window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Punya Duit Rp 200 Jutaan, Pilih Toyota Avanza 2021 atau Toyota Fortuner Bekas?

Yongki Sanjaya · 9 Des, 2020 22:00

Punya Duit Rp 200 Jutaan, Pilih Toyota Avanza 2021 atau Toyota Fortuner Bekas? 01

Toyota Avanza 2021 harganya setara Fortuner bekas.

Saat kita ingin membeli mobil, hal utama yang kita persiapkan yaitu uang yang cukup. Untuk kamu yang ingin mencari mobil keluarga dengan harga Rp 200 jutaan, pilihan yang tersedia cukup lengkap. Dari merek Toyota, kita bisa membeli Avanza 2021 (baru) atau mungkin tergoda dengan Toyota Fortuner Bekas.

Memang sih tidak apple to apple dari jenis maupun kondisi mobilnya, tapi kedua model tadi harganya serupa. Namun, Avanza atau Fortuner sama-sama berkapasitas 7 penumpang sehingga cocok menjadi mobil keluarga.

Toyota Avanza baru dijual dengan rentang harga Rp 197,7 juta sampai dengan Rp 230,35 juta. Sementara itu, untuk rentang harga serupa, kita bisa membeli Toyota Fortuner bekas keluaran tahun 2013 sampai 2015. Tidak terlalu tua juga sebenarnya bila kalian membeli Toyota Fortuner ini karena usianya antara 5-7 tahunan.

Untuk Fortuner ini masuk generasi pertama pada facelift kedua. Toyota Fortuner generasi pertama sudah di lengkapi dengan kualitas interior yang mewah dan di dukung dengan fitur-fitur interior yang cukup canggih. Memang, Fortuner adalah SUV untuk kelas atas yang harga barunya dulu sudah Rp 400 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pada bagian depan nya sendiri mobil ini sudah di lengkapi dengan opsional TRD Sportivo Grille, New TRD Sportivo Front Underguard dan Floating Rear Roof Spoiler yang membuat tampilan depan mobil ini semakin lebih gagah dan sporty.

Kelebihan Toyota Fortuner Bekas Generasi Pertama 

Punya Duit Rp 200 Jutaan, Pilih Toyota Avanza 2021 atau Toyota Fortuner Bekas? 01

Toyota Fortuner generasi pertama keluaran terakhir harganya masih kisaran Rp 200 jutaan.

Fortuner telah beredar di Indonesia selama lebih kurang 10 tahun. Diawali dengan import secara utuh dari Thailand pada tahun 2005 kemudian diproduksi secara CKD pada tahun 2007 untuk memenuhi banyaknya permintaan.

Toyota Fortuner generasi pertama memiliki 3 baris kursi yang dapat menampung kapasitas penumpang maksimal 8 orang. Mengapa bisa lebih banyak? Ini karena mobilnya cukup besar sehingga baris ketiga bisa untuk tiga orang, walau sedikit berdesakan. 

Material jok mobil ini juga terbilang sangat baik dan mewah sehingga kamu akan merasa nyaman. Kemudian, bagasi Toyota Fortuner juga memiliki kapasitas yang cukup besar sehingga dapat membawa cukup banyak barang. Bila masih kurang luas, kursi baris ke-3 bisa dilipat supaya mendapatkan kapasitas bagasi yang makin luas.

Mesin Besar Toyota Fortuner Generasi Pertama, Boros Tapi Kurang Bertenaga 

Punya Duit Rp 200 Jutaan, Pilih Toyota Avanza 2021 atau Toyota Fortuner Bekas? 02

Toyota Fortuner rakitan lokal tersedia dalam mesin diesel 2.5 Liter dengan kode 2KD-FTV D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection. Mesin ini menggunakan teknologi Common Rail, yang sama dengan Toyota Kijang Innova. Mesin tersebut sayangnya cuma dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 102 Hp/ 3600 Rpm dan torsi yang dihasilkan mencapai 260 Nm/ 1600-2400 Rpm. 

Pada awalnya Toyota Fortuner Diesel hanya diproduksi dengan transmisi manual. Namun pada tahun 2009 Toyota juga merilis Toyota Fortuner dengan transmisi otomatis. Untuk Toyota Fortuner Facelift, mesin diesel tersebut telah mendapatkan teknologi baru yakni Variable Nozle Turbocharger(VNT), dengan penggunaan tambahan turbo membuat tenaga bertambah. 

Outputnya menjadi 142 Hp/ 3200 Rpm dan torsinya juga tidak kalah menjadi 343 Nm/ 1600-2800 Rpm. Tidak buruk walaupun bukan yang terbaik. 

Semua trim Toyota Fortuner mengandalkan penggerak roda belakang, meliputi G M/T G A/T,dan G Lux A/T. Khusus untuk trim V A/T menjadi trim satu-satunya yang mengadopsi sistem pengggerak 4×4 atau 4WD.

Keunggulan Toyota Fortuner Gen 1:

  • Ground clearance tinggi.
  • Posisi duduk nyaman. 
  • Tarikan responsif.
  • Sasis tangguh.
  • Biaya perawatan murah.
  • Sparepart melimpah.
  • Varian sangat banyak.
  • Harga bertahan.

Kelemahan Toyota Fortuner Gen 1:

  • Sistem penggereman buruk walaupun telah dilengkapi ABS dan EBD.
  • Terlalu limbung.
  • Mesin relatif boros.
  • Interior kurang berkelas.
  • Suspensi keras.
  • Tidak nyaman.
  • Baris ketiga sempit.
  • Harga tidak sepadan dengan fitur yang diberikan.

Beli Toyota Avanza 2021, Dapat Apa?

Punya Duit Rp 200 Jutaan, Pilih Toyota Avanza 2021 atau Toyota Fortuner Bekas? 03

Beli Toyota Avanza 2021, pasti dapatnya mobil Avanza baru dong. Tapi bukan itu yang kami maksud, melainkan fitur menarik apa sih yang tersedia di Avanza facelift kedua ini.

Kabin juga mendapatkan berbagai peningkatan. Tidak hanya dalam hal tampilan, tetapi juga fitur yang diberikan.

Pengaturan AC digital sudah bisa dirasakan pada semua tipe mobil Toyota. Selain itu, head unit juga sudah menggunakan layar sentuh sehingga membuat tampilannya terasa lebih modern.

Setir juga sudah menggunakan tombol multi-fungsi yang akan memudahkan Anda mengatur fitur-fitur yang terdapat pada mobil ini. Pengaturannya sudah memiliki teknologi tilt, meskipun belum telescopic.

Pada varian G, baris kedua dilengkapi dengan power outlet yang bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone. Sedangkan pada baris ketiga terdapat slot USB sebagai pengisi daya.

Fitur lain yang akan Anda dapatkan yaitu start stop engine yang bisa membantu Anda untuk menghidupkan mobil tanpa kunci. Fitur ini juga dilengkapi immobilizer sebagai sistem keamanan untuk mencegah pencurian.

Kesimpulan 

Harga mobil bekas Toyota kini kian terjangkau, dengan kualitas dan purna jual yang tetap mudah. Dengan uang Rp 200 jutaan, Toyota Fortuner bekas dari generasi pertama keluaran terakhir menjadi pilihan menarik. 

Namanya mobil bekas, pasti ada beberapa kelemahan termasuk garansi yang sudah habis. Bila kalian masih awam soal mobil, maka sebaiknya pilih saja Toyota Avanza 2021 dalam kondisi baru. Namun bila sudah berpengalaman merawat mobil, maka Fortuner bekas adalah cara untuk naik kasta bila dibandingkan Avanza. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil