window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Plus Minus Toyota Camry, Ketahui Lebih Mendalam

Yongki Sanjaya · 29 Jul, 2020 20:00

Plus Minus Toyota Camry, Ketahui Lebih Mendalam 01

Pada awal 2019 lalu PT Toyota Astra Motor merilis All New Camry di Indonesia. Camry generasi kedelapan didukung platform TNGA (Toyota New Global Architechture) dan mengusung tagline Outclass Elegance. Sedan saloon ini dalam tiga line up yaitu Hybrid, V dan G.

Mobil Toyota Camry ini merupakan platform TNGA kedua yang dipasarkan Toyota di Indonesia setelah C-HR. TNGA adalah platform yang dikembangkan Toyota untuk kendaraan global untuk mencapai optimalitas keseimbangan dalam kelincahan (agility), stabilitas (stability), dan visibilitas (visibility).

Segmen sedan memang tidak seramai era 90-an dimana menjadi mobil keluarga. Kini, sedan adalah simbol status dari kalangan pejabat atau orang penting. Camry sebagai sedan mewah tentunya punya banyak kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui lebih jauh.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Toyota Camry tersedia dalam 2 varian. Harga Toyota Camry berkisar dari Rp 642 juta hingga Rp 675 jutaan. In merupakan harga Camry 2020. Kepopularitas mobil Toyota Camry sangat tinggi, saat ini masih banyak juga yang mengincar mobil Toyota Camry bekas. Harga Camry bekas bervarian dan tergantung dengan kondisi dari mobil tersebut.

Kelebihan Toyota Camry

Plus Minus Toyota Camry, Ketahui Lebih Mendalam 01

Toyota Camry Iritnya Kebangetan

Sub judul di atas mungkin terkesan berlebihan, tapi itu sesuai fakta yang ada. Camry untuk varian Toyota Camry hybrid konsumsi bahan bakarnya mencapai 24 km/liter. Angka tersebut jauh mengungguli konsumsi bahan bakar dari mobil LCGC di kisaran 20 km/liter.

Untuk mobil Toyota Camry dengan mesin konvensional juga tak kalah efisien. Sebab, mesin 2.5 liter yang diusungnya mampu mencatatkan angka antara 9,8 sampai 12 km/liter. Angka tersebut tidak berbeda jauh dari konsumsi bahan bakar MPV 1.5 liter yang berkisar antara 10 sampai 15 km/liter.

Passenger Oriented

Plus Minus Toyota Camry, Ketahui Lebih Mendalam 02

Karena ini adalah sedan saloon kelas atas, jelas aspek kenyamanan menjadi nilai utama yang ditawarkan. Penumpang yang duduk di kursi belakang biasanya adalah pemilik atau pemegang kuasa atas mobil Toyota Camry, sehingga posisi duduk yang diberikan juga lebih nyaman. Ruang kaki lega, sandarannya juga lebih miring, jadinya posisi duduk sangat rileks.

Kursi depan Camry juga masih tetap nyaman untuk pengemudi atau penumpang disampingnya. Joknya seakan memeluk tubuh dengan sempurna dan membuat tubuh merasa tetap rileks selama mengemudi.

Plus Minus Toyota Camry, Ketahui Lebih Mendalam 03

Panel instrument yang terdapat pada Toyota Camry generasi terbaru ini juga terlihat sangat modern dan mewah. Dashboard mengkombinasikan panel digital di bagian MID dan jarum di speedometer dan rpm.

Tatanan ini selaras dengan tema awal Camry yakni ‘Sporty but Smart’. Desain terbaru ini membuat mata pengemudi dan penumpangnya cukup dimanjakan.

Desain Sangar ala TNGA

Plus Minus Toyota Camry, Ketahui Lebih Mendalam 04

Kelebihan lain yang coba dihadirkan pada sosok Camry generasi kedelapan ini adalah sisi desain yang benar-benar baru. Camry mengusung konsep Toyota New Global Architecture (TNGA) yang dimana konsep ini adalah sebuah konsep desain agresif yang biasanya digunakan pada model spesial Toyota. Toyota Camry terbaru terlihat lebih agresif lewat tarikan desain gril, lampu depan, bumper depan dan kap mesin.

Unsur TNGA yang juga digunakan pada model C-HR ini juga diaplikasikan pada mobil Toyota Camry, yaitu lekukan di kap mesin yang membuatnya terlihat kuat dan sangar. Kemudian pada sisi samping tampak siluet bodi tegas namun masih atletis khas sedan.

Kelemahan Toyota Camry

Dimensi besar, Menyulitkan untuk Parkir

Plus Minus Toyota Camry, Ketahui Lebih Mendalam 05

Toyota Camry tergolong cukup bongsor, karena memiliki panjang 4.885 mm, lebar 1.840, tinggi 1.445 mm serta wheelbase 2.825 mm. Ini sedikit merepotkan bila kita ingin memarkirkan sedan saloon tersebut di pelataran parkir gedung yang cukup sempit.

Untungnya, kinerja setirnya sangat responsif dan sudut putar tidak terlalu besar. Ini membuat Camry tetap lincah bermanuver sekalipun badannya bongsor.

Ruang Bagasi Tergolong Sempit

Plus Minus Toyota Camry, Ketahui Lebih Mendalam 06

Secara umum proporsi dari desain All New Toyota Camry 2019 lebih kecil bagian belakangnya. Toyota juga telah memindahkan baterai untuk tipe hybrid ke kolong kursi baris kedua. Namun demikian, volume bagasi tidak bertambah besarnya secara signifikan.

bagasi juga terlihat praktis dengan kapasitas 524 Liter. Kelegaan tersebut sangat cocok untuk memenuhi beragam kebutuhan Anda baik tas kerja, koper serta barang belanjaan.

Sayangnya, banyak yang menyebut bila bagasi Camry masih kurang besar dibandingkan sedan sejenis merek lain. Sedan saloon butuh bagasi sebesar apa sih?

Hanya Bisa Pakai Bensin Oktan Tinggi

Plus Minus Toyota Camry, Ketahui Lebih Mendalam 07

jika Anda mengendarai Camry ke luar kota, Anda juga harus memikirkan soal ketersediaan bensin. Jangan lupa untuk menandai lokasi tempat pengisian bahan bakar yang akan dilalui.

Bisa dibilang sedan mewah ini tidak cocok dan tidak direkomendasikan untuk memakai bahan bakar dengan oktan di bawah 95. Artinya, hanya pom bensin besar saja atau merek asing yang menyediakan bahan bakar RON 95. Apalagi, kapasitas tangki mobil ini tidak cukup besar, hanya 50 liter.

Kesimpulan

All New Camry kini hadir dengan wajah baru yang agresif, sporty, namun tetap mewah. Sedan ini memiliki mesin yang sangat responsif dan mampu menghadirkan konsumsi bahan bakar yang baik terutama pada varian hybrid. Soal pengendalian, meski berbodi bongsor nyatanya mobil ini juga tergolong mudah dikendarai dengan setir yang responsif untuk bermanuver./span>

Kelemahan yang dimiliki mobil Toyota Camry sifatnya cuma sedikit mengganggu dan tidak banyak mempengaruhi sisi kenyamanan ketika sedan ini digunakan sehari-hari. Lagipula, siapa juga sih orang yang tega menyiksa mobil Toyota Camry untuk perjalanan jauh antar kota setiap saat?

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Camry Hybrid 2.5 HV

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil