window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pilihan Mobil SUV Baru Rp300 Jutaan, Wuling Almaz Lebih Menarik daripada Jepangan?

Prasetyo · 14 Agu, 2022 09:04

Pilihan Mobil SUV Baru Rp300 Jutaan, Wuling Almaz Lebih Menarik daripada Jepangan? 01

  • Selain Air ev, Wuling Almaz juga dipajang di GIIAS 2022.
  • Harga Wuling Almaz bersentuhan dengan LSUV Jepang seperti Toyota Rush.
  • Apakah Wuling Almaz masih menarik untuk dibeli?

Mencari mobil SUV baru Rp300 jutaan tahun 2022 memang bukan perkara mudah. Sebab di rentang harga seperti itu pilihannya cukup beragam. Mulai dari penguasa pasar, Toyota Rush sampai produk kuda hitam yang bermarkas di Cikarang, Wuling Almaz.

Masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri-sendiri. Ada yang mengandalkan nama brand dan jaringan after sales ada pula yang sodorkan fitur lengkap dengan desain menarik. Nah kalau opsi yang kedua rasanya pilihan paling tepat memang Wuling Almaz. Apalagi di GIIAS 2022 Wuling juga memajang seluruh lini produknya secara lengkap termasuk Almaz Series.

Baca juga : Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Kenapa Wuling Almaz RS Layak Jadi Pilihan di Kelasnya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Harga Wuling Almaz 2022 :

  • Almaz 1.5T EX CVT 7 seater: Rp330,8 juta
  • Almaz 1.5T EX CVT 5 seater: Rp320,1 juta

Desain Tampan Bertubuh Atletis

Pilihan Mobil SUV Baru Rp300 Jutaan, Wuling Almaz Lebih Menarik daripada Jepangan? 01

Wuling Almaz tipe EX

Penampilan fisik tentunya hal pertama yang dipertimbangkan kala konsumen hendak membeli sebuah produk termasuk mobil. Karena itulah Wuling coba memahat desain Almaz agar tampil memikat. Mobil dengan tampilan kekar nan sporty yang dihadirkan dalam dua pilihan konfigurasi, yaitu 5-seater dan 7-seater.

Wajahnya berkesan agresif dengan gril besar dibagian depan yang terintegrasi Daytime Running Light (DRL) berteknologi LED. Adapun lampu utamanya ada di sisi kiri dan kanan bemper juga pakai teknologi LED projector yang berdekatan dengan fog lamp. 

Bergeser ke sisi samping, tubuh Almaz terlihat makin kokoh berkat diaplikasikannya velg 17 inci berdesain Two-Tone Alloy Wheel. Adapun pada bagian belakangnya Almaz mendapatkan bentuk yang tidak kalah menarik.

Fitur WIND Gak Ada di Mobil Lain

Pilihan Mobil SUV Baru Rp300 Jutaan, Wuling Almaz Lebih Menarik daripada Jepangan? 02

Headunit besar dengan perintah suara berbahasa Indonesia

Daya pikat lain di Wuling Almaz adalah keberadaan WIND alias Wuling Indonesian Command. Yakni sebuah fitur perintah suara bahasa Indonesia yang terhubung dengan bagian headunit. Sistem kerjanya sama saja dengan fitur voice command yang umumnya ada di mobil-mobil mewah Eropa.

Bedanya, pada WIND Anda bisa menggunakan bahasa Indonesia. Cukup katakan "Halo Wuling" untuk mengaktifkan fitur WIND, kemudian dilanjutkan dengan fitur apa yang akan Anda aktifkan melalui perintah suara. Misalnya jika hendak memutar lagu melalui radio, maka Anda tinggal ucapkan Halo Wuling", ketika sistem di headunit sudah membalas "Halo", maka lanjutkan dengan berucap "Aktifkan radio". Maka jika sistem mengerti ucapan Anda akan ada suara balasan "Mengaktifkan radio".

Menariknya lagi, bukan cuma mengaktifkan radio, tapi WIND bisa juga untuk fitur-fitur lain. Seperti AC, membesarkan dan mengecilkan volume audio, membuka kaca jendela sisi pengemudi, hingga membuka atau menutup sunroof.

Baca juga : Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Wuling Almaz RS, Hi-Tech Family SUV

SUV Rp300 Juta Kecil Sudah Dapat Panoramic Sunroof

Keunggulan lain dari Wuling Almaz adalah keberadaan panoramic sunroof. Meski bukan tipe tertinggi, tapi atap berbahan kaca yang bisa dibuka tutup ini sudah ada di Almaz tipe EX yang harganya Rp300 jutaan. Bandingkan dengan produk rivalnya dari Jepang yang belum tersedia kelengkapan tersebut.

Bagi sebagian orang mungkin fitur ini bukan hal yang snagat krusial. Tapi percayalah, panoramic sunroof akan menjadi perangkat yang snagat berguna manakala Anda melintas di daerah pegunungan yang sejuk. Tinggal buka panoramic sunroof pakai fitur WIND, dan biarkan hawa dingin masuk ke kabin mobil tanpa Anda perlu membuka kaca jendela lainnya.

Baca juga : MG Siapkan Kembaran Wuling Almaz di India, Pakai Head Unit Super Raksasa

Mesin 1.5L Turbo dengan Fitur Keselamatan Lengkap

Pilihan Mobil SUV Baru Rp300 Jutaan, Wuling Almaz Lebih Menarik daripada Jepangan? 03

Mesin turbo

Dibalik bonet, Wuling Almaz bersenjatakan mesin 1.5L ditambah turbocharged garapan Honeywell. Secara spesifikasi, mesin 1.451 cc dengan teknologi DOHC dan DVVT pada SUV ini mampu memeras tenaga hingga 141 PS di 5.200 rpm serta torsi puncak 250 Nm pada rentang 1.800-3.600 rpm. Di tipe Exclusive, Almaz cuma ditawarkan dengan transmisi CVT 8 percepatan. Adapun putaran tenaganya difinalisasi ke dua buah roda yang berada di bagian depan.

Demi menjamin keselamatan penumpang selama perjalanan, Almaz juga dipersenjatai beberapa fitur canggih. Seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Hill Hold Control (HHC), Traction Control System (TCS), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Kesimpulan

Dibanding Toyota Rush yang fiturnya sederhana, Wuling Almaz memang sajikan paket menarik untuk harga mobil SUV baru Rp300 jutaan. Minat?

Baca juga : MPV Baru Wuling Resmi Dirilis, Pakai Mesin Almaz Kabinnya Nyaman Harga Bikin Hancur Avanza

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Wuling Almaz Hybrid 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil