Pilihan Mobil Station Wagon yang Hadir di GIIAS 2021, Dari EV Paling Murah Sampai Estate Monster Termahal

Ilham · 18 Nov, 2021 14:00

Mobil-mobil jenis station wagon atau estate memang kurang memikat minat konsumen di Indonesia. Meskipun begitu, versi ini justru kerap diincar para penghobi otomotif di sini. Tak jarang harga bekasnya turut menggila.

Pilihan Mobil Station Wagon yang Hadir di GIIAS 2021, Dari EV Paling Murah Sampai Estate Monster Termahal 01

Audi RS 4 Avant punya tampang sangar

Untuk itu, saat ini beberapa pabrikan mobil tetap menawarkan varian tersebut. Seperti dapat dilihat dari event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung pekan ini di ICE BSD, Tangerang.

Terdapat empat pabrikan yang memajang mobil berjenis station wagon. Diantaranya dua pabrikan asal Jerman, yaitu Audi dan BMW. Lalu satu merek Jepang yakni Mazda dan pabrikan Inggris-Cina MG.

Secara detail, Audi hadir dengan mobil RS 4 Avant sementara BMW memajang Seri 3 Touring. Kemudian ada Mazda 6 Estate serta MG5 EV yang didapuk sebagai satu-satunya wagon berpenggerak listrik di ajang GIIAS 2021. Lalu seperti apa peta persaingan keempatnya?

Baca Juga: New Mitsubishi Xpander Exceed Menang Desain Keren, Apakah Bisa Salip Penjualan Toyota Avanza 1.3 E 2022?

Mazda6 Estate

Pemain tunggal di kelas estate dari pabrikan Jepang adalah Mazda6 Estate. Mobil ini merupakan versi station wagon dari sedan Mazda6. Secara eksterior, Mazda6 Estate meneruskan pakem desain Kodo yang menjadi cirinya.

Pilihan Mobil Station Wagon yang Hadir di GIIAS 2021, Dari EV Paling Murah Sampai Estate Monster Termahal 01

Roof rail dipasang braket sepeda

Hal ini terlihat dari desain grille beraksen kromnya yang besar dengan sudut segi lima, serta headlamp LED projector dengan bentuk mirip sayap capung. Kesan elegan di Mazda6 Estate terlihat dari penggunaan lis krom pada kaca sampingnya.

Sama seperti station wagon lain, di bagian atap Mazda6 Estate juga terdapat roof rail. Bahkan di pajangan GIIAS 2021 ini dipertegas dengan hadirnya braket sepeda yang seolah menegaskan sisi fungsionalitas Mazda6 Estate.

Urusan mesin, mobil yang dijual Rp 639,9 juta ini bukanlah yang terbaru karena masih sama dengan edisi 2018 silam. Yaitu bermesin Skyactiv-G 2.5 liter dengan fitur Cylinder Deactivation untuk menjaga efisiensi BBM. Mesin itu memiliki tenaga 194 PS di 6.000 rpm dan torsi 258 Nm per 4.000 rpm.

Baca Juga: Desain Lebih Segar, Mampukah Spesifikasi All New Honda BR-V Ungguli Mitsubishi New Xpander Cross?

Audi RS 4 Avant

Boleh disebut, sepanjang gelaran GIIAS 2021 ini, Audi RS 4 Avant merupakan salah satu mobil termahal. Tak tanggung, banderolnya mencapai Rp 2,543 miliar (off the road). Dengan harga yang terbilang tinggi itu, Audi RS 4 Avant menawarkan sederet keunggulan. Terutama yang berhubungan dengan faktor berkendara.

Pilihan Mobil Station Wagon yang Hadir di GIIAS 2021, Dari EV Paling Murah Sampai Estate Monster Termahal 02

Station wagon termahal di GIIAS 2021

Tak tanggung, mesin 2.9-liter V6 TFSI Twin-Turbo disebut mampu menyembur daya sebesar 450 PS dan torsi melimpah hingga 600 Nm. Performanya, untuk akselerasi 0-100 km/jam cukup 4,1 detik saja. Sedangkan kecepatan tertingginya diklaim hingga 280 km/jam.

Ciri khas Audi yang terus bertahan di model ini adalah sistem penggerak empat roda yang permanen berjuluk Quattro. Transmisinya model tiptronic otomatik 8-percepatan. Meski memiliki sistem penggerak empat roda yang paten, tapi distribusi geraknya dapat disesuaikan dengan kondisi jalanan berkat pengendalian dari Electronic Stability Control (ESC) dan Traction Control.

BMW Seri 3 Touring

Sebenarnya mobil bernama lengkap 320i Touring M Sport ini hanya ditawarkan dalam jumlah terbatas di Indonesia. Bahkan di GIIAS 2021 pun yang dipajang adalah kepunyaan Youtuber Arief Muhammad. Sehingga konsumen mobil yang dijual Rp 1,3 miliar ini kemungkinan baru bisa menginden jika kuotanya masih ada.

Pilihan Mobil Station Wagon yang Hadir di GIIAS 2021, Dari EV Paling Murah Sampai Estate Monster Termahal 03

Mobil yang dipajang kepunyaan Arief Muhammad

Soal detail, 320i Touring M Sport menghadirkan BMW LaserLight terbaru. Lampu tersebut memiliki fitur glare-free hi-beam dan konsumsi energi yang efisien sehingga mampu menjaga keamanan berkendara pada saat situasi gelap dan sulit.

Soal sumber penggerak, BMW 320i Touring M Sport ini pun dilengkapi dengan mesin generasi anyar. Di mana tertanam tipe TwinPower Turbo empat-silinder berkubikasi 2.000 cc diklaim BMW mampu menghasilkan tenaga 184 PS dan torsi 300 Nm.

Baca Juga: Kunjungan ke GIIAS 2021, Jokowi Nyetir Sendiri Mobil Listrik Mitsubishi Minicab MiEV

MG5 EV Wagon

Terakhir ada MG5 EV berbodi station wagon yang jadi satu-satunya pengguna motor listrik dari seluruh tipe estate di GIIAS 2021. Seperti diketahui, mobil ini baru sebatas pajangan dan belum dijual umum. Meski begitu, pabrikan MG memang sedang gencar mengampanyekan mobil listrik di Indonesia, pasca pengenalan SUV ZS EV di bulan April lalu.

Pilihan Mobil Station Wagon yang Hadir di GIIAS 2021, Dari EV Paling Murah Sampai Estate Monster Termahal 04

MG 5 EV cukup membuat pengunjung GIIAS 2021 penasaran

Kembali ke MG5 EV, keunggulan yang ditawarkan ada pada efisiensi energi yang ditawarkannya. Di mana MG5 EV memiliki daya jelajah hingga 380 km saat baterai 50,3 kWh terisi penuh. Motor listriknya bertipe Permanent Magnet Synchronous Motor yang bertenaga setara dengan 156 PS.

Oiya, baterai tersebut juga didukung dengan pengisian daya cepat dengan waktu pengisian baterai dari kosong ke 80 persen cukup dalam 40 menit lewat koneksi CCS. Tak perlu khawatir kondisi jalanan di Indonesia yang kerap becek karena hujan dan berdebu saat panas, karena peranti ini telah teruji serta tersertifikasi IP67 tahan air dan debu.

Yang menarik, mobil yang di Thailand dijual sebagai MG EP ini merupakan salah satu mobil listrik paling murah yang dijual di Negeri Gajah Putih itu. Namun sayangnya pihak MG Indonesia belum mengonfirmasi mengenai kehadiran mobil ini, karena masih dalam tahap pengenalan saja.

Baca juga: 3 Alasan Mobil Listrik MG5 EV Harus Segera Dijual di Indonesia, Harganya Bakal Murah?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

BMW 320i Touring M Sport

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru