window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Punya Budget 130 Juta, Beli Wuling Confero 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014?

Anissa · 23 Okt, 2020 17:30

Punya Budget 130 Juta, Beli Wuling Confero 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014? 01

Pasar mobil bekas memang bisa menjadi salah satu tempat beralih bagi para konsumen yang tidak ingin menghabiskan uangnya untuk membeli mobil baru. Jika kita jeli memilih, di pasar mobil bekas ini kita juga bisa mendapatkan mobil dengan kualitas yang masih bagus, tetapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Bukan itu saja, harga mobil bekas juga seringkali menjadi acuan bagi para konsumen ketika membeli mobil baru. Pasalnya, harga jual kembali mobil yang telah digunakan menjadi hal yang penting bagi konsumen supaya tidak mengalami kerugian yang terlalu besar saat membeli mobil.

Seperti yang kita tahu, kebanyakan mobil Jepang yang ada di Indonesia, harganya cenderung masih tinggi di pasar mobil bekas. Contohnya saja Toyota Kijang Innova. Harga mobil yang satu ini masih tetap tinggi walaupun untuk mobil bekasnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sementara itu, di pasar mobil bekas sendiri, harga mobil bekas pabrikan Cina justru cenderung lebih rendah dan lebih cepat turun. Salah satunya seperti Wuling Confero yang merupakan salah satu model mobil pabrikan Cina.

Nah, sekarang mari kita berandai-andai. Jika kita hanya punya budget Rp130 juta untuk membeli satu unit mobil bekas, mana yang akan dipilih? Apakah Wuling Confero atau Toyota Kijang Innova?

Harga Wuling Confero dan Toyota Kijang Innova Bekas Jauh Berbeda

Dalam persaingan pasar mobil bekas yang kompetitif, mobil-mobil pabrikan Jepang seperti Toyota Kijang Innova ini memang selalu berhasil mempertahankan harga jual mobil bekas mereka agar harganya tidak jatuh. Harga Toyota Kijang Innova untuk model tahun 2017-2019 saja berkisar pada harga Rp214 juta hingga Rp370 jutaan.

Dari sini bisa ketahui bahwa dengan budget Rp130 juta, kita hanya akan bisa membeli mobil Toyota Kijang Innova untuk model tahun yang lebih lama.

Punya Budget 130 Juta, Beli Wuling Confero 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014? 01

Harga Wuling Confero bekas cenderung jatuh di pasar mobil bekas

Sementara itu, mobil-mobil buatan Cina seperti Wuling Confero ini memiliki harga yang cenderung mudah jatuh di pasar mobil bekas. Mobil bekas Wuling Confero untuk model tahun 2017-2019 ini berkisar antara Rp93 jutaan hingga Rp189 jutaan, tergantung pada keadaannya masing-masing.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat perbandingannya pada tabel di bawah ini.

Tahun

Harga Wuling Confero Bekas

Harga Toyota Kijang Innova Bekas

2014

-

Rp130 juta-Rp224juta

2015

-

Rp149 juta-Rp285 juta

2016

-

Rp218 juta-Rp323 juta

2017

Rp93 juta-Rp129 juta

Rp214 juta-Rp330 juta

2018

Rp110 juta-Rp126 juta

Rp290 juta-Rp339 juta

2019

Rp150 juta-Rp189 juta

Rp295 juta-Rp370 juta

Bisa kita lihat dari tabel tersebut bahwa harga Toyota Kijang Innova bekas masih cukup tinggi di pasaran. Kisaran harganya ini bahkan setara dengan prediksi harga Wuling Victory yang belum masuk ke Indonesia. 

Punya Budget 130 Juta, Beli Wuling Confero 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014? 02

Berbeda dengan Wuling Confero, harga Toyota Kijang Innova justru bertahan

Tingginya harga mobil Jepang seperti Toyota Kijang Innova ini bukannya tanpa sebab. Harga Toyota Kijang Innova bekas tetap tinggi karena mobil ini memiliki pasarnya sendiri yang lebih besar. Sehingga meskipun hanya mobil bekas, peminatnya di Indonesia masih sangat banyak.

Sementara itu, jatuhnya harga mobil Cina seperti Wuling Confero ini juga ternyata memiliki alasannya sendiri. Harga mobil pabrikan Cina cenderung jatuh karena kebanyakan konsumen lebih memilih untuk membeli mobil Cina baru yang harganya tidak terlalu mahal, tetapi masih memiliki garansi. Karena itulah, di pasar mobil bekas, harga mobil-mobil pabrikan Cina tidak terlalu kompetitif.

Tetapi, jika kita hanya memiliki Rp130 juta untuk membeli mobil dan hanya bisa memilih untuk membeli Wuling Confero atau Toyota Kijang Innova, kita hanya akan dapat membeli Wuling Confero tahun 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014. 

Toyota Kijang Innova Lebih Awet Daripada Wuling Confero?

Jika kita ditanya tentang hal apa yang paling penting untuk dimiliki sebuah mobil, maka selain harga yang terjangkau, kebanyakan dari kita pasti akan menjawab sebuah mobil haruslah tahan lama dan tidak mudah rusak. Mobil yang bandel akan membuat biaya perawatan jadi lebih sedikit dan membuat konsumen tidak perlu sering keluar masuk bengkel.

Punya Budget 130 Juta, Beli Wuling Confero 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014? 03

Wuling Confero memang unggul soal harga yang miring

Harga yang murah mungkin bisa kita temukan pada mobil-mobil Cina. Seperti yang sudah kita lihat sebelumnya, Wuling Confero memiliki harga mobil bekas yang sangat terjangkau. Tetapi soal mobil yang tahan lama, mobil-mobil Jepang, dalam hal ini Toyota Kijang Innova memang lebih unggul.

Toyota Kijang Innova sudah lebih lama berkiprah di Indonesia. Ketahanan mobil ini juga sudah teruji dan dibuktikan oleh banyak konsumen di Indonesia, sehingga konsumen di Indonesia sangat percaya dengan mobil yang satu ini.

Punya Budget 130 Juta, Beli Wuling Confero 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014? 04

Keandalan Toyota Kijang Innova sudah dibuktikan masyarakat Indonesia

Sedangkan Wuling Confero sendiri masih butuh waktu yang lama untuk membuktikan keandalannya di Indonesia. Mobil ini memang terbilang baru dan masih banyak konsumen yang skeptis terhadap ketahanannya.

Soal Fitur Keselamatan, Wuling Confero Bekas Masih Unggul

Sekarang mari kita bandingkan fitur keselamatannya terlebih dahulu. Wuling Confero dibekali dengan sistem keamanan yang canggih dan terkini. Untuk fitur keselamatannya, Wuling Confero memang bisa dibilang memiliki banyak fitur, misalnya saja sistem pengereman Anti Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution.

Punya Budget 130 Juta, Beli Wuling Confero 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014? 05

Fitur keselamatan yang dimiliki Wuling Confero melimpah

Kemudian, untuk menambah rasa aman, pada Wuling Confero juga telah disematkan fitur front dan rear parking system. Sebagai fitur keselamatan tambahan lainnya, Wuling Confero juga dilengkapi dengan Dual Front SRS Airbags, ISOFIX, Auto Door Lock with Speed Sensor, serta Auto Unlock Door Collision.

Lalu untuk Toyota Kijang Innova sendiri, pada mobil bekasnya memang sudah dilengkapi dengan sistem keselamatan Anti Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution seperti pada Wuling Confero. Selain itu, hanya ada fitur keselamatan standar seperti Airbags, sabuk pengaman, serta Superior Safety Airbags khusus untuk barisan depan. Fitur keselamatan yang lebih lengkap baru kita temukan pada Toyota Kijang Innova versi 2020.

Punya Budget 130 Juta, Beli Wuling Confero 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014? 06

Untuk mobil bekasnya, Toyota Kijang Innova relatif minim fitur keselamatan

Bisa kita lihat bahwa pada mobil bekasnya, fitur keselamatan Toyota Kijang Innova cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan Wuling Confero. Sehingga meskipun kita membeli Wuling Confero bekas, kita masih akan mendapatkan berbagai fitur keselamatan yang mumpuni.

Desain Wuling Confero Memang Menawan, Tapi Ketangguhan Toyota Kijang Innova Sudah Terbukti

Melihat dari segi desainnya, baik desain eksterior maupun interiornya, Wuling Confero jelas lebih unggul. Pada versi lamanya sekalipun, Wuling Confero memiliki desain eksterior yang lebih modern dibandingkan dengan Toyota Kijang Innova yang dari tahun ke tahun tidak mengalami banyak perubahan.

Punya Budget 130 Juta, Beli Wuling Confero 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014? 07

Desain interior Wuling Confero yang elegan dan mewah

Selain itu, pada bagian interiornya pun Wuling Confero masih memiliki desain yang lebih modern serta elegan dan terkesan mewah jika dibandingkan dengan kompetitornya dari Jepang tersebut. Memang, kabin Toyota Kijang Innova tidak bisa disebut buruk, tetapi akibat tidak ada pembaharuan yang signifikan, interior mobil ini terasa sedikit tua.

Punya Budget 130 Juta, Beli Wuling Confero 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014? 08

Interior Toyota Kijang Innova tidak mendapatkan banyak ubahan dari tahun ke tahun

Kemudian bicara soal ketangguhan mesinnya saat berkendara dan ketahanannya suku cadangnya, Toyota Kijang Innova jelas lebih unggul dibandingkan dengan Wuling Confero. Toyota Kijang Innova yang sudah puluhan tahun mengaspal di Indonesia berhasil membuktikan ketangguhan dan ketahanannya selama bertahun-tahun hingga akhirnya bisa dipercaya oleh konsumen di Indonesia.

Punya Budget 130 Juta, Beli Wuling Confero 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014? 09

Ketangguhan dan ketersediaan suku cadang menjadi salah satu faktor Toyota Kijang Innova sangat diminati

Melihat secara objektif, sebenarnya jumlah kerusakan pada mobil Wuling Confero yang sudah tercatat pun tidak banyak. Hanya beberapa dari sekian banyak unit yang telah dijual. Tetapi tentu, jika kita menginginkan harga jual kembali yang masih bagus, Toyota Kijang Innova adalah pilihan yang tepat.

Wuling Confero VS Toyota Kijang Innova Soal Biaya Perawatan

Salah satu hal lain yang juga menjadi pertimbangan sebelum membeli mobil bekas adalah biaya perawatannya. Biaya perawatan mobil bekas memang tidak akan memakan biaya sebesar biaya perawatan mobil barunya. Tetapi perlu diingat, jika mobil bekas yang kita beli belum terlalu lama dipakai, maka kemungkinan kita juga akan perlu melakukan servis berkala yang cukup banyak.

Punya Budget 130 Juta, Beli Wuling Confero 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014? 10

Biaya servis Wuling Confero memang murah, tapi sulit mencari suku cadang untuk mobil bekas

Biaya servis atau perawatan berkala yang diperlukan oleh Wuling Confero secara keseluruhan dari jarak tempuh 10.000 km-100.000 km membutuhkan dana sebesar Rp7,66 juta. Nominal ini tentu jauh lebih murah jika kita bandingkan dengan biaya servis Toyota Kijang Innova yang mencapai angka Rp13,949 juta.

Tetapi perlu diingat, bahwa untuk mobil-mobil bekas, biasanya orang-orang akan lebih memilih untuk pergi ke bengkel-bengkel murah ketimbang pergi ke bengkel resmi. Harga suku cadang yang murah serta ketersediaannya di mana-mana akan membuat mobil Jepang seperti Toyota Kijang Innova menjadi unggul dalam hal ini. Sementara itu, Wuling Confero masih harus berbenah soal hal ini karena ketersediaan suku cadangnya seringkali dikeluhkan oleh para konsumennya.

Kesimpulan

Nah, dari beberapa aspek yang sudah kita bandingkan sebelumnya, baik Wuling Confero maupun Toyota Kijang Innova memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Jadi mana mobil yang harus dipilih jika kita hanya memiliki budget Rp130 juta? Kita bisa memilih antara Wuling Confero 2018 atau Toyota Kijang Innova 2014.

Bagi konsumen yang ingin harga suku cadang yang murah dan mudah didapat, serta harga jual kembali yang masih bagus, sebaiknya pilih Toyota Kijang Innova. Tetapi bagi konsumen yang menginginkan gaya serta fitur keselamatan yang lebih dengan harga yang lebih terjangkau, maka Wuling Confero bisa jadi pilihan. 

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Wuling Confero S C MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil