Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China

Budi · 3 Sep, 2021 12:00

Tak dapat disangkal jika Honda CR-V menjadi salah satu pelopor semakin disukanya model SUV di Tanah Air. Sejak kehadiran generasi pertamanya di Indonesia pada tahun 2000, sudah lebih dari 200.000 unit Honda CR-V dari lima generasi yang terjual di Indonesia. Honda CR-V menjadi salah satu model SUV terfavorit di Indonesia selama dua dekade ini.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 01

Generasi pertama Honda CR-V berkode RD1 yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2000 di Indonesia, sejatinya sudah hadir di negara asalnya, Jepang sejak tahun 1995. Karena itu, usianya pun hanya dua tahun mengaspal di Indonesia. Yang menarik, SUV ini sempat dirakit secara lokal alias CKD di Indonesia dan mendapatkan dua tempat duduk tambahan yang saling berhadapan di bagasi belakang. Unik!

Generasi keduanya (RD4) lahir pada tahun 2022, dirakit di Tanah Air dan dijual hingga tahun 2007. Pada generasi ini mulai diperkenalkan mesin berkapasitas 2,4 Liter. Pada tahun 2007, lahir CR-V generasi ketiga (RE) yang mulai menyuguhkan garis desain membulat, serta hilangnya ban cadangan dari pintu belakang. Generasi ke-4 Honda CR-V (RM) mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 2012 dengan garis desain yang semakin sporty dan menawarkan berbagai fitur mewah di dalamnya. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 01

Sudah ada 5 generasi Honda CR-V yang hadir di Indonesia

Pada tahun 2017, Generasi ke-5 Honda CR-V (RW) lahir dengan berbagai penyempurnaan fitur, desain yang semakin menyuguhkan garis-garis tajam, serta performa yang meningkat. Yang menarik, Honda mengganti mesin 2,4 liter dari balik kap mesinnya dengan mesin kecil 1,5 liter yang berimbuh turbocharger. Tak hanya semakin kencang, namun mesin ini juga menyuguhkan efisiensi yang semakin baik.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 02

Honda CR-V Gen.5 Facelift hadir pada awal tahun 2021

Pada awal tahun 2021 ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM merek Honda di Indonesia memperkenalkan penyegaran bagi Honda CR-V dengan menjejalkan fitur baru, salah satunya adalah fitur keselamatan Honda SENSING. Seperti apa Honda CR-V terbaru ini menggoda konsumennya di Tanah Air? Simak penilaian kami melalui Autofun Rating System untuk memberikan gambaran yang objektif bagi medium SUV ini.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 03

Baca juga: FAQ: Modal Utama Honda CR-V 2021, Bisakah Lebih Dilirik Dari Para Pesaingnya?

Honda CR-V 2021: Performa – 32/50 pts, Mesin turbo menyelamatkan keunggulannya

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 04

Mesin 1.5L dengan Turbocharger menyuguhkan performa yang menyenangkan

Di balik kap mesin Honda CR-V Generasi ke-5 kini terdapat mesin 4-silinder segaris, 1,5 liter DOHC dengan imbuhan turbocharger dan teknologi VTEC. Mesin ini mampu menyuguhkan tenaga puncak 190 PS pada 5.600 rpm dan torsi maksimal hingga 240 Nm yang dapat diraih mulai 2.000 rpm hingga 5.000 rpm.

 

Spesifikasi Honda CR-V 2021
Mesin 4-silinder 16 valve DOHC, VTEC Turbo
Kapasitas 1.498 cc
Tenaga Maks. 190 PS @ 5.600 rpm
Torsi Maks. 240 Nm @ 2.000 - 5.000 rpm
Bore x stroke 73 x 89,5 mm
Transmisi CVT

Output tenaga yang dihasilkan mesinnya tersebut diantarkan ke penggerak roda depan melalui transmisi CVT. Pada saat kami uji, akselerasi 0 – 100 km/jam dapat ditempuh dalam 9,6 detik. Akselerasi menengah dari 60 km/jam hingga100 km/jam dapat diraih dalam 4,76 detik. O’ya, adanya padle shift memberikan kesenangan saat mengendarai Honda CR-V ini.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 05

Dalam hal pengereman, dengan kehadiran rem cakram di keempat rodanya, serta kelengkapan fitur pembantu pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, dari kecepatan 100 km/jam hingga berhenti dapat diraih Honda CR-V 2021 ini dalam jarak 38 meter. Penggunaan ban Bridgestone Dueler H/L 33 berukuran 235/60 R18 juga turut membantu performa pengereman.

Hasil Uji Performa Honda CR-V 2021
0 - 60 km/jam  4,84 detik
0 - 100 km/jam 9,60 detik
60 - 100 km/jam 4,76 detik
0 - 402 m 17,16 detik, 137 km/jam
100 - 0 km/jam 2,87 detik, 38 m

Suspensi Honda CR-V mampu memberikan kenyamanan saat berkendara santai. Jalan bergelombang dan kondisi permukaan jalan yang jelek dapat diatasi dengan baik. Namun saat di kecepatan tinggi, kenyamanannya sedikit berkurang karena suspensi mobil ini sedikit lambat bereaksi dengan permukaan jalan yang bergelobang. 

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 06

Karakter pengendaraannya tenang dan stabil saat menikung

Soal pengendalian, meski mesinnya berkarakter sporty, namun saat menikung dengan kecepatan tinggi, bobot serta sosoknya yang cukup besar juga terasa sedikit membuatnya kurang sigap. Beruntung, sistem kendali elektronik cukup memberikan jaminan ketenangan dalam pengendalian Honda CR-2021 ini.

Baca juga: Mulai Uji Jalan, Honda CR-V 2022 Terlihat Bodinya Lebih Melar

Honda CR-V 2021: Kenyamanan – 37/50, Ruang kabin menyenangkan dan ergonomis

Sebagaimana suspensinya yang nyaman dan menenangkan saat berkendara santai, kabin Honda CR-V juga menyuguhkan kenyamanan saat berada di dalamnya. Tata letak panel instrument, desain serta keergonomisan tempat duduk membuat cukup betah berada di balik kemudi Honda CR-V.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 07

Tata letak dashboard sederhana namun tetap menyuguhkan kemewahan

Kenyamanan juga dapat dirasakan di bangku baris kedua, cukup memanjakan dalam perjalanan jauh. Apalagi kehadiran moonroof yang dapat mengurangi kebosanan. Sekali lagi, suspensi yang nyaman juga dapat dirasakan oleh penumpang di bangku kedua, selama Anda tidak berkendara agresif. Sayang di bangku baris ketiga, faktor keleluasaan saja yang membuatnya tak menyenangkan berada terlalu lama di sana.

Hasil uji kesenyapan kabin Honda CR-V 2021
Idle, AC Off 38,5 dB
Idle, AC On 44,8 dB
Melaju 60 km/jam 58,6 dB
Melaju 80 km/jam 61,2 dB
Melaju 100 km/jam 64,2 dB
Melaju 120 km/jam 67,0 dB

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 08

Kabin Honda CR-V cukup nyaman berkat peredaman yang baik.

Soal kekedapan kabin, Honda CR-V 2021 juga menyuguhkan kenyamanan yang baik. Saat idle dengan mesin hidup dan AC menyala, kekedapan kabinnya tercatat hanya 44,8 dB, saat mulai menjelajah di kecepatan 60 km/jam, kebisingan di dalam kabin meningkat menjadi 58,6 dB dan di kecepatan 100 km/jam menjadi 64,2 dB.

Baca juga: Naik Hingga Rp30 Jutaan, Apa Bedanya Honda CR-V 2021 Vs Honda CR-V Lama?

Honda CR-V 2021: Kualitas dan Fitur-fitur – 38/50 pts, Jaminan keselamatan Honda Sensing

Mendukung desain ekstriornya yang sangat mengesankan dan proporsional, kualitas yang ditawarkan oleh Honda CR-V juga cukup tinggi. Ketebalan catnya nyaris merata, kecuali bagian atap yang hasil penghitungan kami lebih tipis dibandingkan panel lainnya di eksterior. Sementara gap antar panel juga relatif kecil, dengan selisih terbesar ada pada pintu bagasi yang mencapai 1,3mm.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 09

Kualitas pembuatan yang istimewa diberikan oleh Honda CR-V
Besar celah antar panel Honda CR-V 2021
Lokasi Sisi Pengemudi (mm) Sisi Penumpang (mm) Selisih (mm)
Kap Mesin 4,3 4,5 0,2
Fender Depan-Pintu Depan 4,4 4,1 0,3
Pintu Depan - Pintu Belakang 4,3 4,4 0,1
Pintu Belakang - Fender Belakang 4,3 3,7 0,6
Pintu Bagasi 7,8 6,5 1,3

Dapat dibilang, kualitas buatan yang disuguhkan oleh Honda pada interiornya adalah salah satu yang terbaik di kelas medium SUV. Pemilihan material berkualitas dan tata letak panel-panel di dashboard ergonomis dan berkesan mewah. Bahan yang lembut di bagian atas dashboard dan juga trim pintu turut memperkuat nilai kemewahan tersebut. 

Sebagai salah satu medium SUV termahal, fitur yang ditawarkan oleh Honda CR-V 2021 sudah cukup lengkap. Fitur terkini yang disematkan pada mobil ini adalah fitur keselamatan Honda SENSING. Fitur yang terdapat pada Honda SENSING ini antara lain Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 10

Selain itu, untuk jaminan keselamatan lainnya, Honda CR-V 2021 juga dilengkapi dengan 6 Airbags, struktur rangka G-CON+ACETM with side impact beam, teknologi pengereman ABS, EBD+BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Emergency Stop Signal. Tak lupa, juga hadir Driver Attention Monitor yang bisa memberikan peringatan terhadap pengemudi jika konsentrasi berkendara menurun.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 11

Fitur baru yang juga dimiliki oleh Honda CR-V 2021 ini adalah Hand-Free Access Power Tailgate, pengguna bisa dengan mudah membuka pintu bagasi hanya dengan menggoyangkan kaki pada sensor akses di bawah bumper belakang. Selain itu juga ada Rain Sensing Windshield Wiper yang dapat menyeka kaca secara otomatis ketika turun hujan dan New Remote Engine Start yang dapat memudahkan pengguna untuk menyalakan mesin dan AC, hanya dengan menekan tombol pintar pada remote kunci sebelum masuk ke dalam mobil.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 12

Untuk sistem hiburan, SUV flagship Honda ini menggunakan layar sentuh 7” terbaru yang telah dilengkapi dengan sistem koneksi Bluetooth, HDMI port, smartphone connectivity via Apple CarPlay dan Android Auto. Pada panel instrument, Honda CR-V ini juga mendapatkan layar panel TFT baru berukuran 5 inci.

Baca juga: Honda CR-V Black Edition Tawarkan Eksterior dan Interior serba Hitam, Akan Muncul Juga di Indonesia?

Honda CR-V 2021: Keleluasaan dan Kepraktisan – 38/50 pts, Pengaturan kursi akurat, kabin lapang dan nyaman

Tak hanya kenyamanan yang disuguhkan pengendaraannya, kenyamanan pada Honda CR-V juga diberikan oleh keleluasaan kabin serta kepraktisannya. Tak hanya soal keergonomisan berkat pengaturan bangku secara elektronik yang akurat. Hal ini sekaligus menyuguhkan visibilitas yang baik bagi pengemudi di balik setir.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 13

Dengan pengaturan optimal pada bangku depan, ternyata hal ini tetap menyisakan ruang kaki yang luas di bangku baris kedua. Bahkan ruang kepala juga leluasa, terutama bagi penumpang dengan tinggi rata-rata dewasa 170 cm. Penggerak roda depan sekaligus menyuguhkan ruang lantai yang rata di bangku kedua, sehingga duduk bertiga di baris ini juga tetap memberikan kenyamanan.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 14

Pengaturan kursi secara elektrik mampu memberikan pengaturan yang akurat

Bangku baris kedua yang tak terlalu tegak, serta dapat diatur sudut kemiringannya turut memberikan kenyamanan yang diperlukan dalam perjalanan jauh. Bagian dudukannya cukup nyaman, meskipun bagi mereka yang bertubuh cukup tinggi, penopang bagian paha terasa kurang panjang.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 15

Lapisan kulit menyuguhkan kenyamanan di dalam kabin, plus panoramic sunroof 

Hal sebaliknya dihadirkan oleh bangku baris ketiga. Memang tambahan dua tempat duduk di bagian paling belakang ini seakan gimmick bagi konsumen Indonesia yang menyukai mobil 7 penumpang. Hanya anak-anak yang tampaknya paling tepat untuk duduk di kedua tempat duduk ini. Bahkan itu pun akan terasa melelahkan jika harus menempuh perjalanan jauh. 

Sementara soal kepraktisan, ini juga menjadi salah satu kelebihan mobil-mobil Honda. Terutama pada konsol tengahnya, dimana ruang penyimpanan begitu lega, plus penyimpanan di bagian tengah dashboard. Sayangnya, ruang penyimpan di bagian pintu tidak leluasa, karena hanya tersedia setengah bagian pintu. Cup holder tersebar di seluruh kabinnya, termasuk hingga baris ketiga.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 16

Bangku Honda CR-V dapat dilipat rata hingga bangku baris kedua 

Bagasi belakang Honda CR-V 2021 saat bangku baris ketiga dibuka masih cukup untuk membawa satu atau dua buah ransel. Adanya alas pembagi bagasi di bagian belakang menghadirkan ruang penyimpanan ekstra saat bangku baris ketiga dilipat dan memberikan ruang rata di bagasi. Jika bangku baris kedua juga dilipat, maka di dapat ruang penyimpanan yang besar hingga ke belakang bangku depan, misalnya untuk membawa sepeda.

Honda CR-V 2021: Konsumsi Bahan Bakar – 15/20 pts, Mesin 1.5L Turbo (kembali) menyelamatkan konsumsi bahan bakarnya

Tak hanya Honda CR-V, baik Honda Accord maupun Civic, keduanya mengusung mesin yang sama dengan Honda CR-V ini. Keunggulan mesin kecil dengan imbuhan turbocharger jelas menyelamatkan konsumsi bahan bakarnya. Apalagi berpadu dengan penggunaan transmisi CVT yang mampu mendistribusikan tenaganya dengan baik.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 17

Konsumsi BBM Honda CR-V dalam kota

Dengan metoda full to full seperti biasa, pengujian konsumsi bahan bakar (bbm) ini kami lakukan di dua kondisi, yaitu kondisi kepadatan lalu-lintas dalam kota dan juga simulasi perjalanan luar kota yang kami lakukan di jalan tol.  Dalam pengujian konsumsi bbm Honda CR-V di dalam kota, kami menempuh perjalanan sepanjang 79 km di tengah kepadatan Ibu Kota, Jakarta, dengan berbagai kondisi lalu-lintas, termasuk melalui jalan tol dalam kota. Kami mengisi bahan bakar sebanyak 6,99 liter yang membuat mobil ini meraih konsumsi bahan bakar dalam kota sebesar 11,3 km/liter. Sementara pada MID tercatat 10,0 km/liter.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 18

Konsumsi BBM Honda CR-V luar kota

Sementara pada pengujian konsumsi bahan bakar ke luar kota, kami menggunakan simulasi perjalanan di jalan tol sejauh 108,1 km dengan kecepatan rata-rata 77 km/jam. Kami mengisi bahan bakar penuh sebanyak 7,45 liter dan menhhasilkan konsumsi bahan bakar luar kota sebesar 14,5  km/liter. Pada MID tercatat konsumsi bahan bakar sebesar 14,8 km/liter. Semua pengujian konsumsi bahan bakar ini dilakukan dengan mode pengendaraan normal, bukan dalam mode Eco ataupun Sport.

Baca juga: Ketahui 9 Hal Menarik Soal Honda CR-V Facelift Sebelum Memutuskan Untuk Meminangnya

Honda CR-V 2021: Pembelian dan Biaya-biaya – 19/30, Value for Money berkat Diskon PPnBM

Saat model Honda CR-V facelift ini diluncurkan pada bulan Februari 2021 lalu, PT Honda Prospect Motor selaku APM Honda di Indonesia membenderol SUV unggulannya ini dengan harga mulai Rp489 juta hingga Rp577 juta untuk tipe tertingginya. Meski begitu, berkat kebijakan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) yang dikeluarkan pemerintah pada bulan April 2021, maka Honda CR-V pun mendapatkan potongan harga.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 19

Saat tak dapat diskon PPnBM, harganya melonjak hingga Rp570 Jutaan

Berkat relaksasi PPnBM tersebut, Honda CR-V tipe tertinggi yaitu 1.5L Turbo Prestige seperti yang kami uji ini mendapatkan penurunan harga hingga Rp30 jutaan dan sampai akhir Agustus lalu dibanderol Rp545,5 juta (OTR DKI Jakarta).  Penurunan harga ini jelas menjadikan harga Honda CR-V semakin kompetitif di kelasnya. Meski begitu, mulai bulan September 2021 ini, relaksasi PPnBM yang hanya berlaku 25% membuat harganya kini melonjak melewati Mazda CX-5 GT. Lihat perbandingannya di bawah ini

Komparasi Honda CR-V vs Rivals
Model Honda CR-V 1.5T Prestige Mazda CX-5 GT Nissan X-Trail VL
Harga Rp573,4 Juta* Rp555,8 Juta Rp576,0 Juta
Dimensi 4.623 x 1.855 x 1.657 mm 4.550 x 1.840 x 1.680 mm 4.690 x 1.830 x 1.740 mm
Wheelbase 2.660 mm 2.700 mm 2.705 mm
Mesin 4-silinder 1.5L VTEC Turbo, DOHC  4-silinder 2.5L SKYACTIV DOHC 4-silinder 2.5L Dual CVTCS DOHC
Tenaga Maks. 190 PS @ 5.600 rpm 190 PS @ 6.000 rpm 171 PS @ 6.000 rpm
Torsi Maks. 240 Nm @ 2.000 - 5.000 rpm 252 Nm @ 4.000 rpm 233 Nm @ 4.000 rpm
Transmisi CVT with Earth Dream Tech. 6-Speed AT SKYACTIV-DRIVE Intellegent XTRONIC CVT

*Catatan: Harga saat berlaku relaksasi PPnBM 25%

Rival terdekatnya adalah Mazda CX-5 GT yang berbanderol Rp555,8 Juta, sementara Nissan X-Trail 2.5 VL berbanderol Rp576 juta. Selain itu, masih ada Wuling Almaz RS yang disebut-sebut sebagai penatang kuat Honda CR-V ini karena tak hanya menawarkan mesin serupa 1.5 Turbo dengan 7 seater, namun juga mengusung fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS) bernama WISE yang serupa dengan Honda SENSING. Dari sisi harga, Wuling Almaz yang juga dirakit di Indonesia sangat “memukul” banderol CR-V karena untuk varian tertingginya Wuling Almaz 1.5T RS Pro ditawarkan hanya Rp379,8 Juta.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 20

Rival sejati Honda CR-V adalah Mazda CX-5

Dalam hal layanan after sales, Honda menawarkan Program Warranty selama 3 tahun atau 100.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Meski begitu, Honda juga menawarkan tambahan jaminan yang disebut Honda Extra Care – Extended Warranty hingga 8 tahun atau 100.000 km. Untuk biaya perawatan hingga 100.000 km, total biaya yang dikeluarkan untuk varian Honda CR-V 1.5T ini berkisar Rp19,2 juta.

Baca juga: Pajak Honda CRV Tahun 2021 Terbaru di Indonesia

Honda CR-V 2021: Kesimpulan – 182/250 poin

Banyak yang membicarakan bahwa saat ini posisi Honda CR-V terancam dengan kehadiran Wuling Almaz, apalagi dengan adanya varian tertingginya Almaz RS yang menyuguhkan fitur-fitur canggih ADAS yang sebanding dengan Honda SENSING milik CR-V.  Apalagi dengan segala kecanggihan dan spesifikasi yang “nyaris” serupa dengan CR-V, Wuling menyuguhkan harga yang Rp190 jutaan lebih mudah dibandingkan CR-V.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 21

Honda CR-V menawarkan paket lengkap SUV yang didambakan banyak orang

Tak heran jika dalam data angka penjualan wholesales, pada bulan Juli 2021 ini, penjualan Wuling Almaz mencapai 909 unit, sementara Honda CR-V hanya 640 unit. Meski begitu, ada beberapa hal yang tetap membedakan antara mengendarai dan memiliki Honda CR-V 2021 terbaru ini jika dibandingkan dengan competitor terdekatnya tadi.

Yang pertama adalah soal desain eksteriornya, meskipun soal desain akan kembali ke selera setiap orang, namun kami sepakat jika desain Honda CR-V lebih proporsional dengan garis-garis desain yang kuat menyuguhkan karakternya yang sporty dan berada di kelas yang lebih premium. Meskipun secara dimensi Honda CR-V lebih kecil dibandingkan Wuling Almaz RS, namun CR-V lebih sukses menyuguhkan desain yang membuatnya tampak lebih lapang di bagian dalamnya.

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 22

Wuling Almaz RS Pro memang canggih namun belum memiliki citra merek yang kuat di Indonesia

Selanjutnya masuk ke dalam kabin, dimana kualitas interior Honda CR-V juga menyuguhkan nilai yang lebih baik dibandingkan Wuling Almaz. Tata letak berbagai tombol dan layar head unit di dashboardnya terasa lebih masuk akal dibandingkan pada Wuling Almaz yang menyuguhkan “kecanggihan”. Ya, pada Almaz, head unit dengan layar sentuh sebesar 10,4 inci memang tampak mendominasi. Bahkan semua pengaturan audio hingga AC harus dilakukan melalui layar tersebut. Meski begitu, CR-V memang perlu mengakui keunggulan voice command berbahasa Indonesia (WIND) milik Almaz.

Komparasi Honda CR-V vs Wuling Almaz
Model Honda CR-V 1.5T Prestige Wuling Almaz 1.5T RS Pro
Harga Rp573,4 Juta* Rp379,8 Juta
Dimensi 4.623 x 1.855 x 1.657 mm 4.655 x 1.835 x 1.760 mm
Wheelbase 2.660 mm 2.750 mm
Mesin 4-silinder 1.5L VTEC Turbo, DOHC  4-silinder 1.5L DVVT Turbo, DOHC 
Tenaga Maks. 190 PS @ 5.600 rpm 142 PS @ 5.200 rpm
Torsi Maks. 240 Nm @ 2.000 - 5.000 rpm 250 Nm @ 1.600 - 3.600 rpm
Transmisi CVT  CVT

*Catatan: Harga saat berlaku relaksasi PPnBM 25%

Dan terakhir soal pengendaraannya, secara umum, CR-V masih memberikan pengendaraan yang lebih nyaman dan soal performa terasa lebih unggul dibandingkan rival “terdekatnya” itu.  Di kelasnya, pengendaraan yang paling sporty jelas dimiliki oleh Mazda CX-5 GT, namun CR-V terasa lebih komplit karena juga menyuguhkan kenyamanan dan kemewahan khas Honda. 

Rating: Honda CR-V 1.5T 2021 – Berada di Kasta Berbeda Meski Terancam SUV China 23

Dengan mempertimbangkan banyak aspek, Honda CR-V jadi pilihan paling masuk akal.

Terakhir adalah soal citra merek yang diusungnya. Tak dapat disangkal jika Honda CR-V berada di kasta yang lebih “tinggi” jika dibandingkan Wuling Almaz. Di saat konsumen mobil Tanah Air yang sebelumnya memiliki LMPV ingin naik kelas, mereka dapat dengan mudah memilih Almaz. Sementara pemilih Honda CR-V adalah mereka yang sebelumnya telah memiliki LSUV atau medium MPV yang lebih mewah. Bahkan, pemilik Almaz pun bisa jadi mereka yang sebenarnya mendambakan memiliki Honda CR-V.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda CRV 2.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru