window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

PLN Buka Layanan SPKLU Untuk Mobil dan Bus Listrik di Jakarta, Makin Gampang Buat Ngecharge

Yongki Sanjaya · 26 Jul, 2022 19:00

PLN Buka Layanan SPKLU Untuk Mobil dan Bus Listrik di Jakarta, Makin Gampang Buat Ngecharge 01

Semakin pesatnya pengguna mobil listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle mendorong PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya bersinergi dengan Perum DAMRI dan PT Tri Energi Bersama (TEB) dalam pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Skema kerja sama penyediaan SPKLU ini menggunakan Skema Provide, Privately Owned and Operated (PPOO). 

Dalam hal ini PLN sebagai pemegang Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL) akan menyediakan infrastruktur SPKLU dan platform teknologi informasi melalui menu Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile. Sedangkan pihak DAMRI akan menyediakan lahan dan lokasi SPKLU. Pihak TEB akan menyiapkan SPKLU beserta pengoperasian dan pemeliharaan.

Sinergi bersama ini ditandai dengan penandatangan kesepakatan kerja sama antara PLN, DAMRI, dan TEB di Booth PLN, Periklindo Electric Vehicles Show (PEVS) JIExpo Kemayoran. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Ini adalah SPKLU Ultra Fast pertama dengan pola kemitraan sharing economic model dan menjadi pioner untuk SPKLU yang bisa untuk ngecharge mobil maupun bus listrik. Diprediksi akan ada 600 ribu kendaraan listrik roda empat yang akan digunakan oleh masyarakat," ucap General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan, Senin (25/7) kemarin. 

PLN Buka Layanan SPKLU Untuk Mobil dan Bus Listrik di Jakarta, Makin Gampang Buat Ngecharge 01

Tak cuma penyediaan lahan SPKLU, Perum DAMRI juga akan mengerahkan 53 unit bus merek E-Inobus untuk operasional angkutan perkotaan di wilayah Bandung dan Surabaya. Sedangkan 1 unit bus merek Edison Motors yang akan dioperasikan untuk angkutan bandara. 

"Program bus listrik untuk angkutan perkotaan DAMRI juga berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan. Kerja sama dengan PLN dan TEB hari ini adalah langkah awal untuk sinergi berkelanjutan," jelas General Manager Perum DAMRI Cabang Jakarta, Rahmat Santoso pada kesempatan yang sama.

Kolaborasi PLN, DAMRI, dan TEB dalam penyediaan SPKLU tentunya akan mendukung tumbuh kembangnya kendaraan listrik di Indonesia. Prospek pengembangan SPKLU untuk ibukota ini masih sangat prospektif bagi PLN dan stakeholder terkait. 

Bahkan, pemanfaatan energi listrik untuk kendaraan berbasis BEV masih minim sehingga potensinya cukup besar. Target kedepannya yaitu tiap SPKLU bisa melayani pengisian 10 kendaraan listrik. 

“Kita berharapnya 1 SPKLU bisa melayani 10 kendaraan listrik sehingga ditargetkan ada 60 ribu unit SPKLU yang bisa dibangun hingga 2030. Jakarta sendiri masih punya cadangan listrik 36%, jangan khawatir untuk pasokan," kata Doddy. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil