window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Honda Civic Hatchback RS: Desain Agresif, Mesin Bandel

Anissa · 12 Agu, 2020 20:00

Review Honda Civic Hatchback RS: Desain Agresif, Mesin Bandel 01

Setelah resmi dirilis di Indonesia, Honda Civic Hatchback RS 2020 masuk ke dalam line-up RS Honda. Pengubahan yang dilakukan Honda pada mobil ini memang bisa dibilang cukup minim, tetapi hal ini bukan berarti mobil hatchback medium ini bisa dipandang sebelah mata.

Sejak pertama kali dipasarkan pada tahun 2017 lalu, pihak Honda di Indonesia memang belum pernah melakukan facelift pada model ini. Hingga akhirnya, Honda Civic Hatchback RS ini pun hadir, berbekal nuansa sporty khas Honda Civic Indonesia.

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil New Honda Civic Indonesia tersedia dalam 3  varian, yakni Honda Civic Hatchback S, E, dan RS. Harga Honda Civic terbaru Hatchback ini berkisar Rp 431,6 jutaan hingga Rp 499 jutaan. Ini merupakan harga Civic 2020.

Sayangnya, peluncuran mobil Honda Civic Hatchback RS 2020 ini juga menggantikan kehadiran Honda Civic Hatchback tipe E dan tipe S yang sudah lebih lama berkiprah di pasar otomotif Tanah Air. Daripada semakin penasaran, langsung saja kita simak review mobil Honda Civic Hatchback RS 2020 berikut ini.

Harga

Berbicara tentang harganya, New Honda Civic Hatchback memang lebih murah dibandingkan dengan Honda Civic sedan. Awalnya, hanya ada varian Honda Civic Hatchback S dan E, tetapi kemudian hadir Honda Civic turbo Hatchback varian terbaru, yakni varian RS, untuk menggantikan kedua varian sebelumnya. Honda Civic Hatchback RS sendiri dipasarkan dengan harga Rp499 jutaan.

Spesifikasi

Dimensi Honda Civic Hatchback RS
Panjang 4.501 mm
Lebar 2.075 mm
Tinggi 1.421 mm
Wheelbase 2.700 mm
Mesin Honda Civic Hatchback RS
Tipe Mesin 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW
Kapasitas 1,5 Liter (1.498 cc)
Power Output 173 PS / 5.500 rpm
Torsi 220 Nm / 1.700-5.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT dengan Earth Dream Technology
Sistem Penggerak Front Wheel Drive
Bahan Bakar Bensin
Kaki-kaki Honda Civic Hatchback RS
Ukuran Ban 215/50 R17
Material Alloy Wheels
Suspensi dan Rem Honda Civic Hatchback RS
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Multi Link
Rem Depan Ventilated Disc Brake
Rem Belakang Solid Disc

Di Indonesia sendiri, perjalanan New Honda Civic baru bisa dibilang cukup panjang. Mobil Civic baru ini pertama kali diproduksi pada tahun 1972, dan terus dikembangkan hingga saat ini. Mobil ini terus merilis generasi terbaru yang lebih modern, serta dilengkapi dengan berbagai teknologi yang lebih mutakhir.

Review Honda Civic Hatchback RS: Desain Agresif, Mesin Bandel 01

New Honda Civic Hatchback sendiri pertama kali hadir pada tahun 2017, dengan mengusung desain hatchback agresif dan sporty. Sebelum masuk ke Indonesia, Honda Civic Hatchback Turbo ini lebih dulu meramaikan pasar otomotif di Amerika Utara, Eropa, Asia, hingga akhirnya hadir juga di Indonesia. Kemudian, pada tanggal 6 Februari 2020 lalu, pihak Honda resmi meluncurkan Honda Civic Hatchback RS.

Eksterior

Desain bumper depan baru Honda Civic Hatchback RS 2020 membuat mobil tersebut terlihat agresif. Jika pada model terdahulunya foglamp-nya tertutup plastik dengan motif honeycomb, sekarang Honda memberikan garis melengkung pada bagian atas foglamp-nya untuk menambah kesan elegan dan menegaskan kesan sporty. Pada mobil ini juga ditambahkan under spoiler berkelir hitam glossy dan splitter untuk kebutuhan aerodinamika yang identik dengan mobil balap.

Review Honda Civic Hatchback RS: Desain Agresif, Mesin Bandel 02

Kemudian di bagian sampingnya, Honda Civic Hatchback RS 2020 menggunakan velg 17 inci yang baru dengan warna abu-abu gelap yang dikombinasi dengan warna hitam. Spoiler bagian samping memiliki lekukan pada bagian bawah pintu penumpang belakang yang semakin tegas. Menariknya lagi, kaca mobil Honda Civic Hatchback RS 2020 ini menggunakan green tinted glass yang mampu menahan panas meski tanpa dilapisi kaca film.

Pada bagian belakang Honda Civic baru, terpasang logo RS yang merupakan kependekan dari Road Sailing. Selain itu, terdapat pula ubahan pada desain bumper belakang dengan desain diffuser yang lebih tegas dari model sebelumnya.

Ujung knalpot yang sebelumnya diletakkan pada bagian ujung bumper belakang sebelah kanan, kini berganti knalpot ganda yang berada di tengah bawah bumper belakang. Knalpot ini juga bukan hanya untuk tampilan saja. Ukuran knalpotnya yang besar, dipadukan dengan lekukan pipa knalpot yang didesain sedemikian rupa membuat aliran gas buang menjadi lebih lancar.

Review Honda Civic Hatchback RS: Desain Agresif, Mesin Bandel 03

Mobil Honda Civic Hatchback RS 2020 tersedia dalam beberapa pilihan warna yang menarik. Ada Aegean Blue Metallic, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, Polished Metal Metallic, Rallye Red, dan juga Sonic Gray Pearl.

Interior

Secara sekilas, desain dashboard New Honda Civic Hatchback RS 2020 ini terlihat hampir sama dengan model sebelumnya. Tetapi, penggunaan warna hitam dan material kulit berkualitas sebagai pelapisnya membuat dashboard pada model terbaru ini lebih mewah.

Di bagian tengah dashboard-nya, terdapat head unit yang menggunakan layar sentuh. Head unit ini dilengkapi dengan beberapa fitur hiburan dan konektivitas, seperti CD/DVD Player, MP3/WMA, Radio AM/FM, AUX Input, HDMI Port, Smartphone Connection, dan Bluetooth.

Review Honda Civic Hatchback RS: Desain Agresif, Mesin Bandel 04

Posisi kursi pada interior Honda Civic Hatchback RS 2020 ini sangat ergonomis, terutama di kursi pengemudi, sehingga baik pengemudi maupun penumpang tidak akan mudah merasa lelah saat menempuh perjalanan. Kursinya yang menggunakan material kulit yang berkualitas, dipadukan dengan aksen jahitan merah di kursi serta trim pintu memberi kesan sporty yang lebih kuat di bagian interiornya.

Pedal set aluminium yang digunakan pada New Honda Civic Hatchback RS 2020 membuat cengkraman kaki terhadap pedal menjadi lebih baik. Lapisan karet pada footrest yang juga digunakan pada hatchback medium ini membuat kaki pengemudi lebih nyaman.

Fitur

Bicara soal fiturnya, mobil New Honda Civic Hatchback RS 2020 ini mungkin tidak terlalu kaya akan fitur hiburannya, tetapi cukup lengkap pada sektor fitur keselamatannya. Mobil hatchback ini sudah dilengkapi fitur pengereman ABS, EBD, dan BA yang akan mengoptimalkan performa pengereman. Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi Brake Override System yang akan mendahulukan pengereman jika pengemudi tidak sengaja menginjak pedal gas dan rem secara bersamaan.

Kerangka bodi New Honda Civic Hatchback RS 2020 ini menggunakan desain GCON + Ace yang dilengkapi dengan Side Impact Beam, yang bisa mengurangi resiko benturan. Selain itu, ada pula fitur Pedestrian Protection yang menjaga keamanan pejalan kaki. Ada pula Dual Front SRS Airbags, Side Airbags, Side Curtain Airbags, dan seat belt with pretensioner yang akan menjaga pengemudi dan penumpangnya.

Untuk menjaga keamanan saat berkendara, mobil Honda Civic Hatchback RS 2020 dilengkapi dengan fitur Vehicle Stability Assist yang akan menjaga kestabilan mobil ketika berbelok dengan kecepatan tinggi, serta fitur Hill Start Assist yang menjaga agar mobil tidak mundur ketika berada di tanjakan.

Review Honda Civic Hatchback RS: Desain Agresif, Mesin Bandel 05

Sebagai fitur keamanan tambahan, mobil hatchback andalan Honda ini disematkan fitur Immobilizer with Security Alarm dan Smart Entry yang menjamin keamanan mobil ketika parkir. Selain itu, terdapat pula kamera belakang yang akan membantu pengemudi melihat kondisi di belakang mobil.

Proses pemarkiran kendaraan juga dipermudah dengan hadirnya fitur Electronic Parking Brake. Jika kita telah selesai memarkirkan mobil, kita tinggal menarik tuas Electronic Parking Brake yang terletak di belakang tuas transmisi, dan ECU akan mengaktifkan rem cakram di bagian belakang mobil.

Untuk memudahkan pengereman di saat macet, mobil ini juga memiliki fitur Brake Hold. Jika tombol Brake Hold ditekan, maka pengemudi tinggal menginjak pedal rem beberapa saat, dan rem akan otomatis aktif menahan laju mobil.

Performa Berkendara

Untuk sektor jantung mekanisnya, Honda Civic Hatchback RS 2020 mengandalkan mesin dengan kode L15B7 berupa mesin 4 silinder segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW. Mesin ini diklaim Honda mampu menghasilkan tenaga sebesar 173 PS pada putaran 5.500 rpm dan torsi 220 Nm pada putaran 1.700 - 5.500 rpm.

Review Honda Civic Hatchback RS: Desain Agresif, Mesin Bandel 06

Tenaga dan torsi yang dihasilkan mesinnya ini kemudian disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis CVT dengan Earth Dreams Technology. Dan soal kemampuan akselerasinya, mobil Honda Civic Hatchback RS 2020 ini bisa melesat dari keadaan statis hingga kecepatan 100 km/jam dalam waktu 7,6 detik.

Honda juga diketahui telah menerapkan teknologi direct injection pada mesin mobil ini, sehingga mesinnya bisa tetap aman meskipun mobil ini menggunakan bahan bakar dengan oktan yang rendah. Penggunaan transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology juga dinilai bisa menghasilkan perpindahan gigi yang lebih ringan dan halus, performa yang lebih baik, serta efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi.

Video

Kesimpulan

Honda Civic Hatchback RS 2020 yang hadir untuk menggantikan Honda Civic Hatchback S dan E yang sudah lebih dulu hadir ini bisa dibilang merupakan hasil facelift yang tidak mengecewakan. Meskipun ubahan yang dilakukan pada mobil ini tergolong minim, tetapi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Tetapi, mengingat fitur hiburan yang dimilikinya cukup standar, banderol harga Rp499 juta tentu akan terasa cukup tinggi. Selain itu, meski fitur keselamatannya cukup mumpuni, fitur keselamatannya masih kalah lengkap dengan para pesaingnya di segmen yang sama.

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic Hatchback RS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil