Punya Duit Rp.500 Jutaan, Enaknya Beli Honda Civic 2021 atau Toyota Fortuner 2021?

Yongki Sanjaya · 18 Nov 2020 17:00

Hari ini Honda Thailand meluncurkan Honda Civic terbaru, dan menjadi generasi ke-11. Setelah Thailand, sedan medium ini akan diluncurkan ke beberapa negara Asia Tenggara lainnya termasuk Indonesia. Kemungkinan besar, harganya sekitar Rp 500 jutaan saat masuk Indonesia.

Memang, peluncuran di Thailand ini masih berupa prototype namun dalam versi produksi. Selubung kamuflase sudah dibuka total dan kita bisa melihat sosoknya luar dalam. 

Desain All New Honda Civic sudah terungkap beberapa waktu lalu sebelum peluncuran. Desain Civic generasi ke-11 lebih bergaya elegan dan kalem bila dibandingkan generasi sebelumnya. Desain lampunya baik depan dan belakang memakai pattern letter L.

Hanya ada space sedikit untuk bagasi, berbeda dengan Honda Accord yang pintu bagasinya lebih lebar. Namun secara penampilan benar-benar proporsional bagi sebuah sedan. Bandingkan dengan Civic generasi ke-10 yang begitu kuat berbagi platform antara sedan dan hatchback.

Melihat kisaran harganya, Honda Civic akan bermain sendiri di segmen sedan medium. Namun untuk harga Rp 500 jutaan, lawan terberat hadir dari segmen SUV yaitu Toyota Fortuner 2021. Bisakah Civic sedan menggoda kaum tajir?

Desain Elegan Honda Civic Sedan Generasi ke-11

Civic generasi ke-11 memakai filosofi Honda yang esensial dan berpusat pada manusia "Man-Maximum, Machine-Minimum".

Melihat bagian depan, aksen solid wing kini sudah melebur jadi sewarna body. Identitas ini tidak lagi mencolok namun bisa tetap terlihat. Lampu depan tetap sipit dan desainnya mengingatkan kepada sosok Accord.

Terdapat LED DRL bergaya bumerang yang menjadi identitas baru di depan. Gaya serupa juga hadir di lampu belakang yang memakai garis lampu bergaya bumerang. Ini mengikuti filosofi Honda yang esensial dan berpusat pada manusia "Man-Maximum, Machine-Minimum".

Tim perancang juga melakukan perubahan substansial pada desain bodi atas Civic untuk memaksimalkan visibilitas bagi pengemudi dan penumpang. Pilar A jadi sedikit mundur supaya memberikan visibilitas lebih luas bagi pengemudi.

Interior Bergaya Klasik yang Sederhana

Honda mengembalikan trah Civic menjadi sedan yang elegan, dan mengubah total penampilan interior jadi lebih kalem. Tidak ada lagi guratan garis-garis agresif seperti versi sebelumnya.

Generasi ke-11 juga akan memperkenalkan beberapa teknologi baru. Civic sedan mendapat cluster meter yang serba digital dan layar sentuh Audio Display full-HD 9 inci baru dipasang pada konsol tengah yang posisinya tinggi. Cara ini dilakukan supaya memberi visibilitas saat pengemudi ingin mengaksesnya dan tidak terhalang apapun di dashboard.

Rangka Baru Honda Civic Lebih Rigid, Hadirkan Performa Bercita Rasa Sport

Civic generasi ke-11 akan memperkenalkan beberapa sistem keselamatan aktif dan pasif baru, termasuk rangkaian teknologi bantuan pengemudi dan keselamatan Honda Sensing® yang ditingkatkan, dan beberapa desain kantong udara baru.

Struktur bodi baru dibuat lebih kaku juga akan berkontribusi pada penyempurnaan berkendara di Honda Civic. Sedan ini menghadirkan kualitas berkendara,dan handling yang sporty.

Toyota Fortuner 2021, Rival Tangguh dari Segmen SUV

Toyota Fortuner 2021 diprediksi kembali lebih laris daripada Civic karena SUV kini jadi mobil serba bisa.

Agak sulit mencari rival sepadan untuk Honda Civic generasi ke-11 di Indonesia. Bila membandingkan dari sisi harga, cuma ada lawan dari segmen SUV. Lawan yang kami rasa cukup tangguh yaitu Toyota Fortuner 2021.

Toyota Fortuner 2021 diprediksi kembali lebih laris, karena sejak awal Toyota Fortuner dirancang sebagai kendaraan SUV dengan kapasitas 7 penumpang. Belum lagi kemampuannya yang mampu melintasi segala medan. Fortuner juga menjadi kendaraan yang nyaman untuk digunakan dalam mobilitas sehari-hari.

Desain Mewah dan Tangguh New Toyota Fortuner 2021

New Toyota Fortuner 2021 memperoleh sentuhan dari segi desain untuk memperlihatkan sisi ketangguhan dan kemewahan SUV gagah ini. Grille dan garnish pada lampu LED dibuat lebih besar dengan desain baru yang lebih segar sehingga tampak kian dominan dan berkelas. 

Penyegaran rupa terlihat pada New Front Bumper Design, New Radiator Grille Design, New LED Head Lamp Design, New LED Fog Lamp Design, serta penambahan ornamen chrome pada bumper, grille, dan fog lamp. Sentuhan diberikan pada semua model, bedanya pada TRD Sportivo garnish chrome berkelir dark.

Interior Premium di New Toyota Fortuner 2021.

Sentuhan kemewahan begitu terasa ketika masuk ke dalam kabin New Toyota Fortuner 2021. Kecuali tipe G yang memakai bahan fabric warna dark grey. Untuk model lain menggunakan bahan kulit hitam sehingga terkesan premium. 

Sentuhan mewah ditampilkan pada New 4.2 Inch Meter Cluster Design. Sentuhan modern pada area kokpit ini meningkatkan antusiasme pengemudi saat berada di balik setir.

Tidak hanya mewah, New Toyota Fortuner 2021 dilengkapi pula dengan fitur yang memanjakan penumpang. Terdapat fitur wireless charger yang memberikan kemudahan isi ulang baterai smartphone tanpa kabel, sehingga menjadi yang pertama ada di segmen High SUV. 

Fitur lainnya yaitu Front Seat Power Adjuster, untuk mengubah posisi duduk bangku depan secara otomatis. Kursi elektrik ini adalah simbol identitas mobil mahal.

Kesimpulan

Kini, sedan hanya dimiliki segelintir masyarakat di perkotaan. Orang kaya dengan mobilitas tinggi yang sering ke luar kota akan sedikit kerepotan. 

Sebab sedan ukuran ground clearance-nya yang ceper. Daya jelajah mobil sedan ini jadi cenderung terbatas di jalanan perkotaan dan jalan tol.

Sekarang, tren pun berganti karena SUV pun bisa jadi simbol kemapanan. Fitur kenyamanan kabin ala sedan bisa dijejali ke dalam SUV. Bahkan, SUV mempertahankan keunggulannya yang tangguh di medan off road.

Jadi, bila punya duit Rp 500 jutaan pilih Honda Civic 2021 atau Toyota Fortuner 2021? 
 

Komentar

Mobil Terbaru