Renault Twizy Hadir di Indonesia, Terbatas Hanya 30 Unit

Indra Fathan · 17 Jan 2021 12:00

Ternyata, Renault juga menyiapkan beberapa mobil barunya untuk menghadapi persaingan pasar otomotif dalam negeri yang perlahan sedang pulih ini. Beberapa mobil baru yang sudah diketahui seperti mini SUV Kiger, mobil listrik Zoe, dan sebuah mobil listrik lagi tapi berukuran mungil bernama Twizy.

Menariknya, mobil ini juga dijual di situs e-commerce Tokopedia oleh Prestige Renault Indonesia, maklum sebagian saham Maxindo Renault Indonesia sebagai APM Renault juga dimiliki oleh Prestige Indonesia milik Rudy Salim. Selain itu, mobil ini dijual dengan stok sangat terbatas yaitu hanya 30 unit se-Indonesia.

Dalam deskripsi di situs tersebut, tertulis bahwa harga jual Twizy di Indonesia sebesar Rp 408 juta, namun jika Anda membeli mobil ini di Tokopedia, maka harganya turun Rp 18 juta menjadi Rp 390 juta saja, dan biaya pemesanan atau booking fee sebesar Rp 25 juta.

Dengan harga tersebut, Twizy - meski di Eropa masuk kategori quadricycle alias "sepeda motor beroda empat" - bisa dikatakan sebagai mobil listrik murni termurah di Indonesia, mengalahkan Hyundai Ioniq Electric tipe Prime yang harganya lebih mahal yaitu Rp 637 juta.

Aspek legalitas juga sangat diperhatikan, karena walau desainnya sangat unik untuk sebuah mobil, tetapi pemilik mobil ini juga akan mendapatkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan plat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang terpasang di bagian depan dan belakang mobil.

Karena mobilnya sangat mungil, maka Twizy hanya bisa dinaiki oleh dua orang dewasa dengan posisi sejajar seperti sepeda motor. Beberapa bagian yang lumrah ada di mobil kebanyakan tidak terpasang, seperti perangkat AC maupun kaca samping, meski desain pintu gunting menambah kesan futuristik.

Renault Twizy memiliki motor listrik yang mempunyai tenaga 17 hp dan torsi 57 Nm, serta kecepatan maksimal (top speed) yang diraih mobil ini hingga 80 km/jam. Dengan menggunakan transmisi otomatis dipadukan reduction gear, klaim akselerasi 0-60 km/jam dapat mencapai 6,1 detik.

Sedangkan, untuk pengecasan baterai mobil ini hanya membutuhkan waktu 2,5 jam dengan jarak tempuh 80 km, dan bisa dikoneksikan dengan soket rumahan 220 volt. Twizy tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Snow White, Diamond Black, dan Flame Orange.

 

 

Komentar