Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah?

Budi · 14 Jul, 2021 08:30

Honda Accord merupakan salah satu model paling awal yang diperkenalkan di Indonesia bersama dengan Honda Civic. Saat sang Adik Honda Civic menawarkan sosok hatchback kecil perkotaan, sejak awal Honda Accord sudah hadir dengan sosok sedan yang mewah dan menjadi salah satu simbol sosial yang kuat.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 01

Pertama kali hadir tahun 1976, sejak generasi pertama Honda Accord sudah mencatatkan penjualan lebih dari 18 juta unit di seluruh dunia. Accord sudah hadir di Indonesia sejak generasi pertama, dan terus mengalami evolusi desain dan teknologi, namun tetap hadir sebagai flagship produk Honda di Indonesia. Honda Accord tebaru generasi ke-10 dihadirkan PT Honda Prospect Motor dari Thailand, dan mulai dipasarkan sejak diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 02

Honda Accord generasi ke-10 hadir di Indonesia saat GIIAS 2019

Honda Accord hanya ditawarkan dengan satu model di Indonesia dan menantang langsung sang pemimpin pasar big sedan yaitu Toyota Camry. Selain itu, masih ada juga Mazda6 yang menjadi salah satu rival di kelasnya, yang sama-sama mengusung nafas sporty. Meski begitu, Honda menawarkan Accord dengan seabrek fitur canggih yang membuatnya tak sekedar nyaman dikendarai namun juga canggih dan menjamin keselamatan penumpangnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 01

Seperti apa Honda Accord dapat sukses di pasar sedan Tanah Air? Kami uji langsung mobil ini dan menilainya dengan Autofun Rating System untuk memberikan gambaran yang objektif bagi sedan sporty ini.

Honda Accord 2020: Performa – 37/50 pts, Mesin kecil berturbo membuatnya tetap galak

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 02

Honda Accord menawarkan kesenangan berkendara yang sporty

Tak seperti generasi sebelumnya yang menjadikan jantung pacu berkapasitas besar sebagai salah keunggulan Honda Accord, kali ini Honda “hanya” menjejalkan mesin 4-silinder 1,5 Liter saja di balik kap mesin Honda Accord. Meski begitu, mesin kecil ini sudah mengusung teknologi VTEC Turbo sebagaimana yang digunakan pada Honda Civic dan Honda CR-V.

Spesifikasi Honda Accord
Mesin 4-silinder 16 valve DOHC, VTEC Turbo
Kapasitas 1.498 cc
Tenaga Maks.  190 PS @ 5.500 rpm
Torsi Maks. 260 Nm @ 1.600 - 5.000 rpm
Bore x Stroke 73 x 89,5 mm
Transmisi CVT

Mesin 1.5L Turbo yang dimiliki Honda Accord menghasilkan tenaga puncak 190 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal hingga 260 Nm yang bisa didapat sejak 1.600 rpm hingga 5.000 rpm. Meski berkapasitas kecil, namun jantung pacu ini sanggup mengajak Honda Accord berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 9,29 detik. 

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 03

Mesin 1.5L Turbo memberikan limpahan tenaga yang menyenangkan

Akselerasi menengahnya juga cukup istimewa, dengan hanya 4,83 detik dari 60 km/jam hingga 120 km/jam, bobot mobil ini yang mencapai 1,5 ton tak terasa berat. Bahkan dengan menggunakan pilihan mode pengendaraan Sport yang tersedia, akselerasi yang disuguhkan Accord dapat memberikan kesenangan berkendara sepanjang jalan tol Cipularang menuju Bandung.

Hasil Uji Performa Honda Accord
0 - 60 km/jam 4,48 detik
0 -100 km/jam 9,29 detik
60 - 100 km/jam 4,83 detik
0 - 402 m 16,71 detik, 140 km/jam
100 - 0 km/jam 2,8 detik, 37 m
Putaran mesin @100 km/jam 1.700 rpm
Putaran mesin @120 km/jam 2.100 rpm

 

Oh iya, soal kesenangan berkendara ini juga ditunjang dengan kehadiran paddle shift di balik lingkar kemudinya yang memberikan simulasi perpindahan kemudi saat berkendara lebih agresif. Sementara saat berkendara normal, kehalusan transmisi CVT yang dimiliki Honda memberikan kenyamanan berkendara.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 04

Akselerasi 0 - 100 km/jam kami raih dalam 9,29 detik

Pengereman pada Honda Accord dijamin dengan sistem ABS, EBD dan Brake Assist yang juga terintegrasi dengan Honda Sensing. Selain itu penggunaan ban bertelapak lebar dengan ukuran 235/45 R18 turut berkontribusi kuat mendukung pengereman Honda Accord ini. Berhenti dari kecepatan 100 km/jam dapat diraih hanya dalam 37 meter selama 2,8 detik.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 05

Penggunaan ban Michelin tak hanya berkontribusi terhadap pengendalian, namun juga kenyamanan

Ban lebar ini juga memberikan kontribusi dalam pengendaliannya. Penggunaan chassis baru dengan titik berat lebih rendah turut menjadikan Accord dapat dikendalikan dengan mudah. Stabilitasnya baik meskipun dikemudikan secara agresif, apalagi sistem pengendali elektronik serta Honda Sensing turut menjadikan mobil ini mudah ditangani.

Baca juga: Berkat "Senjata" ini, Honda Accord Ungguli Tenaga Toyota Camry

Honda Accord 2020: Kenyamanan – 38,5/50, Lapang, senyap dan tenang

Secara performa, Honda Accors memang menyuguhkan kesenangan berkendara, namun dari sisi kenyamanan, mobil ini juga menyuguhkan kesenangan bagi penumpangnya. Sebagai sebuah big sedan, mobil ini memang layak sebagai sebuah mobil untuk disopiri. Sehingga duduk di bangku baris kedua memang memberikan kenyamanan yang optimal.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 06

Penambahan dimensi panjang memberikan kenyamanan lebih baik di dalam kabin 

Pertama, kabinnya lapang, berkat penambahan panjang chassis hingga 55 mm menjadikan ruang kabin belakang juga bertambah 48 mm, sehingga duduk di bangku belakang mendapatkan ruang kaki yang juga lebih besar. Yang kedua adalah kenyamanan kursinya, tak hanya empuk namun posisi duduknya juga ergonomis, apalagi dengan adanya armrest besar di bagian tengah.

Hasil uji kesenyapan kabin Honda Accord
Idle, AC Off 40,1 dB
Idle, AC On 46,2 dB
Melaju 60 km/jam 60,0 dB
Melaju 80 km/jam 62,5 dB
Melaju 100 km/jam 65,5 dB

Dan kontribusi kenyamanan juga hadir dari kekedapan kabinnya. Duduk di bagian belakang terasa sangat tenang dan senyap. Apalagi pada Honda Accord ini terdapat fitur Active Voice Cancellation, dimana fitur ini membantu mengurangi suara berisik (noise) yang terjadi di dalam kabin Honda Accord. Pada kondisi idle dimana mesin bensin mati, kekedapan kabin tercatat 40,1 dB. Saat AC dinyalakan, dan mesin bensin menyala idle, kekedapan kabin tetap rendah, hanya 46,2 dB. Saat menjelajah dengan kecepatan 100 km/jam, kekedapannya tercatat hanya sekitar 65,5 dB.

Baca juga: Honda Accord 2022 Dapatkan Facelift, Perubahannya Kecil Ditempat yang Gak Terlihat

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 07

Peredaman di balik kap mesin cukup tebal

Honda Accord 2020: Kualitas dan Fitur-fitur – 38/50 pts, Material terbaik dengan jaminan Honda Sensing

Sebagai sebuah model flagship, Honda Accord memiliki kualitas buatan yang bisa dibilang istimewa. Ketebalan cat-nya merata di seluruh bagian mobil, dan cukup tebal. Yang sulit dipercaya adalah, gap antar panel terutama pada pintunya bisa dibilang cukup besar, perbedaannya antara 0,7 mm hingga 1,0 mm.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 08

Honda Accord menawarkan berlimpah fitur istimewa
Besar celah antar panel Honda Accord
Lokasi Sisi Pengemudi (mm) Sisi Penumpang (mm) Selisih (mm)
Kap Mesin 5,4 5,3 0,1
Fender Depan - Pintu Depan 3,5 3,1 0,4
Pintu Depan - Pintu Belakang 3,9 4,6 0,7
Pintu Belakang Fender Belakang 3,8 4,8 1,0
Pintu Bagasi 3,0 3,7 0,7

Di bagian dalam, kualitas material yang ditawarkan Honda Accord juga menunjukkan kelasnya sebagai sebuah mobil premium. Balutan material kulit berpadu dengan aksen kayu membuat dashboardnya tampak mewah. Panel instrumen telah dilengkapi layar LCD TFT berukuran 7 inci yang membuat tampilannya tampil modern.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 09

Kabin dengan material mewah dan aksen kayu yang memberikan kesan premium

Di tengah dashboard terdapat layar sentuh berukuran 8 inci sebagai pusat infotainment dan telah dilengkapi dengan sistem koneksi Android Auto dan Apple CarPlay, meskipun masih memerlukan koneksi dengan kabel USB. Selain itu, koneksi dengan ponsel pintar juga bisa dilakukan dengan Bluetooth. Untuk sistem audionya juga menghasilkan suara yang mumpuni berkat 10 buah speaker yang tersebar di kabinnya.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 10

Layar head unit 8 inci menjadi pusat pengaturan infotainment

Pada lingkar kemudi, terdapat tombol-tombol multifungsi yang dapat digunakan untuk mengatur semua sistem infotainment, serta informasi di panel instrumen, termasuk untuk menerima panggilan telepon. Pada palang sebelah kanan, terdapat tombol untuk aktivasi cruise control serta LKAS. Yang menarik, di konsol tengah dashboard, Honda tetap membertahankan tombol putar untuk pengaturan penyejuk kabin yang menjadikannya lebih ergonomis.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 11

Tombol pengaturan Adaptive Cruise Control dan LKAS di palang setir sebelah kanan

Di bagian belakang, kehadiran tirai di kedua sisi pintu juga menyuguhkan privasi lebih baik bagi penumpang di belakang. Di bagian konsol tengah, juga terdapat ventilasi penyejuk kabin serta dua buah port USB untuk mengisi ulang baterai ponsel atau gawai Anda. Yang menjadi kekurangan bagi Honda Accord adalah tidak hadirnya sunroof serta tirai penutup di kaca belakang yang dapat menambah privasi. Catatan untuk sunroof, sebagai sebuah sedan premium, tanpa sunroof hal ini jelas mengurangi nilai kemewahan Honda Accord.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 12

Bangku baris belakang mendapatkan dua buah port USB untuk mengisi ulang baterai gawai

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Honda Accord ini adalah kelengkapan fitur keselamatan yang ada di balik badannya. Dengan kehadiran radar di bagian dashboard serta kamera stereo di kaca depan bagian atas, Honda Accord telah dilengkapi dengan Honda Sensing yang merupakan fitur ADAS (Advanced Driving Assistance System) khas Honda.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 13

Fitur Honda Sensing didukung penggunaan kamera stereo (kiri) dan radar di bagian depan (kanan)

Fitur ini terdiri dari Collision Mitigation Brake System (CMBS) yang terintegrasi dengan Forward Collision Warning (FCW), Road Departure Mitigation System (RDM) Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assist System (LKAS). Selain itu juga ada Adaptive Cruise Control (ACC) yang terintegrasi dengan Low Speed Follow (LSF). Terakhir ada Auto-High Beam yang memberikan dukungan penyinaran otomatis saat malam hari.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 14

Honda Sensing memberikan pengalaman berkendara yang istimewa

Honda Sensing secara signifikan memberikan pengalaman berkendara yang berbeda pada Honda Accord, karena pengemudi dapat merasakan sensasi berkendara semi autonomus. Berkat integrasi ACC dengan LSF dan LKAS, pengemudi bahkan dapat “membiarkan” mobilnya untuk mengatur sendiri kecepatan serta arah yang diperlukan selama berkendara. Bahkan saat lalu-lintas padat di kecepatan rendah, Accord ini dapat mengikuti mobil di depannya dengan jarak aman, tanpa pengemudi perlu menginjak gas dan rem.

Meski begitu perlu sekali diingat, bahwa peran Honda Sensing pada mobil ini adalah membantu pengemudi untuk memperkecil resiko dapat terjadinya kecelakaan. Sehingga perlu disadari bahwa peran pengemudi sebagai pengendali mobil masih lebih besar dibandingkan mengandalkan fitur Honda Sensing. 

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 15

Honda Lane Watch memperluas sudut pandang di sebelah kiri mobil

Terkait fitur keselamatan, masih ada jaminan teknologi Honda GCON+ACE dengan Side Impact Beam, Motion Adaptive EPS + VSA, sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, Emergency Stop Signal dan Hill Start Assist dan 6 buah airbag. Sistem keamanan hadir dengan smart key, alarm system, immobilizer dan walk away lock door. Sederet fitur lainnya juga hadir dengan multi angle rear view camera, Honda Lane Watch, Driver Attention Monitor, Remote Engine Start, Electric Parking Brake + Auto Hold, Tire Pressure Monitoring System serta wiper dengan sensor hujan.

Baca juga: Honda Accord 2021 Raih Rating Keselamatan Tertinggi dari ASEAN dan Amerika Serikat, Terbukti Aman?

Honda Accord 2020: Keleluasaan dan Kepraktisan – 36,5/50 pts, Pengaturan kursi akurat, kabin lapang dan nyaman

Dengan dimensi panjang yang mencapai 4.892 mm, serta sumbu roda yang mencapai 2.830 mm, mobil ini jelas menawarkan kabin yang leluasa. Seperti disebut di atas, penambahan panjang badan mobil hingga 55 mm memberikan tambahan keleluasaan kabin hingga 48 mm. Apalagi dengan lebar badan mobil yang mencapai 1.862 mm, mengakomodasi 5 orang penumpang di dalam kabin Accord sangatlah leluasa.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 16

Posisi duduk dapat diatur secara akurat di depan, sementara di belakang kabinnya leluasa

Di baris depan, tepatnya di kursi pengemudi, pengaturan kursi secara elektrik delapan arah menjadikan posisi mengemudi bisa didapatkan lebih akurat untuk visibilitas yang lapang. Lebih istimewa, dengan dua buah memori pengaturan tempat duduk, Anda bisa menyimpan pengaturan tempat duduk yang ideal setiap kali berada di balik kemudi. Penumpang di depan juga mendapatkan pengaturan tempat duduk secara elektrik.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 17

Ruang penyimpanan pada Honda Accord cukup berlimpah

Untuk ruang penyimpanan, Honda cukup royal memberikan ruang penyimpanan di dalam Accord, di kedua sisi pintu ruang penyimpanan plus tempat penyimpanan botol minum cukup lapang. Di bagian konsol tengah dashboard terdapat ruang penyimpanan tertutup di mana di dalamnya terdapat wireless charger untuk mengisi baterai ponsel Anda. Di bagian tengah di antara kedua tempat duduk depan juga terdapat ruang penyimpanan yang cukup besar volumenya. Di bangku baris kedua, pada arm rest tengah juga terdapat dua buah cup holder tertutup, serta akses ke bagasi untuk mengambil barang dari dalam bagasi.

Baca juga: Punya Fitur Safety Terbaik, Honda Accord Layak Jadi Pilihan

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 18

Kapasitas bagasi Honda Accord diklaim mampu mencapai 570 liter

Honda Accord 2020: Konsumsi Bahan Bakar – 13,5/20 pts, Mesin turbo menyelamatkan konsumsi bahan bakarnya

Pengujian konsumsi bahan bakar dalam kota, kami menempuh perjalanan sejauh 85,3 km di tengah kepadatan Ibu Kota, Jakarta, dengan komposisi rute jalan biasa dan jalan tol dalam kota. Kami meraih konsumsi bahan bakar dalam kota sebesar 10,8 km/liter. Sementara pada MID tercatat 11,4 km/liter. Penggunaan mesin 1.5L dengan turbo menjadi salah satu penyelamat konsumsi bahan bakar mobil ini karena dapat menjaga putaran mesinnya tetap rendah.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 19

Konsumsi BBM Honda Accord di dalam kota diraih 10,8 km/liter

Sementara untuk pengujian konsumsi bahan bakar luar kota, setelah menempuh perjalanan sejauh 100,2 km, kami meraih konsumsi bahan bakar luar kota sebesar 14,8 km/liter. Pada MID tercatat konsumsi bahan bakar sebesar 16,3 km/liter dengan kecepatan rata-rata 48 km/jam. Kecepatan yang diraih ini cukup rendah karena saat kami melintasi tol Jakarta-Cikampek, sempat menemui kepadatan lalu lintas akibat adanya kecelakaan. Rata-rata konsumsi bahan bakar kombinasi terhitung 12,8 km/liter.

Baca juga: Perbandingan Konsumsi BBM Honda Accord, Kalah Irit Dari Toyota Camry

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 20

Hasil pengujian konsumsi BBM Honda Accord ke luar kota mencapai 14,8 km/liter

Honda Accord 2020: Pembelian dan Biaya-biaya – 19/30, Paling mahal di kelasnya

Saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2019, Honda Accord ini dibanderol Rp698 Juta (OTR DKI Jakarta). Kini per bulan Juli 2021, Honda Accord ini dibanderol Rp749 Juta untuk harga pn the road DKI Jakarta. Hal ini membuat di segmen Big Sedan, Honda Accord memang menjadi yang termahal dibandingkan dua pesaingnya, yaitu Toyota Camry, dimana varian Camry 2.5 V A/T berbanderol Rp682,55 Juta dan Mazda6 Elite dibanderol Rp729,9 Juta, keduanya OTR DKI Jakarta.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 21

Honda Accord mendapatkan banderol harga paling mahal di kelas Big Sedan Tanah Air

Meski begitu, berkat penggunaan mesin 1.5L Turbo yang lebih kecil dibandingkan Toyota Camry (2,4L) dan Mazda6 (2,5L) dari sisi pajak kendaraan tahunan, Honda Accord memiliki angka yang lebih kecil di kisaran Rp11,2 juta. Dengan banderol yang lebih tinggi, pemilik Honda Accord juga mendapatkan performa yang tak kalah dibandingkan kedua rivalnya, bahkan lebih baik.

Biaya Perawatan Honda Accord
Jarak Biaya Suku Cadang & Jasa
10.000 km Rp808.500
20.000 km Rp808.500
30.000 km Rp1.197.900
40.000 km Rp2.882.000
50.000 km Rp808.500
60.000 km Rp1.280.400
70.000 km Rp808.500
80.000 km Rp1.197.900
90.000 km Rp2.704.900
100.000 km N/A
TOTAL Rp12.497.100 ++

Dalam hal layanan after sales, Honda menawarkan Program Warranty selama 3 tahun atau 100.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Meski begitu, Honda juga menawarkan tambahan jaminan yang disebut Honda Extra Care – Extended Warranty hingga 5 tahun atau 40.000 km. Untuk biaya perawatan hingga 100.000 km, total biaya yang dikeluarkan hanya berkisar Rp12,5 juta.

Baca juga: Biaya Servis Toyota Camry Lebih Mahal dari Honda Accord, Benarkah?

Honda Accord 2020: Kesimpulan – 182,5/250 poin

Meski memiliki banderol harga yang paling tinggi, namun kehadiran fitur keselamatan Honda Sensing juga membuat nilai Honda Accord juga lebih tinggi, karena baik Toyota Camry maupun Mazda6 tidak menyuguhkan fitur keselamatan “sepintar” Honda Sensing. Yang paling dekat hanyalah Mazda6 dimana mereka menawarkan fitur yang nyaris serupa yaitu i-Activsense, namun tak terintegrasi selengkap yang dimiliki oleh Honda Sensing. 

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 22

Honda Accord menyuguhkan sosok sporty dengan kemewahan di dalam kabin dan kesenangan berkendara

Kelebihan Honda Accord disuguhkan dari kesenangan berkendara yang diberikannya. Penggunaan mesin 1,5L Turbo menyuguhkan performa yang di atas kertas lebih baik bahkan jika dibandingkan rivalnya Toyota Camry maupun Mazda6 yang menggunakan mesin lebih besar. Mesin berkapasitas lebih kecil juga menjanjikan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Meski begitu, untuk mengetahui secara lebih nyata, tunggu kami melakukan pengujian ketiganya secara langsung.

Komparasi Honda Accord vs Rivals
Model Honda Accord Toyota Camry V A/T Mazda6 Elite
Dimensi 4.892 x 1.862 x1.450 mm 4.885 x 1.840 x 1.445 mm 4.865 x 1.840 x 1.450 mm
Wheelbase 2.830 mm 2.825 mm 2.830 mm
Mesin 4-silinder 1.5L VTEC Turbo, DOHC  4-silinder 2.4L Dual VVT-i, DOHC 4-silinder 2.5L SKYACTIV DOHC
Tenaga Maks. 190 PS @ 5.500 rpm 183 PS @ 6.000 rpm 190 PS @ 6.000 rpm
Torsi Maks. 260 Nm @ 1.600 - 5.000 rpm 234 Nm @ 4.100 rpm 252 Nm @ 4.000 rpm
Transmisi Otomatis, CVT Otomatis, 6-speed Otomatis, 6-speed
Harga (OTR DKI Jakarta) Rp749 Juta Rp682,55 Juta Rp729,9 Juta

Beberapa kekurangan yang kami temukan, hal yang paling mudah untuk dilihat sebagai kekurangan mobil berbanderol Rp749 juta adalah tidak adanya sunroof. Sebagai sebuah sedan premium, rasanya fitur ini seharusnya menjadi fitur “wajib” yang dimiliki oleh model flagship Honda. Selain itu, dibandingkan rival terdekatnya yang sempat menjadi mobil menteri, yaitu Toyota Camry, mobil ini tak memiliki tirai di jendela belakang untuk menjaga privasi penumpang belakang.

Rating: Honda Accord – Big Sedan Paling Pintar Dengan Banderol Paling Mahal. Layakkah? 23

Meski masih memiliki kekurangan, namun kami akui mobil ini menjadi yang paling pintar di kelasnya

Jadi apakah mobil ini layak untuk dibeli? Jika Anda mencari sebuah Big Sedan yang “pintar” maka mobil ini sangat layak menjadi pilihan. Apalagi sosoknya yang sporty juga didukung mesin 1.5L berimbuh Turbo di balik kap mesinnya yang menyuguhkan performa hebat dan kesenangan berkendara yang menyenangkan. Dibandingkan rivalnya, meski harganya yang paling mahal, namun pajak yang ditanggungnya lebih kecil, selain itu biaya perawatannya juga bisa dibilang tak terlalu mahal. Nama besar Honda juga turut menjamin ketenangan memiliki mobil ini termasuk nilai jual kembalinya.

Baca juga: Honda Accord, Alternatif Big Sedan Pintar Pesaing Toyota Camry dan Mazda6

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Accord 1.5L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru