window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion, City Car Kekinian Banyak Fungsi

Prasetyo · 29 Jul, 2022 19:15

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion, City Car Kekinian Banyak Fungsi 01

  • Daihatsu Sirion menjadi mobil keluarga rekomendasi 2022 dari Autofun Indonesia.
  • Diahatsu Sirion layak dipertimbangkan untuk Anda yang baru mulai berkeluarga.
  • Kelengkapan fitur dan mesin yang efisien dalam pemakaian bahan bakar jadi unggulan.

Mobil keluarga yang AutoFun Indonesia rekomendasikan adalah Daihatsu Sirion. Ya, mungkin banyak yang bertanya, kenapa harus mobil ini padahal banyak model lain di kelasnya yang punya popularitas lebih tinggi. Jawabannya adalah karena bentuk, fitur, dan utilitas mobil perkotaan ini yang kami nilai lebih dari sekedar citycar.

Pertimbangannya begini, mobil ini kami rasa cocok untuk pasangan muda yang memerlukan kendaraan penuh kedinamisan guna memenuhi mobilitas harian. Secara bentuk, citycar yang satu ini didesain membentuk hatchback yang cenderung digandrungi anak muda metropolitan. Secara umum wujudnya juga mudah diterima banyak orang, dalam artian tidak memiliki detail yang neko-neko.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion, City Car Kekinian Banyak Fungsi 02

Tampilan depan Daihatsu Sirion 2022

Kemudian satu hal lagi, Sirion yang mengisi segmen citycar Tanah Air juga tak memiliki citra mobil LCGC (Low Cost Green Car). Dengan begitu cita rasa sebegai mobil yang berkualitas bisa diunggulkan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lanjut ke fitur. Dibandingkan beberapa city car lain, fitur yang dimiliki mobil yang didatangkan langsung dari Malaysia ini paling lengkap di kelasnya. Operasionalnya telah menggunakan keyless yang lebih mudah dan efisien dalam penggunaannya, mulai dari masuk ke kabin hingga menyalakan mesin melalui tombol starter.

Baca juga : Gara-gara Fitur Ini Konsumsi BBM Daihatsu Sirion 2022 Jadi Lebih Irit

Daihatsu Sirion City Car yang Serba Bisa

Kelegaan kabin juga menjadi nilai jual dari Daihatsu Sirion. Interiornya lapang dan ruang kepala ke plafon masih terdapat jarak yang cukup jauh, sehingga lebih terasa 'roomy' dan terhindar dari kesan terintimidasi lantaran ruangan yang sempit. Terlebih, seperti yang kami jelaskan di awal bahwa citycar ini serba bisa. Apa maksudnya? 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion, City Car Kekinian Banyak Fungsi 01

Tampilan belakang Daihatsu Sirion 2022

Citycar umumnya didesain apa adanya karena penggunaannya terbatas di dalam kota. Tapi tidak untuk mobil ini. Desainer pabrikan memahami, mobilitas konsumennya semakin berkembang, sehingga tak jarang yang menjadikan kendaraan pribadi ibarat rumah berjalan yang paling tidak dapat menawarkan utilitas dan kepraktisan tinggi. 

Itu semua kemudian diejawantahkan dengan printilan di dalam Daihatsu Sirion yang membantu menyimpan barang pemiliknya. Sebut saja side door pocket, glove box, cup holder pada konsol tengah, bag holder, dan pengait barang yang diletakkan di sisi samping jok depan.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion, City Car Kekinian Banyak Fungsi 02

Dasbor Daihatsu Sirion 2022

Belum cukup disitu, ada juga port USB yang letaknya tersembunyi pada sisi kiri jok pengemudi untuk memudahkan penumpang belakang mengisi daya gawainya. Sengaja didesain menyaru dengan jok supaya terlihat elegan. Bahkan di bawahnya ditambahkan pula slot penyimpanan untuk meletakkan ponsel pintar. Menarik bukan? 

Dengan begitu fungsi Daihatsu Sirion akan lebih luas lagi bukan sekadar mobil yang cocok ‘hidup’ di perkotaan. Tetapi juga mumpuni diajak bepergian di akhir pekan, bahkan sampai meniti perbukitan seperti yang dilakukan Daihatsu Indonesia kala menggelar sesi media test drive Daihatsu Sirion di daerah Tomohon, Sulawesi Utara pada akhir Juni lalu.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion, City Car Kekinian Banyak Fungsi 03

Headunit dengan fitur cukup lengkap

Beberapa fitur lain yang dapat kami jabarkan pada model ini guna menambah kenyamanan adalah:

  • Head Unit Layar Sentuh dengan Sambungan Ponsel Pintar
  • Air Purifier
  • Lampu Utama LED
  • Pengaturan Ketinggian Lampu
  • Auto Headlamp On
  • Follow Me Home
  • Central Lock Button pada Dashboard
  • Pengaturan Manual Jok Pengemudi

Kemudian yang menjadi unggulan lagi pada Daihatsu Sirion ketimbang city car lain adalah kelengkapan fitur keselamatan yang lebih banyak. Mulai dari airbag yang tersebar di depan dan samping, Hill Start Assist, Speed Sensing Auto Door Lock, Indikator Pintu Terbuka, Vehicle Stability Control, Anti-lock Braking System, dan Electronic Brake-force Distribution. 

Baca juga : Mirip Mobil Listrik, Ada Mode B di Transmisi Daihatsu Sirion 2022, Apa Fungsinya?

Pakai Transmisi Baru, Iritnya Setara Mobil LCGC

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion, City Car Kekinian Banyak Fungsi 04

Transmisi baru D-CVT

Oke bicara dapur pacu, mobil ini ditenagai oleh mesin bensin 1NR-VE berkapasitas 1.329 cc, 4-silinder, 16 katup, DOHC, dan Dual VVT-i. Di atas kertas menjanjikan tenaga 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi 119 Nm yang dicapai pada putaran 4.200 rpm. Khusus model pembaruan ini, Daihatsu cuma melegonya dalam versi transmisi matic. 

Teknologi matic yang ditawarkan pun berbeda dari yang lain. Transmisi matic pada Daihatsu Sirion disebut Dual CVT (D-CVT). Singkatnya adalah pengembangan dari model matic CVT konvensional yang ditambahkan gear pada rasio gigi akhir, sehingga diklaim penyaluran tenaga lebih merata bahkan pada putaran mesin maupun kecepatan tinggi.

Sederhananya kehalusan ala CVT ketika akselerasi awal tetap terjaga. Namun ketika sudah membejek gasnya di atas kecepatan 60 km/jam, distribusi tenaga juga akan lebih terasa. Selain itu, ada juga mode berkendara B dan S yang dapat dimaksimalkan di skenario atau kondisi yang berbeda.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion, City Car Kekinian Banyak Fungsi 05

Mesin setara Daihatsu Xenia terbaru

Pilihan B pada transmisi Daihatsu Sirion difungsikan ketika hendak menuruni jalan menurun. Kerjanya adalah memaksimalkan engine brake supaya laju mobil tidak terlalu bebas dan kendali mobil jadi bisa tetap dijaga dengan baik. Adapun S, cocok digunakan apabila membutuhkan performa yang lebih responsif, misalnya saat menanjak atau mau menyalip. 

Pabrikan mengklaim, penggunaan transmisi baru itu selain membuat performa mesin lebih baik, juga konsumsi bahan bakarnya yang lebih irit. Apalagi jika dikombinasikan dengan penggunaan fitur Idle Stop System. Daihatsu memastikan iritnya bisa mencapai 10 persen ketimbang model matic konvensional 4AT. 

"Benefit transmisi baru Daihatsu Sirion jadi lebih responsif pada putaran bawah atau atas, nggak terlalu berisik meraung untuk mengejar kecepatan tinggi, saat nyalip 80 sampai 100 km/jam akan responsif jadi menyenangkan. Penyaluran tenaga juga lebih halus dan bertenaga, selain itu BBM lebih irit dan nyaman," jelas Executive Coordinator Head of Product I Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Dendy Triyanto.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Daihatsu Sirion, City Car Kekinian Banyak Fungsi 06

Fitur Idling Stop System bikin konsumsi BBM jadi makin irit

Dendy tidak merinci soal angka pasti efisiensi BBM-nya. Yang jelas bisa menyamai konsumsi BBM mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang terkenal murah dan sangat irit bahan bakar. Benar saja, sebab mengacu laman resmi Perodua, mobil yang dijual dengan nama Myvi di Malaysia itu menjanjikan konsumsi BBM hingga 21,1 km/liter!

Selebihnya tak perlu khawatir soal layanan purnajual Daihatsu Sirion lantaran sudah memiliki jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian ditambah brand image Daihatsu yang telah memiliki nama dan terkenal akan layanan aftersales yang istimewa. Di beberapa daerah, bahkan brand ini merupakan pilihan nomor satu karena kualitas dan pelayanan yang diberikan kepada konsumennya. 

Baca juga : Test Drive Daihatsu Sirion 2022: Bisa Bikin Nyesel Pemilik Honda Brio RS?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil