window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Punya Banyak Pilihan, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Beli Isuzu Panther Kapsul Bekas

Enda · 14 Jun, 2021 16:30

Punya Banyak Pilihan, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Beli Isuzu Panther Kapsul Bekas 01

Isuzu Panther kapsul Touring pertama lansiran 2000-an

Mobil jenis Multi Purpose Vehice (MPV) di Indonesia memang sudah sangat melegenda. Salah satu model MPV yang terus diminati kondisi bekasnya hingga saat ini adalah Isuzu Panther.

Bicara mengenai Isuzu Panther kapsul, model ini pertama kali diperkenalkan oleh Isuzu Indonesia pada awal 2000-an. Berbeda dengan generasi sebelumnya, Panther kapsul berkodekan body TBR 541 ini memiliki bentuk yang lebih membulat. Maka dari itu jangan heran apabila masyarakat Tanah Air memberikan julukan ‘kapsul’ pada generasi ini.

Mengetahui harga bekasnya saat ini, Isuzu Panther kapsul ditawarkan dengan harga yang bervariatif. Melansir salah satu platform jual beli mobil bekas, Isuzu Panther kini dibandrol Rp70 juta sampai dengan Rp190 juta.

Tertarik Membeli Isuzu Panther kapsul sebagai mobil keluarga maupun usaha? Simak beberapa poinya di bawah ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Resmi Pensiun, Bagaimana Harga Bekas Isuzu Panther Saat Ini?

Isuzu Panther Kapsul Hadir dengan Banyak Pilihan, Ketahui Modelnya Sebelum Membeli

Punya Banyak Pilihan, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Beli Isuzu Panther Kapsul Bekas 01

Tampilan samping Isuzu Panther Touring generasi pertama

Isuzu Panther kapsul generasi pertama diproduksi hingga 2004. Pada generasi ini, MPV bermesin diesel ini ditawarkan dengan enam pilihan. Diantaranya; Touring, LS Hi-Grade, SS, LV, SV, LM (smart long), dan SM (smart short).

Model berikutnya diproduksi 2004-2007. Sebagai facelift Panther kapsul pertama, mobil ini dihadirkan dalam tujuh varian, yaitu Grand Touring, Touring, LS Turbo, LS Hi-Grade, Adventure, LV, Smart (menggantikan varian LM).

Di generasi keduanya ini, Isuzu Astra Motor Indonesia tidak hanya memberikan penyegaran di beberapa sektor tampilan luarnya saja. Pihaknya juga memberikan tambahan turbocharged guna mendongkrak tenaga mesin agar lebih buas, serta dapat memenuhi standar EURO 2.

Berbeda dengan model pra-facelift, Panther kapsul produksi 2007-2013 sebagai model berikutnya ini disuguhkan dengan varian yang lebih sedikit. Yakni, Grand Touring, LS Turbo, LV Adventure, LV Turbo dan Smart Turbo.

Pada facelift keduanya ini, pihaknya tidak hanya melakukan penyegaran pada desain grill, dan interior saja. Semua tipenya kini sudah mendapatkan mesin yang didorong oleh turbo.

Model Isuzu Panther kapsul generasi terakhir yang dihadirkan pada 2013-2020, hanya mendapatkan empat pilihan model. Tipe yang tersedia pada masa kejayaan terakhir Isuzu Panther ini adalah Grand Touring, LS Turbo, LV Turbo dan Smart Turbo.

Pada generasi terakhirnya ini, Panther mendapat ubahan berupa desain speedometer, pintu belakang (Kecuali Smart dan LV), rear tow hook, dan cover ban serep (Smart, LV dan LS).

Sebagai informasi saja, kalian yang saat ini sedang mencari Isuzu Panther kapsul untuk kepentingan usaha dan mobil keluarga, sebaiknya memilih varian terendah. Selain minim fitur serta memiliki harga bekas yang terjangkau, jok pada baris belakangnya ini saling berhadapan.

Dengan begitu, kalian bisa membawa barang dengan kapasitas lebih banyak serta mampu menampung hingga sembilan orang didalamnya.

Mesin Isuzu Panther Kapsul Terkenal Sangat Tangguh

Punya Banyak Pilihan, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Beli Isuzu Panther Kapsul Bekas 02

Mesin diesel Isuzu Panther 2.5L 4JA1-L turbocharger

Sebagian besar konsumen Tanah Air menjatuhkan hati pada Isuzu Panther bukan hanya karena model serta dimensinya yang besar. Akan tetapi, alasan lain datang pada mesin yang berada di balik bonnetnya tersebut.

Melihat data spesifikasi yang dimiliki, Isuzu Panther kapsul dengan dorongan turbo ini dibenamkan mesin berkodekan 4JA1-L  2.499 cc 4 Silinder OHV Direct Injection yang mampu memeras tenaga hingga 80 PS @3.900 rpm serta torsi maksimal mencapai 170 Nm @2.300 rpm.

Sedikit bicara mengenai teknologi Direct Injection pada mesin Isuzu Panther, mesin ini hanya memiliki satu ruang bakar diatas piston yang terletak di cekungan di atas piston. Diesel dengan Direct Injection tidak membutuhkan busi pijar dan injektor akan langsung dimasukkan ke bagian dalam ruang bakar melalui kepala silinder bagian atas.

Kelebihan mesin yang dipakai Panther ini terkenal akan ketangguhan serta mudah dalam perbaikan. Selain itu, karena terbilang konvensional, mesin Direct Injection pada Isuzu Panther dapat distel powernya menyesuaikan feeling pemilik serta dapat dengan bebas menenggak solar dengan kualitas yang rendah.

Sistem Pendingin Udara Isuzu Panther Bisa Bikin Menggigil Penumpangnya

Punya Banyak Pilihan, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Beli Isuzu Panther Kapsul Bekas 03

Tampilan dashboard Isuzu Panther generasi terakhir

Meski beberapa variannya tidak dilengkapi dengan double blower, pada kenyataannya AC mobil ini terasa begitu dingin. Dengan begitu, penumpang baris kedua dan ketiga tidak perlu khawatir merasa gerah meskipun udara sejuk hanya disalurkan melalui bagian depan saja.

Isuzu Panther Membuat Pemiliknya Cepat Kaya

Punya Banyak Pilihan, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Beli Isuzu Panther Kapsul Bekas 04

BBM jenis Bio Solar sangat cocok digunakan Isuzu Panther hingga kini

Melihat daripada mesin yang digunakan, 4JA1-L ini telah mendapatkan teknologi Overhead Valve Engine Direct Injection. Teknologi ini diklaim oleh pabrikan mampu membuat Panther tetap irit dalam konsumsi bahan bakar meskipun memiliki semburan tenaga yang besar.

Penggunaan dalam kota, Isuzu Panther diketahui mampu mengkonsumsi BBM mencapai angka 12 km/liter. Tentunya hal seperti ini membuat para pemiliknya merasa hemat. Terlebih harga BBM jenis Bio Solar kini dibandrol Rp5.150 perliter.

Baca juga: Adu MPV di Bawah Rp200 Jutaan, Pilih Isuzu Panther Bekas Atau Mending Wuling Confero Baru?

Varian Matic Isuzu Panther Tidak Cocok Untuk Dipilih

Punya Banyak Pilihan, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Beli Isuzu Panther Kapsul Bekas 05

Isuzu Panther kapsul matic dijual dari awal 2000-an hingga 2009-an

Sejak kehadirkan kapsul pertama hingga 2009, Isuzu Panther dihadirkan dengan transmisi otomatis konvensional 4-percepatan untuk memberikan opsi lainnya kepada konsumen Tanah Air. Namun sayang, varian maticnya ini kurang begitu diminati.

Hal tersebut terjadi lantaran transmisi otomatisnya ini cenderung lemot, alhasil konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih boros.

Catatan Penting, Isuzu Panther Lemah di Kaki-kaki Bagian Depan

Punya Banyak Pilihan, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Beli Isuzu Panther Kapsul Bekas 06

Isuzu Panther kapsul lemah di kaki-kaki

Memiliki bantingan yang empuk, justru membuat mobil ini menjadi lemah khususnya di kaki-kaki bagian depan. Kerusakan yang kerap kali dialami oleh pemilik mobil ini biasanya terjadi pada bearing, bushing strutbar, shockbreaker, ball joint, tierod dan long tierod.

Bicara bearing, pada bagian depan mobil ini menggunakan jenis tapered roller bearing. Bearing ini mudah sekali longgar, karena tapered bearing adalah jenis bearing yang dapat disetel dan bukan termasuk bearing paten.

Demi memberikan keawetan bearing, kalian bisa melakukan pengecekan secara rutin terlebih pada tingkat kekencangan setelan bearing. Mengenai kelebihannya, bearing model mampu menahan tekanan beban dari arah samping sisi luar dan samping sisi dalam dengan sangat baik.

Getaran dan Suara Mesin Terdengar Jelas di Dalam Kabin

Punya Banyak Pilihan, Ketahui Beberapa Hal Ini Sebelum Beli Isuzu Panther Kapsul Bekas 07

Isuzu Panther kapsul facelift kedua

Suara mesin diesel konvensional yang dihasilkan mobil ini bisa kalian dengar sangat jelas di dalam kabin. Tidak hanya itu, tingkat getaran yang ditimbulkan pun cukup besar. Bisa dibilang untuk faktor kenyamanannya mobil ini sangat kurang.

Terlebih dalam kondisi tertentu kalian bisa mencium aroma asap solar yang merangsek ke dalam kabin. Biasanya permasalahan seperti ini muncul karena header mengalami kebocoran ataupun peredam di ruang mesin sudah mulai mengalami kerusakan.

Kesimpulan

Isuzu Panther kapsul masih menjadi alternatif konsumen Indonesia karena memiliki tingkat ketangguhan mesin yang baik, bisa dimuati banyak barang dan penumpang, mudah dalam perawatan, serta iritnya konsumsi bahan bakar.

Sebelum tertarik membelinya, kami sarankan untuk kalian mengecek terlebih dahulu khususnya di sektor kaki-kaki serta bagian mesin untuk memastikan tidak kehilangan daya kompresi.

Baca juga: Sejarah Ketangguhan Mesin Isuzu, Mulai Dari Elf yang Disiksa di Antartika Hingga Panther Melegenda di Indonesia

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Isuzu Panther SMART

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil