window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Daihatsu Sigra: LCGC 7-Seater Termurah di Indonesia

Derry · 24 Mei, 2020 15:00

Seiring harga LMPV yang semakin mahal, LCGC 7-Seater jadi opsi menarik untuk sebuah kendaraan keluarga yang terjangkau. Dipelopori Datsun GO+ yang memiliki format 5+2, Astra Group menghadirkan dua LCGC 7-Seater, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, yang kini mendominasi segmen entry level di Indonesia.

Khusus untuk Daihatsu Sigra, LCGC 7-Seater jagoan Astra Daihatsu Motor ini hadir dengan platform yang sama dengan Calya, saudaranya dari Toyota. Daihatsu Sigra memiliki total 10 tipe. Harga Daihatsu Sigra berkisar dari Rp 119,5 juta hingga Rp 162 jutaan. Mobil Daihatsu Sigra memiliki 4 tipe matic. Harga Daihatsu Sigra matic berkisar dari Rp 152 juta hingga Rp 162 jutaan. Tipe Daihatsu Sigra yang terendah dibanderol dengan biaya yang tak sampai Rp 120 juta, yakni 1.0 D M/T.

Daftar Harga Daihatsu Sigra

Tipe  Harga
Daihatsu Sigra 1.0 D MT MC Rp119,500,000
Daihatsu Sigra 1.0 M MT MC Rp129,900,000
Daihatsu Sigra 1.2 X MT MC Rp139,250,000
Daihatsu Sigra 1.2 X MT DLX MC Rp144,750,000
Daihatsu Sigra 1.2 X AT MC  Rp152,050,000
Daihatsu Sigra 1.2 X AT DLX MC Rp157,550,000
Daihatsu Sigra 1.2 R MT MC Rp145,650,000
Daihatsu Sigra 1.2 R MT DLX MC Rp149,950,000
Daihatsu Sigra 1.2 R AT MC Rp158,450,000
Daihatsu Sigra 1.2 R AT DLX MC  Rp162,250,000

Spesifikasi

Mesin Daihatsu Sigra
Tipe Mesin 1KR-VE, DOHC VVT-i (1.0), 3NR-VE DOHC Dual VVT-i (1,2)
Kapasitas Silinder 998 cc (1.0), 1.197 cc (1,2)
Tenaga Maksimal 66 HP @ 6.000 rpm (1.0), 87 HP @ 6.000 rpm (1,2)
Torsi Maksimal 89 Nm @ 4.400 rpm (1.0), 108 Nm @ 4.200 rpm (1,2)
Akselerasi 0-100 km/jam 12,8 detik (Sigra R Deluxe M/T)
Konsumsi bahan bakar 14 km/liter (Sigra R Deluxe M/T)
Transmisi Manual 5-percepatan (all variants), Otomatis 4-percepatan (Hanya varian X dan R)
Sistem Penggerak Front-wheel Drive
Dimensi Daihatsu Sigra
Dimensi (PxLxT) 4.110 mm x 1.655 mm x 1.600 mm
Wheelbase 2.525 mm
Radius Putar 4,5 m
Kaki-kaki dan Suspensi Daihatsu Sigra
Suspensi Depan/Belakang MacPherson Strut / Semi Independent Torsion Axle Beam
Rem Depan/Belakang Ventilated Disc Brake / Drum, Leading - Trailing / Mekanis pada Roda Belakang
Pelek R13 Steel (D), R14 Steel with wheelcap (M & X), R14 Dual-tone Polished Alloy (R)
Ukuran Ban 155/80 R13 & 175/65 R14

Mobil Daihatsu Sigra sendiri diperkenalkan untuk pertama kalinya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2016. Mobil Daihatsu Sigra juga menjadi alternatif dari LMPV Xenia dengan harga jauh lebih murah, dan langsung menggebrak pasar Low Cost Green Car (LCGC) bersama kembarannya, Toyota Calya

Review Daihatsu Sigra: LCGC 7-Seater Termurah di Indonesia 01

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Daihatsu Sigra hadir dalam dua pilihan mesin, 1.000 cc dan 1.200 cc, yang terbagi menjadi enam varian. Yakni 1.0 D, 1.0 M, 1.2 X, 1.2 X Deluxe, 1.2 R dan 1.2 R Deluxe, dengan mesin 1.0 hanya memiliki pilihan transmisi manual 5-percepatan.

Setelah tiga tahun dijual, mobil Daihatsu Sigra, bersama dengan Toyota Calya mendapatkan facelift pada 16 September 2019. Beberapa ubahan pada model facelift ada di bumper depan baru, garnish plat belakang yang dibuat lebih panjang, lampu LED, tambahan tempat penyimpanan di bawah persneling gigi, dan kaca spion elektrik di beberapa varian.

Eksterior

Dibanding model pre-facelift, ubahan mobil Daihatsu Sigra Facelift secara kosmetik cukup signifikan. Dimulai dari sisi depan, aura dinamis terlihat dari lekuk tiga dimensi fascia depan yang terdiri dari dua grille berbentuk trapesium yang diberi sinishing hitam, fog lamp yang dibalut panel black gloss berdesain vertikal asimetris, aksen garnish chrome yang jadi tempat peletakan emblem logo di upper grille, serta penggunaan LED Headlamp dengan desain pipih yang terkenal hemat energi dengan pencahayaan prima.

Daihatsu Sigra 2020 depan

Sekilas, bagian samping mobil Daihatsu Sigra facelift tidak terlihat ada ubahan signifikan. Namun jika diteliti lagi, Anda bisa menemukan banyak detail yang dihadirkan mobil Daihatsu. Contohnya pada varian tertinggi 1.2 R Deluxe A/T, yang memakai pelek baru ukuran 14 inci dengan desain two-tone, selain itu hadir juga mudflap dan side body moulding sewarna body.

Daihatsu Sigra facelift samping

Naik ke bagian atas, mobil Daihatsu Sigra facelift mendapatkan finishing chrome di sepanjang beltline, dengan pillar B dan C diberi finishing blackout. Dan untuk varian X, kaca spion mobil Daihatsu Sigra kini dilengkapi turn lamp dan bisa diatur secara elektrik dan retractable.

Daihatsu Sigra facelift belakang

Beralih ke belakang, ubahan paling mencolok terdapat pada bagian back door garnish yang diberi aksen chrome. Lampu belakangnya juga sudah diberi Smoke Lamp & Lens Garnish yang memberi kesan mewah. Untuk kesan sporty, bagian mufflernya ditambahkan muffler cutter, Rear Spoiler dan Auto Rear Wiper juga tak lupa disisipkan untuk varian tertinggi.

Interior

Masuk ke dalam, kita tidak menemukan ubahan pada interior Daihatsu Sigra mobil Facelift tidak berlebihan, namun di situlah poin positifnya. Layout Dashboard dan model lingkar kemudi tidak direvisi, Daihatsu hanya bermain di pemilihan format warna interior, yang kini dibuat two-tone, (Dark & Light Grey), yang memberikan kesan bersih dan modern.

Dashboard Daihatsu Sigra facelift

Tapi jika kita melihat di konsol tengah, tentu kita menemukan beberapa ubahan signifikan. Salah satunya head unit untuk varian R dan R Deluxe yang sudah menggunakan head unit layar sentuh yang dilengkapi fitur Bluetooth, FM Radio, dan USB. 

Head unit Daihatsu Sigra R

Kenop pengaturan AC juga hadir dengan desain yang lebih ergonomis, selain itu hadir juga slot penyimpanan smartphone di bawah kenop AC, dan shift lever dengan iluminasi baru. Selebihnya, semuanya masih sama dari model pre-facelift.

Mobil Daihatsu Sigra facelift masih mempertahankan format jok yang dipakai di model pre-facelift, ubahan di sisi kursi paling hanya warna material jok yang dipakai, kini dengan warna grey.

Kenop AC Daihatsu Sigra

Selain itu, untuk jok baris kedua dan ketiga sudah tersedia headrest adjustable (untuk varian R dan R Deluxe), dengan akses menuju baris ketiga masih memakai format One-touch Tumble. Kapasitas bagasinya masih sama seperti sebelumnya, yakni 263 liter dengan kursi baris ketiga berdiri tegak.

Sayang, AC Double Blower belum tersedia di mobil Daihatsu Sigra facelift. Daihatsu masih mengandalkan sistem Sistem pendingin Rear Air Circulation dari model pre-facelift. 

Fitur Keamanan

Meski hadir dengan harga yang cukup miring, mobill Daihatsu Sigra facelift hadir dengan fitur keamanan yang lumayan di segmennya. Dibangun di atas platform Total Advance Function, rangka body mobil Daihatsu Sigra cukup kuat untuk menahan tumbukan dari depan dan samping (Side Impact Beam).

Daihatsu Sigra safety features

Selain itu, hadir juga fitur keamanan pasif seperti Dual-SRS Airbags (mulai dari tipe X), dan Front Seat Belt with Pretensioner and Force Limiter (mulai dari tipe X). Untuk pengereman, hadir Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD), yang cuma tersedia untuk varian AT.

Untuk memudahkan proses parkir mobil, hadir Rear-parking Sensor (mulai varian M), dan kamera parkir (untuk varian R dan R Deluxe), dan juga Front-Corner Sensor (varian R Deluxe). Keamanan mobil juga semakin terjaga dengan hadirnya fitur Immobilizer with Remote, yang tersedia mulai varian M.

Mesin

Mesin Daihatsu Sigra

Mobil Daihatsu Sigra hadir dalam dua pilihan mesin. Yang pertama 3-silinder 1.000 cc VVT-i berkode 1KR-VE yang dipakai di varian D dan M, mesin ini menghasilkan tenaga 66 HP yang didapat di 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 89 Nm pada 4.400 rpm, dengan manual 5-percepatan jadi pilihan transmisi yang tersedia.

Untuk varian yang lebih tinggi, hadir mesin 4-silinder 1.200 cc Dual VVT-i berkode 3NR-VE yang dipakai di varian X dan R. Mesin ini memiliki tenaga 87 HP di 6.000 rpm, dan torsi puncak 108 Nm di 4.200 rpm, transmisi otomatis 4-percepatan hadir sebagai opsi selain manual 5-percepatan.

Performa dan Handling

Dengan kapasitas mesin yang tidak bisa dibilang besar, mobil Daihatsu Sigra tidak begitu baik dalam akselerasi, yang mana harus menempuh waktu 0-100 km/jam dalam waktu 12,8 detik dengan tipe Daihatsu Sigra R Deluxe M/T.

Daihatsu Sigra test drive

Namun, kekurangan tersebut teratasi dengan karakteristik mesin yang responsif, meski butuh waktu beberapa waktu karena putaran bawah yang underpower.

Daihatsu masih mempertahankan kombinasi suspensi depan macpherson strut dan belakang independent torsion axle beam. Namun, per belakang diganti dengan yang lebih kuat agar tidak ambles saat ditumpangi tujuh penumpang.

Ubahan tersebut membuat suspensi terasa lebih rigid di jalanan dengan permukaan aspal, tidak ada gejala mantul-mantul karena terlalu empuk yang memberi kepercayaan diri lebih saat bermanuver. 

Konsumsi Bahan Bakar

Saat peluncurannya, mobil Daihatsu Sigra diklaim dapat menempuh 20 km/liter. Namun, karena kondisi jalan yang beragam, konsumsi bahan bakarnya menjadi sangat relatif.

MID Daihatsu Sigra

Mengacu pada salah satu tes dengan mobil Daihatsu Sigra R Deluxe M/T untuk penggunaan dalam kota selama 200 km. Konsumsi BBM nya mencatatkan angka 14 km/liter, namun hal ini tergantung pada gaya berkendara dan kondisi jalanan yang dilewati.

Video

Pros and Cons Daihatsu Sigra

Pros And Cons Daihatsu Sigra
Pros Cons
Fitur Keselamatan Lengkap Minim Fitur
Ruang Kabin Praktis Dan Nyaman Kualitas Material Tak Istimewa
Satu-satunya LCGC Berpenumpang-7 Yang Menawarkan Pilihan Mesin 1,0 liter Di Indonesia Sandaran kepala menyatu jok
Dibekali Sistem Multimedia Layar Sentuh Penuh 7-penumpang Dewasa, Kaki-kaki Sigra Sering Amblas 

Kesimpulan

Mobil Daihatsu Sigra merupakan pilihan menarik untuk Anda yang sedang mencari sebuah LCGC 7-Seater murah, tapi apakah harga murahnya sebanding dengan performa dan fitur yang didapat?

Kami sarankan untuk mengambil mobil Daihatsu Sigra varian X atau R, karena performa serta fitur yang didapat sudah cukup sepadan dengan harga yang harus Anda keluarkan.

Derry

Sangat terobsesi dengan motorsport, penyuka mobil performa tinggi, khususnya dari Jerman.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil