window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pilihan Mobil Edisi Serba Hitam, Biar Tampil Beda

Prasetyo · 24 Feb, 2023 18:07

Pilihan Mobil Edisi Serba Hitam, Biar Tampil Beda 01

Tren mobil Black Edition ternyata cukup banyak disajikan para pabrikan otomotif. Bahkan mobil dengan tema serba hitam ini terlihat di beberapa booth peserta pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Sesuai namanya, mobil-mobil tersebut memakai warna hitam disebagian besar ekteriornya. Mulai dari gril depan yang semula ada aksen chrome diganti black gloss. Demikian pula dengan velg, yang pada edisi standar pakai nuansa two tone, diganti full black. Bahkan ke rear garnish yang awalnya chrome atau silver juga dilapis warna gelap.

Pilihan Mobil Edisi Serba Hitam, Biar Tampil Beda 02

Hyundai Creta Dynamic Black Edition meluncur di IIMS 2023

Nah diantara warna warni mobil-mobil baru yang dipamerkan di IIMS 2023, setidaknya ada tiga mobil Black Edition yang ditawarkan APM (Agen Pemegang Merek).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Live Report IIMS 2023: Mitsubishi XFC Concept Siap Tantang Honda HR-V, Hyundai Hadirkan Creta Dynamic Black Edition

1. Honda CR-V Black Edition

Pilihan Mobil Edisi Serba Hitam, Biar Tampil Beda 01

CR-V Black Edition

Mobil pertama yang mungkin jadi "pelopor" Black Edition di Indonesia dalam 1 tahun belakangan adalah Honda CR-V. SUV yang satu ini hadir dengan tema warna Crystal Black Pearl pada ekterior tubuhnya. Tapi sejumlah komponen yang semua berfinishing chrome atau silver diganti hitam.

Pilihan Mobil Edisi Serba Hitam, Biar Tampil Beda 02

Emblem Black Edition di belakang

Diantaranya dark chrome garnish pada grill dan bemper depan. Kemudian lampu depan juga diberi aksen smoked, dan velg 18 inci yang digunakan juga kini warnanya hitam. Aksen hitam lainnya ada pada emblem di belakang, aksen black wood di dasbor dan trim pintu, serta logo Black Edition di sandaran jok depan sebagai identitasnya.

Pilihan Mobil Edisi Serba Hitam, Biar Tampil Beda 03

Interiornya juga serba hitam

Menggunakan basis Honda CR-V Turbo Prestige, edisi hitam ini dibekali mesin 1.5L i-VTEC Turbo bertenaga 190 PS dengan didukung transmisi CVT with Earth Dreams Technology. Selain itu, juga sudah ada fitur keselamatan Honda Sensing. Untuk harga Honda CR-V Black Edition per Februari 2023 adalah Rp684,6 juta on the road Jakarta

Baca juga: Lebih Murah dari HR-V, Hyundai Creta Dynamic Black Edition Tampil Gagah di IIMS 2023

2. Hyundai Creta Dynamic Black Edition

Pilihan Mobil Edisi Serba Hitam, Biar Tampil Beda 04

Creta Dynamic Black Edition

Hyundai Creta edisi khusus ini terkesan lebih gagah sekaligus memperlihatkian kesan yang sporty. Bagian fascia mobil ini hadir dengan Black Front Grille yang dilengkapi lampu Parametric Jewel Hidden-Type DRL, dan juga Black Front Grille Garnish.

Pilihan Mobil Edisi Serba Hitam, Biar Tampil Beda 05

Velgnya juga full black

Velg 17 inci yang tersemat dir uang fender. Tambahan sideskirt dan bodykit dilebur warna hitam juga turut mempertegas aura sport SUV compact tersebut. Sementara emblemnya kini pakai Dark Monochrome untuk logo H miring di bagian depan dan juga emblem belakang, serta adanya tambahan Black C-Pillar Garnish dan juga Black Roof Rail pada bagian atap mobil.

Pilihan Mobil Edisi Serba Hitam, Biar Tampil Beda 06

Terpasang headunit 8 inci dan wireless charger

Dari segi hiburan, Hyundai Creta Dynamic Black Edition telah mengandalkan head unit layar sentuh 8 inci yang mendukung konektivitas smartphone. Tak hanya itu, didalamnya juga terdapat wireless smartphone charger. Untuk harganya, Creta Dynamic Black Edition dibandrol Rp350 juta OTR Jakarta.

Baca juga: MG ZS Dark Midnight Edition, Edisi Terbatas yang Serba Hitam

3. MG ZS Dark Midnight Edition

Pilihan Mobil Edisi Serba Hitam, Biar Tampil Beda 07

MG ZS yang serba hitam dibagian luarnya

Ditawarkan lebih mahal Rp7 juta dari varian MG ZS Magnify yang kini dibandrol Rp344,8 juta, versi serba hitam ini terkesan lebih garang. Antara lain berkat gril depan yang kini semuanya hitam termasuk garnish yang semula chrome hingga logo MG di bagian tengahnya juga sudah berubah jadi Black Matte.

Pilihan Mobil Edisi Serba Hitam, Biar Tampil Beda 08

Gril dan logo bagian depan semuanya hitam

Baik di bumper depan, belakang serta di bawah pintu terdapat tambahan aero kit berkelir hitam. Kemudian lingkar roda yang awalnya menggunakan konsep dual tone kini juga berganti menjadi Black Matte. Pun dengan logo MG di bagian belakang pakai warna senada.

Pilihan Mobil Edisi Serba Hitam, Biar Tampil Beda 09

Logo MG di belakang juga hitam

ZS Dark Midnight Edition didukung fitur yang sama persis dengan MG ZS Magnify. Termasuk ketersediaan fitur electric IMAX panoramic sunroof serta head unit layar sentuh 10,1 inci dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto.

@autofun.indonesia SUV baru di IIMS 2023 makin seru! Kalian paling pas sama yang mana? Yang pasti, pilihan olinya selalu #lebihbaikmotul ! @Motul Indonesia #reviewmobil #iims2023 #grandvitara #wulingalvez ♬ [Live Recording] Flute Jazz Bossa Nova - arachang

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda CR-V 2023 Upcoming

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil