window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Plus Minus Honda BR-V, Sudah Layak Menandingi Toyota Rush?

Yongki Sanjaya · 7 Jun, 2020 09:00

Plus Minus Honda BR-V, Sudah Layak Menandingi Toyota Rush? 01

Meskipun tergolong sebagai anak baru di segmen SUV terjangkau, namun Honda BR-V langsung menyita perhatian karena kabinnya yang lega. Pasalnya, Honda Prospect Motor mengadopsi basis BR-V ini dari Mobilio. Dengan keunggulan tadi, BR-V semestinya layak menjadi rival utama Toyota Rush.

Honda BR-V dipamerkan untuk pertama kali di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 lalu. Nama BR-V adalah singkatan dari Bold Runabout Vehicle. Meskipun dikategorikan sebagai SUV kompak, di Indonesia Honda BR-V disebut Honda sebagai Crossover Utility Vehicle atau CUV dengan statusnya sebagai SUV terjangkau.

New Honda BR-V merupakan SUV yang dapat mengangkut tujuh penumpang. Secara konsep, mobil ini mengambil basis dari platform dasar dari Brio, yang juga menjadi platform dari MPV Honda Mobilio. Dalam menggarap BR-V, Honda memiliki filosofi "Active Solid Motion" untuk terlihat premium dan tangguh di kelasnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

New Honda BRV tersedia dalam 4 varian. Harga Honda BRV berkisar dari Rp 251 juta hingga Rp 294 jutaan. Ini merupakan Honda BR-V di tahun 2020. Ada juga New Honda HRV yang merupakan saudara dari New Honda BRV. New Honda HRV memiliki total 5 varian. Harga Harga New Honda HRV berkisar dari Rp 302 juta hingga Rp 421 jutaan. Ini merupakan harga HRV di tahun 2020. Konsumen juga bisa mencari harga promo Honda BRV maupun New Honda HRV dari situs otomotif.

Plus Minus Honda BR-V, Sudah Layak Menandingi Toyota Rush? 01

New Honda BRV menjadi model ketiga yang lahir dari pengembangan Honda Research and Development (R&D) Asia Pasifik Co Ltd (HRAP), Thailand serta divisi R&D Honda Indonesia. Fasia depan Honda BR V merefleksikan karakter tangguh dan aksen premium sebuah SUV. Dari bentuk kap mesin, pilar samping hingga mengalir ke fender dan dibekali dengan ground clearance yang tinggi menunjukkan karakter SUV urban yang serba bisa. 

Sementara Honda BR-V interiornya, dek atau lantai mobil dirancang secara khusus untuk membuat ruang kaki penumpang depan menjadi lebih luas. Kemudian masib ada ruang untuk menyimpan barang di tengah bawah. Bukan hanya ruang kaki, ruang lutut dan ruang kepala juga terasa sangat lapang pada baris kedua dan ketiga.

Beragam Kelebihan Honda BR-V, SUV Perkotaan untuk Keluarga

Plus Minus Honda BR-V, Sudah Layak Menandingi Toyota Rush? 02

Tren SUV dengan kapasitas tujuh penumpang semakin berkembang dalam lima tahun terakhir. Kesuksesan Toyota dan Daihatsu berkolaborasi menciptakan Rush-Terios membuat banyak pabrikan lain ingin membangun SUV sejenis, termasuk Honda. New Honda BRV hadir sebagai jawaban atas meningkatnya permintaan pelanggan dan kebutuhan untuk SUV murah dengan profil yang lebih tinggi.

Maksudnya, New Honda BR V juga disiapkan sebagai model untuk para pengguna Mobilio yang ingin naik kelas memakai SUV. Honda BR-V menggabungkan desain eksterior yang tangguh serta interior yang lega khas mobil Honda. Di sisi lain, Honda juga ingin membuktikan bila BR-V memang reliabel seperti kualitas yang sudah ditemukan pada dua kakaknya, Honda BR-V dan CR-V. 

Poin lainnya yang patut jadi nilai tambah dari Honda BR-V ialah konsumsi bahan bakar yang berada di angka 12 km/liter untuk pemakaian mobil di dalam kota. Sementara untuk pemakaian mobil di luar kota, BR-V bisa mencapai 20 km/liter. Efisiensi bahan bakar bisa dicapai dengan mengurangi gesekan antara tiap-tiap komponen mesin, serta penyempurnaan pada sistem pendinginan.

Plus Minus Honda BR-V, Sudah Layak Menandingi Toyota Rush? 03

Transmisi manualnya memberikan perpindahan gigi yang lebih halus dengan kisaran rasio gigi lebih lebar yang sesuai dengan karakteristik mesin. Gigi terakhir dapat dicapai pada rasio putaran mesin yang lebih rendah untuk meningkatkan performa saat akselerasi. Honda secara eksklusif juga mengembangkan rasio yang rendah pada gigi kedua untuk meningkatkan kemampuan menanjak dan akselerasi yang lebih halus.

Sementara itu transmisi CVT pada New Honda BRV menghasilkan keseimbangan performa mesin yang responsif dari putaran rendah. Torsi yang bisa dicapai sejak putaran bawah tentu membuat pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam saat akselerasi atau ancang-ancang saat menanjak. 

Kelemahan Honda BR-V, Versi Facelift Minim Ubahan

Plus Minus Honda BR-V, Sudah Layak Menandingi Toyota Rush? 04

Pada 2018 lalu, Honda Prospect Motor melakukan penyegaran pada BR-V, tapi ternyata ubahannya sangat sedikit. Hanya sebatas tambahan Side Door Garnish atau bagian plastik hitam doff yang sekarang ukurannya jadi jauh lebih besar dibanding sebelumnya. 

Selebihnya, New Honda BR-V masih sama seperti saat pertama kali meluncur, yaitu dengan lampu depan proyektor dengan LED light guide, roof rail, velg 16 inci dual tone, ground clearance 201 mm, sampai kedua lampu belakang yang disambungkan lis. 

Kekurangan lainnya yaitu adalah masih mengadopsi sistem penggerak roda depan. Bagi sebuah SUV sejati lebih umum menawarkan sistem penggerak empat roda, paling tidak penggerak roda belakang sebagai standarnya sehingga lebih mampu melahap tanjakan.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil