window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Resmi, Suzuki Indonesia Stop Jualan Karimun Wagon R!

Prasetyo · 20 Nov, 2021 09:51

Suzuki Karimun wagon R Discontinue

Kabar yang sempat kencang beredar akhirnya jadi kenyataan. Suzuki Karimun Wagon R menuntaskan tugasnya mengabdi di pasar otomotif Indonesia. Demikian keputusan yang baru saja diumumkan oleh pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Donny Saputra, 4W Marketing Director SIS mengungkapkan kepada wartawan kalau penjualan LCGC (Low Cost Green Car) dari Suzuki itu sudah disetop. Walau demikian SIS bukan berarti menghentikan produksi Suzuki Karimun Wagon R.

Suzuki Karimun Wagon R

Karimun Wagon R Blind Van yang juga jadi produk ekspor Suzuki

Sebab mobil mungil ini masih diminati jadi komoditi ekspor SIS ke sejumlah negara. Utamanya Pakistan yang begitu menyukai Karimun Wagon R buatan Indonesia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

SIS pun ditegaskan Donny, nantinya hanya menghentikan penjualan Karimun Wagon R untuk konsumen perseorangan (pribadi). Sementara produksi tetap dilakukan namun dengan target pemasaran ke luar negeri.

Baca juga : Nggak Cuma Anti Mainstream Ini Alasan Suzuki Karimun Wagon R Lebih Layak Dipilih dari Toyota Agya

Suzuki Indonesia Akan Beralih ke Era Elektrifikasi

Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki mngklaim sedang menyiapkan kendaraan elektrik untuk Indonesia

Dikutip dari Kompas.com, Donny menuturkan kalau ada alasan mengapa SIS membuat Suzuki Karimun Wagon R discontinued. Hal ini lantaran perusahaan sedang mempersiapkan diri menyongsong era elektrifikasi.

Hanya saja ia tidak menjelaskan apa model yang akan menggantikan Karimun Wagon R di segmen LCGC. Sehingga dengan keputusan ini, Suzuki tak lagi punya lini produk di kendaraan murah ramah lingkungan tersebut.

Suzuki Karimun Wagon R

Suzuki tak punya lagi model LCGC

Adapun merek lain yang mesih menjual LCGC adalah Honda Brio Satya, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Agya, dan Toyota Calya.

Baca juga : Penjualan LCGC September 2021 : Daihatsu Sigra Jawaranya, Honda Brio Satya Terjun Bebas

Suzuki Karimun Wagon R akan Diganti Suzuki S Presso?

Suzuki S Presso 2021

Pertanda S Presso segera dirilis?

Isu yang sebelumnya kencang beredar dari rencana Suzuki menghentikan penjualan Karimun Wagon R adalah adanya model baru. Produk ini digandang-gadang merupakan Suzuki S Presso yang begitu laris penjualannya di India.

S Presso pun juga sempat dikabarkan bakal debut di ajang GIIAS 2021, namun smapai hari ke 0 penyelenggarana pameran otomotif itu, tak satu unit pun dari Suzuki S Presso yang dipamerkan di booth Suzuki di ICE BSD City, Tangerang. Menanggapi isu ini, Donny juga belum mau berkomentar.

Suzuki Karimun Wagon R Diobral Sampai Stoknya Habis

Suzuki S Presso 2021

Karimun hilang, S Presso datang

Meskipun sudah ada pengumuman Suzuki Karimun Wagon R discontinue, namun rupanya model ini masih ada di situs resmi Suzuki Indonesia. Ada lima varian tipe Karimun wagon R yang masih dijajakan. Yakni tipe GL MT, GL AGS, GS MT, GS AGS, dan Blind Van.

Daftar Harga Suzuki Karimun Wagon R
Tipe Harga
Blind Van Rp134.500.000
GL M/T Rp137.700.000
GL AGS Rp147.000.000
GS M/T Rp146.300.000
GS AGS Rp155.200.000

Seluruh daftar harga itu merupakan yang tercantum di websitre Suzuki.co.id dan tertulis harga per November 2021. Besar kemungkinan kalau Suzuki hanya akan menghabiskan stok Karimun Wagon R sampai nantinya posisi mobil ini benar-benar digantikan oleh model baru.

Ketika hal ini kami coba telisik lebih jauh, beberapa tenaga penjual Suzuki pun mengakui kalau masih punya unit Karimun Wagon R. Dan menariknya, jika Anda berminat, maka ada diskon hingga Rp20 juta.

Hayo, siapa minat beli Suzuki Karimun Wagon R stok terakhir??

Baca juga : Suzuki S-Presso Vs Suzuki Karimun Wagon R, Spesifikasi Unggul Mana?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2020 Suzuki Karimun Wagon R MPV 7-Seater

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil