Punya Fitur Lengkap, Honda City Buktikan Diri Sebagai Sedan Kompak Paling Aman di ASEAN

Yongki Sanjaya · 18 Feb, 2021 17:00

Punya Fitur Lengkap, Honda City Buktikan Diri Sebagai Sedan Kompak Paling Aman di ASEAN 01

Segmen sedan untuk sekarang ini mungkin peminatnya sudah tak lagi banyak. Walaupun peminatnya menurun, hal ini tak membuat standar keselamatan harus dikorbankan. Dalam uji fitur keselamatan yang dilakukan oleh ASEAN New Car Assessment Program (ASEAN NCAP), Honda City berhasil menerima penghargaan “ASEAN NCAP Excellent Award - Consistent 5 Star” setelah melakukan proses tes pada Maret 2020 lalu.

Honda City generasi ke-5 meraih peringkat keselamatan bintang 5 sekaligus telah memenangkan “ASEAN NCAP Excellent Award - Consistent 5 Star” untuk keunggulan dan keselamatan. Rating bintang 5 sudah didapatkan Honda City secara berturut-turut dari generasi ke-3, ke-4 dan yang terakhir ke-5. Pencapaian ini membuktikan kalau Honda City mampu memberi perlindungan secara optimal dan terbaik. 

Punya Fitur Lengkap, Honda City Buktikan Diri Sebagai Sedan Kompak Paling Aman di ASEAN 02

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prosedur pengujian ASEAN NCAP telah berkembang selama bertahun-tahun. Dimulai dengan hanya tabrakan benturan frontal, kemudian termasuk tabrakan samping, dan penilaian ADAS.  Perkembangan terakhir adalah penilaian keselamatan pengendara sepeda motor (ASEAN NCAP Protocol 2021-2025).

Honda City GN2 mencetak 5 bintang dengan skor penuh pada tes tabrakan samping baik untuk dewasa maupun anak-anak.  Skor AOP adalah 32.28 / 36 sedangkan skor COP adalah 44.72 / 49.  Tes NCAP ASEAN terbaru mencakup penilaian fitur emergency brake assist dan pada fitur ini Honda City mendapatkan skor sempurna.

ASEAN NCAP adalah program penilaian untuk tingkat keselamatan mobil-mobil baru yang ada di Asia Tenggara. Uji tabrakan ini dilakukan secara kolaborasi antara ASEAN NCAP dan Japan Automobile Research Institute (JARI). 

Punya Fitur Lengkap, Honda City Buktikan Diri Sebagai Sedan Kompak Paling Aman di ASEAN 01

Program ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat standar keselamatan kendaraan. Dengan demikian, penilaian dari ASEAN NCAP turut meningkatkan kesadaran konsumen dan mendorong pasar untuk menyediakan kendaraan yang lebih aman di kawasan ASEAN. 

Honda Accord, Sedan Mewah dengan Tingkat Keselamatan Teratas

Punya Fitur Lengkap, Honda City Buktikan Diri Sebagai Sedan Kompak Paling Aman di ASEAN 02

Tidak cuma City yang memperoleh hasil penilaian terbaik, karena Honda Accord juga berhasil mendapat penilaian yang tak kalah mengesankan. Honda Accord berhasil mendapatkan 3 penghargaan dari kategori “Best Safety Performance” setelah melakukan proses tes pada bulan Juli 2019 lalu.

Honda Accord generasi ke-10 telah dianugerahi peringkat keamanan NCAP ASEAN Bintang 5. Sedan medium ini menerima 3 penghargaan dari kategori “Best Safety Performance” dalam “Adult Occupant Protection” (AOP) untuk perlindungan terhadap penumpang dewasa, “Child Occupant Protection” (COP) untuk perlindungan terhadap penumpang anak-anak, serta “Overall” (skor tertinggi dari keseluruhan penilaian).

Namun demikian, dalam fitur safety assist yang dimiliki oleh Honda Accord tidak bisa mendapat nilai sempurna. Di sini, Honda Accord berhasil membukukan skor 14/18 poin.

Selain itu, satu-satunya kotak yang tidak dicentang oleh Honda Accord dalam lembar tes bantuan keselamatan NCAP ASEAN adalah "pengingat sabuk pengaman penumpang belakang" dan "blind spot technology".

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda City E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru