Proton Kembali ke Indonesia Tahun Depan, Siap Bawa Penantang Honda HR-V

Prasetyo · 18 Jun, 2021 12:30

Proton X50

Proton belum lama ini mengumumkan jika mereka akan kembali ke Indonesia. Tidak disebutkan rinciannya, namun petinggi perusahaan Malaysia itu menyatakan jika Proton kembali ke Indonesia "dalam waktu sangat dekat".

Ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang Proton yang menargetkan beberapa negara di Asia Tenggara untuk lebih mengembangkan merk mereka. Bahkan Proton berambisi untuk menjadi merk terlaris ketiga di ASEAN.

Proton Saga

Proton Saga yang punya penjualan cukup sukses di Malaysia

Baca juga : Siap-Siap, Setelah Thailand, Great Wall Motors dan Proton akan Sambangi Indonesia

Indonesia Dibidik Karena Punya Pontesi Pasar yang Besar

Rencana Proton kembali ke Indonesia ini juga menjadi keinginan perusahaan untuk membesarkan pangsa pasar ekspor mereka. Sebab tahun lau, pabrikan nasional Malaysia ini mengalami loncatan pertumbuhan ekspor yang sangat signifikan.

Indonesia pun dipilih untuk tujuan ekspor Proton karena potensi pasar otomotif di Tanah Air yang begitu besar. "Sebagai pasar otomotif yang besar di kawasan ini ada potensi volume sangat besar. Tapi tingkat persaingannya juga sangat tinggi. Jadi kami harus memiliki kehadiran di negara ini," kata Steven Xu, Director of International Sales dikutip dari Paultan, Jumat (18/06/2021).

Proton X50 SUV

Proton juga kerjasama dengan Geely di Asia

Selain Indoensia, Proton juga akan membidik Thailand. Alasannya pun sama, yaitu potensi pasar kendaraan roda empat di Negeri Gajah Putih itu yang sangat besar.

Baca juga : Dari segi mesin, apa hubungan Proton X50 dan Volvo XC40?

Sudah Siapkan jaringan Bisnis Tahun Depan

Lebih lanjut Steven Xu juga menambahkan, demi memperbesar pangsa pasarnya di Indonesia dan Thailand, mereka sudah menyusun rencana jangka pendek.

"Untuk kedua negara, kami telah sibuk merekrut mitra untuk membangun jaringan dan memastikan model bisnis yang layak. Target kami adalah kembali pada tahun 2022," tegas Steven.

Proton X50

Proton X50 berbagi model dengan Geely Binyue

Namun sampai saat ini Steven atau petinggi Proton lainnya belum ada yang meastikan model apakah yang akan dibawa ke Indonesia atau Thailand. Meski demikian Proton memiliki beberapa produk yang juga sukses di pasar ekspor. Antara lain Proton Saga, Proton iriz, dan Proton X70.

Proton Kerjasama dengan Geely

Untuk memperbesar pangsa pasarnya di wilayah ASEAN, Proton memang sudah bekerja sama dengan Geely. Antara lain menghadirkan Geely Binyue yang merupakan kembaran Proton X50, sebuah subcompact SUV yang membuat Geely meraih posisi kesembilan perusahaan mobil terlaris di Cina.

Honda HR-V 2021

Honda HR-V akan dapat lawan baru dari Proton

Sangat mungkin Proton X50 yang dihadirkan pula untuk pasar Indonesia. Model ini ada di kelas yang sama dengan Honda HR-V.

Baca juga : Rebadge dari Geely Binyue, Proton X50 Akan Segera Rilis di Malaysia

Baca juga

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda HRV 1.5L S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru