Punya Bentuk Sama, Alasan Kenapa Daihatsu Sigra Lebih Baik Dipilih Dari Toyota Calya

Enda · 11 Jun, 2021 13:30

Punya Bentuk Sama, Alasan Kenapa Daihatsu Sigra Lebih Baik Dipilih Dari Toyota Calya 01

Toyota Calya vs daihatsu Sigra

Daihatsu dan Toyota diketahui sudah cukup lama dalam melakukan kolaborasi produk. Sebagai bentuk produk kolaborasi keempatnya, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya pertama kali diperkenalkan pada 2016.

Mobil 7-seater yang masuk dalam segmen kendaraan LCGC ini, memiliki beberapa perbedaan sebagai ciri khas dari masing-masing brand. Bukan cuma tampilannya saja, diketahui harga yang dijajakan dari keduanya pun berbeda.

Seperti yang diketahui menurut situs resminya, Daihatsu Sigra saat ini ditawarkan mulai dari Rp120.650.000 hingga Rp163.400.000. Sedangkan Toyota Calya dipatok dengan harga lebih mahal, yakni Rp146.190.000 sampai Rp167.490.000.

Punya harga baru lebih murah dari saudara kembarnya, berikut alasan Daihatsu Sigra lebih pantas untuk dipilih.

Baca juga: 7-seater Termurah Selain Sigra, Pilih Toyota Calya 2021 Manual atau Matik?

1. Punya Lebih Banyak Pilihan Mesin

Punya Bentuk Sama, Alasan Kenapa Daihatsu Sigra Lebih Baik Dipilih Dari Toyota Calya 02

Mesin 1.2L yang digunakan Daihatsu Sigra maupun Toyota Calya

Tidak seperti Toyota Calya yang hanya menawarkan satu pilihan mesin, Daihatsu Sigra justru dihadirkan dengan dua tipe mesin yang bisa dipilih untuk menyesuaikan kebutuhan konsumen saat ini.

Pada varian D dan M diketahui mendapatkan mesin 998 cc berkodekan 1KR-VE, DOHC VVT-I 3-silinder segaris uang mampu menghasilkan tenaga 67 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 89 Nm @4.400 rpm.

Sedangkan tipe X dan R memperoleh mesin berkodekan 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i berkubikasi 1.197 cc yang mana menurut data di atas kertas, mampu melecutkan tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm.

Sebagai infromasi, Daihatsu Sigra sudah dilengkapi dengan fitur Eco Driving yang bisa memberikan tingkat konsumsi bahan bakar lebih irit lagi. Ketika pengetesan dilakukan dalam kecepatan yang konstan, mobil ini mampu mencatat angka 19.3 km/liter ketika melaju di jalan bebas hambatan.

Berbeda ketika digunakan di dalam kota yang notabene sering kali melakukan stop and go, konsumsi mobil ini mencapai angka 15 km/liter.

2. Ditawarkan Dua Pilihan Transmisi yang Sama Persis

Punya Bentuk Sama, Alasan Kenapa Daihatsu Sigra Lebih Baik Dipilih Dari Toyota Calya 03

Transmisi otomatis Sigra dan Calya

Pada varian X dan R Daihatsu Sigra hadir dengan dua pilihan jenis transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang sama persis bisa kalian temukan pada varian G di Toyota Calya.

Berbeda dengan transmisi otomatis yang ada di Avanza-Xenia, transmisi di Sigra sendiri terasa cukup nyaman dan bisa diandalkan meski juga terbilang konvensional.

Dalam pengoperasiannya, baik menaikan ataupun menurunkan gigi juga bisa dikatakan lebih halus dengan menghasilkan kesan jeda yang sedikit. Untuk kalian ketahui, tingkat responsif transmisi otomatis Sigra juga tidak kalah cepat.

Berikut perbandingan gigi rasio antara transmisi manual 5-percepatan dengan otomatis 4-percepatan pada Daihatsu Sigra.

Perbandingan gigi transmisi Toyota Calya
Jenis transmisi Manual 5-percepatan Otomatis 4-percepatan
Perbandingan gigi 1 3.417 2.731
Perbandingan gigi 2 1.960 1.526
Perbandingan gigi 3 1.250 1.000
Perbandingan gigi 4 0.917 0.696
Perbandingan gigi 5 0.707 -
Perbandingan gigi mundur 3.143 2.290
Perbandingan gigi akhir 5.077 4.839

3. Interior Daihatsu Sigra dan Toyota Calya Terlihat Sama

Punya Bentuk Sama, Alasan Kenapa Daihatsu Sigra Lebih Baik Dipilih Dari Toyota Calya 04

Interior Toyota Calya

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya memiliki tampilan interior yang terlihat sama. Keduanya ini menawarkan kemewahan dengan dipadukannya warna hitam dan coklat yang menyelimuti seluruh bagian dalamnya tersebut.

Baik Sigra maupun Calya diketahui memiliki cukup banyak laci penyimpanan yang bisa digunakan untuk menaruh barang bawaan dengan dimensi kecil hingga cukup besar yang tersebar dari depan hingga ke belakang. Untuk varian terbaru Daihatsu Sigra, mobil ini mendapat sedikit update yaitu new smartphone pocket yang bisa digunakan mengisi daya pada gawai, serta new seat under tray untuk meletakan sepatu maupun sandal di bawah jok.

Baca juga: Harga Sama, Toyota Calya Lebih Baik Daripada Toyota Transmover?

4. Daihatsu Sigra Hadir dengan Pilihan Tipe yang Lebih Banyak

Punya Bentuk Sama, Alasan Kenapa Daihatsu Sigra Lebih Baik Dipilih Dari Toyota Calya 05

Daihatsu Sigra hadir dengan banyak varian

Sama seperti beberapa produk kolaborasinya yang hadir dengan banyak pilihan tipe, diketahui untuk Daihatsu Sigra sendiri PT Astra Daihatsu Motor setidaknya menawarkan mobil ini dalam 10 varian. Diantaranya; 1.0 M MT, 1.0 D MT, 1.2 X MT, 1.2 X MT DLX, 1.2 X AT, 1.2 X AT DLX, 1.2 R MT, 1.2 R MT DLX, 1.2 R AT dan 1.2 R AT DLX.

Melihat saudara kembarnya, Toyota Calya saat ini hanya mendapatkan tiga varian saja, yaitu E M/T G M/T dan G A/T. Khusus Calya, PT Toyota Astra Motor hanya menyediakan mobil ini dengan mesin 1.2L saja.

5. Calya dan Sigra Punya Fitur Keselamatan dan Keamanan Sepadan

Punya Bentuk Sama, Alasan Kenapa Daihatsu Sigra Lebih Baik Dipilih Dari Toyota Calya 06

Fitur keselamatan Daihatsu Sigra

Soal fitur keselamatan dan keamanan, Daihatsu Sigra ini bisa dibilang cukup baik sebagai mobil keluarga dengan harga yang terjangkau. Pertama-tama melihat fitur keselamatannya, mobil ini berhasil mendapatkan sabuk keselamatan di semua joknya, Dual SRS Airbag, Front Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, TAF (Total Advance Function) Body di struktur rangkanya, ABS & EBD, Side Impact Beam, Front Corner Sensor, Rear Parking Sensor, dan New Parking Camera.

Untuk keamanannya, Sigra berhasil mendapatkan Immoblizer serta Main & Spare Key Integrater with Remote.

6. Tampilan Daihatsu Sigra Lebih Luxury Dibandingkan Toyota Calya

Punya Bentuk Sama, Alasan Kenapa Daihatsu Sigra Lebih Baik Dipilih Dari Toyota Calya 07

Daihatsu Sigra R Deluxe

Tak dapat dipungkiri apabila Daihatsu Sigra memiliki tampilan yang lebih luxury dibandingkan dengan Toyota Calya. Pada varian teratas Sigra, mobil ini berhasil mendapatkan pillar blackout yang menampilkan kesan elegan, chrome window graphic di pembatas pintu bagian atas, side moulding yang selian terlihat mewah juga dapat memberikan perlindungan terhadap benturan, serta adanya sticker deluxe sebagai identitas varian teratasnya.

7. Lebih Murah, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya Sama-sama Hadir dengan Tujuh Pilihan Warna

Punya Bentuk Sama, Alasan Kenapa Daihatsu Sigra Lebih Baik Dipilih Dari Toyota Calya 08

Daihatsu Sigra hadir dengan tujuh pilihan warna

Agar dapat memberikan banyak pilihan opsi warna kepada konsumennya, Daihatsu Sigra dihadirkan dengan tujuh warna. Diantaranya; orange metallic, red soul, bronze metallic, glittering silver metallic, ultra black solid, terakhir ice white solid dan dark grey metallic.

Pilihan warna yang ditawarkan Daihatsu Sigra ini diketahui sama persis dengan opsi warna pada Toyota Calya.

Baca juga: Barangnya Sama, Ini 5 Alasan Kenapa Mending Beli Daihatsu Xenia Daripada Toyota Avanza

 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Sigra 1.0 D MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru