window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pilihan Mobil Eks Taksi Dengan Harga Menggiurkan, Mulai Toyota Avanza hingga Chevrolet Trax

Evan · 19 Agu, 2021 16:00

Pilihan Mobil Eks Taksi Dengan Harga Menggiurkan, Mulai Toyota Avanza hingga Chevrolet Trax 01

Banyak calon konsumen dengan budget ekonomis menginginkan sebuah kendaraan yang handal, perawatan mudah, dan hemat bahan bakar. Mobil eks taksi bisa menjadi pilihan utama karena menawarkan semua hal diatas, ditambah dengan garansi. 

Pilihan Mobil Eks Taksi Dengan Harga Menggiurkan, Mulai Toyota Avanza hingga Chevrolet Trax 02

Toyota Vios Limo generasi ketiga

Melihat situasi pandemi sekarang ini, banyak calon konsumen yang memutuskan menghemat biaya pengeluaran rumah tangga dengan lebih memilih untuk menabung dibandingkan mengeluarkan uang untuk membeli mobil baru. Dan sebenarnya, pilihan membeli mobil eks taksi juga patut diperhitungkan.

Kalau kalian berminat dengan mobil eks taksi, berikut merupakan petunjuk saat hendak memilih mobil mantan armada taksi yang tepat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Toyota Transmover 

Pilihan Mobil Eks Taksi Dengan Harga Menggiurkan, Mulai Toyota Avanza hingga Chevrolet Trax 01

Toyota Transmover mengambil basis Avanza

Mobil yang dijadikan sebagai taksi sejak tahun 2016 ini dapat dikatakan ketersediaan unitnya lebih sedikit jika dibandingkan unit mobil eks taksi lain. Karena kebanyakan beberapa operator taksi masih beroperasi menggunakan Toyota Transmover hingga saat ini. 

Untuk mesin masih sama seperti Avanza, berkode 1NR-FE 1.329cc 4 silinder bertenaga 96 dk pada 6.000 rpm dan torsi 121 Nm pada 4200 rpm. Khusus pada mobil ini, masih menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan tidak ada tipe otomatis.

Berbicara mengenai fitur, mobil ini masih menggunakan radio single din, pengaturan kaca spion manual, namun sudah menggunakan power window sebagai standar. Selain itu airbag tetap ada, baik di sisi pengemudi maupun penumpang, serta sabuk keselamatan tiga titik hingga penumpang jok baris ketiga.

Untuk harga Toyota Transmover berkisar di angka Rp90 Juta hingga Rp125 Juta tergantung kondisi, tahun dan ketersediaan unit. Namun saat ini masih jarang ditemukan showroom eks taksi yang menjual terutama untuk unit di atas tahun 2017.

Kelebihan    : 
•    Biaya perawatan termasuk murah, karena menggunakan part milik Avanza 
•    Mesin terkenal tangguh, cukup irit. 
•    Mobil keluarga berpenggerak roda belakang. 

Kekurangan: 
•    Limbung di jalan tol
•    Kabin kurang senyap
•    Posisi mengemudi kurang ergonomis


2. Honda Mobilio 

Pilihan Mobil Eks Taksi Dengan Harga Menggiurkan, Mulai Toyota Avanza hingga Chevrolet Trax 02

Honda mobilio eks taksi mulai tahun 2015

Unit yang dijadikan taksi adalah Mobilio tipe S. Mobil dengan mesin berkode L15Z1 ini dipersenjatai dengan mesin 1.500cc bertenaga 118 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. 

Soal fitur, Mobilio eks taksi ini mendapatkan dua airbag, power window, kursi hingga baris ketiga, dan seatbelt sebagai standar. Berbeda dengan transmover, mobilio eks taksi tidak memiliki double blower.

Untuk harga Honda Mobilio bekas taksi berkisar antara Rp83 juta hingga Rp115 juta tergantung pada kondisi keseluruhan mobil.  

Kelebihan:
•    Mesin bertenaga, terbesar dikelasnya 
•    Lebih fun to drive dibandingkan Avanza.               
•    Posisi mengemudi ergonomis  

Kekurangan:
•    Kabin kurang senyap, suara dari luar masih masuk. 
•    Kualitas finishing interior sangat kurang. 
•    Tidak ada defogger belakang

Baca juga: Menanti Generasi Baru Honda Mobilio: Apa yang Harus Disempurnakan dari Mobil Ini?

3. Toyota Vios Limo

Pilihan Mobil Eks Taksi Dengan Harga Menggiurkan, Mulai Toyota Avanza hingga Chevrolet Trax 03

Toyota Vios Limo mobil eks taksi paling laris

Merupakan mobil yang identik dengan taksi, karena sejak kemunculannya di tahun 2004 sebagai armada hingga saat ini hampir seluruh perusahaan taksi pernah menggunakannya. 

Walau pakai nama Toyota Limo, tapi mobil ini tetap menggunakan mesin 1-NZ FE VVT-i berkapasitas 1.500 cc yang sama dengan Vios. Sehingga tenaganya juga tetap 109 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm pada 4.200 rpm.  Namun untuk Limo hanya tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan. 

Sejak awal hingga saat ini, ada 3 generasi Toyota Limo yang bisa dipilih tergantung dengan budget kalian. Soal Fitur, Limo generasi pertama dan kedua sama-sama kurang menyajikan fitur menarik apapun bagi pengemudi. 

Belum power window ditambah dengan tidak adanya airbag. Beberapa unit yang dijual bahkan tidak memiliki audio sehingga perlu mengeluarkan kocek lebih untuk membeli sound system aftermarket. Namun di generasi ketiga Limo, Toyota akhirnya menambahkan fitur airbag dan audio sebagai standar.

Dari segi harga, generasi pertama dijual pada kisaran Rp30 jutaan, lalu generasi kedua direntang Rp40 juta - Rp70 juta, dan generasi ketiga dijual di harga Rp70 juta hingga Rp99 juta.

Kelebihan:
•    Mesin tangguh dan cukup irit       
•    Spare part murah dan mudah ditemukan       
•    Mudah diajak bermanuver

Kekurangan:
•    Suspensi kurang nyaman.                 
•    Fitur keselamatan kurang.                
•    Kabin kurang senyap. 


4. Toyota Etios Liva

Pilihan Mobil Eks Taksi Dengan Harga Menggiurkan, Mulai Toyota Avanza hingga Chevrolet Trax 04

Etios Liva eks taksi, mesin sama dengan Avanza

Unit mobil eks taksi Toyota Etios yang dijual merupakan buatan India, dan masuk ke Indonesia pada tahun 2013. Mobil ini hanya dijual sebagai armada taksi dan tidak untuk dijual umum dan modelnya sedan bukan hatchback. 

Di balik kapnya terdapat mesin yang unik karena hampir mirip dengan milik Avanza, yaitu 1.500 cc 1NZ-FE namun tanpa adanya teknologi VVT-I dipasangkan dengan transmisi manual 5 percepatan.

Berbicara soal fitur, mobil ini sayangnya tidak dilengkapi dengan power window dan airbag serta tanpa hadirnya audio sebagai standar. Untungnya fitur pendingin pada glovebox depan tetap dipertahankan, membantu pengemudi untuk mendapatkan minuman yang menyegarkan saat hari sedang panas. 

Untuk harga sendiri bervariasi tergantung pada kondisi, dan tahun pembuatan. Etios eks taksi tahun 2013 dibanderol Rp33 jutaan. Namun untuk yang produksi tahun 2015 dijual sekitar Rp59 juta.

Kelebihan:

•    Mesin bertenaga.           
•    Kabin cukup lega.           
•    Kapasitas bagasi sangat baik. 

Kekurangan:

•    Interior terkesan polos        
•    Fitur keselamatan kurang
•    Kabin kurang senyap

Baca Juga: Masih Tertarik Beli Sedan? Ini Fakta Menarik Seputar Toyota Vios


5.Chevrolet Lova 

Pilihan Mobil Eks Taksi Dengan Harga Menggiurkan, Mulai Toyota Avanza hingga Chevrolet Trax 05

Chevrolet Lova eks taksi banyak dijual

Bisa dibilang mobil eks taksi ini sangat sulit ditemukan, mengingat hanya sedikit perusahaan taksi yang mau menggunakannya sebagai armada. Hadir di tahun 2010 sebagai taksi, tak jarang mobil ini menarik minat calon konsumen karena unitnya yang jarang dan tidak terlihat pasaran seperti Limo dan Etios Liva. 

Mobil ini memiliki mesin 1.400 cc E-Tec II yang menghasilkan tenaga 93 PS di 6.200 rpm dan torsi maksimum 128 Nm pada 3.200 rpm. Kemudian mesin dipasangkan dengan transmisi manual 5 percepatan, sayangnya konsumsi bensin Lova tidak sebaik Limo. 

Fitur mobil ini termasuk minim. Hanya sabuk pengaman dan power window yang menjadi nilai tambah jika kalian ingin meminang. Setidaknya arah semburan ac dan defogger depan sudah menjadi standar, membantu menyejukkan pengemudi dan penumpang. Yang menarik adalah penggunaan MID pada speedometer yang terbilang canggih untuk mobil dengan keluaran tahun 2010.

Mengenai harga, unit Chevrolet Lova dijual dengan harga Rp40 juta hingga Rp 55 juta tergantung kondisi. 

Kelebihan:
•    Mesin tangguh.             
•    Kabin lebih lega dibanding Limo.             
•    Suspensi nyaman. 

Kekurangan:
•    Mesin agak boros.             
•    Desain eksterior kurang.         
•    Mencari spare part dan tempat servis sulit. 


6. Chevrolet Trax 

Pilihan Mobil Eks Taksi Dengan Harga Menggiurkan, Mulai Toyota Avanza hingga Chevrolet Trax 06

Trax bekas taksi, unit jarang dan tergolong langka

Mobil satu ini bagi kebanyakan orang merupakan keanehan tersendiri di dalam armada sebuah taksi. Selain itu populasinya juga sangat terbatas, dan hanya dapat ditemukan di DIY Jogjakarta dan sekitarnya. 

Memang disana peruntukkannya adalah taksi premium dan menggunakan unit tipe Trax LT. Untuk mesin sendiri menggunakan 1.400 cc ECOTEC ditambah turbo bertenaga 140 PS pada 4900 rpm dan torsi puncak sebesar 200 Nm pada 1850 rpm yang dipadukan dengan transmisi otomatis 6 percepatan. 

Dari segi fitur, mobil ini merupakan yang terlengkap dibanding mobil eks taksi lainnya. Dilengkapi dengan kontrol stabilitas elektronik sebagai standar, 6 airbags, layar headunit 7 inci, sunroof, sensor parkir belakang, dan speedometer digital tentu mobil ini tak terlihat bekas taksi. 

Untuk harganya, sampai artikel ini dibuat belum ada penjual yang mengatasnamakan Trax bekas taksi. Namun jika mengikuti harga pasar bekas Trax standar, maka akan berkisar dibawah Rp150 juta.

Kelebihan:
•    Mesin turbo bertenaga.              
•    Fitur keselamatan terbaik dikelasnya.     
•    Desain eksterior bagus. 

Kekurangan:
•    Unit Jarang                 
•    Mencari spare part dan tempat servis sulit     
•    Water pump dan pipa konektor rawan bocor, bisa overheat.

Jangan lupa lakukan test drive dan cek kondisi mobil sebelum membeli mobil eks taksi. Mencari unit terbaik memang sangat sulit dan memakan waktu.

Baca Juga: Chevrolet Tracker 2021, SUV Compact Rp300 Jutaan Pesaing Baru Honda HR-V


 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil