window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Prediksi Mobil Baru 2022 : 5 Mobil Cina Ini Siap Lawan Honda HR-V sampai Wuling Almaz

Prasetyo · 20 Des, 2021 18:01

Prediksi Mobil Baru 2022 : 5 Mobil Cina Ini Siap Lawan Honda HR-V sampai Wuling Almaz 01

2021 segera habis, dan tahun yang baru pun sesaat lagi tiba. Tentunya prediksi mobil baru 2022 juga cukup menarik untuk ditelaah. Mengingat pasti akan banyak mobil baru yang sudah rilis secara global dan antre masuk Indonesia.

Yang menarik, selain pabrikan Jepang maupun Eropa, kini merek mobil Cina juga begitu agresif. Pasar otomotif di Tanah Air yang sangat besar dianggap peluang bagi mereka untuk makin mengembangkan diri. Bahkan brand seperti Chery yang sempat menghilang pun sudah berencana comeback ke dalam negeri.

Penasaran mobil Cina apa saja yang akan masuk Indonesia? Ini perkiraan kami 5 diantaranya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Chery Tiggo 4 Pro

Prediksi Mobil Baru 2022 : 5 Mobil Cina Ini Siap Lawan Honda HR-V sampai Wuling Almaz 01

Chery Tiggo 4 Pro juga dipasarkan di negara lain

Belum lama ini Chery Motors Indonesia membuat unggahan yang cukup mengejutkan melalui akun media sosial Instagram, @cherymotorsindonesia. Bagaimana tidak satu unit Chery Tiggo 4 Pro ditampilkan serta digosipkan bakal rilis di Indonesia.

Ini terlihat dari deskripsi unggahan foto unit Chery Tiggo 4 Pro. Ada empat foto yang ditampilkan, tiga berupa foto sisi eksterior dengan warna berebda, semantara foto terakhir menampilkan desain ruang kabin depannya.

Prediksi Mobil Baru 2022 : 5 Mobil Cina Ini Siap Lawan Honda HR-V sampai Wuling Almaz 02

Unggahan Instagram Chery Motor Indonesia

Tiggo 4 Pro sendiri merupakan versi yang lebih sporty dari Tiggo 4, serta kelengkapan yang lebih baik dari sisi fitur dan sistem keselamatan. Selain dijual di China, mobil ini juga telah merambah beberapa pasar, seperti Russia, Italia dan Afrika Selatan.

Bicara soal fitur, Chery Tiggo 4 Pro tak bisa dianggap sebelah mata. Sudah ada fitur Hill Decent Control (HDC), Hill Start Assist Control (HHC), Around View Monitor (AVM), 6 airbag, ABS, EBD, BA, TPMS, sampai sunroof di mobil pesaing Honda HR-V ini. Sementara mesinnya ada pilihan 2.0-liter empat silinder N/A bertenaga 122 PS dan mesin 1.5-liter 4 silinder turbo 147 PS.

Baca juga : Chery Tiggo 4 Pro, Kalau Dijual di Indonesia Jadi Rival Berat HR-V Nih!

2. Chery Tiggo 8 Pro

Prediksi Mobil Baru 2022 : 5 Mobil Cina Ini Siap Lawan Honda HR-V sampai Wuling Almaz 03

Chery juga siap bangun pabrik di Indonesia

Masih dari Chery, mobil lainnya yang diprediksi juga akan masuk Indonesia adalah Tiggo 8 Pro. Posisinya masuk ke segmen yang dihuni oleh Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport. Tapi Chery coba menghadirkan sosok SUV bercitarasa premium di Tiggo 8 Pro.

Untuk mesinnya, Tiggo 8 Pro dibekali mesin turbo 1.6L yang mampu memproduksi daya 200 PS dengan torsi 290 Nm. Mesin ini lantas dikombinasikan gearbox Dual-Clutch (DCT) 7 percepatan.

Prediksi Mobil Baru 2022 : 5 Mobil Cina Ini Siap Lawan Honda HR-V sampai Wuling Almaz 04

Calon rival kuat Toyota Fortuner

Di Cina, harga Chery Tiggo 8 Pro dijual mulai dari 129.000 Yuan atau sekitar Rp274 jutaan. Tentunya jauh lebih murah dibanding harga Toyota Fortuner di Tanah Air ya!

3. Haval H6 HEV

Prediksi Mobil Baru 2022 : 5 Mobil Cina Ini Siap Lawan Honda HR-V sampai Wuling Almaz 05

Haval sukses besar di Thailand

Di segmen SUV medium bermesin 1.5-liter Turbo saat ini penghuninya ada Honda CR-V Turbo dan Wuling Almaz. Namun tahun depan diduga kuat akan datang satu kopetitor baru yakni Haval H6 HEV. Mesinnya setara tapi disokong baterai dan motor elektrik sehingga bisa memacu tenaga maksimal jadi 243 PS dan torsi 530 Nm. Bandingkan dengan CR-V Turbo yang cuma 187 PS dan Almaza yang ada di 140 PS.

Sementara itu dari segi fitur, Haval juga sudah melengkapinya dengan Advanced Driver Assistance System (ADAS). Ada sederet fitur keselamatan aktif yang berarti sudah disertakan, termasuk Adaptive Cruise Control, Lane-centering Active, Autonomous Emergency Braking Camera 360, dan sebagainya. 

Prediksi Mobil Baru 2022 : 5 Mobil Cina Ini Siap Lawan Honda HR-V sampai Wuling Almaz 06

Interior Haval H6

Tentunya ini bisa sebanding dengan WISE milik Almaza RS, bedanya, Wuling juga sudah membundling dengan fitur Vehicle Remote Control di Almaz RS. Kondisi ini memungkinkan sejumlah fitur pada kendaraan tersebut bisa dikontrol melalui ponsel berbasis aplikasi mobile.

Baca juga : Tawaran Spesifikasi Haval H6 HEV Bisa Bikin Mumet Honda CR-V dan Wuling Almaz

4. ORA Good Cat

Prediksi Mobil Baru 2022 : 5 Mobil Cina Ini Siap Lawan Honda HR-V sampai Wuling Almaz 07

Sudah diluncurkan secara resmi di Thailand

Antara ORA dan Haval sebenarnya masih di bawah payung pabrikan yang sama, yaitu Great Wall Motors (GWM). Dan mobil Cina merk ORA yang diduga akan masuk Indonesia adalah Good Cat. Apalagi beberapa waktu lalu juga terkuak dokumen resmi pengajuan hak paten yang dilakukan GWM ke Indonesia untuk produk ini.

Good Cat merupakan sebuah mobil listrik yang sangat bisa diandalkan. Bermodal baterai Lithium-ion fosfat yang dikombinasikan motor sinkron magnet permanen, mobil ini bisa melaju sampai 500 km hanya dalam sekali isi daya baterai.

Prediksi Mobil Baru 2022 : 5 Mobil Cina Ini Siap Lawan Honda HR-V sampai Wuling Almaz 08

Interior ORA Good Cat

Itu berkat penggunaan baterai berkapasitas 59,1 kWh. Sementara varian lainnya mempunya baterai berkapasitas 47,8 kWh yang mampu digunakan sejauh 400 km sebelum daya listrik pada baterai benar-benar habis. Adapun tenaga dari motor listrik dan baterai ini bisa menghasilkan daya setara 105 PS dengan torsi 210 Nm.

5. Wuling Mini EV

Prediksi Mobil Baru 2022 : 5 Mobil Cina Ini Siap Lawan Honda HR-V sampai Wuling Almaz 09

Apakah Hongguang Mini EV ini yang akan dipasarkan tahun depan?

Mobil Cina lain yang masuk dalam list prediksi mobil baru 2022 kami adalah Wuling Mini EV. Begitu diminati di negara asalnya, bahkan menyandang predikat sebagai mobil listrik terlaris kedua, Mini EV juga sudah diperkenalkan Wuling saat perhelatan GIIAS 2021 lalu.

Namun Wuling tidak menyebut kalau unit yang akan dijual di Indonesia adalah Wuling Hongguang Mini EV sebagaimana yang kini laris manis di Tiongkok. Dipastikan modelnya adalah generasi terbaru GSEV (Global Small Electric Vehicle) yang merupakaan penamaan untuk platform mobil listrik mungil dari Wuling.

Prediksi Mobil Baru 2022 : 5 Mobil Cina Ini Siap Lawan Honda HR-V sampai Wuling Almaz 10

Calon mobil listrik termurah di Indonesia

Wuling pun sepertinya terlihat serius memasarkan Mini EV di Indonesia. Sebab Wuling telah menambah investasi untuk pabrik perakitan mobil listrik di pabrik mereka yang ada di Bekasi. Mungkin saja ini untuk menekan harga jual model nantinya akan dipasarkan itu. Sebab di negara asalnya, Wuling Hongguang Mini EV dibanderol mulai dari Rp60 jutaan.

Baca juga : 5 Mobil Listrik yang Siap Masuk Indonesia Tahun Depan, Pilih yang Mana?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Wuling Mini EV Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil