Raja klasik mobil FWD, bagaimana perasaan Honda Civic generasi kedelapan yang berusia sepuluh tahun saat dikemudi?

Review Pemilik · 7 Mei, 2021 10:00

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda Civic dan artikel ini dari situs Vietnam, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.

Pak Harto


Sebagai pengusaha di industri konstruksi, Pak Harto, 27 tahun, telah bersama Honda Civic 2009 selama bertahun-tahun. Dia merasa mobil berusia di atas 10 tahun itu cocok untuk dirinya sendiri, biaya "membesarkan" mobil itu wajar dan juga hadiah spiritual dari orang tuanya. Ada banyak teman yang menyarankan ganti mobil, bahkan ada yang mau beli mobil bekasnya, tapi dia menolak mentah-mentah.

Raja klasik mobil FWD, bagaimana perasaan Honda Civic generasi kedelapan yang berusia sepuluh tahun saat dikemudi? 01

Q1: Halo, senang mengobrol dengan Anda tentang Honda Civic. Dapatkah Anda berbagi mengapa memilih mobil ini?

Takdir pertemuan saya dengan mobil ini adalah ketika saya masih di sekolah, keluarga saya ingin membeli mobil dan mengizinkan saya untuk menggunakannya nanti kalau saya sudah jadi orang dewasa. Paman saya membelinya sebelumnya, jadi dia mengizinkan saya mencoba mobilnya. Saya merasa sangat nyaman ketika duduk di dalam Honda Civic.

Raja klasik mobil FWD, bagaimana perasaan Honda Civic generasi kedelapan yang berusia sepuluh tahun saat dikemudi? 02

Saat itu saya tidak tahu banyak tentang mobil, hanya tahu tampilan bagus, punya sunroof, pemutar cakram bisa menampung 6 cakram pada saat bersamaan, perpindahan gigi dan bezel pintu hitam jadi saya suka, rasanya sporty dan mewah. Harga yang digulung saat itu adalah 500 Juta.

Raja klasik mobil FWD, bagaimana perasaan Honda Civic generasi kedelapan yang berusia sepuluh tahun saat dikemudi? 03

Ketika saya sudah cukup dewasa, orang tua saya memberi Honda Civic ini kepada saya, saya merasa sangat bahagia!

Q2: Mobilnya sudah berusia lebih dari 10 tahun tetapi terlihat cukup baru. Jadi, kebuhan pembelian mobil Anda apa ya?

Mobil saya hanya digunakan saat saya membutuhkannya, misalnya saat saya ke luar provinsi, selebihnya naik motor untuk pergi ke mana-mana di kota saya. Saat ini jarak tempuh Honda Civic saya sudah lebih dari 50.000 km. Ada banyak teman yang bertanya kenapa saya tidak ganti mobil saya, saya bilang selama mobilnya normal, Civic ini bagus, karena ia bisa dikemudi dengan nyaman di jalan kurang mulus.

Raja klasik mobil FWD, bagaimana perasaan Honda Civic generasi kedelapan yang berusia sepuluh tahun saat dikemudi? 04

Apalagi saya juga ingin menyimpannya sebagai oleh-oleh, karena mobil ini pemberian orang tua saya, mobil bekas tahun 2009 sampai sekarang. Jika saya ingin berganti mobil di masa depan, saya akan pindah ke segmen yang lebih tinggi, karena jangkauan segmen ini memuaskan. Saya mengincar Porsche 911, ketika saya berganti mobil, saya mau beli mobil impian saya, harap saya bisa menghasilkan cukup uang untuk belinya haha.

Q3: Apa yang Anda suka dan tidak suka dengan mobil ini?

Selain performa mengemudi yang baik, hal lain yang saya suka adalah interiornya sangat mewah, jok depan atau belakang bisa dilipat dengan simple. 

Dari segi tampilan Honda Civic generasi ke-8 tidak ada yang perlu dikritik, garis bodinya sangat sporty.

Dan kekurangannya adalah kebisingan. Generasi Honda Civic ini sangat berisik. Mesinnya sangat bising saat dioperasikan, terdengar sedikit saat memasuki mobil, tapi itu juga merupakan kekurangan kecil. Kekurangan terbesar adalah suara gemuruh, setiap kali Anda mengemudi mobil ini di jalan berbatu sangat jernih.

Q4: Dalam penggunaan selama bertahun-tahun ini, apakah ada bagian mobil yang Anda ganti?

Karena ini adalah mobil Jepang, ini sangat tahan lama, dan saya jarang mengemudi mobil ini sehingga tidak banyak kerusakan. 

Saya akan mengecat ulang mobil setiap dua tahun, tapi karena saya pakai asuransi, saya bisa mengecat gratis. Jok kulitnya halus, tapi masih orisinal, saya belum pernah membungkusnya dengan cover pelindung lainnya. Saya akan pulang kalau saya tidak perlu mengemudinya. Cara ini bisa diusahakan untuk menghindari mobil terkena sinar matahari langsung dan membuatnya lebih awet.

Q5: Merawat mobil tua memang hal yang dipedulikan banyak orang , bisa diceritakan tentang biaya perawatan Honda Civic Anda setiap bulannya?

Biaya perawatan mobil ini sekitar 1700 Ribu / bulan, tapi ini hanya mewakili situasi saat saya sering mengemudi mobil saya di jalan yang buruk. Jika saya mengemudi Honda Civic saya dengan tenang, mantap, perlahan, kurangi keausan ban, saya tidak perlu melakukan perawatan apa pun setiap bulan. Mobil ini "makan" bensin sekitar 7,5 liter / 100 km. 

Selama lebih dari 10 tahun sekarang, semuanya masih baik-baik saja. Besar biaya perawatan dibagi tiap tahun sangat murah, sekitarnya 6-8 Juta. Terakhir kali 6 juta adalah pemeliharaan 10.000 km, hingga jaraknya lebih dari 25.000 km , 50.000 km, biaya pemeliharaan akan lebih dari 12 juta. Biaya ini bisa diterima, karena sekitar 2 tahun saya harus pergi pusat perbaikan hanya sekali. Jika Anda mengemudi mobil Honda, mudah dan murah untuk mengganti furnitur dan suku cadang. Kecuali jika mobilnya langka dan terlalu mewah.

Ya, terima kasih sudah berbagi dalam pengalaman mengemudi Honda Civic selama 10 tahun.
 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Honda Civic International Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru