window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Punya Fitur Tak Kalah Lengkap, Kia Carens 2022 Siap Teror Toyota Veloz

Yongki Sanjaya · 23 Des, 2021 19:00

Punya Fitur Tak Kalah Lengkap, Kia Carens 2022 Siap Teror Toyota Veloz 01

Kia baru saja meluncurkan generasi terbaru Carens secara global, yang nantinya jadi model 2022. Secara desain, Kia Carens ukurannya sedikit membesar dan maskulin bergaya SUV. Kehadiran Kia Carens dengan fitur yang melimpah tentu tak bisa dianggap sepele oleh Toyota Veloz yang kastanya paling tinggi di jajaran low MPV.

Posibilitas alias peluang hadirnya Carens di Indonesia cukup besar oleh PT Kreta Indo Artha. Sebab, peminat model seperti ini cukup besar di Indonesia. Lawannya pun cukup banyak, tak cuma dari Low MPV tapi juga kelas low SUV.

Dulu, Kia Carens ini kelasnya setara Toyota Kijang Kapsul saat masuk ke Indonesia. Namun kini, Kia tampaknya melakukan 'downgrade' pada Carens karena di India hadir sebagai penantang dari Suzuki (Maruti) Ertiga yang merupakan model terlaris. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kia menyebut Carens 2022 menggunakan bahasa desain baru, Opposite United. Desainnya maskulin, futuristik, bongsor, hanya saja ukuran rodanya masih agak kecil sebagaimana Low MPV kebanyakan.

Siluet desain Kia Carens 2022 masih banyak kesamaan dengan LSUV lain berbasis MPV. Atap rata, kaca jendela yang mengecil di bagian belakang, serta ada tarikan garis lurus mulai dari ujung kap mesin hingga lampu belakang. Supaya terkesan gagah, pada fendernya juga ditambah body cladding.

Untuk desain, Kia Carens 2022 ini menonjolkan kesan tangguh sedangkan Toyota Veloz cenderung elegan, namun keduanya memiliki kesan premium yang kuat dari desain fascia yang memakai aksen krom. 

Lantas, sekeren apa sih sosok Kia Carens kalau kita bandingkan dengan Toyota Veloz? Mari kita bahas profil singkat keduanya.

Kia Carens 2022, Kuda Hitam di segmen Low MPV dan Low SUV

Punya Fitur Tak Kalah Lengkap, Kia Carens 2022 Siap Teror Toyota Veloz 01

Kia Carens terbaru ini memilih India untuk lokasi peluncuran globalnya. Menjadi generasi keempat dari Carens, Kia sepertinya langsung totalitas saat menggarap Kia Carens sebagai sebuah model yang komplit. Artinya, tak lagi memisahkan model antara low MPV atau low SUV sebagaimana merek lain. 

Mereka mengembangkannya dari model Seltos namun diubah jadi lebih berorientasi SUV keluarga. Carens tidak pakai gril model Tiger Nose namun seperti sebuah garis lurus horizontal yang menggubungkan antara kedua lampu utama. 

Bentuk bemper depannya juga dilengkapi kisi-kisi udara dengan ukuran cukup besar. Hal yang cukup unik adalah, foglamp terpasang tepat di samping kisi udara berbentuk tiga LED yang tersusun ke atas. 

Punya Fitur Tak Kalah Lengkap, Kia Carens 2022 Siap Teror Toyota Veloz 02

Beralih ke sisi belakang, lampunya melebar sampai ke bagian samping bodi Keduanya dihubungkan dengan garnish merah yang yang menciptakan kesan lampu belakang berbentuk LED memajang. Desain bempernya juga terlihat menarik, dengan lekuk tegas yang maskulin dipercantik aksen chrome yang berpadu hitam dof, memberikan nuansa mewah jika dilihat dari belakang.  

Secara dimensi, Kia Carens memiliki panjang 4.540 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.700 mm. Jarak sumbu rodanya kini berukuran 2.780mm atau dipanjangkan menjadi 30mm dari versi sebelumnya.

Ukurannya lebih besar dari All New Veloz, yang memiliki dimensi panjang 4.475 mm, lebarnya 1.750 mm, tinggi mencapai 1.700 mm dan jarak wheelbase 2.750. Bahkan, Kia Carens ini juga lebih panjang daripada Xpander Cross yang dimensinya memiliki panjang 4.500 mm x lebar 1.800 mm x tinggi 1.750mm.  Semestinya, Carens nanti bakal jadi model yang paling lega. 

Interior Kia Carens 2022, Bergaya Premium dengan Fitur Mentereng

Punya Fitur Tak Kalah Lengkap, Kia Carens 2022 Siap Teror Toyota Veloz 03

Desain premium dari Kia Carens ini bisa kita nikmati saat masuk ke dalam kabin beraksen hitam dan putih. beberapa fitur baru hadir di Kia Carens seperti head unit berukuran 10,25 inci yang sudah support Android Auto dan Apple Carplay, sistem audio BOSE, rain-sensing wiper, ventilated front seats, serta 6 buah colokan USB type C. Tak kalah keren, Carens juga sudah dibekali fitur electric sunroof. 

Punya Fitur Tak Kalah Lengkap, Kia Carens 2022 Siap Teror Toyota Veloz 04

Fitur keselamatan di Kia Carens 2022 juga cukup lengkap walaupun belum memiliki ADAS seperti di Toyota Veloz. Carens kini dilengkapi Hi-Secure Safety Package. 

Di dalamnya mencakup enam airbag, Electronic Stability Control (ESC), Vehicle Stability Management (VSM), Hill Assist Control (HAC), Downhill Brake Control (DBC), Brake Assist System (BAS), Highline TPMS, dan rem cakram untuk semua roda. Fitur-fitur tersebut menjadi kelengkapan standar pada semua variannya.

Kia Carens 2022 Punya Mesin Bensin dan Diesel 1.500 Cc

Punya Fitur Tak Kalah Lengkap, Kia Carens 2022 Siap Teror Toyota Veloz 05

Sebagai sumber tenaga, Kia Carens 2022 dibekali tiga pilihan mesin, yaitu dua mesin bensin dan satu mesin diesel. Mesin pertama berkapasitas 1.4-liter turbo yang dikombinasikan pilihan transmisi DCT 7-speed atau 6 percepatan iMT. Outputnya mampu menghasilkan tenaga 142 PS dengan torsi 242 Nm. 

Mesin kedua berkapasitas 1.5-liter dengan transmisi CVT atau manual 6-speed, berdaya 117 PS dengan torsi puncak 144 Nm. Terakhir ada mesin diesel 1.5L yang juga bertenaga 117 PS namun punya torsi 250 Nm. Untuk mesin ini digandeng transmisi otomatis 6 percepatan atau manual 6-speed.

Toyota Veloz Unggul Fitur Keselamatan dan Fungsionalitas 

Punya Fitur Tak Kalah Lengkap, Kia Carens 2022 Siap Teror Toyota Veloz 06

Untuk segmen low MPV, Veloz kini menduduki level tertinggi dari sekian banyak model yang ada. Harganya paling mahal dan fiturnya juga cukup canggih. Pada tipe tertingginya mobil veloz 2021 ini sudah dilengkapi dengan fitur TSS atau Toyota Safety Sense. 

All New Veloz ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan seperti vehicle stability control, hill start assist, seat belt warning, alarm+immobilizer dan rear parking sensor. Rear parking camera juga sudah ada pada ketiga tipe ini, dan khusus tipe CVT sudah juga dilengkapi dengan All round view camera.

Punya Fitur Tak Kalah Lengkap, Kia Carens 2022 Siap Teror Toyota Veloz 07

Bagaimana dengan fitur kenyamanan di Veloz ini? Pastinya tak kalah menarik karena Veloz didukung New Advanced 7” digital TFT Mid, New Electric parking brake with brake hold serta new push start button. Fitur hiburannya mengandalkan new integrated 9” head unit with advanced smartphone connectivity. 

Layaknya mobil mewah, Veloz juga tersedia fitur modern berupa new wireless charger, yang tentu sangat berguna untuk mengisi daya smartphone. 

Kesimpulan

Dengan segala kelebihan yang dimiliki, Kia Carens 2022 masih sulit menandingi Toyota Veloz yang merupakan turunan dari sang mobil sejuta umat. Toyota Veloz 2022 punya fitur lebih lengkap dan modern, walau secara dimensi tak lebih besar daripada Kia Carens.

Untuk desain sebenarnya subjektif sesuai selera masing-masing, namun bagi kami Carens lebih futuristik dan maskulin. Merek Korea kini semakin piawai dalam mendesain model kendaraan mereka. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil