Renault Duster 2022 Diluncurkan Tahun Ini, Ada Varian 7 Seaternya juga Lho!

Prasetyo · 23 Jun, 2021 18:03

Renault Duster 2022

Renault Duster 2022 bersiap untuk tiba di lantai dealer pada September tahun ini. Ada beberapa varian yang akan disodorkan, tentunya dengan sederet perubahan yang telah dilakukan.

Ini merupakan facelift pertama dari generasi kedua Duster. Tetapi pada Renault Duster facelift kali ini perubahannya cukup banyak. Baik dari sisi eksterior, interior, hingga ke teknologi yang diusungnya.

Renault Duster 2022

Ada banyak yang berubah dari model facelift ini

Punya nama lain Dacia Duster, SUV Compact yang berada satu kelas dengan Ford EcoSport dan Nissan Juke itu akan perdana melantai di Eropa. Bahkan video teaser dari mobil tersebut sudah disebar ke lini media sosial.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga : Renault Triber Raih 4 Bintang Uji Tabrak Global NCAP, Perlu Penyempurnaan Untuk Keselamatan Anak

Pakai Aksen Y-Shaped di Eksterior

Renault Duster 2022 akan menggunakan logo baru. Menurut perusahaan, logo ini memberi kesan "Kokoh dan Stabil" untuk mencerminkan "Pola pikir yang sederhana dan berseni".

Renault Duster 2022

Dacia Bigster Concept

Pertama kali logo ini menempel pada Dacia Bigster Concept, sebuah model SUV yang menggunakan platform CMF-B kolaborasi Renault-Nissan-Mitsubishi.

Dacia Duster terbaru nantinya juga akan pakai platform tersebut. Sehingga generasi ini tidak akan lagi berbagi platform dengan Kwid, Triber, dan Kiger. Dengan demikian, perusahaan mengklaim kalau Duster terbaru akan lebih menyenangkan untuk dikendarai.

Renault Duster 2022

Lampu depan pakai LED berbentuk Y

Menariknya, Renault Duster baru ini banyak menggunakan elemen berbentuk "Y". Misalnya lampu depan dan belakang yang pakai LED. Gril depan juga sedikit ada nuansa Y yang membuatnya terlihat lebih segar dibanding pendahulunya.

Baca juga : Renault Triber 2021 Andalkan Mesin 1.0 L Bertenaga 72 PS, Banderol Harganya Di Bawah Rp200 jutaan!

Pakai Gearbox Dual Clutch

Renault Duster 022 juga mendapatkan spoiler belakang baru. Velgnya tersedia dalam varian 16 inci dan 17 inci yang desainnya diklaim lebih aerodinamis dibanding velg sebelumnya. Kemudian bodinya juga ditambah satu varian warna yakni Arizona Orange.

Renault Duster 2022

Lampu belakang juga berbentuk Y

Di dalam, pada dasbor ada monitor 8 inci layar sentuh yang sudah support Android Auto, Apple CarPlay dan built-in navigation. Khusus untuk varian 4x4, di monitor ini juga terpampang indikator inclinometer, altimeter, compass, dan kebutuhan off-road lainnya.

Sedangkan untuk mesinnya, ada beberapa varian yang ditawarkan Dacia untuk pasar di Eropa. Yakni mesin bensin 999 cc berdaya 90 hp dengan torsi 160 Nm. Lalu ada mesin bensin 1.333 cc bertenaga 130 hp 240 Nm dan 150 hp 250 Nm. Terakhir ada juga pilihan mesin diesel 1.461 cc 115 hp dengan torsi 260 Nm.

Renault Duster 2022

Interior Renualt Duster terbaru

Kemudian ditawarkan pula sistem penggerak roda 4x2 dan 4x4. Untuk tipe 4x2 bensin tersedia dalam transmisi DCT (Dual Clutch Transmission) 6-speed. Sedangkan untuk varian mesin diesel dan semua tipe meisn berpenggerak roda 4x4 tersedia dengan transmisi manual 6 percepatan.

Baca juga : Tanpa Seremonial, New Renault Koleos Si Kembaran Nissan X-Trail Meluncur Seharga Rp 588 Juta

Disiapkan juga Varian 7 Seater

Dikutip dari Motoroid, Rabu (23/06/2021), Dacia juga sedang mempersiapkan Duster untuk versi 7 penumpang. Disebut-sebut namanya akan berubah jadi Grand Duster yang panjang bodinya diprediksi sekitar 4,6 meter. Dimensi ini sedikit mirip dengan Dacia Bigster Concept yang pernah dipajang.

Renault Duster 2022

Varian 7 seaternya punya dimensi lebih besar

Selain varian 7 seater, dengan model yang sama juga disebut-sebut akan ditawarkan versi 6 penumpang. Ini akan menjadi tipe yang lebih premium dari Grand Duster karena sudah menggunakan sistem jok baris kedua dengan model captain seat.

Namun belum diumumkan kapan Renault Duster 7 seater ini akan dirilis, demikian pula perkiraan harganya. Semoga saja berbarengan dengan peluncuran Renault Duster 2022 September mendatang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Renault Duster 1.5L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru