window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing

Bent Aulia · 11 Agu, 2020 18:00

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 01

Dikenal juga dengan nama All New Honda Accord, sedan legendaris Honda ini sudah memasuki generasi kesepuluh. Desainnya yang sporty didukung sistem Honda Sensing berhasil memberikan rasa berkendara yang menyenangkan serta praktis untuk berkendara bersama keluarga di jalanan perkotaan.

Harga

Mobil Honda Accord hanya tersedia dalam 1 varian. Harga mobil Honda Accord dibanderol dengan biaya sebesar Rp 729 jutaan. Ini merupakan harga mobil Honda Accord. di tahun 2020.

Model Harga
All New Honda Accord Rp729.600.000

Spesifikasi

Mesin
Tipe Mesin 1.5T 4-silinder segaris 16 katub VTEC Turbo + DBW
Kapasitas Silinder 1.498 cc
Tenaga Maksimal 190 PS @ 5.500 rpm
Torsi Maksimal 260 Nm @ 1.600-5.000 rpm
Transmisi CVT with Earth Dream Technology
Sistem Penggerak Rear-wheel drive
Dimensi
P x L x T 4.894 x 1.862 x 1.450 mm
Wheelbase 2.830 mm
Jarak Pijak Depan 1.591 mm
Jarak Pijak Belakang 1.603 mm
Ground Clearance 140 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Multi-link
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Solid Disc
Ukuran Ban 235/45 R18
Velg 18 inci alloy

Sejarah

Sejarah mobil Honda Accord sendiri sudah dimulai sejak tahun 1976. Sejak diluncurkannya generasi pertama, mobil Honda Accord telah mencatat penjualan lebih dari 18 juta di lebih dari 160 negara. Bahkan mobil sedan Accord mendapatkan lebih dari 150 penghargaan bergengsi dari seluruh dunia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 01

Generasi pertama New Accord langsung masuk ke Indonesia dua tahun setelahnya dengan tampilan yang klasik. Dua lampu depan bulat dengan bumper yang maju membuatnya tampak antik. Ubahannya dari masa ke masa dibuat semakin besar serta menambahkan berbagai teknologi terbaru milik Honda.

Awalnya menggunakan mesin CVCC 1.6L dengan lulus dengan keluaran 69 PS diganti dengan mesin 1.8L dengan tenaga yang lebih besar, yaitu 76 PS. Generasi kedua Accord di Indonesia bahkan sudah mendapatkan mesin berkode SE3 A20A2.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 02

Pengembangan teknologi dan fitur terus diberikan kepada Accord. Seperti pada generasi kelima yang sudah dibekali mesin 2.2L DOHC VTEC. Generasi keenam bahkan mengandalkan teknologi Electronic Power Steering (EPS) serta Vehicle Stability Assist System (VSA).

Dari generasi ke generasi, Accord mendapatkan berbagai peningkatan fitur terbaru dari Honda. Bahkan generasi kesembilan mengandalkan lampu depan LED denan proyektor, Tailgate Electric Button, sensor parkir, serta Smart Key System.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 03

Accord terbaru yang dipasarkan di Indonesia merupakan bagian dari generasi kesepuluh yang meluncur pada bulan Juli 2019 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show. Intip review Honda Accord 2020 yang hanya ditawarkan dalam satu varian ini.

Eksterior

Honda Accord selalu dikaitkan dengan sedan premium dengan model yang menawan dan tampilan eksterior yang sporty. Desainnya tetap agresif layaknya generasi sebelumnya ditambah dengan lampu depan berteknologi LED pipih layaknya Honda Civic Turbo.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 04

Fasia depan dibuat lebih agresif dan modern dengan desain grille berkelir panel hitam serta sedikit aksen chrome. Lekukan kap mesin dibuat lebih tegas. Beralih ke bawah, asupan udara pada bumper bawahnya dibuat besar untuk mengisi udara pada mesin dengan lampu kabut dibuat pipih.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 05

Tampilan samping mobil Honda Accord mengandalkan desain fastback, dimana siluet dibuat melandai dari pilar A hingga pintu bagasi di bawah. Masih berbentuk three-box, pilar C hingga pintu belakang dibuat lebih kekar dengan kaca belakang lebih melandai.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 06

Dari masa ke masa, mobil sedan Honda Accord dibuat lebih besar hingga generasi kesepuluh lebih panjang 55 mm dibandingkan generasi sebelumnya. Terdapat aksen chrome yang menghiasi area atap mobil serta lekukan pada bagian samping mobil.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 07

Aliran desain yang sensual dari garis bahu hingga taillight mempercantik tampilan belakangnya. Sedangkan lampu depan sudah menggunakan teknolgi LED dengan format C-shaped. Ada dual-exhaust yang mempertegas tampilan sporty pada Accord pada bagian bawah.

Interior

Kesan premium mengalir dari luar hingga interior mobil Honda terbaru mobil Honda Accord. Lihat saja dashboard serta door trim dengan material soft touch menambah kenyamanan di dalam mobil. Belum lagi dengan pengaturan kursi dan tombol pada dashboard dan konsol tengah yang ergonomis.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 08

Di dalam, mobil sedan Accord 2020 sudah mendapatkan head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang dilengkapi Wireless Charger Console beserta USB Port pada konsol depan. Tak ketinggalan paket audio yang terdiri atas 10 speaker berkakuatan 452 watt menjadi bagian dari fitur kenyamanan selama berkendara.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 09

Genggaman pada setir mobil sedan Honda Accord terasa lembut dan kokoh dengan setir palang tiga khas Honda. Fitur di dalamnya cukup lengkap, termasuk tombol multifungsi hingga paddle shift. Di depan setir, terdapat kluster instrument dengan layar 7 inci.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 10

Kenyamanan di dalam kabin mobil Honda Accord semakin terasa dengan desain kursi yang menawan dengan lapisan kulit. Di depan, pengaturan kursi elektrik bisa disetelah 12 arah. Termasuk dengan sistem pengaturan lumar support guna memberikan kenyamanan bagi pengemudi.

Beralih ke belakang, ruang kaki yang ditawarkan cukup baik dimana penumpang belakang sudah mendapatkan rear AC ventilation. Armrest bisa dibuka pada bagian tengah baris kedua. Jok belakang juga dibuat lebih rebah sehingga menghadirkan ruang kepala yang lebih baik karena atap yang dibuat lebih melandai.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 11

Dengan dimensinya yang cukup besar, ukuran bagasi di belakang mampu menampung hingga dua tas berukuran besar. Tentu saja ukuran bagasi tidak bisa disamakan dengan mobil MPV maupun SUV. Tapi untuk sedan berukuran besar, ruang penyimpanan belakang milik New Accord cukup menawan untuk meletakkan barang.

Fitur Keamanan

Tak ada yang perlu diragukan dari sedan besar milik Honda ini. Dibandingkan mobil keluaran Honda lainnya serta pesaingnya, mobil Honda Accord dilengkapi dengan Honda Sensing. Sistem ini merupakan teknologi lanjutan yang menaungi berbagai fitur keselamatan aktif terbaru milik Honda.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 12

Honda Sensing menjadi teknologi paling baru yang ditanamkan pada Honda Accord. Fitur keselamatannya sudah lengkap, mulai dari bantuan berkendara hingga fitur lain untuk mempermudah pengendaraan di semua kondisi jalan.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 13

Honda Sensing pada New Accord meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS) yang sudah terintegrasi dengan Forward Collision Warning (FCW), Land Departure Warning (LDW), serta Adaptive Cruise Control (ACC) yang sudah terintegrasi dengan Low Speed Follow (LSF) dan Auto-High Beam.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 14

6 airbag sudah tersebar di dalam kabin mobil Honda Accord. Tak ketinggalan sabuk pengaman sudah mendapatkan teknologi pretensioner dengan load limiter yang akan menjaga pengemudi dan penumpang mendapatkan cedera yang lebih parah ketika terjadi tabrakan.

Mesin

Dibandingkan pendahulunya yang menggunakan mesin 2.4L, mesin mobil Honda Accord generasi kesepuluh saat ini menggunakan versi 1.5T 4-silinder segaris 16 katup bertenaga turbo dengan teknologi VTEC serta DBW khas Honda.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 15

Mesin Honda Accord berkapasitas 1.498 cc ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 190 PS pada putaran 5.500 rpm serta torsi maksimal yang cukup besar, yaitu 260 Nm dalam rentang 1.600 rpm hingga 5.000 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT dengan teknologi Earth Dream dari Honda.

New sedan Accord tak ketinggalan menggunakan sistem suplai bahan bakar PGM -FI (Programmed Fuel Injection) injeksi langsung yang lumrah ditemukan pada mobil pabrikan Honda. Teknologi ini beserta kapasitas mesin yang lebih kecil sangat mempengaruhi efisiensi mesin sehingga konsumsi bbm bisa lebih irit.

Performa & Handling

Mobil Honda Accord dikenal memiliki performa serta handling yang menyenangkan untuk dibawa. Belum lagi berbagai fitur canggih pada Honda Sensing memberikan rasa berkendara yang rileks karena sebagian pengendaraan sudah dibantu.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 16

Salah satu contohnya bisa dirasakan ketika mengaktikan fitur Lane Keeping Assist System. Ketika mobil terdeteksi melewati marka jalan dan pengemudi berbelok tanpa menyalakan lampu sein, maka kemudi akan terasa berat seperti melawan.

Belum lagi fitur ACC dan CMBS yang akan memudahkan pengendaraan ketika memasuki jalan tol dengan pengemudian yang stabil. Mobil akan mengikuti kendaraan di depan; berakselerasi hingga mengerem ketika terlalu dekat dengan mobil di depan.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 17

Untuk memberikan performa yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, Honda memberikan dua mode berkendara pada mobil Accord, yaitu ECO dan Sport. Ketika mode Sport untuk pengendaraan yang lebih bertenaga digunakan, indikator turbo akan bernuansa aksen merah.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 18

Di belakang kemudi, pengendaraan terasa menyenangkan. Mulai dari posisi duduk dan setir yang bisa dengan mudha diatur serta sistem suspensi yang apik. Kekedapan kabin bisa dibilang sudah cukup baik dengan kabin yang terasa premium.

Konsumsi BBM

Sistem suplai bahan bakar PGM-FI injeksi langsung memiliki andil besar dalam menghemat konsumsi bbm Honda Accord. Sistem ini menggunakan teknologi kontrol secara elektronik untuk mengatur pemasukan bahan bakar dan udara secara optimum.

Review Honda Accord 2020: Sporty Dilengkapi Fitur Honda Sensing 19

Dilansir dari data beberapa media, mobil Honda Accord mencatatkan konsumsi hingga 8-10 km/L. Cukup baik untuk mobil bertenaga turbo. Mengingat efisiensi Accord tertolong dengan rasio kompresi 10,3:1 yang sudah cukup baik.

Honda juga mengatakan New Accord menggunakan manifold desain “4-into-2” dimana delapan exhaust valve dikelompokkan menjadi dua set. Berfungsi membantu aliran gas buang menuju turbocharger sehingga operasi mesin lebih efisien dengan performa putaran rendah yang lebih responsif.

Video

Generasi kesepuluh yang meluncur pada 2018 menawarkan berbagai peningkatan desain dan fitur yang lebih canggih pada mobil sedan Honda Accord. Lihat kembali peluncurannya melalui video Honda Accord dari Honda global di bawah ini.

Kesimpulan

Mobil Honda Accord 2020 menjadi bagian dari revolusi dan inovasi Honda dari tahun ke tahun. Sejak diperkenalkan pada 1976, Accord menjadi bagian dari penjualan laris Honda di segmen sedan. Generasi kesepuluh Accord membuktikan sedan ini masih belum habis.

Tampilannya dibuat sporty dengan gaya futuristik di luar serta tampilan premium nan mewah di dalam. Fitur infotainment serta fitur keselamatan yang dikembangkan dari Honda Sensing membuat pengendaraannya menjadi lebih menyenangkan di jalanan.

Harga Honda Accord menegaskan bahwa mobil ini bukan segmen setiap kalangan. Tapi Honda menawarkan pengendalian yang mulus serta mesin yang responsif dari New Accord untuk pemakainya. Ingin membeli sedan berukuran cukup lapang untuk keluarga? Mobil Honda Accord bisa jadi solusinya.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Honda Accord 1.5L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil