window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Punya Uang Banyak, Honda Civic Hathback Layak Dibeli Nggak Sih?

Mark Jacob · 12 Sep, 2020 19:00

Punya Uang Banyak, Honda Civic Hathback Layak Dibeli Nggak Sih? 01

Bicara Honda Civic Hatchback, mobil yang satu ini memang selalu punya cerita menarik untuk dibahas. Nggak hanya desain atau tampilannya saja yang keren, tetapi mesinnya punya performa yang oke. Nggak heran kalau mobil satu ini lumayan diincar untuk dibeli. Tapi masalahnya, jika kamu punya uang banyak, sebenarnya Honda Civic Hatchback ini layak nggak sih buat dibeli?

Pertanyaan ini seringkali muncul di benak seseorang yang ingin membeli mobil. Jika punya uang banyak, apakah membeli Honda Civic Hatchback ini benar-benar worth it atau layak dibeli? Ataukah kita hanya membuang-buang uang demi mobil yang punya harga Rp499 jutaan ini? Hmmm, pertanyaan seperti inilah yang akan kami kupas lewat artikel berikut. Lantas, layak dibeli atau tidak?

Daftar Alasan Honda Civic Hatchback Layak Dibeli

Punya Tampilan yang Keren dan Agresif

Sudah bukan rahasia lagi kalau Honda Civic Hatchback ini punya tampilan yang sangat sporty, agresif dan gahar. Nggak heran kalau banyak orang terutama lelaki kepingin banget punya mobil ini di garasinya. Tampilan Honda Civic Hatchback ini berlekuk-lekuk, sehingga aerodinamisnya sangat baik saat melaju di atas aspal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Punya Uang Banyak, Honda Civic Hathback Layak Dibeli Nggak Sih? 01

Walaupun dalam kondisi standard, tetapi New Honda Civic Indonesia Hatchback ini sudah punya aura yang sangat sporty. Ibaratnya nggak perlu modifikasi lagi untuk membuat tampilannya menjadi lebih gahar. Paling modifikasi yang dilakukan bisa mengganti velg dan knalpot agar terlihat lebih sporty dan racy tentunya. Honda Civic turbo Hatchback juga punya interior mewah. Tidak percaya? Coba deh kalian lihat bagian dalam dari mobil ini yang lumayan bisa membuatmu tertarik untuk memiliki mobil yang satu ini.

Fitur Berlimpah

Fitur yang tertanam pada mobil ini juga tergolong banyak. Sebut saja  lampu yang sudah LED, kamera yang bisa dilipat otomatis, head unit canggih, cruise control, setir tilt & teleskopik, hingga paddle shift untuk memindahkan transmisi. Selain itu masih ada lagi fitur berkendara seperti hill start assist, vehicle stability assist, dan immobilizer.

Honda Civic hatchback juga dibekali dengan fitur keamanan yang baik. Honda Civic hatchback ini juga sudah mendapatkan peringkat paling aman alias 5 bintang dari tes tabrak NCAP dan IIHS Top Safety Pick+. Fitur keamanan mobil pun terbilang sangat oke. Karena sudah menggunakan Honda Sensing yang terdiri dari Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist, dan Road Departure Warning.

Punya Uang Banyak, Honda Civic Hathback Layak Dibeli Nggak Sih? 02

Ada juga adaptive cruise control dengan low speed follow. Tapi, fitur tersebut rasanya tidak dimasukkan ke Indonesia karena dirasa kurang diperlukan oleh konsumen. Jika dimasukkan, mungkin harga mobil ini akan menjadi jauh lebih mahal dari yang sudah ada saat ini. Fitur keamanan inilah yang menjadi salah satu alasan cukup banyak orang membeli Honda Civic hatchback maupun versi sedan.

Mesin Standard Sudah Kencang!

Mesin Honda Civic hatchback ini memang hanya dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder, VTEC, turbo. Tapi tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 173 ps dengan torsi 220 Nm. Jelas angka ini merupakan angka yang cukup besar untuk sebuah sedan yang biasanya digunakan hanya untuk 2 orang. Ini menandakan mesin standardnya saja sudah kencang, apalagi jika sudah dimodifikasi.

Mesin yang dipasang di Honda Civic Hatchback ini juga dipadukan dengan teknologi Earth Dreams Technology khas Honda. Sehingga performa mesin akan lebih responsif dengan bahan bakar yang bisa ditekan agar lebih irit. Dan yang terpenting, bahan bakar yang direkomendasikan bisa memakai oktan 92 yaa.

Alasan Honda Civic Hatchback Tidak Layak Dibeli

Harga Mahal

Dengan harga setengah miliar lebih sedikit, ini membuat Honda Civic Hatchback menjadi salah satu hatchback termahal yang ada di Indonesia. Tentu tidak semua orang mampu untuk membeli mobil berkapasitas 5 orang penumpang ini. Karena harga mahal inilah yang membuat sebagian orang mengurungkan niat untuk membeli Honda Civic Hatchback ini.

Mobil New Honda Civic Indonesia tersedia dalam 3  varian, yakni Honda Civic Hatchback S, E, dan RS. Harga Honda Civic terbaru Hatchback ini berkisar Rp 431,6 jutaan hingga Rp 499 jutaan. Ini merupakan harga Civic 2020.

Punya Uang Banyak, Honda Civic Hathback Layak Dibeli Nggak Sih? 03

Suara Ban Cukup Bising

Bagi sebuah hatchback dengan label mewah, sayangnya Honda Civic Hatchback ini tidak diimbangi dengan peredaman suara yang baik. Mobil ini cenderung memiliki suara bising yang dihasilkan dari bagian ban. Pada generasi awal yang rilis pada 2016, mungkin potensi bising ini masih cukup terasa. Namun untuk versi pembaruan rasanya suara bising ini sudah diredam cukup baik.

Material Interior Buruk

Beberapa pembeli kerap mengeluhkan built quality atau kualitas material pada Honda Civic Hatchback yang cukup jelek. Seperti misalnya aksesoris interior yang mudah lepas, mesin kadang bermasalah, hingga penggunaan material yang sangat buruk. Tak sedikit para pembeli Honda Civic Turbo hatchback yang mengatakan jika mobil ini memiliki kualitas yang setara dengan LCGC.

Punya Uang Banyak, Honda Civic Hathback Layak Dibeli Nggak Sih? 04

Hal inilah yang terkadang menjadi alasan bagi sebagian orang enggan membeli Honda Civic Hatchback. Dengan harga Rp500 jutaan, material dan kualitas yang diberikan jelas sangat buruk bagi sebuah mobil. Apalagi bagi mereka di kalangan berduit, tentunya hal ini jelas menurunkan minat untuk membeli Honda Civic Turbo. Daripada membeli mobil mahal dengan kualitas yang buruk, lebih baik membeli mobil lain dengan kualitas jauh lebih baik.

Dimensi Terlalu Panjang dan Lebar

Bagi mereka yang kerap melalui jalan kecil, sebaiknya pikir-pikir lagi kalau mau membeli New Honda Civic Hatchback. Karena mobil ini punya dimensi yang lumayan besar dan panjang. Jadi, bakal sedikit menyulitkan kalau sedang lewat jalan yang sempit. Buat diajak selap selip di kemacetan juga rasanya mobil ini lumayan sulit gara-gara dimensinya ini.

Mobil Honda Civic baru ini punya panjang 4.501 mm, lebar 2.075 mm dan tinggi 1.421 mm. Nah, dimensi seperti ini bisa dibilang bukanlah masuk ke dalam ukuran mobil yang kompak. Melainkan dimensi tersebut masuk ke dalam kategori mobil yang cukup lebar dan panjang. Bahkan setara dengan sedan-sedan premium yang ada di Indonesia nih. Makanya kalau akses jalan yang dilalui itu sempit, sebaiknya pikir-pikir lagi beli mobil ini ya.

Punya Uang Banyak, Honda Civic Hathback Layak Dibeli Nggak Sih? 05

Jika dibanding dengan kompetitornya Mazda3 Hatchback, dimensi Honda Civic baru lebih lebar dan lebih panjang. Mazda3 Hatchback punya dimensi 4.460 mm, lebar 1.765 mm dan tinggi 1.440 mm. Secara spesifikasi, Mazda3 Hatchback lebih bisa diandalkan saat melewati jalan sempit dibandingkan dengan Honda Civic Hatchback.

Kesimpulan

Dengan harga di atas, tetap ada kekurangan dan kelebihan yang akan didapatkan oleh konsumen. Bagi mereka penyuka mobil kencang tentu akan bahagia dengan performa mesin yang ditawarkan. Selain itu, desain dari mobil ini sangat sporty, nggak kelihatan malu-maluin juga saat nampang. Secara tampilan dapat, performa mesin pun dapat.

Sayangnya, kelebihan itu harus dibayarkan dengan harganya yang mahal dan ukurannya yang terbilang sangat besar. Dibandingkan Mazda3 Hatchback yang jadi kompetitornya, New Honda Civic Hatchback ini memang jauh lebih besar dan lebih panjang. Setiap mobil tetaplah memiliki kekurangan dan kelebihan. Yang terpenting, semua kembali kepada konsumen. Kalau kamu punya banyak uang, tetap beli Honda Civic Hatchback ini nggak ya?

Spesifikasi Honda Civic hatchback
Mesin 1.498 cc, 4 silinder, DOHC, VTEC, Turbocharge
Tenaga 171 hp @5.500 rpm
Torsi 220 Nm @1.700-5.500 rpm
Transmisi CVT with Earth Dream Technology
Velg dan ban 17 inci / 215-50
Rem depan Ventilated disc
Rem belakang Solid disc
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Multi-Link
Harga OTR Jakarta Rp499 juta

 

 

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil