window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion City Car dengan Fitur Paling Lengkap

Prasetyo · 2 Agu, 2022 15:09

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion City Car dengan Fitur Paling Lengkap 01

  • Rekomendasi mobil keluarga 2022 di segmen city car adalah Daihatsu Sirion.
  • Dibanding rivalnya, Daihatsu Sirion punya fitur paling lengkap.
  • Keleluasaan kabin Daihatsu Sirion juga lebih unggul.

Daihatsu Sirion menjadi city car pilihan kami dalam menu rekomendasi mobil keluarga 2022. Bukannya tanpa sebab, mobil yang pamornya tak segemilang rivalnya itu menawarkan fungsionalitas lebih baik dalam hal fitur dan kepraktisan. Utamanya bagi Anda pasangan muda yang membutuhkan mobil yang lebih dari sekadar alat transportasi.

Tak banyak yang tahu bahwa Sirion mengisi segmen mobil perkotaan meskipun wujudnya hatchback serupa Honda Jazz atau Toyota Yaris. Ya, secara kelas, dia mengisi pasar yang sama dengan Honda Brio RS dan Suzuki Ignis. Beda dengan kompetitornya yang dirakit lokal, mobil ini didatangkan langsung secara utuh dari Malaysia, bukan produk asli rakitan PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Di Malaysia, mobil ini dinamakan sebagai Perodua Myvi.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion City Car dengan Fitur Paling Lengkap 02

Desain fascia depan Daihatsu Sirion 2022

Pada 2 Juni 2022 lalu, ADM meluncurkan model penyegaran Daihatsu Sirion. Ada beberapa hal yang direvisi supaya mobil ini tetap kompetitif mulai dari tampilan, penambahan fitur, juga ubahan sistem transmisi yang menjanjikan performa lebih baik dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit ketimbang yang dipakai pada Sirion sebelumnya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sayangnya popularitas city car ini di segmennya memang bukan yang terbesar. Penjualannya mengacu data wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) GAIKINDO sebanyak 180 unit sepanjang Januari-Juni 2022. Sementara lawan lain di kelasnya yakni Suzuki Ignis pada kurun waktu yang sama telah terjual 294 unit. Adapun Honda Brio RS lebih tinggi lagi mencapai 7.092 unit. Tapi bukan berarti Sirion harus diacuhkan.

Baca juga : Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion, City Car Kekinian Banyak Fungsi

Pilihan Varian, Fitur, dan Harga Daihatsu Sirion

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion City Car dengan Fitur Paling Lengkap 01

Tampilan belakang Daihatsu Sirion 2022

Khusus dimodel terbarunya, Daihatsu Sirion cuma disediakan dalam format dua pedal alias hadir dalam pilihan transmisi matic. Tidak ada lagi manual seperti model sebelumnya. Sebab dalam riset pasar internal Daihatsu, preferensi penggunaan mobil ini kebanyakan matic akibat mengutamakan kemudahan operasional.

Berikut harga dan varian Daihatsu Sirion terbaru:

  • Sirion X: Rp227,6 juta
  • Sirion R: Rp236,8 juta.

Dibandingkan dengan city car lain, harga Daihatsu Sirion memang yang paling tinggi. Namun itu terbayar dengan kelengkapan fitur yang tak dimiliki para kompetitornya. Urusan fitur keselamatan, Daihatsu Sirion jagonya.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion City Car dengan Fitur Paling Lengkap 02

Hanya tersedia transmisi matic D-CVT

Selain Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution, juga sudah tersematkan Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control. Kedua yang disebutkan terakhir umumnya ada di mobil-mobil varian tinggi.

Baca juga : Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Daihatsu Sirion 2022 X dan R

Belum cukup di situ, soal fitur kenyamanan, hiburan, serta pemanja di dalam kabin juga jempolan. Sudah ada head unit layar sentuh yang terkoneksi dengan Apple CarPlay maupun Android Auto. Kemudian ada Idle Stop System yang menjanjikan konsumsi bahan bakar lebih irit di kondisi stop and go, juga adanya penjernih udara kabin (Air Purifier) yang memastikan sirkulasi di interior mobil tetap bersih demi kesehatan.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion City Car dengan Fitur Paling Lengkap 03

Ada fitur Idle Stop System yang membuat mesin mati otomatis sementara

Lalu hadir pula port USB yang bukan cuma ada di dashboard, tapi juga di sisi samping kiri jok pengemudi, untuk bisa dipergunakan oleh penumpang belakang. Ada lagi beberapa poin kepraktisan yang dimiliki Daihatsu Sirion, mulai dari tersedianya banyak cup holder di konsol tengah, door trim setiap pintu, juga slot penyimpanan berupa kantung di balik kursi pengemudi. Tak lupa pula hook atau cantelan supaya menjaga barang belanjaan tetap pada posisinya. Tak heran bila kami menyebutnya sebagai city car yang serba bisa.

Gimana? Paket lengkap citycar buat harian bukan?

Baca juga : Ini 5 Keunggulan Daihatsu Sirion 2022 yang Tidak Dimiliki Honda Brio RS

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil