Review BMW X1: SUV Sporty Dengan Fitur Canggih

Anissa · 14 Agu, 2020 17:00

Review BMW X1: SUV Sporty Dengan Fitur Canggih 01

Setelah diperkenalkan secara global pada pertengahan tahun 2019 lalu, BMW X1 sDrive18i xLine 2020 langsung diboyong ke pasar otomotif Tanah Air. Mobil ini dirilis pada tanggal 1 November 2019 di De Luca Restaurant, Plaza Senayan, Jakarta.

Sebagai mobil Entry Level dari semua seri X di dunia, BMW X1 merupakan salah satu model yang paling diminati di Indonesia. Tidak heran, karena mobil SUV ini memiliki desain yang mewah dan berbagai fitur menarik.

Mobil Sport BMW X1 hanya tersedia dalam 1 varian saja, yakni mobil BMW X1 sDrive18i xLine. Harga BMW X1 berkisar sebesar Rp 850 jutaan. Ini merupakan mobil BMW terbaru dan terkini di tahun 2020. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

BMW X1 versi facelift ini akhirnya hadir menyapa publik setelah tiga tahun mengaspal. Berbagai ubahan yang dilakukan pada mobil ini meliputi perubahan eksterior, penyematan fitur teranyar, dan masih banyak lagi. Penasaran? Langsung saja kita simak review BMW X1 sDrive18i xLine 2020 berikut ini.

Harga

Di Indonesia, hanya ada satu varian BMW X1 generasi terbaru yang dipasarkan, yaitu model BMW X1 sDrive18i xLine. Mobil SUV dengan kapasitas penumpang 5 orang ini dibanderol dengan harga Rp739 jutaan.

Spesifikasi

Dimensi BMW X1 sDrive18i xLine 2020
Panjang 4.439 mm
Lebar 2.060 mm
Tinggi 1.612 mm
Wheelbase 2.670 mm
Mesin BMW X1 sDrive18i xLine 2020
Tipe Mesin 3 Silinder BMW Twin Power Turbo
Kapasitas 1,5 Liter (1.499 cc)
Power Output 140 PS / 4.600-6.500 rpm
Torsi 220 Nm / 1.480-4.200 rpm
Transmisi Otomatis 7 Percepatan DCT
Sistem Penggerak Front Wheel Drive
Kapasitas Tangki 51 Liter
Bahan Bakar Bensin
Kaki-kaki BMW X1 sDrive18i xLine 2020
Ukuran Ban 225/55 R18
Material Alloy Wheels
Suspensi dan Rem BMW X1 sDrive18i xLine 2020
Suspensi Depan Spring Strut
Suspensi Belakang Multi-arm
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Ventilated Disc

Banyak pecinta mobil BMW yang tidak rela ketika BMW pertama kali menyatakan akan memproduksi mobil SUV. Pasalnya, para penggemarnya tersebut tidak rela jika citra BMW yang sangat identik dengan mobil sport mewah kemudian menjadi luntur karena memproduksi mobil SUV.

Review BMW X1: SUV Sporty Dengan Fitur Canggih 01

Produsen mobil asal Jerman ini baru mempertimbangkan untuk memproduksi mobil SUV dengan mereknya sendiri setelah mengakuisisi Range Rover pada tahun 1994 silam. Meskipun pada akhirnya kepemilikan atas Range Rover ini kembali dilepaskan oleh BMW, pihak BMW telah memiliki cukup pengetahuan, pengalaman, serta teknologi untuk membuat SUV-nya sendiri. Akhirnya, Seri X BMW pun muncul, dan BMW X1 merupakan salah satu model andalannya.

Eksterior

Pada eksterior BMW X1 sDrive18i xLine 2020 terdapat desain kidney grille baru yang lebih lebar. Lampu depannya juga menggunakan desain baru yang lebih besar dan dilengkapi fitur adaptif yang menawarkan visibilitas yang lebih baik di malam hari.

Review BMW X1: SUV Sporty Dengan Fitur Canggih 02

BMW menghadirkan foglamp dengan desain persegi panjang pada bagian bumper bawah. Di bagian depannya, disematkan lubang udara yang berfungsi untuk mengalirkan angin pada ban dan mendinginkan sistem pengereman. Sementara itu, pada sisi kiri bawah mobil, ada pula lubang udara yang membantu mendinginkan intercooler oli. Untuk menjaga aerodinamika berkendara, bagian kanannya dibuat tertutup.

Pada bagian samping, kemewahan mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020 masih terasa. Ada perubahan pada bagian side skirt yang dibuat menyerupai foot step untuk tampilan yang lebih sporty. Sedangkan di bagian belakangnya, lampu belakang dari mobil ini dibuat lebih besar dan mengarah ke samping, sejalan dengan konsep desain BMW yang baru.

Konsumen bisa dengan mudah membuka bagasi hanya dengan menggerakkan kaki dekat bumper berkat adanya fitur BMW Comfort Access. Di bagian bawah eksterior belakangnya, BMW X1 sDrive18i xLine 2020 menempatkan skid plate berwarna silver serta pipa knalpot yang dibuat lebih lebar.

Review BMW X1: SUV Sporty Dengan Fitur Canggih 03

Untuk pilihan warnanya sendiri, BMW X1 sDrive18i xLine 2020 memiliki pilihan warna yang cukup beragam. Pilihan warna tersebut di antaranya Black, Black Sapphire, Alpine White, Mineral Grey, Mineral White, Glacier Silver, Sparkling Brown, dan Sparkling Storm Brillant Effect Metallic.

Interior

Mobil pabrikan BMW memang identik dengan kemewahan, baik pada eksteriornya, maupun interiornya. Di bagian kabin, kesan mewah didapat berkat penggunaan desain kursi berlapis kulit serta material soft-touch. Kursi pengemudi memiliki pengaturan yang berfungsi untuk menopang paha dan memberikan kenyamanan yang lebih sehingga pengemudi tidak mudah lelah.

Review BMW X1: SUV Sporty Dengan Fitur Canggih 04

Pengaturan kursi tersebut juga bisa disimpan berkat adanya sistem pengaturan kursi elektrik dengan fitur memori. Kabin yang cukup luas memungkinkan penumpang di baris kedua mendapatkan headroom dan legroom yang leluasa, bahkan ketika kursi di depan dimundurkan. Mobil ini sendiri bisa menampung hingga 5 orang penumpang.

Tidak hanya kursinya, bagian setir mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020 ini juga berlapis kulit sehingga lebih nyaman digenggam. Setir yang multi fungsi ini akan memudahkan pengamudi mengakses berbagai fitur ketika berkendara.

Kelebihan lain dari setir BMW X1 sDrive18i xLine 2020 adalah fungsi tilt-telescopic yang memungkinkan pengemudi mengatur posisi berkendara yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. BMW juga menyatakan bahwa mobil ini telah dilengkapi fitur M-Steering untuk handling yang lebih responsif.

Review BMW X1: SUV Sporty Dengan Fitur Canggih 05

Dashboard yang juga dilapisi material soft-touch menggunakan bahasa desain yang ergonomis dan driver oriented. Pada dashboard ini telah disematkan sistem infotainment layar sentuh 8,8 inci. Salah satu pembaruan yang ada pada bagian ini ialah tuas transmisi di konsol tengah yang sekarang menggunakan joystick.

Bagasi pada mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020 dibuat rata lantai. Tetapi bagi para konsumen yang membutuhkan ruang bagasi yang lebih besar, lantai bagasi bisa dibuka untuk mendapatkan ruang tambahan. Kursi di baris kedua pun bisa dimajukan dengan pengaturan kursi elektrik untuk menambah ruang bagasi. Hal ini tentu membuat mobil pabrikan Jerman ini sangat fleksibel.

Fitur

Walaupun BMW X1 merupakan model entry level dari seri X BMW, tetapi mobil ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang menjamin kenyamanan dan keselamatan berkendara para konsumennya. Salah satu fitur yang membedakan mobil ini dengan para pesaingnya adalah fitur Apple CarPlay wireless, yang menawarkan kompatibilitas tanpa harus menyambungkannya dengan kabel.

Selain itu, ada pula berbagai fitur yang mendukung kemudahan pengguna, seperti sistem keyless entry, pengaturan kursi elektrik, power socket 12V untuk penumpang di barisan belakang, serta panoramic glass roof yang baru. Tidak hanya itu, BMW X1 sDrive18i xLine 2020 ini juga dilengkapi dengan kamera belakang dan Park Distance Control (PDC).

Review BMW X1: SUV Sporty Dengan Fitur Canggih 06

Fitur suspensi adaptif yang digunakan pada mobil ini juga bisa menambah kenyamanan berkendara. Sistem ini akan secara otomatis menyesuaikan diri dengan kondisi berkendara kita. Suspensi akan menjadi lembut ketika kita melewati jalan bergelombang dan mengeras ketika kita berkendara dengan kecepatan tinggi.

Untuk sistem keselamatan standarnya, terdapat Side Airbags dan Front Airbags di bagian depan, Head Airbags untuk semua penumpang, three-point seatbelt dengan Tensioner dan Belt Force Limiter, serta ISOFIX untuk penumpang anak-anak. Selain itu, ada pula sistem keselamatan lainnya, seperti Dynamic Stability Control DSC), Automatic Stability Control (ASC), Dynamic Brake Control (DBC), Dynamic Traction Control (DTC), serta Multi Collision Brake.

Performa Berkendara

Jika melihat bagian mesinnya, pada BMW X1 sDrive18i xLine 2020 mesin yang digunakan masih sama dengan model sebelumnya. Mesin tersebut ialah mesin 3 silinder BMW Twin Turbo Power berkapasitas 1,5 liter. Mesin ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 140 PS pada putaran mesin 4.600-6.500 rpm dan torsi 220 Nm pada putaran 1.480-4.200 rpm.

Review BMW X1: SUV Sporty Dengan Fitur Canggih 07

Tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh mesin mobil ini disalurkan ke roda depan dengan mengandalkan sistem transmisi yang baru, yakni transmisi otomatis 7 percepatan dengan DCT atau kopling ganda. Konfigurasi mesin ini bisa membawa mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2020 melesat hingga kecepatan maksimal 201km/jam. Kecepatan ini memang tidak terlalu tinggi lantaran dibatasi oleh limiter elektronik.

Pengaturan mesin barunya ini dinilai bisa mendorong efisiensi bahan bakar BMW X1 sDrive18i xLine 2020 menjadi cukup tinggi. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi mobil SUV, karena kebanyakan dikendarai di kota besar dengan tingkat kemacetan yang tinggi.

Video

Kesimpulan

Sebagai salah satu mobil pabrikan Eropa, BMW memang sukses menghadirkan desain eksterior yang menawan dan penuh dengan kesan mewah. Meskipun mesinnya masih sama, ada peningkatan pada tenaga yang dihasilkan. Selain itu, sebagai sebuah mobil SUV, kabin yang leluasa serta bagasi yang luas menjadi salah satu kelebihan utama dari mobil ini.

Sayangnya, di Indonesia hanya tersedia satu varian dari mobil ini. Dan demi menjaga harga jual agar tetap terjangkau, ada beberapa fitur asli yang dihilangkan dari mobil generasi baru ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 BMW X1 sDrive18i

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru