window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Pemilik: Daihatsu Sigra X 2020, Mobil Reliable yang Sering Diremehkan

Enda · 16 Jan, 2023 13:30

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Daihatsu Sigra X 2020

Review pemilik Daihatsu Sigra


Informasi Mengenai Daihatsu Sigra X 2020 Manual yang Dimiliki

Pada ulasan kali ini kami akan membahas Daihatsu Sigra X 2020 berdasarkan dari pemilik secara langsung. Sigra yang dimiliki merupakan model facelift pertama yang diluncurkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada tahun 2019. Untuk tipenya Sigra X merupakan varian tengah.

Review pemilik Daihatsu Sigra

Berdasarkan cerita dari pemilik, mobil ini dibelinya dari baru pada bulan Februari 2020 yang saat itu ditebus dengan uang Rp137 juta. Baginya mobil ini sudah lebih dari cukup digunakan untuk mengakomodir segala kebutuhan seperti berpergian bersama keluarga dan berbelanja di akhir pekan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selama pemakaian hampir 3 tahun ini pemilik mengatakan bahwa dirinya tidak banyak melakukan penggantian suku cadang, karena mobil jarang digunakan untuk mendukung aktifitas sehari-hari. Hanya saja guna mendukung kenyamanan berkendara setiap pemakaian 6 bulan pemilik melakukan penggantian filter oli dan oli mesin. Belum lama ini pemilik juga mengganti filter AC untuk menjaga ruang kabin agar selalu bersih.  

  • 2021 Daihatsu SIGRA R 1.2

    Rp 138,20 Juta
    Rp 2,50 Juta
    /bulan

    20.404 km

    2 tahun

    Jakarta

  • 2021 Daihatsu SIGRA D 1.0

    Rp 106,89 Juta
    Rp 1,93 Juta
    /bulan

    8.734 km

    2,5 tahun

    Jakarta

  • 2018 Daihatsu SIGRA R DLX 1.2

    Rp 119,10 Juta
    Rp 2,15 Juta
    /bulan

    24.472 km

    5 tahun

    Jakarta

Baca juga: Mobil Keluarga Paling Murah, Daihatsu Sigra 1.0 D Layak Untuk Dibeli?

Review pemilik Daihatsu Sigra

Mengenai modifikasi yang dilakukan, pemilik melakukan upgrade sistem hiburannya menggunakan head unit layar sentuh milik Sigra tipe R serta penambahan sensor parkir di belakang. Untuk jarak tempuhnya, pemakaian kurang lebih 2 tahun 11 bulan ini pada odometer menurut penuturan pemilik kini menginjak 22 ribu kilometer.

Untuk kendala yang ada pada Daihatsu Sigra X 2020, pemilik mengatakan bahwa pada RPM bawahnya terasa endut-endutan dan timbul suara ‘gluduk-gluduk’ ketika melewati jalan berkontur yang disebabkan dari hanger baut roda. Selain itu saat hujan, air yang jatuh pada atapnya terdengar sangat jelas sehingga mengurangi kesan nyaman dalam berkendara.

Model Lain Sebelum Membeli Daihatsu Sigra X 2020

Review pemilik Daihatsu Sigra

Sebelumnya pemilik memiliki budget Rp150 juta yang dikhususkan untuk membeli mobil. Sebelum memutuskan membeli Daihatsu Sigra X 2020 baru, dirinya memiliki beberapa opsi lain, seperti; Toyota Yaris bekas, Toyota Avanza baru, dan Daihatsu Xenia baru.  

Setelah melakukan banyak pertimbangan, pada akhirnya pilihan jatuh di Sigra X 2020 karena dirinya menganggap bahwa mobil ini irit dalam penggunaan bahan bakar. Selain itu untuk pajaknya cukup terjangkau serta harga spare part yang murah dan mudah dijumpai dimana-mana.

Baca juga: Bukan Sigra, Ini Mobil Daihatsu Paling Laris di Jawa Tengah

Kenapa Memilih Mobil Ini?

Review pemilik Daihatsu Sigra

Alasan pemilik memilih Daihatsu Sigra X 2020 karena memiliki harga baru yang terjangkau untuk sebagai mobil keluarga 7-seater.

Adapun keunggulan lain dari mobil ini untuk bantingan suspensinya lebih lembut dibanding Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia generasi pertama. Ketika wiper depan diaktifkan, saat mundur, otomatis wiper belakang akan aktif dengan sendirinya.

Untuk bagasinya, mobil ini cukup luas sehingga cocok digunakan berpergian ke luar kota. Dengan kondisi semua bangku berdiri, bagasi Sigra mampu menampung empat tas ransel ukuran sedang.

Review pemilik Daihatsu Sigra

Apabila mebutuhkan ruang yang lebih luas, bangku baris ketiga bisa dilipat sehingga bisa memuat lebih banyak barang bawaan. Oh iya, pada baris keduanya Sigra punya teknologi one touch tumble untuk pelipatan sehingga penumpang baris ketiga bisa keluar masuk dengan mudah.

Meski harganya terjangkau, untuk fiturnya Sigra X 2020 bisa dibilang cukup lengkap dan modern. Seperti yang bisa dilihat pada bagian luarnya mobil ini berhasil tersematkan lampu LED. Lainnya, mobil ini mendapat tambahan foglamp serta electric mirror yang dilengkapi retractable. Oh iya di belakang tipe ini juga sudah dibekali rear wiper.

Review pemilik Daihatsu Sigra

Sebagai tipe tengah, di dalam mobil ini diaplikasikan air circulator yang berfungsi untuk mendistribusikan udara sejuk dari depan hingga baris paling belakang. Terasa ergonomis, mobil ini memperoleh cup holder atau laci penyimpanan barang di setiap baris.

Bicara fitur keselamatan, Daihatsu Sigra X 2020 dilengkapi dengan dual SRS airbag, Front Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, TAF (Total Advance Function) Body di struktur rangkanya, ISOFIX, dan Side Impact Beam. Untuk keamanan berkendara, mobil ini mendapatkan kunci immobilzer dengan alarm.

Perlu diketahui, Daihatsu Sigra X 2020 menggunakan mesin 1.2L 3NR-VE 4-silinder segaris DOHC dual VVT-berkapasitas 1.197 cc yang mampu melecutkan tenaga sebesar 88 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm pada putaran 4.200 rpm. Untuk varian ini mesinnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Kelebihan Daihatsu Sigra X 2020

  • Dilengkapi dual SRS airbags
  • Irit bahan bakar
  • Jok baris kedua cukup lega
  • Bagasi besar
  • Immobilizer

Kekurangan Daihatsu Sigra X 2020

  • Tenaga pas-pasan
  •  kekedapan kabin kurang
  • image LCGC
  • Endut-endutan di RPM bawah

Kesimpulan

Mobil ini sangat reliabel untuk pemakaian harian, BBM irit, bantingan suspensi cukup nyaman, pengendalian mudah termasuk untuk pengemudi wanita, perawatan juga tak terlalu sulit. Namun image LCGC dan mobil taksi online yang membuat kendaraan ini sering disepelekan orang.

Baca juga: Bukan Cuma Harga, Ini 5 Alasan Lain Daihatsu Sigra Dipilih Keluarga Muda

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil