window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Punya Honda HR-V? Wajib Pasang Tiga Aksesoris Berikut, Nomor Satu Paling Penting

Evan · 15 Sep, 2021 13:30

Punya Honda HR-V? Wajib Pasang Tiga Aksesoris Berikut, Nomor Satu Paling Penting 01

Honda HR-V, crossover SUV 

Siapa tak kenal HR-V, crossover-SUV milik Honda yang masih saja laris di pasaran. Walaupun modelnya tidak banyak berubah selama hampir tujuh tahun.

Menawarkan kabin yang fungsional, fitur, dan performa sebagai senjata utama, mobil ini ternyata memiliki satu kelemahan yaitu soal kurangnya perlengkapan standar bawaan mobil.

Perlengkapan ini sebetulnya tidak terlalu mahal, tetapi memang sengaja disunat oleh HPM untuk menyesuaikan harga mobil. Beberapa pemilik HRV mengetahui hal ini, dan pada akhirnya memutuskan memasang sendiri aksesoris yang seharusnya sudah menjadi kelengkapan ketika membeli mobil.

Bagi anda pemilik Honda HR-V yang belum tau apa saja aksesoris tersebut, Simak penjelasan berikut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga:MG ZS Facelift 2021 Vs Honda HR-V, Apakah yang Mulai Terlihat Usang Sudah Saatnya Ditinggalkan?

Cover Dek Bawah Menjaga Mesin 

Punya Honda HR-V? Wajib Pasang Tiga Aksesoris Berikut, Nomor Satu Paling Penting 01

Harusnya sudah dalam bentuk kelengkapan standar

HPM pada saat memasukkan HR-V ke tanah air dalam bentuk CKD belum memberikan perlindungan pada bagian bawah mesin, sehingga benda-benda asing seperti kerikil, plastik, paku, dan sebagainya bisa masuk ke kompartemen ini. 

Kondisi paling parah yang mungkin terjadi adalah apabila di kecepatan tinggi benda-benda ini kemudian menghantam mesin secara langsung, sudah pasti mesin atau komponennya akan mengalami kerusakan. Biasanya komponen dari karet seperti selang akan mengalami kebocoran dan membuat mesin overheat.

Cukup mengejutkan kalau ternyata HR-V di Thailand sudah memiliki cover dek bawah dengan part ber- nomor 74111-T7W-A00. Mayoritas barang di marketplace juga merupakan impor dari negara gajah putih

Punya Honda HR-V? Wajib Pasang Tiga Aksesoris Berikut, Nomor Satu Paling Penting 02

 Setelah pemasangan

Harga cover dek bawah memang tidak murah, tetapi melindungi mesin adalah hal utama. Karena bagaimana pun untuk memperbaiki mesin yang rusak pastilah lebih mahal dan memakan waktu lama.

Di beberapa e-commerce tanah air, cover dek bawah berkisar Rp1,1 juta hingga Rp1,3 Juta tergantung belum termasuk biaya pengiriman. 

Trunk Cover Anti Maling

Punya Honda HR-V? Wajib Pasang Tiga Aksesoris Berikut, Nomor Satu Paling Penting 03

Kaca belakang sering menjadi sasaran

Hampir semua pemilik kendaraan pernah lupa menaruh barang berharga di dalam mobil, dan ketika kembali barang tersebut raib oleh pencuri yang memecahkan kaca.

Hal ini cukup sering terjadi pada kota besar di Indonesia. Cara mencegahnya pun sebenarnya cukup mudah, hanya menggunakan trunk cover di bagian bagasi.

Sebetulnya jalur pemasangan cover sudah ada, tetapi sayangnya tidak menjadi kelenkapan bawaan mobil. Masalah ini juga menimpa HR-V di seluruh dunia, karena sebetulnya Honda memasukkannya kedalam paket aksesoris tambahan Modulo yang cukup mahal. 

Punya Honda HR-V? Wajib Pasang Tiga Aksesoris Berikut, Nomor Satu Paling Penting 04

Lebih aman

Baru-baru ini saja lewat HR-V 2021 yang dijual di Australia, Honda akhirnya memberikan trunk cover sebagai standar tanpa tambahan biaya.

Ada beberapa jenis material cover, maka pastikan sesuai dengan penggunaan. Apabila ingin model kaku seperti OEM Honda anda perlu mengeluarkan kocek sekitar Rp1,1 Juta belum termasuk biaya pengiriman pada marketplace.

Baca Juga:Imbas Skema PPnBM Baru, Harga LCGC Naik Bulan Depan, Tapi Sedan dan Mobil 4x4 Bisa Lebih Murah

Mud Guard Alias Pelindung Lumpur

Punya Honda HR-V? Wajib Pasang Tiga Aksesoris Berikut, Nomor Satu Paling Penting 05

Belum ada pelindung lumpur

Aksesoris yang ketiga dan juga terakhir adalah pelindung lumpur. Memang kelihatannya sepele dan kurang begitu penting, tetapi mendekati musim hujan justru sangat dicari oleh pemilik HR-V. Karena membantu mengurangi cipratan air kotor ke bodi mobil.

Tidak hadirnya pelindung lumpur sebetulnya bukan hanya masalah HR-V, tetapi seluruh produk Honda yang dijual di Indonesia bahkan termasuk CR-V yang sudah diatas Rp500 Juta.

Punya Honda HR-V? Wajib Pasang Tiga Aksesoris Berikut, Nomor Satu Paling Penting 06

Pelindung lumpur OEM Honda

Padahal sama seperti cover dek bawah, HPM juga menjual pelindung lumpur sebagai aksesoris dengan nomor 74475-T8N-T00.

Punya Honda HR-V? Wajib Pasang Tiga Aksesoris Berikut, Nomor Satu Paling Penting 07

Model aftermarket sedikit berbeda

Pelindung lumpur sendiri berkisar dari harga Rp 200 Ribu hingga Rp300 Ribu untuk sepasang bagian belakang OEM Honda.

Ada juga tipe aftermarket dengan harga Rp 160 Ribu untuk satu set depan belakang, belum termasuk ongkos kirim.

Ketiga aksesoris diatas sudah seharusnya menjadi kelengkapan bawaan pada Honda HR-V, tetapi guna menyesuaikan harga beberapa item kemudian dihilangkan. 

Baca Juga:Mesin Honda Jazz Ternyata Kuat Bertahan Sampai 50 Tahun, Ini Buktinya!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda HR-V 1.5L S 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil