Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta SUV Kompak Paling Reasonable untuk Perjalanan Jauh

Prasetyo · 30 Jul, 2022 16:00

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta SUV Kompak Paling Reasonable untuk Perjalanan Jauh 01

  • Hyundai Creta merupakan rekomendasi mobil keluarga 2022 bagi Anda yang gemar berpetualang.
  • SUV kompak ini sangat menyenangkan untuk dipakai berkendara jarak jauh.
  • Hyundai Creta juga sudah dibekali fitur yang lengkap.

Hyundai Creta termasuk SUV kompak yang kami jadikan rekomendasikan mobil keluarga 2022, utamanya mereka yang baru menjadi pasangan namun gemar melakukan perjalanan jauh alias road trip. Sebab karakter mobil ini yang memungkinkannya menjadi partner harian maupun pendukung aktivitas kala akhir pekan dan libur panjang tiba. 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta SUV Kompak Paling Reasonable untuk Perjalanan Jauh 02

Tampilan belakang Hyundai Creta

Sebagai sebuah SUV, kemampuan melibas berbagai jenis jalan yang kurang baik di Indonesia dapat dilakukan dengan sempurna. Berdasarkan data teknis, jarak terendah ke tanah atau ground clearance mobil ini sepanjang 200 mm. Oleh karena itu lewat gundukan polisi tidur atau jalan berjerawat tidak akan membuatnya gasruk.

Bukan cuma itu, keunggulan Hyundai Creta juga dapat dimaksimalkan dari ruang kabinnya yang lega. Format joknya dibuat 5-penumpang dengan posisi 5 headrest terpisah. Bagasinya pun lapang, memungkinkan membawa segala barang keperluan harian maupun belanja bulanan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta SUV Kompak Paling Reasonable untuk Perjalanan Jauh 01

Desainnya unik tak ada di SUV lain

Oh iya masih soal kabin Hyundai Creta, posisi pengemudi juga dapat dimanjakan dengan pengaturan jok manual 6-arah (khusus tipe tertinggi). Kemudian posisi lantai mobil juga didesain rendah pada baris keduanya, kaki akan menekuk dengan sempurna. Pun ketika penumpang yang memiliki postur tinggi sekalipun bisa nyaman berada di dalam kabin.

Baca juga : Hyundai Luncurkan Creta Versi 7 Penumpang, Cocok Lawan Toyota Rush Tapi Harga Setara Innova

Fitur Unggulan Hyundai Creta yang Bikin Petualangan Jadi Lebih Menyenangkan

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta SUV Kompak Paling Reasonable untuk Perjalanan Jauh 02

Ground clearance tinggi bikin aman melibas berbagai medan jalan

Di atas kami jelaskan bahwa mobil Hyundai pertama yang diproduksi di pabrik Hyundai Cikarang ini bisa dijadikan teman kala liburan. Utamanya ketika Anda punya waktu kosong yang panjang dan memanfaatkannya untuk road trip menjelajah Indonesia. Terlebih ada opsi tambahan fitur panoramic sunroof dengan bukaan lebar, yang bikin petualangan makin seru bersama keluarga. 

Hemat kami, cover pelindung panoramic pada Hyundai Creta dibuka ketika perjalanan dihiasi rintikan hujan atau saat malam hari. Bayangkan, perjalanan akan jauh lebih syahdu nan romantis, terlebih ditemani pendaran bintang dan bulan di langit. 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta SUV Kompak Paling Reasonable untuk Perjalanan Jauh 03

Panoramic sunroof satu-satunya di kelasnya

Saat melakukan road trip, tak perlu khawatir bawa banyak barang maupun logistik yang diperlukan pengemudi maupun penumpang. Ada banyak slot guna menyimpannya. Pada bagian depan ada lebih dari 2 cup holder, lokasinya di door trim dan konsol tengah mobil. Pintu belakang juga terdapat slot penyimpanan juga kok. 

Penumpang Hyundai Creta juga tak perlu khawatir daya gawainya habis di tengah perjalanan. Pabrikan telah menyematkan port USB baik untuk menunjang penumpang depan di dashboard dan belakang yang sudah ada di balik konsol boks tengah. Kemudian di laci dashboard dapat juga dijadikan pendingin minuman (cooling glove box), bagaimana, lebih dari cukup kan? 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta SUV Kompak Paling Reasonable untuk Perjalanan Jauh 04

Jok depan ada fitur ventilated seat

Supaya lebih nyaman lagi, khusus penumpang depan dan pengemudi bisa dimanjakan dengan ventilated seat yang membuat jok lebih sejuk. Selebihnya dari sisi driver, setir mobil sudah bisa diatur tilt dan teleskopik. Tak ketinggalan paddle shift dan mode berkendara: Normal, Eco, Sport, Smart. Membuatnya menjadi mobil yang dapat diatur sistem operasionalnya sesuai preferensi pengemudinya. 

Ada juga sistem entertainment menggunakan head unit 7 inci yang sudah bisa terkoneksi melalui Apple CarPlay dan Android Auto tanpa kabel. Dari situ fungsi navigasi di ponsel pintar dapat diproyeksikan ke layar head unit. Sebagai pelengkap, head unit Hyundai Creta juga dipasangkan speaker besutan Bose, serta disematkan menu penunjuk arah kiblat.

Baca juga : 5 Program Spesial yang Bikin Makin Jatuh Hati dengan Hyundai CRETA

Fitur Keselamatan Modern Demi Keluarga

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta SUV Kompak Paling Reasonable untuk Perjalanan Jauh 05

Desian dasbor Hyundai Creta

Adapun penunjang aspek keselamatan, pabrikan Korea Selatan ini menambahkan Hyundai Smartsense dengan kinerja:

  • Forward Collision-avoidance Assist
  • Lane Following Assist
  • Lane Keeping Assist
  • Hill-start Assist Control
  • Blind-spot Collision-avoidance Assist
  • Rear  Cross-traffic Collision-avoidance Assist
  • 6 Airbag

Hyundai Creta juga telah dilengkapi fitur cruise control. Belum yang adaptif memang, namun sudah cukup kerjanya membuat laju kendaraan konsisten di jalan tol, sehingga letih ketika menahan tekanan pedal gas bisa berkurang. Dari situ tinggal pengemudi tinggal pintar-pintar menjaga jarak kendaraan di depan, bisa dengan menginjak rem atau mengurang atau menambahkan laju lewat tombol di setir. 

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta SUV Kompak Paling Reasonable untuk Perjalanan Jauh 06

Mesin 1.5L 105 PS dengan torsi 144 Nm

Perusahaan membenamkan mesin 1.500 cc yang menyajikan tenaga 105 PS pada 6.300 rpm dan torsi puncak 144 Nm yang diraih pada putaran 4.500 rpm. Daya maksimumnya itu dikawinkan pada transmisi matic IVT yang diklaim lebih responsif ketimbang CVT biasa. Ada juga opsi manual 6-percepatan di varian selain Prime. 

Selanjutnya soal efisiensi bahan bakar si SUV Hyundai Creta. Kami impres dan bahagia dengan kinerja mobil baru yang irit BBM, terlebih ketika isu harga BBM dewasa ini lebih sensitif. Efisiensi bahan bakar Creta untuk dalam kota bisa mencapai 15 km/liter, sedangkan luar kota dapat tembus 19 km/liter. Tapi balik lagi tergantung gaya mengemudi ya.

Rekomendasi Mobil Keluarga 2022: Hyundai Creta SUV Kompak Paling Reasonable untuk Perjalanan Jauh 07

Ada drive mode, electric parking brake, dan Auto Hold

Kemudian karena segmentasinya untuk keluarga muda yang cenderung kritis dan banyak pertimbangan pembelian kendaraan baru, tak usah khawatir sebab Hyundai menawarkan garansi ganti mobil baru umpama Creta yang dimiliki mengalami kerusakan minimal 75 persen selama setahun pemakaian. 

Ada juga jaminan resale value Hyundai Creta. Pabrikan melalui jaringan penjualan menjamin harga jual kembali sebesar 70 persen dari harga pembelian, khusus program trade-in dengan mobil Hyundai apapun pada tahun ketiga kepemilikan. Singkatnya no worries harga jual kembali Hyundai Creta anjlok tajam di pasaran.

Baca juga : First Drive Hyundai Creta 2022: Coba Ini Dulu Sebelum Nyesel Beli Honda HR-V

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

Mobil Terbaru