window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish

Bent Aulia · 7 Okt, 2020 18:00

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 01

 

Hyundai Kona 2020 merupakan SUV anyar bergaya unik dengan warna-warna cerah guna menggaet generasi muda. Begitu juga dengan sistem dan teknologi anyar milik Hyundai memberikan kepraktisan dan kenyamanan berkendara di jalanan perkotaan.

Harga
Model Harga
Hyundai Kona 2.0 Single Tone Rp389.000.000
Hyundai Kona 2.0 Two Tone Rp393.000.000

Spesifikasi

Mesin
Tipe Mesin NU 2.0 Multi Point Injection, 4 Silinder Inline, DOHC, Atkinson Cycle
Kapasitas Silinder 1.998 cc
Tenaga Maksimal 149 PS/ 6.200 rpm
Torsi Maksimal 180 Nm/ 4.500 rpm
Transmisi 6-percepatan otomatis Shiftronic
Percepatan (0-100 km/jam) 9.2 detik
Kecepatan Tertinggi 200 km/jam
Sistem Penggerak Front-wheel drive
Dimensi
P x L x T 4.165 x 1.800 x 1.565 mm
Wheelbase 2.600 mm
Ground Clearance 170 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Coupe Torsion Beam Axle
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Solid Disc
Ukuran Ban 215/55 R17
Velg 17 inci

Sejarah

Hyundai Kona merupakan SUV kompak atau crossover lima pintu yang diproduksi oleh pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai. Memulai debutnya pertama kali pada bulan Juni 2017, versi produksi Hyundai Kona diluncurkan di akhir tahun yang sama.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 01

Sejarah nama Kona sendiri diambil dari sebuah distrik di bagian barat pulau Hawai. Tapi mobil ini dijual bernama Kauai di Portugal. Pasalnya nama Kona mirip dengan ‘cona’, yang berarti alat kelamin wanita dalam bahasa Portugis.

Ada dua model yang dipasarkan di berbagai negara di dunia, edisi bermesin bensin hingga Kona bertenaga motor listrik. Kona EV memiliki jangkauan hingga 415 kilometer. Membuatnya terpilih menjadi kendaraan listrik dengan jangkauan terpanjang di Inggris pada tahun 2019.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 02

Popularitas Kona secara global semakin meroket setelah Hunda menghadirkan kerjasama dengan Marvel. Hyundai Kona pernah hadir dalam edisi Iron Man, superhero Marvel yang diperankan oleh Robert Downey Jr dan dipasarkan di berbagai belahan dunia.

Sedangkan Hyundai baru saja memperkenalkan Kona di Indonesia pada tahun 2019 silam. Melalui gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show, Hyundai Kona dibawa untuk menegaskan posisi Hyundai sebagai salah satu penghasil SUV keluarga di Indonesia.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 03

Ditujukan untuk menggaet generasi muda Tanah Air, Kona menawarkan tampilan yang mengesankan serta berbagai teknologi terbaru khas Hyundai. Harganya yang ditawarkan termasuk terjangkau dibandingkan pesaingnya. Intip review Hyundai Kona 2020 hanya di bawah ini.

Eksterior

Desainnya yang menawan menjadi daya tarik tersendiri pada mobil ini. Masih menggunakan generasi pertama, belum ada perubahan yang ditawarkan sejak mobil ini diperkenalkan pertama kali pada 2017. Melalui warna-warna cerah yang bisa dipilih konsumen Tanah Air.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 04

Dipasarkan dalam satu tipe saja, ada bahasa desain khas mobil baru Hyundai pada fascia depan, dengan grille Cascading serta Twin Headlight Design. Lampu depan dan DRL sudah menggunakan sistem pencahayaan berteknologi LED.

Kesan maskulin nan stylish hadir dari komposisi lampu depan yang unik serta grille yang besar. Ada lampu kabut yang akan menemani pengemudi ketika berkendara di malam hari atau pada saat cuaca buruk. Bibir bumper berwarna doff yang kontras dengan warna bodi.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 05

Di samping, fender garnish menghadirkan kesan sporty pada mobil ini. Bersanding side sill berwarna silver yang unik untuk kesan mewah pada mobil ini. Desainnya minimalis menggunakan electric folding mirror dan teknologi LED Side repeater.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 06

Memudahkan membawa barang pada bagian atap, ada roof rail yang tersedia. Rasa aman berkendara di jalanan yang bergelombang bisa didapatkan dari ground clearance setinggi 170 mm. Sedangkan velg 17 inci multi spoke melengkapi tampilan gagah pada eksterior Hyundai Kona.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 07

Rear spoiler bersama high stop mount lamp berteknologi LED menjadi penanda buritan belakang. Hanya saja jendela yang tak terlalu lebar bisa dibilang tak cukup baik dalam hal visibilitas. Bukaan pintu belakang terasa rendah, memudahkan ketika memasukkan barang ke dalam bagasi.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 08

Kesan stylish pada lampu belakang yang sipit dibuat senada dengan lampu depan. Tak perlu ragu membawa mobil ini keluar kota melalui medan kasar. Pasalnya bagian belakang sudah menggunakan elemen bumper dengan skid plate untuk kesan gagah.

Interior

Kesan stylish juga terasa ketik masuk ke dalam kabin. Teknologi dan sistem yang ditawarkan pada mobil ini menghadirkan tampilan premium. Bersama paduan material soft touch dan plastik keras disandingkan lapisan kulit yang terdapat pada beberapa bagian interior.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 09

Dashboard menggunakan sistem head unit layar sentuh 9 inci bergaya floating. Hiburan di dalam kabin termasuk radio, Aux, USB, monitor kamera belakang dan Android Auto, walaupun belum mendapatkan kompatibilitas Apple CarPlay.

Di bawah terdapat full auto air conditioner yang memberikan kenyamanan bagi penghuni kabin. Tampilan yang stylish terasa dari aksen berwarna lime atau merah pada beberapa bagian dashboard dan transmisi otomatis serta armrest terpasang pada konsol tengah.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 10

Setir multifungsi berbalut kulit dengan kemampuan tilt & teleskopik memudahkan pengemudi mendapatkan pengaturan berkendara terbaik. Di belakang setir ada informasi berkendara dalam cluster super vision berukuran 3.5 inci TFT LCD pada bagian tengah.

Kepraktisan di dalam kendaraan terlihat dari ruang penyimpanan yang mengesankan. Berupa cupholder yang terdapat pada masing-masng sisi pintu. Begitu juga satu ruang cuopholder paada armrest di konsol depan, tepat di sebelah rem tangan.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 11

Jok depan mendapatkan jahitan berwarna kontras berwarna merah atau hijau/lime berlapis kulit untuk rasa nyaman di belakang kemudi. Sayangnya pengaturan kursi masih manual, dibandingkan pesaingnya yang sudah menerima pengaturan elektris.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 12

Bangku belakang tawarkan ruang kepala dan ruang kaki yang cukup lapang. Setiap kursi memiliki headrest untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara. Tak ketinggalan armrest yang tersimpan pada kursi tengah di bangku baris kedua.

SUV kompak Hyundai Kona disebut tak mengorbankan ruang di dalam kabin. Kona menawarkan kapasitas bagasi sebesar 361 liter. Kepraktisan di dalam kabin belakang terasa dalam konfigurasi kursi 60:40 yang bisa dilipat rata lantai.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 13

Bangku belakang bisa dilipat dengan mudah tanpa banyak usaha, hanya menekan tombol yang terdapat pada sisi belakang kursi. Jika semua kursi belakang dilipat, maka bagasi Hyundai Kona akan menawarkan hingga 1.143 liter ruang penyimpanan.

Fitur Keselamatan Aktif

Fitur pengereman Anti-lock Braking System (ABS) memberikan rasa aman ketika berkendara di jalanan yang licin atau basah setelah hujan. Begitu pula sensor parkir serta kamera belakang yang memudahkan pengemudi ketika akan memarkirkan mobil ini.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 14

Kestabilan ketika berkendara dibantu sistem Electronic Stability Control (ESC). Dan untuk menegaskan kemampuannya ketika berkendara di medan bergelombang, fitur Hyundai Kona dilengkapi Hill-Start Assist Control (HSC) dan Downhill Brake Control (DBC).

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 15

Kelengkapan keselamatannya termasuk pada 6 airbag yang tersebar pada sisi depan dan samping kendaraan untuk melindungi pengemudi dan penumpang ketika terjadi benturan. Kona juga menggunakan sistem rangka dari baja berkekuatan tinggi untuk bodi yang ringan dan kaku.

Mesin

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 2017, Kona memiliki beragam pilihan mesin yang ditawarkan pada berbagai negara. Namun hanya ada satu pilihan mesin yang ditawarkan pada Kona yang dipasarkan di Indonesia.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 16

Kona menggunakan mesin NU berkapasitas 2.0L 4-silinder DOHC dengan teknologi Multi Point Injection (MPI) layaknya model Hyundai lainnya. Mesin ini menggunakan teknologi Atkinson cycle yang dikenal ramah lingkungan.

Karena itu Kona mampu menghasilkan mesin yang bertenaga, hingga mencapai 149 PS pada 6.200 rpm serta torsi maksimal 180 Nm pada 4.500 rpm. Dengan emisi gas buang standar Euro IV, tenaga disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi 6-percepatan shiftronic.

Performa dan Handling

Mesin 2.0L yang diberikan mampu menghadirkan performa yang mengesankan. Hanya saja akselerasi mobil ini dari diam hingga 100 km/jam tak begitu baik. Hanya mencatatkan waktu 9,3 detik serta kecepatan tertinggi 200 km/jam.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 17

Salah satu fitur pendukung kenyamanan berkendara yang disematkan pada Kona adalah tiga pilihan mode berkendara. Mulai dari Comfort, Eco, dan Sport, yang bisa mempengaruhi pengalaman di jalan bahkan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Kelengkapan komponen berkendara termasuk dukungan suspensi MacPherson strut pada bagian depan dan Torsion beam axle. Penggunaan kedua suspensi di atas mampu meredam goyangan kendaraan, menjadikan Kona SUV yang enak dikendarai di perkotaan.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 18

Bantingan suspensi yang empuk membuat Kona menyenangkan dibawa di jalanan perkotaan, sekadar melewati speed trap maupun dibawa di jalanan bergelombang nan berlubang. Enak dibawa kencang namun tetap menyenangkan ketika berhadapan dengan kondisi stop-and-go di jalanan.

Tapi handling tetap harus diperbaiki. Mengingat bodinya yang bongsor, body roll yang ditemukan pada SUV berbadan besar masih menjadi penghalang menikmati kenyamanan berkendara pada mobil ini. Begitu juga rasa berkendara yang tak setajam pesaing, seperti Mazda CX-3.

Konsumsi BBM

Teknologi ramah lingkungan Atkinson cycle yang diberikan pada Hyundai Kona dikenal mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar yang mumpuni. Apalagi Kona dibantu transmisi 6-percepatan bersama teknologi Shiftronic yang efisien dalam menyalurkan tenaga pada roda.

Review Hyundai Kona 2020: SUV Urban yang Stylish 19

Teknologi yang ditawarkan pada Kona menghasilkan performa yang cukup baik tapi tetap menawarkan emisi gas buang yang ramah lingkungan. Kona yang dipasarkan di Indonesia sudah mendapatkan standar Euro 4 yang berlaku di seluruh dunia.

Dalam beberapa pengujian yang dilakukan media, Kona mampu menyajikan konsumsi yang terbilang irit. Ketika dibawa pada perjalanan di dalam kota, Kona mencetatkan hingga 8-9 km/L. Sedangkan konsumsi bbm Hyundai Kona meningkat enjadi 15 km/L jika dibawa melaju pada kecepatan yang lebih stabil.

Video

Sudah tiga tahun sejak Hyundai memperkenalkan mobil ini ke khalayak ramai. Ada berbagai video Hyundai Kona yang diunggah secara resmi oleh pabrikan yang bermarkas di kota Seoul, Korea Selatan.

Kesimpulan

Hyundai Kona 2020 masuk ke dalam model entry level sebagai SUV kompak bagi keluarga Indonesia. Kehadirannya di pasar otomotif Tanah Air tampilkan desain yang stylish untuk menggaet generasi muda atau keluarga muda.

Tak hanya desainnya yang menawan beserta pilihan warna yang apik, Kona menambahkan value for money bersama kelengkapan teknologi yang diberikan. Sayangnya nama besar Hyundai masih belum terlalu kuat. Membuat harga jual Hyundai Kona bekas turun jatuh.

Hyundai Kona tak kalah jika dibandingkan pesaing lain dengan nama yang lebih besar. Mesinnya yang agresif serta performa menyenangkan dan efisiensi bahan bakar yang mumpuni membuatnya cocok dijadikan sebagai SUV perkotaan.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Hyundai Kona 2.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil