Posisi 'Sang Raja' MPV Diesel, Isuzu Panther Perlahan Digantikan Toyota Kijang Innova 2021

Enda · 17 Nov 2020 16:00

Toyota Kijang Innova 2021 vs Isuzu Panther

Begitu lama Isuzu Panther menduduki posisi ‘raja’ di segmen MPV bermesin diesel di Tanah Air. Namun, kedudukan tersebut kini mulai sedikit tergantikan oleh kejayaan Toyota Kijang Innova 2021 yang seakan mengerti akan keinginan pasar.

Hal ini membuat nama Isuzu Panther kian redup setelah diketahui PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mulai mengurangi jumlah produksinya tahun ini terkait mesin yang digunakan pada Panther belum memenuhi standar regulasi Euro IV.

Ditulis dalam Peraturan Menteri LHK Nomor P.20 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Roda Empat atau Lebih Tipe Baru Kategori M, N, dan O. Di mana kendaraan diesel roda empat diwajibkan memenuhi standarisasi emisi Euro IV yang akan mulai diberlakukan pada 7 April 2021.

Melihat peluang tersebut, Toyota terus berbenah diri dalam menghadirkan Kijang Innova 2021 untuk merebut tahta yang sempat diduduki kucing buas tersebut.

Dengan begitu, berikut sedikit ulasan mengenai Toyota Kijang Innova 2021 yang perlahan mulai menggantikan posisi sang Raja.

Toyota Kijang Innova Terus melakukan penyegaran

Toyota Kijang Innova generasi pertama

Memang nama Toyota Kijang sempat kalah pamor di era 2000-an awal jika dibandingkan dengan Isuzu Panther khsusunya varian diesel. Mengingat mesin diesel Toyota Kijang saat itu terbilang cengeng tidak sebandel Isuzu Panther.

Mengetahui akan hal tersebut, Toyota mulai bebernah diri dengan menghadirkan suksesor Kijang dengan sebutan Toyota Kijang Innova pada 2004. Sejak itulah Toyota Kijang 100% berubah dari generasi sebelumnya untuk urusan tampilan dan mesin.

Toyota Kijang Innova generasi pertama dengan penyegaran

Khususnya varian diesel, Toyota Kijang Innova lebih dilirik karena berhasil disematkan tekonologi terbaru yang membuatnya tetap bertenaga, minim perawatan, memiliki emisi gas buang rendah, namun tetap irit dalam penggunaan bahan bakar.

Setidaknya sejak kehadiran Toyota Kijang Innova, pihaknya telah melakukan beberapa kali penyegaran tampang dan dua kali ubahan secara menyeluruh. Untuk itu teknologi juga terus dikembangkan dan dipertahankan.

Toyota Kijang Innova generasi pertama facelift pertama

Bahkan belum lama ini Toyota Kijang Innova kembali melakukan penyegaran terhadap MPV flagshipnya ini.

Seiring dengan perkembangan kebutuhan mobilitas keluarga Indonesia yang dinamis, Toyota Kijang Innova kini tampil lebih prestige premium dan cool tough dengan beberapa pengembangan pada sisi kenyamanan, fitur, dan desain eksterior maupun interior. Tidak hanya menjanjikan pengalaman berkendara bersama keluarga yang nyaman, namun juga menciptakan prestigious feeling bagi pengguna.

Toyota Kijang Innova generasi pertama facelift kedua

Lebih lanjut, Toyota Kijang Innova sekarang ini juga dilengkapi dengan ubahan pada sisi eksterior dan interior yang membuatnya tampil lebih premium dan prestigious. Bisa dilihat dari sisi eksterior, seluruh varian Toyota Kijang Innova mendapatkan beberapa sentuhan mulai dari New Grille Design with Dark Gray Paint and Chrome List Ornament, New Side Turn Signal Lamp Design with Black Ornament.

Tidak ketinggalan New Day-time Running Light, New Front Bumper with New Illuminating LED Fog Lamp, New Rear Combination Lamp with Black List, New Backdoor Black Paint Ornament, dan New Rear License Garnish.

Toyota Kijang Innova generasi kedua (Reborn)

Untuk memberikan kenyamanan lebih baik pada sisi interior, Toyota Kijang Innova kini berhasil menampilkan New Black Color Captain Seat, New Seat Table, New Instrument Panel with Wooden Ornament.

Bicara hiburan, Toyota Kijang Innova didukung dengan sistem hiburan yang advance serta fitur safety terbaik di kelasnya. Sistem hiburan Head Unit 8 inci dengan Radio, USB, Bluetooth, dan Mirroring. Sementara pada varian tertingganya menggunakan New Versatile 9 inci Head Unit yang telah mengadopsi teknologi Miracast dan Smart Phone Connection. 

Toyota Kijang Innova generasi kedua facelift pertama (Reborn)

Pada sisi keselamatan, seluruh varian New Kijang Innova dan New Venturer kini telah dilengkapi dengan fitur Convenient Rear Camera, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Khusus untuk New Venturer, terdapat tambahan fitur safety berupa Dual, Knee, Side, dan Curtain Shield Airbags.

Teknologi mesin diesel lebih merajai

Tidak hanya di kota besar, konsumen daerah kini lebih melirik Toyota Kijang Innova 2021 khususnya varian diesel. Di sana terlihat peminat Toyota Kijang Innova 2021 varian diesel bisa dikatakan cukup besar dibanding Isuzu Panther untuk saat ini.

Mesin diesel Toyota Kijang Innova 2021

Mengingat secara tenaga lebih menguasai dibanding Isuzu Panther. Selain itu, teknologi yang dianutnya lebih maju sehingga dianggap lebih mudah dalam perawatan.

Meski mendapatkan mesin berteknologikan Common Rail ramah lingkungan, 2GD-FTV 2.400 cc ini sanggup menghasilkan tenaga 149.6 PS dan torsi 40.8 kgm. Dan memperoleh sentuhan berupa penggunaan sistem pendingin air di rumah kompresor turbo untuk menurunkan suhu udara yang akan ditekan ke dalam ruang bakar sehingga tekanan udara meningkat.

Dan yang terpenting Toyota Kijang Innova 2021 lolos emisi gas buang Euro IV serta masih bisa menenggak Solar murah, meskipun tidak diperkenankan untuk menggunakannnya, karena bisa merusak beberapa komponen lainnya.

Kesimpulan

Melihat animo masyarakat Tanah Air tentang kehadiran Toyota Kijang Innova 2021 varian diesel yang serba canggih dan modern, bisa menggeser posisi sang Raja (Isuzu Panther), jika pihaknya tidak segera membenahi Panther dengan lebih baik lagi.

Komentar

Mobil Terbaru