window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Punya Desain Futuristik, Baojun RC-5 Berani Tantang Honda Civic?

Yongki Sanjaya · 24 Sep, 2020 09:30

Punya Desain Futuristik, Baojun RC-5 Berani Tantang Honda Civic? 01

Nama Baojun mungkin kurang terkenal di Indonesia, namun sebenarnya merek asal China ini adalah naungan Wuling. Seperti sebelumnya, Wuling dan Baojun kembali memberikan kejutan di ranah otomotif dunia. 

Kali ini, Baojun memperkenalkan sosok RC-5, sebuah sedan sub-compact untuk pasar otomotif negeri Tirai Bambu. Hal yang cukup menggemparkan ialah, harga Baojun RC-5 cuma setengah dari Honda Civic sedan.

Sekalipun murah, namun kualitas dan fiturnya diklaim setara dengan model legendaris Honda. Baojun RC-5 menggunakan konsep desain keluarga "Interstellar Geometry". 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Punya Desain Futuristik, Baojun RC-5 Berani Tantang Honda Civic? 01

Artinya, RC-5 ini benar-benar melepaskan diri dari kesan stereotipe dan tradisi desain yang melekat dari sebuah mobil China. Arah desain RC-5 bergaya trendi dan dinamis sesuai filosofi Baojun terkini.  

Desain eksterior baru yang trendy dan fashionable dari sedan terbaru Baojun ini ditujukan untuk para pembeli mobil muda. Tidak cuma soal penampilan luar, desain interior, pengerjaan, dan material kabin dilakukan dengan baik. Baojun berusaha mengedepankan kelebihan RC-5 yang futuristik sehingga sangat layak untuk dinantikan.

Desain Futuristik Baojun RC-5, Sedan dari Masa Depan 

Punya Desain Futuristik, Baojun RC-5 Berani Tantang Honda Civic? 02

Dimensi Baojun RC-5 memiliki p x l x t (4650x1806x1458mm), dan jarak sumbu roda mencapai 2700mm. Artinya, sedan ini cukup besar tapi tidak bongsor. 

Garis tengah bagian depan mobil adalah salah satu elemen penting dari desain Interstellar Geometry. Terdapat garnish lebar namun ramping, desainnya mengingatkan kita solid wing di mobil Honda. Namun di sisi sampingnya berupa 'alis' DRL dan lampu sein. 

Sementara pada bagian grillnya, bergaya garis-garis putus yang berjajar seperti pancaran cahaya bintang. Di sisi kiri dan kanan terdapat headlamp berteknologi LED yang desainnya bertumpuk dengan foglamp tepat dibawahnya. 

Punya Desain Futuristik, Baojun RC-5 Berani Tantang Honda Civic? 03

Bagian bawah panel pintu juga memiliki lipatan garis trapesium dipercantik trim cat black piano.  RC-5 mengadopsi desain gaya slip-back, dan pilar C serta pintu bagasi terhubung dengan mulus untuk lebih meningkatkan aksen sporty.

Lampu belakang mengadopsi sumber cahaya LED yang desainnya futuristik. Desainnya mengingatkan kita seperti helm Robocop atau lampu belakang Dodge Challenger. 

Bagian utama terletak di kedua sisi, tersambung panel bilah lampu LED merah yang terpasang di bagasi.  Lampu rem di kedua sisi mengadopsi bentuk berbentuk huruf E dan angka 3 mengapit lampu sein dan lampu mundur.

Perbandingan Desain Baojun RC-5 dengan Honda Civic

Punya Desain Futuristik, Baojun RC-5 Berani Tantang Honda Civic? 04

Dari segi dimensi dan tipe, Baojun RC-5 ini sepadan dengan Honda Civic turbo. Secara harga, Civic turbo dijual Rp 533 juta, berarti Baojun RC-5 harganya diperkirakan Rp 265-270 jutaan.

Saat ini, Honda Civic terbaru yang dipasarkan ke Indonesia merupakan bagian dari generasi kesepuluh. Diperkenalkan di negara aslinya pada 2016 dengan julukan Civic FC, versi Honda hatchback masuk ke Indonesia 2017 silam. New Honda Civic Turbo desainnya mempesona, tampilannya dibuat lebih mewah dan menawarkan rasa berkendara yang responsif khas Honda.

Bumper depan Civic Turbo lebih elegan, berbeda dengan tampilan sporty pra-facelift. Desain lampu depan yang menyipit dilengkapi dengan teknologi LED beserta DRL LED. Pada bagian bawah terdapat lampu kabut dilengkapi aksen chrome garnish.

Punya Desain Futuristik, Baojun RC-5 Berani Tantang Honda Civic? 05

Siluet yang sensual memberikan kesan elegan dan ramping pada bagian samping. Tampilannya khas sedan dengan atap belakang yang landai. Pada bagian belakang, perubahannya tak sebanyak bagian lainnya. 

Lampu belakang dilengkapi dengan LED light bars yang mengesankan. Adanya 
garnish chrome membuat tampilannya lebih menawan pada mobil ini.

Interior Elegan ala Civic Turbo

Punya Desain Futuristik, Baojun RC-5 Berani Tantang Honda Civic? 06

Kabin Civic Turbo terkesan ‘kalem’ dan masih mempertahankan desainnya pra-facelift yang masih menawan. Perpaduan material soft touch dan kulit menyajikan ruang interior yang elegan.

Desain futuristik terlihat pada bagian kabin dan dashboard yang penuh fitur. Tapi, tampilannya masih sama dengan edisi sebelum facelift. Bagian yang berubah yaitu corak jok kulit mobil, glove box yang memiliki lampu, serta pengaturan kursi elektrik.

Kesimpulan

Honda Civic adalah salah satu mobil yang stylish dan menyenangkan untuk dibawa berkendara. Memang, Baojun RC-5 belum tentu masuk ke Indonesia, tapi kehadirannya merupakan suatu ancaman di segmen sedan sub-compact termasuk Civic Turbo.

Desainnya modern dan futuristik, ditambah harganya yang terjangkau membuat RC-5 jadi alternatif menarik anak muda yang ingin memelihara sedan seperti di era 90-an.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil