window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Renault Triber Raih 4 Bintang Uji Tabrak Global NCAP, Perlu Penyempurnaan Untuk Keselamatan Anak

Wilko · 4 Jun, 2021 13:00

 

Renault Triber Raih 4 Bintang Uji Tabrak Global NCAP, Perlu Penyempurnaan Untuk Keselamatan Anak 01

Renault Triber berhasil menerima penghargaan dari Global NCAP setelah menyelesaikan sesi uji tabrak dengan cukup sukses. Dalam uji coba yang berlangsung baru-baru ini, mobil pabrikan Prancis ini mendapatkan bintang 4 dalam kategori perlindungan penumpang dewasa dari Global NCAP.

Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) Renault ini mengumpulkan 11,62 poin dari 17 poin dalam hitungan Global NCAP, sehingga nyaris sempurna dalam urusan keselamatan penumpang dewasa. Mobil ini memberikan fitur pendukung keselamatan berupa sandaran kepala untuk pengemudi dan penumpang, airbag di berbagai titik serta seatbelt 3-titik untuk seluruh penumpang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Renault Triber Raih 4 Bintang Uji Tabrak Global NCAP, Perlu Penyempurnaan Untuk Keselamatan Anak 01

Selain itu, Triber juga memberi ruang gerak yang cukup seperti jarak tempat duduk dan lutut yang memadai dan jarak tubuh yang cukup memberikan ruang untuk mencegah benturan ketika mobil mengalami tabrakan.

Baca juga: Renault Triber 2021 Andalkan Mesin 1.0 L Bertenaga 72 PS, Banderol Harganya Di Bawah Rp200 jutaan!

Triber Dinilai Rendah untuk Keselamatan Anak

Meskipun meraih bintang 4 untuk dalam uji coba, tidak lantas membuat Triber tanpa kelemahan. Sebenarnya bodyshell MPV ini dinilai tidak stabil karena ia tidak mampu menahan beban lebih lanjut ketika tertimpa sesuatu. Namun area Footwell yang stabil mendukungnya dalam penilaian.

Berbeda dengan kategori keselamatan bagi penumpang dewasa, untuk perlindungan anak Triber ternyata tidak memberikan perlindungan maksimal. Ia hanya mendapat bintang tiga dengan 27 poin dari kemunginan 49 poin yang diberikan Global NCAP. 

Renault Triber Raih 4 Bintang Uji Tabrak Global NCAP, Perlu Penyempurnaan Untuk Keselamatan Anak 02

Dalam pengujian mereka menggunakan kursi anak usia 3 tahun dengan menggunakan seatbelt tiga titik untuk orang dewasa yang dikencangkan. Anak diletakan dalam posisi kursi anak menghadap ke depan (FWF) dan sebaliknya kursi anak menghadap kebelakang (RWF). 

Hasilnya fitur tersebut tidak mampu mengurangi gerakan maju yang berlebihan selama tumbukan, sehingga bisa membuat anak tersebut terpental. Karenanya, perlindungan untuk dada anak ini dinilai rendah, termasuk pelindung bagian kepalanya jika terjadi crash

Pengujian dilanjutkan dengan menempatkan kursi anak pada posisi RWF dengan menggunakan boneka uji berusia 18 bulan. Anak dengan ilustrasi boneka dilindungi dengan sabuk pengaman orang dewasa yang dikencangkan, sementara anak mendapat kursi tambahan di bagian belakang dan hasilnya cukup baik. Sayangnya Triber tidak menawarkan kaitan kursi anak ISOFIX pada mobilnya.

Baca juga: Perbandingan Harga Renault Triber Baru dan Bekas

Renault Triber Raih 4 Bintang Uji Tabrak Global NCAP, Perlu Penyempurnaan Untuk Keselamatan Anak 03

Dorong Renault Tingkatkan Keselamatan

President Global NCAP, David Ward mengaku sangat puas dengan hasil uji tabrak yang dilakukan karena mereka mecatatkan peningkatan yang baik sehingga perlu dikembangkan lebih jauh untuk hasil yang maksimal.

"Sangat memuaskan untuk mencatat peningkatan keselamatan Renault dengan hasil uji tabrak Triber Global NCAP. Kami akan mendorong mereka untuk melanjutkan kemajuan ini, dan mengejar peringkat bintang lima atau iemberikan pilihan paling aman bagi penumpang sebagai target masa depan,” tuturnya mengutip Autocar India, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Komparasi Spesifikasi Renault Triber Melawan Datsun Cross

Renault Triber Raih 4 Bintang Uji Tabrak Global NCAP, Perlu Penyempurnaan Untuk Keselamatan Anak 04

Mobil Standar Dalam Uji Tabrak Triber

Dalam uji coba tersebut, Renault Triber yang digunakan untuk putaran tes ini hadir dengan spesifikasi keselamatan paling dasar. Ini berarti model yang diuji dilengkapi dengan dua airbag, sistem pengingat sabuk pengaman dan sistem pengereman fitur Anti-Lock Braking System (ABS).

Renault Triber Raih 4 Bintang Uji Tabrak Global NCAP, Perlu Penyempurnaan Untuk Keselamatan Anak 05

Secara mekanis, Triber yang diuji dilengkapi dengan mesin bensin 1.0 liter, 3-silinder yang menghasilkan tenaga 72 PS. Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan. 

Rencana Masa Depan GNCAP

Ke depannya, pengujian Global NCAP akan semakin ketat karena akan memperkenalkan lebih banyak parameter pengujian untuk meningkatkan standar keselamatan mobil. Mulai tahun 2022, akan ada uji ESC (electronic stability control). Selain itu, mereka berencana untuk memasukkan teknologi keselamatan yang lebih aktif dalam protokol pengujiannya serta memperkenalkan peringkat tunggal pada tahun 2026. Artinya tidak ada pemisahan rating untuk dua kategori tersebut.

Baca juga : First Drive Singkat Renault Triber RXZ AMT: Harganya Tak Sesuai Ekspektasi

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Renault Triber RXE MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil