window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Resmi Meluncur, Honda City Hatchback RS 2021 Punya Tenaga Paling Kuat di Kelasnya!

Anissa · 4 Mar, 2021 15:00

Honda City Hatchback RS 2021

Kabar terbaru datang dari salah satu pabrikan mobil kenamaan asal Jepang, yakni Honda. PT. Honda Prospect Motor telah memperkenalkan Honda City Hatchback RS 2021 untuk pertama kalinya di Indonesia. Mobil ini sendiri diperkenalkan dalam acara peluncuran virtual yang ditayangkan melalui kanal YouTube hondaisme pada tanggal 3 Maret 2021, tepatnya pukul 19.00.

Pihak Honda sendiri menyatakan bahwa Honda City Hatchback RS 2021 diluncurkan dengan tujuan memperkuat eksistensi Honda dalam segmen hatchback yang sedang populer di kalangan anak muda. Honda City Hatchback RS sendiri memang hadir dengan tampilan sporty, fitur kekinian, dan mesin dengan keluaran tenaga yang cukup besar di kelasnya.

Honda City Hatchback RS 2021

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Varian RS untuk Honda City Hatchback ini memang memiliki karakter yang lebih sporty dibandingkan dengan varian yang lainnya. RS sendiri berasal dari kata "Road Sailing" dan merupakan pengembangan khusus yang menekankan karakter sporty dalam hal desain dan performanya. Dan kali ini, kita akan bahas tentang kelebihan dan kekurangan apa saja yang dimiliki oleh Honda City Hatchback RS.

Tentang Honda City Hatchback

Sebelum masuk ke dalam pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan apa saja yang dimiliki oleh Honda City Hatchback RS 2021, mari kita bahas sedikit terlebih dahulu tentang Honda City Hatchback secara umum. Honda City Hatchback sendiri awalnya hanya disebut sebagai Honda City. Mobil ini merupakan mobil dengan model sedan yang diproduksi oleh Honda sejak tahun 1981 untuk pasar otomotif Asia, dan pertama kali hadir dengan model 3 pintu.

Resmi Meluncur, Honda City Hatchback RS 2021 Punya Tenaga Paling Kuat di Kelasnya! 01

Generasi pertama dari Honda City diperkenalkan pada bulan November tahun 1981. Mobil ini sendiri sangat populer di pasar Jepang karena menghadirkan ruang kabin yang leluasa berkat pengaturan kursi yang baik.

Pada tahun 1986, generasi kedua dari Honda City kemudian diluncurkan. Generasi keduanya ini mendapatkan ubahan pada desain bodi yang menjadi lebih bulat. Honda City generasi kedua ini terus diproduksi hingga tahun 1994.

Kemudian, Honda City generasi ketiga diluncurkan pada tahun 1996. Generasi ketiganya ini hanya dirakit dan dipasarkan pada beberapa negara Asia saja, seperti Pakistan, Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina dan India.

Resmi Meluncur, Honda City Hatchback RS 2021 Punya Tenaga Paling Kuat di Kelasnya! 02

Honda City generasi ketiga ini kemudian mendapatkan facelift minor pada tahun 2000. Pada versi facelift ini, Honda City menggunakan mesin berkapasitas 1,5 liter VTEC. Mesinnya ini bisa membawa Honda City berakselerasi dari keadaan statis hingga kecepatan 100 km per jam dalam waktu yang cukup cepat, yakni 10 detik.

Generasi keempat dari Honda City pertama kali diluncurkan pada bulan November tahun 2002. Mobil yang satu ini memulai debutnya dalam ajang Thailand International Motor Expo 2002 dan menawarkan varian penggerak empat roda. Di Jepang sendiri, mobil ini dikenal dengan nama Honda Fit Aria.

Pada bulan September tahun 2005, Honda City generasi keempat mendapatkan facelift minor dan pertama kali diluncurkan di Thailand. Mobil ini mendapatkan perubahan pada bagian grille depan baru, head lamp dan fog lamp baru, serta lampu belakang dan bumper belakang baru. Setelah diluncurkan di Thailand, barulah mobil yang satu ini diluncurkan di Malaysia pada bulan Oktober tahun 2005, dan di Indonesia pada bulan November 2005.

Resmi Meluncur, Honda City Hatchback RS 2021 Punya Tenaga Paling Kuat di Kelasnya! 03

Selain perubahan yang disebutkan di atas, Honda City generasi keempat versi facelift ini juga memiliki kaca spion elektronik. Sedangkan untuk varian Honda City i-DSI dan VTEC sudah menggunakan velg aluminium 14 inci. Ada pula tambahan lainnya, seperti armrest bagi penumpang depan dan juga lampu baca.

Honda City yang dipasarkan di Thailand, Indonesia, Filipina, Pakistan, Singapura, dan Malaysia menggunakan transmisi CVT untuk semua varian. Transmisi CVT-nya ini menggunakan transmisi otomatis 7 percepatan dengan tiptronik yang dikendalikan menggunakan tombol paddle shift.

Untuk pasar Indonesia sendiri, hanya ada satu jenis mesin yang tersedia, yakni mesin berkapasitas 1,5 L dengan teknologi i-DSI atau VTEC. Varian mesin i-DSI bisa menghasilkan tenaga sebesar 87 PS pada putaran 5.700 rpm dengan torsi 128 Nm pada putaran 2.700 rpm. Sementara itu, varian mesin mesin VTEC diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 110 PS pada putaran mesin 5.800 rpm dan torsi mencapai 143 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.

Resmi Meluncur, Honda City Hatchback RS 2021 Punya Tenaga Paling Kuat di Kelasnya! 04

Generasi berikutnya dari Honda City diluncurkan di Bangkok, Thailand tanggal 10 September 2008. Setelah Bangkok, peluncuran Honda City ini juga dilakukan pada tanggal 25 September 2008 lalu di New Delhi, India, dan 18 Desember 2008 di Malaysia. Sementara itu, di Indonesia, Pakistan, dan Filipina sendiri, mobil ini diluncurkan pada bulan Januari tahun 2009.

Honda City yang satu ini tidak hanya dipasarkan di Asia, tetapi juga di beberapa negara di Eropa, Brazil, Meksiko, dan beberapa negara Amerika Latin lainnya pada bulan Agustus tahun 2009. Khusus untuk pasar Eropa, Honda menyematkan mesin 1,4 L VTEC pada Honda City. Sedangkan di Indonesia sendiri, Honda City menggunakan mesin 1,5 L i-VTEC yang menghasilkan tenaga 120 hp pada putaran 6.600 rpm, serta torsi mencapai 145 Nm 4.800 rpm, dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Resmi Meluncur, Honda City Hatchback RS 2021 Punya Tenaga Paling Kuat di Kelasnya! 05

Setelah itu, hadirlah Honda City generasi keenam yang merupakan sedan berbasis platform dari Honda Jazz generasi ketiga. Mobil yang satu ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013, tepatnya pada tanggal 25 November di India. Mobil ini kemudian masuk ke Indonesia pada bulan April tahun 2014, dan versi facelift dari Honda City generasi keenam ini diluncurkan di Tanah Air pada tanggal 16 Maret 2017.

Kelebihan Honda City Hatchback RS 2021

1. Desain Eksterior Atraktif

Pada bagian eksteriornya, Honda City Hatchback RS tampak atraktif dengan menerapkan cutting edge design yang menampilkan garis karakter yang kuat dan desain lampu terbaru. Honda sendiri sudah menyematkan Full LED headlights with LED Daytime Running Lights, LED Foglights, serta Rear Combil Lights with LED Light Bars pada mobil ini.

Honda City Hatchback RS 2021

Yang menarik dari Honda City Hatchback RS 2021 ini adalah adanya aerokit ekslusif yang hanya dimiliki varian RS, seperti Rear Bumper with Diffuser, Fog Garnish, serta Front Bumper Lower Mesh Grille. Kombinasi aerokit dan bumper yang disematkan pada Honda City Hatchback RS ini juga telah teruji memiliki tingkat aerodinamika yang baik.

2. Desain Interior Elegan dan Nyaman

Bagian interior Honda City Hatchback RS 2021 menggunakan bahasa desain "Ambitious Beauty". Karena itu, pada mobil yang satu ini, Honda berfokus menghadirkan kemudahan penggunaan, material berkualitas tinggi, serta keindahan desain.

Resmi Meluncur, Honda City Hatchback RS 2021 Punya Tenaga Paling Kuat di Kelasnya! 07

Kabin Honda City Hatchback RS menawarkan kenyamanan yang cukup baik berkat penggunaan material berkualitas tinggi. Selain itu, untuk menampilkan kesan elegan, tetapi tetap minimalis dan sederhana, bagian kabinnya ini dihiasi dengan aksen metalik pada bagian instrumennya. Dominasi warna hitam pada kabinnya dikombinasikan dengan aksen dan jahitan berwarna merah sehingga menekankan kesan sporty yang senada dengan bagian eksteriornya.

3. Fitur Keselamatan Mumpuni

Soal fitur memang tidak boleh ketinggalan. Honda City Hatchback RS sendiri sudah dibekali dengan berbagai fitur keselamatan yang cukup canggih. Dengan mengusung konsep "Safety for Everyone", mobil yang satu ini menghadirkan fitur yang dapat menjamin keamanan dan keselamatan semua penumpangnya ketika berkendara.

Honda City Hatchback RS 2021

Honda City Hatchback RS sendiri sudah dilengkapi dengan 6 buah airbags, dan masing-masing kursinya sudah memiliki Emergency Locking Retractor. Seluruh kursi penumpangnya juga sudah didesain untuk meminimalisir dampak benturan pada bagian leher dengan adanya penahan kepala. Bukan itu saja, Honda City Hatchback RS ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan kursi ISOFIX yang dapat memberikan pengamanan lebih untuk para penumpang anak-anak.

4. Tenaga Terbesar di Kelasnya

Mesin yang digendong Honda City Hatchback RS ini bisa menghasilkan tenaga yang cukup besar dan disebut sebagai yang terbesar di kelasnya. Mobil ini sendiri mengandalkan mesin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup dengan teknologi i-VTEC dan DBW.

Resmi Meluncur, Honda City Hatchback RS 2021 Punya Tenaga Paling Kuat di Kelasnya! 09

Di atas kertas, mesin yang digendong Honda City Hatchback RS 2021 ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 121 PS pada putaran mesin 6.600 rpm, dan torsi mencapai 145 Nm pada putaran mesin 4.300 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan dua pilihan transmisi, yakni tranmisi manual 6 percepatan, dan transmisi CVT.

Kekurangan Honda City Hatchback RS 2021

1. Mesin Belum Menggunakan Turbo

Honda City Hatchback RS 2021

Kendati sudah menghadirkan mesin yang dilengkapi dengan turbo untuk model lain seperti Honda Civic dan Honda CR-V, pihak Honda belum juga menyematkan mesin turbo pada Honda City Hatchback RS tersebut. Padahal, Honda City Hatchback yang sudah dipasarkan terlebih dahulu di Thailand memiliki mesin yang sudah dilengkapi dengan turbo. Kabarnya, hal ini dilakukan untuk menekan harga jual Honda City Hatchback RS di Indonesia agar sesuai dengan target pasarnya.

Kesimpulan

Kehadiran Honda City Hatchback RS ini memang mendapat sambutan yang cukup hangat dari para pecinta otomotif Tanah Air. Namun sama seperti mobil-mobil pada umumnya, Honda City Hatchback RS ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Resmi Meluncur, Honda City Hatchback RS 2021 Punya Tenaga Paling Kuat di Kelasnya! 11

Honda City Hatchback RS 2021 memiliki desain eksterior yang atraktif, desain interior yang nyaman dan elegan, serta fitur keselamatan yang mumpuni dan mesin dengan tenaga terbesar di kelasnya. Tetapi sayangnya, mesin yang digendong Honda City Hatchback RS tersebut masih belum dilengkapi turbo seperti yang terdapat pada model mobil yang sama di Thailand.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda City Hatchback RS 1.5 M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil