window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Racikan Suspensi Baru di Mitsubishi Xpander Cross 2021, SUV Bisa Nyaman Seperti MPV?

Yongki Sanjaya · 17 Des, 2020 19:00

Racikan Suspensi Baru di Mitsubishi Xpander Cross 2021, SUV Bisa Nyaman Seperti MPV? 01

Namanya mobil SUV, suspensi kenyal hingga cenderung keras menjadi makanan sehari hari. Namun, Mitsubishi tampaknya berusaha untuk jadi brand pelopor SUV nyaman. Ya, mereka melalui Mitsubishi Xpander Cross 2021 berusaha membuat SUV dengan kenyamanan ala MPV.

Dari desainnya, Xpander Cross punya dimensi yang lebih besar dari Xpander biasa. Kemudian, ban ukuran 205/55-17 inci di keempat roda membuat ground clearance-nya terdongkrak semakin tinggi, mencapai 225 mm. Tingginya ini melampaui SUV lain sekelas seperti Toyota Rush, Honda BR-V, dan Suzuki XL7.

Kenyamanan merupakan faktor penting ketika memiliki mobil. Xpander Cross yang berbasis mobil MPV didesain untuk mengangkut banyak penumpang. Mitsubishi Xpander Cross mempunyai kabin yang luas untuk mengangkut tujuh orang penumpang dengan nyaman angan tanpa berdesakan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Rancangan Mitsubishi Xpander Cross 2021, Tangguh dan Nyaman Untuk Harian? 

Racikan Suspensi Baru di Mitsubishi Xpander Cross 2021, SUV Bisa Nyaman Seperti MPV? 01

Ground clearance tinggi sungguh bermanfaat saat melewati jalan bergelombang, termasuk offroad ringan. Kamu tidak perlu khawatir kolong bawah mentok langsung dengan tanah atau bebatuan.

Karakter suspensi Mitsubishi Xpander Cross dibuat lebih kaku, sehingga mobil tidak mengayun berlebihan. Ditambah lagi penggunaan ban lebar juga semakin menjaga kestabilan berkendaranya.

Rahasia Suspensi Empuk dan Stabil di Mitsubishi Xpander Cross 2021

Racikan Suspensi Baru di Mitsubishi Xpander Cross 2021, SUV Bisa Nyaman Seperti MPV? 02

Klaim Mitsubishi bahwa mereka telah menyetel ulang suspensi Xpander Cross sehingga lebih nyaman dikendarai saat melahap jalan berlubang terbukti di kalangan media otomotif yang ikut test drive. Sebab penumpangnya tetap bisa duduk nyaman meski jalan yang dilalui meliuk-liuk dan penuh lubang.

Jangan menganggap bahwa Mitsubishi Xpander Cross 2021 cuma Xpander yang ditinggikan. Ternyata ada ubahan secara spesifik pada suspensinya. 

Bicara suspensi, Mitsubishi Xpander Cross 2021 menggunakan model MacPherson Strut wih Coil Spring di bagian depan, juga Torsion Beam di belakangnya. Pada dasarnya mobil ini mendapatkan suspensi canggih dengan katup peredam guncangan suspensi baru rebound spring. Meski terlihat lebih tinggi, karakter suspensi yang ditampilkan memiliki bantingan terkesan empuk.

Sisi Interior Mitsubishi Xpander Cross 2021, SUV Ternyaman Di Kelasnya? 

Racikan Suspensi Baru di Mitsubishi Xpander Cross 2021, SUV Bisa Nyaman Seperti MPV? 03

Selanjutnya adalah bagian Interiornya yang nyaman, karena begitu banyak aspek pendukung baik di ruang kemudi maupun penumpang. Kabin yang senyap dipadukan dengan desain yang mewah membuat interior dari mobil ini terkesan elegan. 

Kabinnya lega dan fungsional untuk 7-orang. Kerennya bahkan sampai bangku baris ketiga ada fitur power charger untuk isi ulang smartphone. Tempat penyimpanan barang juga berlimpah, di tiap sisi pintu terdapat konsol yang bisa dipakai meletakkan botol minum.

Pengendara dimanjakan dengan posisi tempat duduk yang nyaman dan ruang kepala serta kaki yang lapang. Sedangkan pada lingkar kemudi, sudah tersedia tombol fungsi untuk pengaturan audio dan fitur cruise control. 

Tak lupa pula dikombinasikan dengan Head Unit yang futuristik dan modern menjadikan tak hanya elegan dengan desain mewahnya namun futuristik dengan adanya Head unit tersebut. banyak sekali fitur dan aspek yang disematkan pada bagian interior mobil ini yang siap memberikan kenyamanan lebih pada situasi berkendara apapun.

Tak kalah menarik di baris kedua, bicara soal kenyamanan dan kelapangan, rasanya tak perlu diragukan lagi, apalagi dengan basis yang sama dengan Xpander. Ruang kaki dan kepala jauh dari kata sesak, penumpang dewasa masih bisa bersantai ketika menempuh perjalanan jauh dengan Xpander Cross.

Kabin Senyap dengan Head Unit Canggih, Xpander Cross Manjakan Pengguna

Racikan Suspensi Baru di Mitsubishi Xpander Cross 2021, SUV Bisa Nyaman Seperti MPV? 04

Kenyamanan menunggangi SUV ini ditunjang pula dari kabinnya yang senyap. Ini didukung penggunaan peredam yang lebih banyak dibanding Xpander biasa. 

Sistem audionya ditunjang 6 unit speaker dan head unit 7 inci dengan koneksi smartphone. Tidak ketinggalan, fitur jok kulit hadir untuk varian tertinggi atau premium package membuatnya tidak seperti naik low SUV.

Kesimpulan

Sebagai LSUV 7-seater di bawah Rp300 juta, Mitsubishi Xpander Cross 2021 bisa dikatakan mobil ternyaman di kelasnya. Ukurannya lebih bongsor dibandingkan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki XL7 serta Honda BR-V.

Karena Mitsubishi Xpander Cross 2021 memiliki dimensi yang paling besar di kelasnya, sehingga membuat ruang kabin terasa lega. Terlebih, karena memakai sistem penggerak roda depan membuat tifak ada tonjolan di kabin sebagai pengurangan ruang untuk akomodasi gardan belakang.

Apakah kalian juga setuju bahwa Mitsubishi Xpander Cross 2021 layak sebagai LSUV ternyaman dikelasnya?  

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Xpander Cross MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil