window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Honda Jazz, Hatchback Perkotaan Bergaya Muda

Bent Aulia · 26 Apr, 2020 13:00

Review Honda Jazz, Hatchback Perkotaan Bergaya Muda 01

Bersaing sengit dengan Toyota Yaris, Honda Jazz menawarkan tampilan yang tak kalah sporty dan menggemaskan sebagai mobil perkotaan. Harga yang terjangkau serta konsumsi bahan bakar yang irit membuat mobil ini menjadi pilihan mobil yang enak sebagai kendaraan harian.

Harga

Daftar Harga Mobil Honda Jazz
Tipe Harga
Honda Jazz M/T   Rp 250.200.000  
Honda Jazz CVT   Rp 260.500.000 

Spesifikasi

Spesifikasi Mobil Honda Jazz
Mesin
Tipe 1.5L 4-silinder segaris 16 katup + DBW  
Isi Silinder   1.497 cc
Tenaga Maksimum 118 hp @ 6.600 rpm
Torsi Maksimum 145 Nm @ 4.600 rpm
Perbandingan Kompresi   10, 3:1
Sistem Penggerek Front-wheel-drive
Sistem Bahan Bakar PGM-FI 
Transmisi 5-percepatan manual dan CVT otomatis dengan Earth Dream Technology
Dimensi
P x L x T 3.955 x 1.694 x 1.524 mm
Wheelbase 2.530 mm
Ground Clearance 165 mm
Bagasi 3363 liter
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
Rem Depan/ Belakang Ventilated Disc/ Drum
Velg Alloy wheel 15 inci dan 16 inci
Tipe Ban 175/65 R15 dan 175/65 R16 

Sejarah

Honda Jazz pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001 dan saat ini memasuki generasi keempat. Honda menggunakan nama Jazz di Eropa, Oceania, Middle East, Malaysia, dan India. Sedangkan nama Fit digunakan di Jepang, Sri Lanka, China, Taiwan dan Amerika.

Baru pada tahun 2004, Honda membawa Jazz ke Indonesia dengan generasi pertama dipasarkan selama empat tahun. Generasi kedua diperkenalkan tahun 2007 dan masuk ke Indonesia setahun setelahnya dengan tampilan yang lebih sporty dan modern.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Review Honda Jazz, Hatchback Perkotaan Bergaya Muda 01

Saat ini, New Honda Jazz yang dipasarkan merupakan facelift generasi ketiga yang diperkenalkan 2017 silam. Desain luarnya yang menawan membuat mobil All New Jazz 2020 menjadi salah satu hatchback terbaik yang bisa Anda dapatkan saat ini.

Menggunakan teknologi e:HEV dan Honda Sensing. Generasi keempat Honda Jazz sebelumnya pernah diperkenalkan di Jepang pada ajang Tokyo Motor Show 2019. Tapi masih belum ada kejelasan kapan model ini akan dibawa ke Indonesia.

Review Honda Jazz, Hatchback Perkotaan Bergaya Muda 02

Ada dua varian New Honda Jazz 2020 yang dipasarkan di Indonesia, tipe S dan RS. Sebelumnya, ada varian A yang menjadi terendah. Tapi Honda sudah tak lagi memasarkan varian A, sehingga All New Jazz S (atau disebut Honda Jazz) sebagai varian terendah.

Eksterior

Dibandingkan varian RS yang menjadi varian tertinggi, eksterior Honda Jazz New memang lebih sedikit aksesoris dan terkesan polos. Tampilannya pun sederhana, cocok bagi Anda yang menginginkan desain luar yang mulus atau akan dimodifikasi lagi nantinya.

Lampu depan dibuat sipit untuk menegaskan tampilan sporty Honda Jezz bersama grille dengan konsep Intake Trapezodial-Shaped yang tak terlalu lebar. Lampu depan Honda Jazz tetap menggunakan teknologi halogen dan belum mendapatkan DRL.

Review Honda Jazz, Hatchback Perkotaan Bergaya Muda 03

Tampilannya depannya cukup polos tanpa ada aksen chrome seperti yang ditemukan pada grille All New Jazz RS. Namun untuk membantu ketika berkendara di malam hari atau cuaca buruk, semua varian sudah mendapatkan foglamp.

Review Honda Jazz, Hatchback Perkotaan Bergaya Muda 04

Dimensinya cukup kompak, mengingat mobil ini dipasarkan sebagai hatchback perkotaan. Radius putarnya cukup rendah, yaitu 5.3 meter. Sayangnya ground clearance All New Jazz terbilang rendah, yaitu 165 mm.

Dari sisi samping, kedua mobil sama-sama menggunakan ban 175/65. Ada perbedaan antara pelek yang digunakan. New Honda Jazz M/T menggunakan pelek alloy 15 inci sedangkan New Honda Jazz CVT memiliki pelek alloy 16 inci.

Review Honda Jazz, Hatchback Perkotaan Bergaya Muda 05

Lampu belakang vertikal masih menjadi bagian penting dalam tampilannya yang menawan. Di belakang tak ketinggalan terdapat LED High Mount Stop Lamp serta embel New Honda Jazz pada bagian kanan pintu belakang.

Interior

Tampilan modern gaya anak muda menjadi kesan pertama ketika masuk ke dalam kabin. Gabungan material plastik, soft touch serta aksen chrome memberikan kesan stylish meskipun sudah lama tanpa penyegaran pada mobil Honda Jazz New.

Desainnya yang modern didukung oleh sistem audio video layar sentuh 6.2 inci yang sudah kompatibel dengan berbagai format, seperti radio AM/FM, MP3/WMA, Bluetooth, HDMI Port, serta AUX/USB dan koneksi langsung ke smartphone.

Review Honda Jazz, Hatchback Perkotaan Bergaya Muda 06

Sayangnya tambahan fitur baru hanya diberikan pada tipe RS. Yaitu Auto AC dengan Smart Touch menghadirkan kesejukan di sepanjang perjalanan. All New Jazz 2020 biasa hanya mendapatkan tombol pengaturan AC konvensional.

Tentu saja, karena varian entry level, setirnya juga masih polos tanpa tombol audio dan paddle shift. Di belakang setir terdapat MID LED yang memberikan informasi real time mengenai konsumsi bahan bakar rata-rata, jarak tempuh, serta sisa bahan bakar yang tersedia.

Review Honda Jazz, Hatchback Perkotaan Bergaya Muda 07

Kursi depan bisa diatur dengan cara reclining dan pengaturan tinggi. Meskipun dimensinya kompak, tetapi ruang kaki yang diberikan tak membuat posisi duduk meringkuk berkat fitur Ultra Seat fleksibilitas tinggi dan ruang yang lapang di dalam mobil.

Fitur yang menjadi andalan New Honda Jazz dari generasi sebelumnya memudahkan penumpang untuk memaju-mundurkan kursi agar mendapatkan ruang kaki yang mereka inginkan. Meskipun memang tidak selapang model MPV atau SUV yang lebih besar.

Meski dimensinya yang mungil, tetapi bagasi yang diberikan cukup luas untuk membawa koper atau barang kebutuhan sehari-hari. Bagasi Honda Jazz New disebut mencatatkan kapasitas penyimpanan 363 liter.

Fitur Keselamatan

Beberapa fitur keselamatan disematkan untuk memberikan keamanan dan mencegah resiko benturan. Bangku depan sudah mendapatkan dual front SRS Airbag dan seat belt pretensioner with load limiter seat.

Review Honda Jazz, Hatchback Perkotaan Bergaya Muda 08

Honda melengkapi Jazz 2020 dengan pedestrian protection dan brake override system lengkap dengan sistem pengereman ABS + EBD. Sayangnya fitur cruise control dan Brake Assist hanya bisa Anda temukan pada tipe tertinggi RS.

Untuk fitur keamanan, semua varian sudah dilengkapi kunci dengan teknologi Wave Key, sistem alarm, Auto Door Lock, Immobilizer dan Smart Key untuk menjaga mobil Anda ketika sedang diparkir.

Mesin

Mesin Honda Jazz 2020 menggunakan 1.5L 4-silinder segaris 16 katup dengan teknologi Drive by Wire yang mampu menghadirkan 118 daya kuda pada putaran 6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

Review Honda Jazz, Hatchback Perkotaan Bergaya Muda 09

Mesin Jazz bisa dibilang bertenaga, terlebih karena menggunakan penggerak roda depan sehingga tidak ada tenaga yang hilang. Anda bisa memilih transmisi 5-percepatan manual dan CVT otomatis.

Transmisi manual memang lebih murah, tetapi teknologi CVT menjadi salah satu daya tarik New Honda Jazz 2020. Menggunakan teknologi Earth Dream Technology dan Honda Drive by Wire memberikan efisiensi bahan bakar, menurunkan emisi, dan meningkatkan tenaga mesin.

Performa

Kemudi New Honda Jazz 2020 sudah dilengkapi fitur tilt & telescopic untuk mendapatkan posisi berkendara yang sesuai dengan tubuh Anda. Untuk pengendaraan yang responsif, sistem kemudi Jazz menggunakan fitur Rack & Pinion serta Electronic Power Steering.

Mesin yang diberikan cukup bertenaga, apalagi jika disandingkan dengan dimensinya yang terbilang kecil. Tapi sebagian mengeluhkan adanya suara yang bising ketika dibawa berkendara dalam kecepatan tinggi.

Review Honda Jazz, Hatchback Perkotaan Bergaya Muda 10

Jazz bisa dengan mudah membawa empat penumpang menaiki jalanan tanjakan. Di jalanan perkotaan, kecepatan dan akselerasinya masih bisa diterima. Hanya saja tidak terlalu bertenaga ketika dibawa berakselerasi melewati mobil lain di jalan tol.

Karakter berkendara, terlebih pada transmisi CVT terbilang responsif. All New Jazz 2020 tidak limbung karena dimensi yang rendah. Walaupun bantingan suspensi terasa agak keras, apalagi berkendara di jalanan berlubang. Perhatikan ketika melindas lubang atau polisi tidur karena ground clearance yang rendah.

Konsumsi Bahan Bakar

Memang versi facelift memberikan tambahan tenaga yang lebih besar untuk New Honda Jazz yang dipasarkan saat ini. Tapi jangan takut, tambahan tenaga dan kecepatan tak langsung membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih boros.

Bahkan dalam beberapa percobaan adu irit yang dilakukan oleh beberapa media, konsumsi bahan bakar Honda Jazz termasuk salah satu yang paling irit di segmennya. Meski memang bukan yang terhemat. Teknologi CVT menjadi faktor penting dalam efisiensi bahan bakar mobil ini.

Review Honda Jazz, Hatchback Perkotaan Bergaya Muda 11

Saat berkendara di jalanan perkotaan, konsumsi bahan bakarnya tercatat 12.5 km/liter. Ketika dibawa ke jalan tol, penggunaan bahan bakarnya tercatat 17.2 km/liter, bahkan bisa mencapai 20 km/liter pada kecepatan konstan.

Honda sendiri menyebutkan bahwa sistem kompresinya tercatat 10,3:1. Tetapi tentu saja konsumsi bahan bakar bisa berbeda-beda tergantung beberapa faktor, seperti jumlah penumpang, kondisi jalan, tekanan ban dan gaya mengemudi.

Video

Dengan tampilan yang menawan untuk mobil perkotaan, Honda telah memasarkan edisi facelift sejak tiga tahun lalu. Intip video New Honda Jazz terbaru di bawah ini.

Pros and Cons Honda Jazz

Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz
Pros Cons

Tampilan bergaya sporty 

Lemah di lini keselamatan

Performa sangar Lampu-lampunya bukan LED

Unggul dalam sisi fleksibilitas kabin

Peleknya masih berukuran 15 inci

Kesimpulan

Walaupun dalam segi penjualan, Honda Jazz masih kalah dibandingkan pesaingnya di segmen yang hampir sama, Toyota Yaris. Tapi mobil ini tetap menjadi salah satu hatchback perkotaan yang menarik untuk dibawa berkendara.

Dimensi yang kompak sehingga memudahkan meliuk-liuk di jalanan perkotaan ditunjang konsumsi bahan bakar yang irit merupakan keuntungan membeli New Honda Jazz 2020. Bahkan, modelnya yang sporty sering menjadi kanvas bagi pencinta modifikasi.

Memang ada beberapa fitur yang tak dipasang pada varian entry level ini. Tapi tenang saja, Honda masih memberikan fitur keselamatan yang cukup lengkap untuk varian entry levelnya.

Tapi tampilannya yang sporty membuatnya diminati di belahan dunia lainnya. Mungkin memang perlu penyegaran bagi Honda Jazz New untuk menggaet peminat lebih banyak. Saatnya menunggu generasi keempat?

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil