Punya Duit Rp200 Juta, Kenapa Honda CR-V Gen 4 Lebih Baik Daripada Brio RS Baru?

Yongki Sanjaya · 31 Okt, 2022 13:02

Punya Duit Rp200 Juta, Kenapa Honda CR-V Gen 4 Lebih Baik Daripada Brio RS Baru? 01

Berburu mobil kini begitu banyak pilihannya, dengan budget Rp200 juta kita disodori opsi beli baru atau mobil bekas. Bicara mobil bekas pun kondisinya banyak yang masih sangat baik dan terawat. Dengan budget segitu, kita bisa memilih antara Honda CR-V Gen 4 bekas atau Honda Brio RS baru.

Keduanya punya kelebihan masing-masing sesuai dengan segmen yang dituju. Honda Brio RS ini desainnya sporty, BBM irit, dan ukurannya minimalis khas mobil perkotaan. Namun soal kenyamanan, Brio RS jelas kalah lega dan nyaman ketimbang Honda CR-V naga.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Sebaliknya, Honda CR-V naga sebagai sebuah SUV jelas konsumsi BBM-nya nggak bisa seirit Brio RS. Namun, Honda CR-V RM ini cukup oke menunjang berbagai aktivitas berkendara, baik untuk komuter atau lintas provinsi. Saat diajak piknik ke jalanan pedesaan juga lebih siap, karena punya ground clearance tinggi yang mudah melewati jalan gravel.

Nah itu tadi sekilas pandangan kenapa Honda CR-V bisa lebih baik ketimbang Brio RS. Lebih lengkapnya, berikut ini penjelasan soal poin penting dari masing-masing model.

Honda Brio RS, Harga Mulai Rp209 Jutaan Kemahalan Buat City Car?

Punya Duit Rp200 Juta, Kenapa Honda CR-V Gen 4 Lebih Baik Daripada Brio RS Baru? 01

Honda Brio ini terbagi ke dalam dua segmen, untuk Brio Satya masuk kategori LCGC yang mendapat kebijakan insentif pajak PPnBM dan Brio RS yang dijual sebagai city car dengan harga normal tanpa insentif. 

Pada bagian dapur pacunya, Honda membekali Brio RS dan Brio Satya dengan mesin yang sama. Mobil small hatchback ini menggunakan mesin berkapasitas 1.199 cc, SOHC, 4 silinder, 16 katup, dan dilengkapi dengan teknologi i-VTEC serta Drive By Wire.

  • 2019 Honda BRIO SATYA E 1.2

    Rp 154,86 Juta
    Rp 2,89 Juta
    /bulan

    20.297 km

    3,5 tahun

    Banten

  • 2016 Honda BRIO RS 1.2

    Rp 126,88 Juta
    Rp 2,29 Juta
    /bulan

    38.163 km

    1,5 tahun

    Jakarta

  • 2019 Honda BRIO SATYA E 1.2

    Rp 156,95 Juta
    Rp 2,84 Juta
    /bulan

    52.782 km

    3,5 tahun

    Banten

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 90 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 110 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm. Sebagai mobil yang tidak mendapat insentif, tentu Honda Prospect Motor menyiapkan Brio RS dengan fitur lebih oke ketimbang Brio Satya. 

Punya Duit Rp200 Juta, Kenapa Honda CR-V Gen 4 Lebih Baik Daripada Brio RS Baru? 01

Pada sisi eksterior,  Brio RS sudah dilengkapi dengan sistem pelipat elektrik, velgnya berukuran 15 inci dengan warna two tone. Di bagian belakang, Brio RS sudah disematkan spoiler atap. Pada spoiler tersebut juga sudah dilengkapi dengan high mounted stop lamp dengan desain memanjang.

Pada sisi interior, Brio RS menggunakan kombinasi warna hitam yang dihiasi dengan aksen jahitan oranye, dengan headrest model terpisah. Lebih lanjut, head unit Brio RS dengan model touch screen memiliki fitur Radio, pemutar CD, dan konektivitas iPhone dan iPod menggunakan Bluetooth atau Aux, hingga pemutar DVD dan slot USB.

Honda Brio RS generasi kedua ditawarkan dengan beberapa tipe, yaitu:

  • Honda Brio RS MT: Rp209.000.000 (on the road Jakarta)
  • Honda Brio RS CVT: Rp226.100.000 (on the road Jakarta)
  • New Honda Brio RS MT Urbanite Edition : Rp225.900.000 (on the road Jakarta)
  • New Honda Brio RS CVT Urbanite Edition: Rp235.900.000 (on the road Jakarta)

Honda CR-V Gen 4, Biar Bekas Tapi Masih Cukup Keren di Range Rp200 Jutaan

Punya Duit Rp200 Juta, Kenapa Honda CR-V Gen 4 Lebih Baik Daripada Brio RS Baru? 02

Dengan budget yang kurang lebih mirip dengan Honda Brio RS, kita bisa membeli Honda CR-V Gen 4 keluaran 2013. Dari sisi eksterior, kesan premium ditunjukkan melalui aksen krom di eksterior, pada bagian grill, handle pintu dan jendela. bilah-bilah grill yang tebal menjadi cikal bakal bahasa desain Honda sekarang, Solid Wing Face. 

Kemudian pada bumper belakang mendapatkan warna yang sama pada bodi yang dibawahnya terdapat tail pipe chrome dan cladding. Tidak hanya itu, SUV CRV mempunyai cladding hitam yang memanjang dari bodi depan sampai belakang yang menjadikan tampilan lebih maskulin.

     

    Fitur-fitur yang tersedia di Honda CR-V RM tipe Prestige cukup lengkap. Bahkan untuk ukuran mobil yang agak lawas pun masih tergolong mewah dan modern. Fitur tersebut berupa engine start/stop button, keyless entry, paddle shift, eco mode, serta cruise control. 

    Punya Duit Rp200 Juta, Kenapa Honda CR-V Gen 4 Lebih Baik Daripada Brio RS Baru? 01

    Lebih lanjut, pada CR-V 2.4 Prestige menawarkan berbagai tambahan fitur dan tampilan untuk menambah nilai premium dari mobil seperti Touchscreen 6.1 dengan sistem navigasi yang terintegrasi dengan Audio System, Bluetooth Connection untuk telepon dan memutar musik, Rear Parking Camera.

    Honda CR-V Gen 4 telah memiliki fitur keselamatan pasif dual front airbag, side airbag, dan side curtain airbag. Fitur keselamatan aktif telah tersedia termasuk vehicle stability assist, setir dengan teknologi motion adaptive, anti-lock braking system (ABS), hingga electronic brake-force distribution. 

    Pengereman juga cukup mumpuni karena dibekali cakram ventilated di roda depan dan cakram solid di roda belakang. Agak disayangkan pada pre faceliftnya belum tersedia fitur brake override system. Fitur ini cukup penting dimana ketika rem dan gas diinjak bersamaan, mobil akan memprioritaskan kerja rem. 

    Mesin Perkasa di Honda CR-V Gen 4

    Punya Duit Rp200 Juta, Kenapa Honda CR-V Gen 4 Lebih Baik Daripada Brio RS Baru? 02

    Mesin 2,4L saat itu diklaim yang paling bertenaga di kelasnya dengan semburan tenaga maksimal 190 PS pada 7.000 rpm dan torsi maksimal 226 Nm pada 4.400 rpm. Sedangkan pilihan mesin 2,0L SOHC i-VTEC mengeluarkan tenaga maksimal 155 PS pada 6.500 rpm dan torsi 190 Nm pada 4,300 rpm.

    Lalu ada fitur cruise control di mana mobil melaju dalam kecepatan konstan tanpa menginjak gas, berguna di kondisi jalan sepi dan monoton. 

    Kesimpulan

    Dengan budget kisaran Rp200 jutaan, pilihan yang tersedia cukup menarik dan proporsional sesuai kebutuhan. Kalau fokus terhadap kenyamanan, maka CR-V jadi jawaban yang ideal. Kabin yang cukup luas dengan fitur lebih beragam. 

    Namun bila kamu hanya butuh mobil untuk komuter, yang lincah dan praktis di kepadatan lalu lintas,  maka Brio RS ini jadi city car yang termasuk komplit fitur yang dimiliki. Walau demikian, kelengkapan fitur di Brio RS jelas kalah komplit kalau dibandingkan CR-V gen 4 yang statusnya merupakan SUV medium.

    window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
    googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

    Yongki Sanjaya

    Editor

    Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

    window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

    Komentar

    Harga tukar tambah yang adil

    Honda Brio Satya S M/T 2022

    Upgrade

    Tambahkan mobil Anda

    Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

    Mobil Terbaru