dua kapasitas mesin. 7K 1.800 cc berkombusi karburator dan injeksi, serta 1RZ-E 2.000 cc injeksi.

Mengenai mesin bensin yang paling cocok dan banyak dipilih adalah 7K 1.800 cc injeksi. Varian injeksi lebih banyak diminati karena dianggap lebih hemat bahan bakar dan mudah dalam perawatan.

Baca juga: Harga Toyota Kijang Kapsul Kini Dibanderol Cuma Rp50 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Diketahui

Secara data, mesin 7K baik dengan sistem kombusi karburator maupun injeksi, mampu menghasilkan tenaga 94 PS @5.000 rpm serta torsi 155 Nm @3.200 rpm. Selain cukup bertenaga, varian mesin ini diketahui memiliki tingkat durabilitas yang sangat baik. Tak heran apabila keberadaan mesin ini kerap kali diburu sebagai mesin pengganti di beberapa jenis kendaraan yang ada.

Pilihan Mobil Bekas Toyota Kijang Kapsul Paling Ideal untuk Dipinang. Pilih Diesel Atau Bensin? 04

Mesin diesel 2.400 cc Toyota Kijang Kapsul

Mengenai varian mesin diesel 2L 2.4 liter yang ada pada Toyota Kijang Kapsul LGX maupun Krista, diketahui dapat memeras tenaga hingga 88 ps serta torsi maksimal 165 Nm. Meski tenaga kuda yang dihasilkan lebih kecil dari varian mesin bensinnya, torsi yang dihasilkan lebih besar 10 Nm.

Tak heran apabila varian dieselnya ini dirasa lebih mudah dalam menaklukan berbagai medan yang menanjak atau menurun. Tidak cuma itu saja, masih menggunakan teknologi diesel konvensional, mesinnya ini mampu menenggak solar dengan kualitas rendah yang mana dalam hal konsumsi bahan bakarnya terbilang sangat irit dan terjangkau.

Transmisi Manual Jadi Pilihan yang Tepat

Pilihan Mobil Bekas Toyota Kijang Kapsul Paling Ideal untuk Dipinang. Pilih Diesel Atau Bensin? 05

Transmisi manual 5-percepatan pada Toyota Kijang Kapsul LGX dan Krista

Sebagai model flagshipnya, Toyota Kijang Kapsul baik LGX dan Krista ini ditawarkan dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan otomatis konvensional 4-percepatan. Meski begitu, transmisi manualnya lebih banyak dipilih dibandingkan transmisi otomatisnya karena dianggap lebih responsif dan mudah dalam perawatan.

Sebagai informasi tambahan, Toyota Kijang Kapsul varian terendah seperti LX dan SX hanya ditawarkan dengan transmisi manual 4-percepatan saja.

Banyak Diburu, LGX dan Krista Hanya Mengandalkan Seatbelt Untuk Fitur Keselamatannya

Pilihan Mobil Bekas Toyota Kijang Kapsul Paling Ideal untuk Dipinang. Pilih Diesel Atau Bensin? 06

Baik varian LGX dan Krista mendapatkan fitur keselamatan seatbelt saja

Bicara soal fitur keselamatan, Toyota Indonesia membekali Kijang Kapsul hanya dengan seatbelt saja. Karena pada zamannya, fitur keselamatan mobil di Indonesia belum terlalu canggih.

Dengan begitu kalian harus lebih berhati-hati ketika menggunakan mobil ini terlebih saat melaju di kecepatan tinggi dan jalan yang berkontur.

Kesimpulan

Toyota Kijang Kapsul varian LGX dan Krista dirancang dengan kabin yang besar, lapang dan nyaman untuk dibawa berpergian bersama keluarga ke berbagai tujuan di Indonesia.

Seperti yang diketahui, varian ini mampu dimuati hingga 7-8 orang didalamnya tanpa mengurangi rasa nyaman berkendara. Hal ini dikarenakan jok pada baris belakangnya dibuat saling berhadapan.

Tidak sampai di situ, fitur serta kenyamanan berkendaranya sangat jauh lebih nyaman dan lengkap bila dibandingkan dengan beberapa tipe dibawahnya. Tak ayal apabila varian LGX dan Krista ini merupakan varian paling ideal untuk dipinang saat ini.

Mengetahui harga bekasnya saat ini melalui salah satu situs jual beli, Toyota Kijang Kapsul LGX ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan hingga Rp120 jutaan. Sedangkan Krista sendiri dibandrol dari Rp55 juta sampai dengan Rp120 jutaan.

Baca juga: Tertarik Beli Toyota Avanza Generasi Pertama? Ketahui Beberapa Fakta Penting Ini

 

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil