window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Produsen Iphone Ikutan Bikin Mobil Listrik Buat Saingi Tesla, Ada SUV, Sedan, Sampai Bus

Evan · 20 Okt, 2021 10:02

Produsen Iphone Ikutan Bikin Mobil Listrik Buat Saingi Tesla, Ada SUV, Sedan, Sampai Bus 01

Produsen gawai Apple Iphone, Foxconn berencana untuk mulai beralih menjadi pabrikan mobil listrik. Tak tanggung-tanggung, perusahaan asal Taiwan ini bakal memproduksi tiga mobil sekaligus. Seperti dikutip dari Reuters, peluncuran kendaraan konsep telah dilakukan secara virtual pada Senin kemarin (18/10).

Bakal ada tiga model yang mewakili segmen masing-masing, yakni Model C mengisi kelas SUV, Model E pada segmen Sedan, dan tipe Bus diwakili oleh Model T.

Kedua model C dan E dibuat menggunakan basis platform Hon Hai EV milik Foxconn. Semuanya berada dibawah naungan brand baru bernama Foxtron.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Produsen Iphone Ikutan Bikin Mobil Listrik Buat Saingi Tesla, Ada SUV, Sedan, Sampai Bus 01

Sebelumnya Foxconn sendiri telah berinvestasi pada Yulon sebagai manufaktur kendaraan di Taiwan, dan membeli beberapa pabrik bekas otomotif di Ohio sebagai bentuk kesiapan untuk terjun di pasar kendaraan global. Ada juga kerjasama dengan Fisker, pabrikan EV Amerika untuk berkolaborasi pada model baru.

Baca juga: Kalau Honda Civic 2022 Ada Versi Wagon, Bisa Lebih Menarik Saat Masuk Indonesia

Model C, Mobil Listrik Dalam Balutan Bodi SUV

Produsen Iphone Ikutan Bikin Mobil Listrik Buat Saingi Tesla, Ada SUV, Sedan, Sampai Bus 02

Penggambaran Model C seperti dijelaskan oleh Foxconn merupakan sebuah SUV listrik yang dioptimalkan secara lebih baik.

Memiliki panjang 4.640 mm dan wheelbase 2.860 mm, Model C hadir dalam akomodasi tujuh penumpang. Interiornya bakal dibuat lebih lega dan lapang, khususnya area penyimpanan.

Produsen Iphone Ikutan Bikin Mobil Listrik Buat Saingi Tesla, Ada SUV, Sedan, Sampai Bus 03

Ditenagai oleh motor listrik yang mampu menghasilkan 136 PS, Model C dapat berlari  0-100 km/h dalam hitungan 3,8 detik.

Sementara soal jarak tempuh, klaim Foxconn dapat mencapai 595 km dalam satu kali pengecasan penuh, semuanya berkat baterai dengan daya 58 kWh.

Baca juga: Siap-Siap, Mobil dan Motor Bakal Pakai Stiker Khusus Penanda Telah Bayar Pajak Tahunan

Model E, Sedan Mewah Listrik yang Futuristis

Produsen Iphone Ikutan Bikin Mobil Listrik Buat Saingi Tesla, Ada SUV, Sedan, Sampai Bus 04

Khusus pada Model E, Foxconn ikut menyewa rumah modifikasi kenamaan Pininfarina yang kerap kali membuat mobil Ferrari, untuk bergabung dalam desain eksterior secara keseluruhan.

Mengincar pasar sedan premium, Model E menawarkan baris kedua yang bisa diatur sehingga menjadi sebuah mobile office dengan teknologi canggih, seperti Face Recognition dan Smart Window.

Produsen Iphone Ikutan Bikin Mobil Listrik Buat Saingi Tesla, Ada SUV, Sedan, Sampai Bus 05

Berbeda dari saudara SUV-nya, Model E menggunakan baterai dengan daya lebih besar yakni 96 kWh, menyalurkan energi listrik ke dua motor listrik depan dan belakang.

Total gabungan tenaga sekitar 752 PS, melajukan mobil satu ini dari 0-100 km/h hanya dalam 2.8 detik. Jarak tempuh juga sangat baik, berada di angka 713 km.

Baca juga: Toyota Avanza 2022 dan Mitsubishi Xpander Bakal Hijrah ke CVT, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Model T, Kendaraan Transportasi Bus Listrik

Produsen Iphone Ikutan Bikin Mobil Listrik Buat Saingi Tesla, Ada SUV, Sedan, Sampai Bus 06

Foxconn juga mengumumkan bahwa mereka akan hadir di bagian kendaraan transportasi, dengan meluncurkan Model T. Meski belum ada detail spesifikasi soal tenaga dan torsi, tapi Foxconn mengklaim bahwa jarak tempuh bus mereka berada di angka 397 kilometer dan kecepatan maksimum 120 km/h.

Jika tak ada halangan, maka Model C SUV akan meluncur paling cepat pada tahun 2023, disusul oleh Model E sebagai sedan premium di tahun selanjutnya.

Baca juga: Ini Bedanya Mesin 2NR-VE dengan 2NR-FE, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia 2022 Pakai yang Mana?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Tesla Model S Long Range

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil