window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau

Bent Aulia · 5 Okt, 2020 12:00

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 01

Resmi meluncur secara virtual pada 24 Maret 2020, SUV MG ZS menjadi model pertama yang diperkenalkan MG Motor Indonesia. Menawarkan desain khas Inggris yang menawan, ZS mendapatkan berbagai kelengkapan fitur dengan harga MG ZS yang terjangkau.

Harga

Model Harga
MG ZS Excite Rp255 jutaan
MG ZS Ignite Rp289 jutaan

Spesifikasi

Mesin
Tipe Mesin 15S4C DOHC 4-silinder VTi-Tech
Kapasitas Silinder 1.498 cc
Tenaga Maksimal 114 PS/ 6.000 rpm
Torsi Maksimal 150 Nm/ 4.500 rpm
Transmisi 4-percepatan manual dengan mode manual
Sistem Penggerak Rear-wheel drive
Dimensi
P x L x T 4.314 x 1.809 x 1.624 mm
Jarak Pijak Depan 1.526 mm
Jaak Pijak Belakang 1.534 mm
Wheelbase 2.585 mm
Ground Clearance 165 mm
Radius Putar 5.6 m
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan Independent MacPherson dengan Stabilizer
Suspensi Belakang Torsion beam
Rem Depan Ventilation Disc Brake
Rem Belakang Disc Brake
Ukuran Ban 205/60 R16 (Excite) dan 215/50 R17 (Ignite)
Velg 16 inci alloy (Excite) dan 17 inci alloy (Ignite)

Sejarah

MG ZS awalnya merupakan nama dari sebuah mobil sport keluarga yang didesain oleh MG Rover mulai 2001 hingga 2005. MG Motor lalu merestorasi kembali nama ZS sebagai sebuah SUV keluarga yang diluncurkan pertama kali di China pada Maret 2017.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selanjutnya ada versi listrik yang memulai debutnya sebagai EZS di Guangzhou Auto Show 2018. Menampilkan baterai 44,5 kWh dengan motor di posisi depan yang menghasilkan daya sekitar 145 PS dan torsi 350 Nm ke roda depan. Di luar China, SUV listrik ini dinamai MG ZS EV.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 01

Pada Juli 2020, versi facelift MG ZS diluncurkan di Britania Raya. Menghadirkan grille yang direvisi, lampu depan LED baru, bumper depan yang lebih sporty, serta desain kampu depan yang baru. Mesin 1.5L mampu menghasilkan tenaga 106 PS dan torsi 141 Nm.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 02

Sedangkan model yang dipasarkan di Indonesia merupakan edisi pertama sebelum facelift dan diimpor langsung dari Thailang. MG bahkan sudah memperkenalkan edisi facelift di Thailand, beberapa hari setelah MG Motors meluncurkan ZS pertama kali di Indonesia.

Dalam peluncurannya di Indonesia, MG Motors mengungkapkan bahwa lebih dari 300 teknisi yang mengembangkan mobil ini di Birmingham meghairkan pengalaman berkendara yang tidak hanya menyenangkan, tapi otentik dan unik.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 03

Mencoba keluar dari stereotype mobil China, ZS menghadirkan desain yang menawan dan berbagai fitur baru yang lengkap. Ditambah dengan harga yang terjangkau jika dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama. Untuk lebih lengkapnya, simak review MG ZS terbaru di bawah ini.

Eksterior

Desain khas Brit Dynamic merupakan andalan ekterior MG ZS di pasar otomotif Tanah Air. Lekukan yang tegas namun minimalis memberikan tampilan yang menarik. Disandingkan dengan berbagai aksen chrome guna kesan mewah ketika pertama kali melihat mobil ini.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 04

Mungkin banyak yang menyamakan tampilan depan MG ZS dengan mobil milik Mazda. Apalagi desain grille dengan aksen honeycomb yang terlihat sangat khas Mazda. Disandingkan dengan aksen chrome yang mengelilingi grille depan.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 05

Ada lampu depan berteknologi HID senada dengan lampu LED DRL yang memberikan rasa aman ketika berkendara di malam hari. Tampilan depan dilengkapi dengan skid plate yang memberikan kesan sporty pada mobil ini.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 06

Beralih ke samping, ada roof rail guna memudahkan pengemudi ketika membawa barang di atas atap. Begitu pula lampu sein disematkan pada spion samping. Selain aksen chrome pada side skirt, tidak ada hal lain yang menarik pada sisi samping MG ZS.

Bagian belakang mendapatkan spoiler atap yang tipis dengan stop lamp. Lampu depan bergaya kaku senada dengan tampilan depan. Sayangnya mengurangi kepraktisan di dalam kabin, pintu bagasi terlihat cukup tinggi untuk sekadar memasukkan barang ke dalam bagasi.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 07

Yang menarik pada eksterior belakang MG ZS adalah cara membuka bagasi belakang. Tanpa ada tombol maupun fitur Power Tailgate, cukup dengan membuka logo MG yang terletak tepat pada sisi tengah pintu belakang. Memberikan kesan unik dan ZS dibandingkan pesaingnya.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 08

Tampilan eksteriornya yang menawan dilengkapi dengan berbagai pilihan warna. Konsumen bisa mendapatkan warna Scarlet Red, Marina Blue, Arctic White, Silver Metallic, dan Black Knight guna memenuhi pilihan konsumen di Indonesia.

Interior

Selayaknya model luarnya yang menawan, tampilan interior MG ZS yang dibawa langsung dari Thailand cukup menarik perhatian. Meskipun masih terasa elemen mobil China yang sedikit terasa ringkih walau kualitas material sudah cukup baik.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 09

Interior MG ZS menghadirkan tampilan dual tone berwarna hitam dengan perpaduan cokelat dan aksen silver. Terdapat head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang terintegrasi dengan dashboard. Head unit ini sudah mendukung konektivitas Apple CarPlay.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 10

Pendingin udara bisa diputar 360 derajat. Ada aksen chrome dan bezel pada AC di dashboard. Sedangkan beberapa tempat penyimpanan bisa tersedia, termasuk pada konsol tengah ditambah dengan tempat penyimpanan kartu untuk kepraktisan selama berkendara.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 11

Dashboard memang belum sepenuhnya digital. Dengan tombol konvensional untuk berbagai akses fitur di dalam mobil. Termasuk kenop AC yang membuatnya terasa kurang mewah, hanya varian tertinggi yang sudah mendapatkan pengaturan AC Digital.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 12

Namun tampilan mewah masih terasa dengan setir berlapis kulit serta tombol multifungsi dengan aksen chrome sebagai penghias. Kesan sporty terasa karena MG memberikan setir bergaya flat bottom. Sudah menggunakan fitur tilt, meskipun belum teleskopik.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 13

Interior two-tone juga bisa dirasakan pada jok berlapis kulit yang memberikan kenyamanan sepanjang pengendaraan. Ada pengaturan 6-ways bagi pengemudi untuk mendapatkan posisi berkendara terbaik, sedang penumpng depan disematkan pengaturan 4-ways.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 14

Ruang kaki dan kepala bagi penumpang di baris kedua terasa cukup baik. Ditambah panoramic sunroof yang membuatnya terkesan lebih lapang dan tetap mewah. Terdapat armrest pada bangku tengah, setiap baris juga sudah dilengkapi headrest untuk meningkatkan kenyamanan di dalam kabin.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 15

Kapasitas bagasi MG ZS bisa dibilang cukup baik, dengan kapasitas penyimpanan tercatat 360 liter. Baris kedua juga bisa dilipat rata lantai sehingga mampu menawarkan ruang belakang yang lebih lapang. Tak ada catatan resmi, tapi kemungkinan besar lebih dari 1.000 liter.

Fitur Keselamatan

MG Motors sepertinya tak ingin main-main dalam memperkenalkan ZS di Indonesia. Jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan, masih sistem keselamatan yang ditawarkan pada MG ZS membuatnya menjadi salah satu yang terlengkap di segmennya.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 16

Yang pertama adalah sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) yang membuatnya semakin nyaman mengerem di jalan yang licin. Fitur lainnya yang ditawarkan Hill Start Assist dan Traction Control.

Untuk menambah kenyamanan berkendara, fitur MG ZS dilengkapi dengan enam titik airbag, yang terbagi menjadi dua front side airbag, dua airbag samping, dan dua side curtain airbag. ZS bahkan mendapatkan rating bintang empat dari European New Car Assessment Program (Euro NCAP) tahun 2018 lalu.

Mesin

Kedua model yang dipasarkan di Indonesia mendapatkan satu pilihan mesin yang sama. Yaitu mesin berkode 15SC 4-silinder segaris DOHC dengan teknologi turbo yang mampu menyemburkan tenaga maksimal hingga 114 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 150 Nm.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 17

Tenaga yang diberikan memang cukup baik, walau bisa dibilang tak mampu mengalahkan tenaga yang ditawarkan pesaingnya. Meski kapasitas mesin yang diberikan masih sama, Wuling Almaz yang bisa menghadirkan tenaga maksimal hingga 140 PS. 

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 18

Disalurkan ke roda depan untuk mengurangi daya yang terbuang percume. ZS hanya menawarkan satu pilihan trasmisi, yaitu otomatis 4-percepatan namun dengan mode manual untuk tetap mempertahankan efisiensi bahan bakar menjadi lebih baik.

Performa dan Handling

Posisi berkendara yang ditawarkan MG terasa cukup baik. Kaca depan yang lebar membuat visibilitas berkendara lebih luas. Walau pengaturan kemudi hanya berupa tilt yang membuat pengemudi bisa mengatur tinggi-rendah setir.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 19

Ada tiga mode berkendara yang ditawarkan, mode Urban, Normal, dan Dynamic. Mode Urban bisa digunakan ketika berkendara di jalanan perkotaan dengan sistem kemudi yang lebih besart. Mode Dynamic akan membuat gerakan setir terasa lebih berat, cocok untuk dibawa berkendara di kecepatan tinggi.

Performanya memang menyenangkan, ditambah dengan mesin bertenaga turbo yang membuat laju kendaraan semakin mengesankan. Meski dalam beberapa kesempatan, tetap terasa lag ketika menekan pedal gas dari kondisi diam.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 20

Hanya saja mesin pada putaran bawah tidak terlalu responsif. Tapi sayangnya handling yang ditawarkan juga cukup baik. Meski rasa limbung yang sering didapatkan ketika mengendarai mobil sekelas SUV tak begitu banyak berubah. 

Konsumsi BBM

Baru saja diperkenalkan di Indonesia, namun MG Motors tak ragu dengan efisiensi bahan bakar mobil ini. Meski menggunakan tenaga turbo, namun konsumsi bbm MG ZS sudah mendapatkan teknologi Multi-Point Injection yang membuat efisiensi mesin menjadi lebih baik.

Review MG ZS 2020: SUV China Berdarah Inggris yang Terjangkau 21

Perpindahan mesin yang responsif membuat ZS cukup hemat jika dibawa berkendara di dalam kota, maupun melalui pengendaraan yang stabil di luar kota. Ditambah dengan sistem push start button yang membuatnya semakin hemat bahan bakar.

MG sendiri menyebutkan rasio kompresi ZS mulai dari 11.5:1. Belum ada catatan resmi dalam pengujian yang dilakukan media. Tapi MG Motors mengungkapkan konsumsi bahan bakar rata-rata ZS mencapai 17 km/L di jalan tol.

Video

MG Motors membawa ZS dengan berbagai teknologi canggih di dalam kabin. Simak video MG ZS yang diunggah langsung oleh MG Motors di Indonesia.

Kesimpulan

Kehadiran MG Motors di Indonesia langsung menggebrak dengan kehadiran MG ZS 2020. Tampilannya yang mengesankan membuat mobil ini terlihat menarik dengan harga yang terjangkau dibandingkan model lain di segmennya.

ZS merupakan salah satu model paling lega dalam urusan ruang kepala dibandingkan pesaingnya di Indonesia. Dengan lantai bagasi yang datar serta dimensi yang lebar membuat mobil MG ZS mampu membawa semua kebutuhan sepanjang perjalanan.

Sayangnya nama MG Motors yang baru masuk ke Indonesia serta jaringan dealer yang masih sedikit bisa menjadi penghalang popularitasnya saat ini. Meski dalam hal desain, teknologi, bahkan harga yang ditawarkan, SUV MG ZS merupakan pilihan yang menawan saat ini.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

MG ZS 1.5L Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil