window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Prediksi Harga Honda City Hatchback RS with Honda Sensing, Bisa Mepet ke All New HR-V?

Prasetyo · 19 Apr, 2022 17:01

Prediksi Harga Honda City Hatchback RS with Honda Sensing, Bisa Mepet ke All New HR-V? 01

  • Honda City Hatchback with Honda Sensing sudah lebih dulu hadir di Malaysia.
  • Disana fitur Honda Sensing dipasang pada City Hatchback tipe tertinggi bermesin bensin 1.5L.
  • Selisih harganya lebih mahal Rp13 juta dari varian yang sama namun tanpa Honda Sensing.

Honda City Hatchback RS with Honda Sensing besar kemungkinan segera rilis di Indonesia. Ini terkuak dari informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta untuk tahun 2022. Disitu tertulis data mengenai Honda City HB (Hatchback) RS HS (Honda Sensing) CVT.

Prediksi Harga Honda City Hatchback RS with Honda Sensing, Bisa Mepet ke All New HR-V? 02

NJKB antara tipe RS CVT dan RS CVT Honda Sensing sama

Data ini berarti sekaligus menginformasikan jika City Hatchback RS with Honda Sensing hanya ada di varian CVT serta menjadi tipe tertinggi dari City Hatchback di Indonesia. Lalu apa istimewanya varian baru Honda City Hatchback RS tersebut?

Sudah Diluncurkan di Malaysia

Prediksi Harga Honda City Hatchback RS with Honda Sensing, Bisa Mepet ke All New HR-V? 03

Rilis di Malaysia 12 April 2022

Indonesia ternyata bukan yang pertama kedatangan Honda City Hatchback RS with Honda Sensing. Sebab di 12 April 2022 lalu, Honda Malaysia telah lebih dulu merilis hatchback ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Varian dengan fitur Honda Sensing tersebut terdapat pada City Hatchback tipe V yang merupakan varian tertinggi dari City Hatchback di Malaysia yang menggunakan mesin bensin. Sementara ada satu lagi tipe termahal di atasnya yaitu City Hatchback RS e:HEV yang menggunakan mesin hybrid kombinasi mesin bensin 1.5L dengan motor elektrik.

Baca juga : Honda Segera Luncurkan Mobil Baru Lagi, City Hatchback RS with Honda Sensing 2022?

Prediksi Harga Honda City Hatchback RS with Honda Sensing, Bisa Mepet ke All New HR-V? 01

Di Malaysia ada City Hatchback e:HEV

Secara tampilan sama sekali tidak ada perbedaan antara City Hatchback tipe V dengan tipe V with Honda Sensing, Baik dari sisi eksterior maupun interiornya. Termasuk penggunaan metercluster digital 7 inci, serta pengaturan jok Ultra Seat juga tetap ada.

Fitur Keselamatan Lebih Lengkap

Prediksi Harga Honda City Hatchback RS with Honda Sensing, Bisa Mepet ke All New HR-V? 02

Honda City Hatchback RS di Indonesia

Berdasarkan unit di Malaysia ini pula kami memprediksi Honda City Hatchback RS CVT with Honda Sensing juga sosoknya akan sama persis dengan itpe RS CVT. Mengingat ini juga terjadi antara All New Honda BR-V Prestige dengan BR-V Prestige with Honda Sensing.

Tapi tentu saja keberadaan fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) ala Honda membuat varian Honda Sensing ini punya fitur keselamatan lebih lengkap. Yakni berkat adanya :

  • Adaptive Cruise Control (ACC)
  • Collision Mitigation Braking System (CMBS)
  • Forward Collision Warning (FCW)
  • Lane Keep Assist System (LKAS)
  • Road Departure Mitigation (RDM)
  • Lane Departure Warning (LDW)
  • Auto High Beam (AHB)

Namun berdasarkan rekan kami Wapcar Malaysia yang sudah menguji mobil ini, ada beberapa catatan mengenai Honda Sensing di City Hatchback. Pertama yaitu sistem LKAS bekerja dengan lebih lembut untuk memberi peringatan kepada pengemudi agar kembali ke lajur semula pada saat mobil mulai keluar dari marka jalan.

Baca juga : Sebentar Lagi Honda City Hatchback Bakal Punya Fitur Honda Sensing di Indonesia!

Prediksi Harga Honda City Hatchback RS with Honda Sensing, Bisa Mepet ke All New HR-V? 03

Toyota Yaris belum punya TSS

Yang kedua adalah sistem ACC memang memberikan kontrol adaptif pada saat mode Cruise Control. Tetapi fitur ini tidak punya kemampuan hingga kondisi stop and go seperti halnya fitur ACC pada Civic RS dan CR-V Turbo.

Ketika, meskipun jadi varian paling mahal, Honda City Hatchback dengan Honda Sensing hanya dilengkapi 6 airbags. Sementara rival terkuatnya, Toyota Yaris punya varian dengan 7 airbags.

Harga Honda City Hatchback RS CVT with Honda Sensing di Indonesia

Prediksi Harga Honda City Hatchback RS with Honda Sensing, Bisa Mepet ke All New HR-V? 04

Punya NJKB serupa, berapa harga City Hatchback RS Honda Sensing nantinya?

Di Negeri Jiran itu, City Hatchback with Honda Sensing dipasarkan 91.708,51 ringgit atau lebih mahal 3.852,51 ringgit dari tipe sama namun tanpa Honda Sensing. Jika di konversi ke rupiah, harga City Hatchback with Honda Sensing di negara itu kira-kira setara Rp309 jutaan atau lebih mahal Rp13 juta dari varian yang non Honda Sensing.

Sekarang kita bandingkan dengan harga Honda City Hatchback RS yang saat ini dipasarkan PT Honda Prospect Motor (HPM). Untuk varian transmisi manual harganya Rp333,6 juta, sementara yang CVT Rp343,6 juta.

Prediksi Harga Honda City Hatchback RS with Honda Sensing, Bisa Mepet ke All New HR-V? 05

Harga Honda HR-V S CVT Rp358,9 juta

Apabila kita asumsikan selisih harga antara City Hatchback RS CVT dengan City Hatchback RS CVT with Honda Sensing sama seperti di Malaysia yakni Rp13 jutaan atau bahkan sampai Rp20 juta, maka boleh jadi banderol yang akan dipatok HPM untuk City Hatchback RS CVT with Honda Sensing dikisaran Rp356 jutaan - Rp360 jutaan.

Jika prediksi ini benar, maka harganya akan berdekatan dengan Honda City sedan, bahkan ke varian terendah All New HR-V 2022.

Baca juga : Bocoran 3 Mobil Baru Honda, Dari City Hatchback hingga HR-V RS 1.5 Turbo!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda City Hatchback RS 1.5 M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil