window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Presiden Prancis Pilih Pakai Mercedes-Benz G-Class Sebagai Mobil KTT G20 Bali, Ini Keunggulannya

Herdi · 15 Nov, 2022 11:23

Presiden Prancis Pilih Pakai Mercedes-Benz G-Class Sebagai Mobil KTT G20 Bali, Ini Keunggulannya 01

  • Presiden Prancis Emmanuel Macron hadir di KTT G20 di Bali
  • Emmanuel Macron dijemput dengan Mercedes-Benz G-Class
  • Mercedes-Benz G-Class mobil dengan tampang gagah

Presiden Prancis Emmanuel Macron turut hadir di KTT G20 di Bali. Menariknya, sesaat pesawat mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Senin (14/11/2022) sore, Macron yang disambut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan langsung dijemput Mercedes-Benz G-Class.

Ya, ini cukup menarik, karena dikala para petinggi dunia dijemput mobil sedan mewah, namun hanya Macron saja yang menggunakan G-Class sebagai kendaraan dinasnya selama di Bali. Hal ini juga menambah daftar para pemimpin dunia tidak menggunakan genesis G80 electrified saat datang ke KTT G20 Bali.

Baca juga: Mobil Presiden AS 'The Beast' Diajak ke KTT G20 Bali, Ini Fakta Benteng Berjalan Joe Biden

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain itu, Macron sendiri biasanya menggunakan mobil kepresidenan di negaranya bukan G-Class, melainkan DS 7 Crossback, dimana mobil tersebut merupakan buatan Prancis.

Presiden Prancis Emmanuel Macron naik Mercedes-Benz G-Class

Presiden Prancis Emmanuel Macron naik Mercedes-Benz G-Class

Lantas kenapa Macron pilih mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dan tidak membawa mobil dinas sendiri seperti petinggi negara lainnya?

Tentunya ada alasan tersendiri bagi pemerintah Prancis untuk memilih menggunakan mobil apapun bagi presidennya. Tapi yang pasti, mobil yang ditumpangi haruslah memiliki tingkat keamanan tinggi.

Nah, Mercedes-Benz G-Class sendiri bukan mobil kaleng-kaleng. Sebaliknya, mobil ini juga sangat kuat, bahkan pemerintah Indonesia memiliki mobil tersebut yang kerap digunakan Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke berbagai wilayah di nusantara, khususnya jika jalan bergelombang. 

Baca juga: Presiden Jokowi Masih Pakai Mercedes-Benz S600 Guard ke KTT G20, Gak Jadi Mobil Listrik?

Selain itu, G-Class juga kerap digunakan rombongan Pasukan Pengamanan Kepresidenan (Paspampres) RI saat melakukan pengawalan di berbagai tempat di Tanah Air

Balik lagi soal Mercedes-Benz G-Class, mobil ini memang bukan mobil sembarang atau abal-abal. Sebab, mobil ini justru memperlihatkan unsur gagah dan berwibawa. Apalagi dengan balutan warna hitam, sehingga terkesan eksklusif. 

Mercedes-Benz G-Class Berdesain Kotak Tapi Banyak Diburu

Mercedes-Benz G-Class

Mercedes-Benz G-Class

Seperti diketahui, Mercedes-Benz G-Class atau disebut G-Wagon merupakan mobil yang banyak diminati pecinta otomotif dan cocok dijadikan collector item. Meski jadul, mobil ini tetap diminati dan diburu.

Meski biasanya ada sebuah mobil memiliki desain kotak dan kaku kerap disebut aneh. Namun hal tersebut tidak dengan G-Class. Sebaliknya, desain kaku inilah jadi ciri khas mobil tersebut yang sudah ada sejak tahun 1979.

Sekadar informasi, Mercedes-Benz G-Class juga ada pilihan anti peluru dan tahan ledakan granat yang digarap Mercedes-Benz Guard dan disebut model armored atau G 500 Guard. Untuk jantung pacu sendiri, Mercedes-Benz G-Class ini memiliki pilihan mesin bensin dan juga diesel. 

Baca juga: Presiden Turki Erdogan Pilih Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard Untuk Mobil KTT G20 Bali

Mercedes-Benz G-Class

Mercedes-Benz G-Class

Adapun pemerintah Indonesia juga punya Mercedes-Benz G-Class yang digunakan Presiden Jokowi, dimana jantung pacunya disokong dengan mesin diesel enam silinder berkapasitas 3.0 liter Common-Rail, turbocharged yang dapat menghasilkan daya hingga 286 Tk dan torsi 600 Nm.

Sedangkan yang digunakan untuk Macron, tidak diketahui apakah itu mobil yang dibawa dari Prancis atau mobil pinjaman dari pemerintah Indonesia. Namun saat Marcon menaiki mobil tersebut, plat nomor mobilnya bertuliskan 'Tamu Negara'. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mercedes-Benz G-Class AMG G 63

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil